PEMILIH PEMULA, SIAPKAN DIRIMU..

Liswanti Pertiwi | Senin, Januari 13, 2014 | | |
9 April 2014 adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, yang akan kembali menggelar pesta demokrasi. Sudah siapkah memilih pemimpin masa depan ???

Sumber :pemilu.com 

Siap tidak siap tetap harus siap, semua sudah di depan mata, tentu saja banyak harapan dari kita semua sebagai rakyat Indonesia yang menginginkan sosok pemimpin luar biasa yang mampu memimpin dan melakukan perubahan, baik dari segi ekonomi maupun pemerintahannya.

Tentu saja untuk memilih yang terbaik itu tidak mudah, takutnya kalau salah pilih sedetik saja saat mencoblos berakibat sampai 5 tahun mendatang, yang sengsara siapa lagi coba? Pasti kita rakyat Indonesia.

Maka dari itu hati-hati dalam menentukan pilihan, seperti halnya saat kita memilih pasangan hidup, sampai harus mencari tahu dulu latar belakangnya, perilakunya, kehidupan dan keluarganya, pekerjaannya sampai akhlaknya. Terus ibadah dengan sholat istikharah dan tahajud untuk menentukan pasangan yang pas untuk kita.

Apa salahnyakan untuk menentukan pilihan akan sosok pemimpin masa depan, kita juga harus teliti. Kalau perlu puasa senin kamis, tahajud dan istikharah juga. Apalagi bagi pemilih pemula yang baru saja dapet KTP, dan tahun ini adalah pengalaman pertamanya mengikuti pesta demokrasi.

Apa yang perlu dipersiapkan bagi pemilih pemula?

Perlu diingat neh, jangan sampai tergoda sama yang namanya money politic, mentang-mentang dapat uang mau aja nyoblos, “Ga Boleh!!!”. Kalau perlu neh, kita temukan hal yang seperti itu, laporkan saja kepihak terkait, seperti pengawas pemilu.

Pemilih pemula sekarangkan udah pinter-pinter, teknologi juga sudah canggih. Coba deh kalian browsing dulu calon pemimpin kalian, mulai dari latar belakang, akhlak, pendidikan, kehidupan sosial, keluarga sampai prestasinya.

Pemilih pemula juga harus tahu neh akan beberapa hal ini, sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan pada sosok pemimpin yang baik. Sedikit berbagi tentang pengalaman pribadi saya saat pertama memilih dulu.
  • Memilih calon pemimpin itu harus memiliki sikap dan perlaku yang baik, dengan melihat matanya saat dia berorasi didepan publik. Karena saya percaya tatapan mata itu tidak akan bohong...hehehe.
  • Memilih calon pemimpin yang baik itu, juga harus di lihat dari visi dan misinya yang sangat jelas dan rasional.
  • Lihatlah program-programnya, apakah berpihak kerakyat atau sebaliknya. Serta dia pun harus bisa bertanggung jawab akan semua program yang dia utarakan.
  • Harus memiliki keadilan yang kuat dan sangat mendukung akan kesejahteraan rakyatnya.
  • Calon pemimpin juga harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan masyarakatnya, supaya dia bisa mendengarkan aspirasi rakyat dengan jelas.
  • Harus tahu prestasi yang sudah dia capai sebelumnya, memiliki wawasan yang luas, cerdas dan kreatif. Maka harus rajin browsing dan bertanya tentunya.
  • Jangan lupa akan kehidupan spiritualnya, taat dan berimankah?, kalau dia takut akan Tuhan dan rajin beribadah, maka dia bisa terhindar dari kehidupan korupsi.
  • Lihat juga latar belakangnya, pernah tersangkut kasus pidana atau tidak, bagaimana pekerjaan dan kekayaannya.
  • Terakhir neh TIDAK poligami, kenapa? Karena bagi saya sosok pemimpin yang setia pada satu istri dan anaknya akan terhindar dari tindakan korupsi. Apalagi kalau kita lihat dia sayang sama keluarga, pasti dia akan takut untuk berbuat kesalahan, karena memikirkan kehidupan istri dan anaknya.
Semua saya kembalikan lagi kepada kalian calon pemilih, khususnya pemilih pemula, bagaimana cara kalian untuk tahu dan lebih dekat dengan calon pemimpin kalian 5 tahun mendatang.

Oh ya kenapa saya cantumkan poin “kekayaan”, karenakan memang itu wajib dilaporkan ke KPK, bagi siapa pun calon pemimpinnya, biar tahu dan jelas dan terhindar dari tindakan korupsi.

Huh...memang ya tidak mudah memilih calon pemimpin masa depan, kalau kita sendiri yang tidak teliti, apalagi pertama memilih, dulu saja saya sampai mengikuti kegiatan pendidikan politik bagi pemilih pemula, karena bagi saya satu suara saya sangat penting bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Semoga saja 2014 ini kita dapat memilih pemimpin terbaik, yang akan memberi perubahan terhadap bangsa Indonesia, rakyat sejahtera dan kemiskinan terhapuskan. Tidak ada perang saudara, semua tetap bersatu untuk NKRI tercinta.


Jangan lupa ya 9 April pemilu legislatif, pilihlah sesuai hatimu....Ayo pemilih pemula...siapkan dirimu...


Note : Sumber Gambar pemilu.com

6 komentar:

  1. kemampuan..dan spritual yang penting ya mak...., sanggup dan akhlaknya baik.. Itu yang diimpikan masyarakat... Tapi... Yang mana ya mak??? Dalam laut dapat di ukur.. Dalam hati siapa yang tau.. #tsaah..

    salam dari Riau :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Nova...itu sangat penting sekali...kalau akhlak bagus, berarti dia pun tidak akan mengecewakan.....
      Saya juga belum tahu, yang mananya...sedang memilih dan mencari tahu...

      salam hangat dari jakarta

      Hapus
  2. Pilih yang profesional dan bermoral ya Jeng
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama Pakdhe.....semoga bermanfaat
      SIAP...tentu saja harus yang hebat juga ya pakdhe...

      Salam dari Jakarta

      Hapus
  3. masih belum tau nih mau milih siapa. calon yang ada masih meragukan.
    dan semoga petugas KPU bisa menjalankan tugasnya dengan baik. karena di tiap tps itu sudah pasti ada orang bayaran untuk mencoblos calon tertentu. inilah yang merusak demokrasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali...tapi yang terpenting kita jangan terpengaruh..yakinlah dengan pilihan kita sendiri...
      Sampai saat ini memang belum ada calon yang sesuatu hati...mungkin kita harus banyak mencari info lebih banyak untuk bisa menentukan pilihan nantinya.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...