MENGHADAPI UN ? SEMUANYA PASTI BISA

Liswanti Pertiwi | Senin, Maret 03, 2014 | | |
Dalam hitungan minggu, ujian nasional akan serentak dilaksanakan baik itu untuk tingkat SD, SMP sanpai SMA / SMK MA di Indonesia.

Tidak sedikit siswa atau siswi yang akan menghadapi ujian nasional merasa tegang, karena memang takut akan tidak lulus.

Coba sekarang standar kelulusan berapa ya?...

Berapapun itu standar kelulusan dari ujian nasional, terkadang membuat siswa dan siswi merasa ketakutan, padahal saya yakin mereka bisa melaksanakan UN dengan baik dan mendapatkan hasil terbaik.


Terkadang saat kita mengisi jawaban dengan baik, tapi hasilnya tidak memuaskan, masalahnya dimana?, ya mungkin saja dari lembar jawaban komputer (LJK) yang mungkin tidak terbaca saat pemeriksaaan, atau kurang rapi saat melingkari jawaban.

Saya yakin menghadapi UN 2014 ini, semuanya pasti bisa....

Berhubung dari keluarga saya juga banyak yang mau menghadapi UN, dari keponakan dan sepupu, dan yang pasti buat kalian semua yang akan ikut serta dalam UN 2014 ini, saya punya tips neh supaya kita tenang menghadapi UN, biarpun saya merasakan UN itu di tahun 2004, ga masalahkan..kan yang penting berbagi tips dan pengalaman, bener ga?

Yuhuuuu..ini dia tips dari saya supaya dalam pelaksanaan ujian nasional kita merasa percaya diri dan yakin BISA :

  • Perbanyak ibadah

Untuk mendapatkan pikiran dan hati yang tenang saat ujian, lebih baik kita perbanyak ibadah, dan itu sesuai kepercayaan masing-masing. Nah kalau saya sebagai seorang muslim, tentu saja banyak berdoa dan dzikir, meminta kelancaran saat menghadapi ujian, selain shalat lima waktu, saya juga melakukan puasa senin kamis, dan perbanyak shalat malam..dan tentu saja itu sangat mujarab sekali, saat ujian saya mendapatkan ketenangan lahir bathin.
  • Belajar dan les privat

Kalau yang satu ini tentu saja pasti dilakukan ya, apalagi waktu ujian semakin dekat, belajar dan les pun harus semakin rajin. Ingat ya jangan pernah belajar SKS (sistem kebut semalam) alias besok ujian, malam baru belajar, itu ga akan pernah berpengaruh banyak buat kalian. 
  • Belajar bersama teman

Ini sangat baik dilakukan, karena dengan belajar bersama dengan teman-teman kita semua terasa sangat mudah dan menyenangkan, kita bisa membahas soal-soal ujian yang sudah-sudah atau bahkan saling mengingatkan kembali dengan pelajaran yang sudah diajarkan selama ini.
  • Belajar dari kumpulan soal ujian

Pasti kita selalu bertanya, nanti soalnya susah ga ya??..nah biar dipikirin terus, lebih baik kita buka kembali kumpulan soal yang tahun yang lalu, kali saja ada satu soal sama yang muncul disoal ujian nasional nanti, kan lumayan dapat nilai tambah, karena jawaban kita benar, dan yang pasti akan menjadi bayangan kita saat ujian nanti "begini loh soal ujian itu", tapi jangan tegang dan takut dulu ya..yakinlah kita bisa.
  • Yakinlah kita bisa

Siapa yang memotivasi kita selama ini untuk bisa berhasil dalam sekolah ?, itu tergantung dari kalian sendiri, kalau saya adalah orang tua, maka dari itu saya tak ingin kalah hanya dalam 3 hari dengan ujian nasional, maka saya tanamkan dalam hati "saya bisa menghadapi UN", karena saya punya orang tua yang selalu memberi saya dukungan penuh supaya sukses sekolah.
  • Liburan singkat

Nah, biasanyakan sebelum ujian itu ada masa tenang, gunakanlah ini sebaik mungkin, untuk sementara buku ditutup dulu, kan selama ini kita sudah kerja keras dalam belajar, apa salahnya kita menghibur diri untuk beberapa jam saja, supaya pikiran menjadi fresh dan tenang. Biasanya saya mendengarkan musik sambil merendam kaki di air hangat, entah kenapa ini membuat saya terasa nyaman. Nah kalau kalian bagaimana?

Gimana tipsnya, sedikit ribet atau mudah?, ya semuanya saya kembalikan kepada diri kalian sendiri, bagaimana kalian memperoleh ketenangan menghadapi ujian nasional, supaya mendapatkan hasil terbaik dan dinyatakan LULUS dari sekolah, sehingga bisa melanjutkan kejenjang pendidikan berikutnya.

SELAMAT UJIAN ADIK-ADIK
SEMOGA SUKSES DAN LANCAR UJIAN NASIONALNYA
DAN SEMUANYA LULUS DARI SEKOLAH

10 komentar:

  1. semoga yang menghadapi UN dapat lulus semua :). yakin dengan kemampuan kalian, uasaha dan doa pasti ada hasilnya insya Allah.
    tapi inget perjuangan setelah UN masih berlanjut looh :3

    hehe nice post

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin.....
      iYa perjuangan mereka masih panjang, bukan hanya sekedar UN saja...

      makasih...salam kenal

      Hapus
  2. semangat! semoga adik" ini lulus semua ^^

    BalasHapus
  3. Nggak terasa ya, tahu-tahu sudah mau ada UN lagi, perasaan baru kemarin anakku lulus SD :)
    Semoga lancar semua untuk yang UN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.....iya waktu cepat sekali berjalan ya mbak...

      Hapus
  4. Nice tips.... Selamat berjuang adik2ku sayang... :)

    BalasHapus
  5. Iya, mak. Yakin bisa, berdoa dan tentu menyamankan diri. Biasanya kalo udah grogi semua rumus itu jadi buyar deh. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiip pasti bisa deh mbak ila.....yakinlah....dan tenang itu kuncinya

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...