Musim Hujan "Jagalah Kesehatan"

Liswanti Pertiwi | Kamis, Desember 26, 2013 | | | |
"Musim hujan...musim penyakit"



Sebagian orang mungkin berkata seperti itu, biarpun penyakit bisa datang kapan saja, baik saat musim hujan atau kemarau. Berhubung saat ini musim hujan, kalau kondisi kurang kuat, pasti penyakit cepat datang. Terutama anak-anak, musim hujan begini sering terkena penyakit, baik flu, batuk maupun diare. Maka dari itu sebagai orang tua yang sudah punya anak tentunya kita harus lebih waspada, kalau yang masih lajang, jangan lupa sama saudara atau adiknya yang masih kecil.

Dimusim ini kita harus benar-benar waspada, karena cuaca suka tidak menentu. Kadang lagi panas, tiba-tiba hujan turun, badan pun akan cepat terserang penyakit, apalagi kalau kita banyak aktifitas diluar rumah.

Sekedar pengalaman, dan berbagi cerita, karena saya pernah mengalami sesuatu hal yang tidak mengenakan, dikala cuaca yang tidak menentu seperti ini, belum lagi hujan turun dengan derasnya, sampai menimbulkan banjir.

Beberapa waktu ini anak saya yang berumur 3 tahun, tiba-tiba sakit, dia muntah-muntah sampai diare, awalnya badannya panas sampai 39 derajat, sudah susah makan, minum susu pun tidak mau. Perutnya kembung sekali, ya maklumlah tidak ada asupan makanan yang masuk, malah angin kali yang masuk keperut. Padahal saya sudah memberi dia vitamin, supaya tidak terserang penyakit dimusim hujan seperti ini, tapi apa mau di kata, ternyata kena juga.

Awalnya saya panik, karena panasnya tinggi sekali "takut dia dirawat...jangan sampe dech". Saya pun segera memberinya parasetamol untuk penolongan pertama (biarpun anak saya tak pernah kejang kalau panas tinggi, tetap saja saya harus waspada), 3 jam berlalu panasnya pun turun "alhamdulillah". Tapi ternyata setelah itu dia menjadi muntah-muntah dan diare, saya tidak tahu kenapa bisa seperti itu, saya pun membawanya kerumah sakit. Ternyata anak saya sakit memang cuacanya lagi begini "musim hujan" dan akibat salah makan. Dokter pun memberi obat-obatan mulai dari antibiotik, vitamin untuk daya tahan tubuh, dan obat diare. Jangan lupa juga katanya untuk menjaga lingkungan sekitar, serta jajanan anak.

Saya baru sadar sebelum anak saya sakit panas dan diare, dia jajan baso keliling dan kue apa gitu saya tidak tahu namanya. Saya menyesal karena kurang memperhatikan jajanan anak saya, akhirnya dari kejadian ini, saya jadi lebih mewaspadai jajanan anak saya, kalau perlu makan makanan sehat buatan sendiri saja. Tapi ya namanya juga anak kecil, mau dilarang pun terkadang susah, maka dari itu saya pun mengambil beberapa langkah perubahan dalam hidup, untuk menjaga kesehatan keluarga saya.

  1. "Menjaga kesehatan lingkungan lebih baik lagi". Kadang ya kita selalu merasa kalau rumah kita sudah bersih, seperti tidak ada kuman sedikit pun, tapi bagaimana dengan yang lain, apa mempunyai kesadaran yang sama dalam hal menjaga lingkungan? "kita tidak tahu", semoga saja mereka punya kesadaran untuk hidup sehat dan terhindar dari segala penyakit. Menjaga kesehatan lingkungan bukan dari rumah atau halaman selalu bersih saja loh, jangan lupa musim hujan seperti ini, pasti banyak genangan air yang bisa mengakibatkan tumbuhnya jentik nyamuk dan berakibat pada demam berdarah. Maka dari itu tempat sampah depan rumah, supaya dapat ditutup dengan papan supaya tidak ada air yang masuk, kalau sampah kering seh mending bakar saja :). Dan tentu saja buang sampah ditempatnya, supaya aliran air tidak tersumbat yang mengakibatkan banjir.
  2. "Mengurangi jajanan anak diluar". Ini tentunya harus diwaspadai, jangan sampai lagi musim hujan begini anak banyak makan es krim atau makanan yang suka pake pedas seperti baso dan semacamnya, karena ini akan cepat membuat anak sakit perut bahkan diare. Maka dari itu saya pun memilih untuk membeli makanan yang sehat saja, seperti buah (tetap buah juga dicuci dengan air yang bersih), roti dan kue kering, bahkan membuat makanan sendiri yang sehat dan terjamin tidak memakai bahan pengawet maupun boraks.
  3. "Tidak membiarkan anak banyak bermain di luar". Jangan sampai deh kalau musim hujan begini anak banyak main diluar, apalagi mereka sampai panas-panasan saat matahari lagi terik-teriknya, belum lari-larian sambil hujan-hujanan, penyakit akan cepat datang kalau begini, selain penyakit kulit (karena main genangan air hujan diluar), anak juga akan cepat flu batuk, diare bahkan masuk angin. Maka dari itu kalau cuaca lagi begini, selain vitamin dan obat, anak juga meski banyak minum air putih, makanan sehat serta bergizi, dan jangan lupa ussapkan selalu minyak kayu putih atau telon supaya badan anak dapat selalu hangat. Karena itu yang sering saya lakukan :) "kapok saya kalau anak sakit".
Menjaga kesehatan kadang terlihat mudah, tapi saat melakukannya terasa sangat sulit, ada saja godaannya, apalagi kalau hujan begini enaknya "makan baso yang pedas....", ga salah kalau perut akan cepat sakit. 



Dimusim hujan tahun ini benar-benar harus menjaga kesehatan dengan sangat baik, karena lengah sedikit saja akibatnya fatal, selain sakit pasti biaya yang dikeluarkan pun tak sedikit...hehehe "belajar dari pengalaman yang sudah-sudah". 

Yuk sebagai orang tua, kakak, saudara kita jaga baik-baik lingkungan, kesehatan...biar hidup selalu bahagia.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...