MENGISI WAKTU DENGAN BERKREASI

Liswanti Pertiwi | Sabtu, Mei 17, 2014 | | |


Ada kalanya rutinitas yang kita lakukan setiap hari itu terasa membosankan, entah itu mengerjakan pekerjaan rumah yang itu – itu saja, atau bahkan pekerjaan kantor yang menumpuk dan melelahkan. Wajar saja itu dapat membuat stress, bahkan membuat badan jadi drop dan berakibat kita sakit...”aduh enggak banget deh, tambah bosankan meski menghabiskan waktu ditempat tidur?”.

Supaya menghindari hal – hal yang tidak diinginkan dikala rutinitas itu telah membuat kita menjadi kelelahan, tentu saja isi otak kita itu harus direfresh dulu biar ga stres, dengan mencoba sesuatu yang baru.

Istirahat sejenak atau bahkan liburan bisa membuat pikiran dan badan kembali segar, atau bahkan shopping mungkin, malah bikin mata jadi melek melihat koleksi tas, baju dan sepatu baru, belum lagi kalau ada diskon gede – gedean “weeehh bikin otak mendadak segar dan semangat kayaknya...hahaha”.

Berbeda orang pasti beda keinginan, semua tergantung pada diri mereka masing – masing, cara apa yang akan diambil supaya bisa memulihkan stamina dan pikiran biar kembali fresh.

Begitu pula dengan diri saya sendiri, ketika pekerjaan dan kegiatan serta mengurus buah hati membuat pikiran dan badan menjadi drop, saya akan memilih istirahat sejenak dengan mendengarkan musik sambil memejamkan mata, dan merendam kaki di air hangat “hemmmm...rasanya nikmat sekali”.

Dan tidak itu saja saya akan mengisi waktu dengan berkreasi yaitu dengan membuat kerajinan tangan, ternyata itu obat ampuh untuk menghilangkan stres “itu bagi saya ya...”. Mengingat kisah yang telah lalu “cieeee...”, tepatnya saat duduk di bangku SMP membuat kerajinan tangan itu adalah kegiatan yang menyenangkan, bagaimana tidak dari pelajaran itu saya mampu mengasah kreativitas diri saya sendiri, dengan membuat kerajinan yang kaya akan manfaat.

Saya masih ingat, dengan bahan bambu dan rotan yang sudah disesuaikan ukurannya, saya bisa membuat bakul, kipas dan bahkan pas bunga, bukan itu saja hiasan lampu pun bisa dibuat. Dan memang kegiatan seperti itu menyenangkan sekali bagi saya, yang seharian sudah lelah dan cape dengan buku serta PR yang menumpuk.

Membuat kerajinan itu pun berlanjut ketika saya akan menikah, mengingat waktu itu Ayah sudah tiada, dan saya harus bisa meminimalisir biaya pernikahan, maka untuk souvenir akhirnya saya kurangi anggarannya. Yup disini saya memutar otak, apa yang akan saya lakukan dengan biaya segitu, sedangkan kalau beli tidak mencukupi. Setelah browsing, akhirnya ketemu juga, saya membuat kotak kecil dengan berhiaskan pasir, tapi saya tidak menggunakan pasir sebagai bahan, melainkan serbuk pohon “apa ya disebutnya ? lupa saya...hehehe” pokoknya disitu orang nebang pohon, serbuk pohon itu saya ambil dan jemur hingga kering dan diberi pewarna, “sayang contohnya sudah tidak ada...hiks”.

Selain itu saya membuat gantungan kunci, berupa hiasan dan boneka kecil berbahan kain panel, dengan bermodalkan 300 ribu “itu dulu, gatau sekarang”, saya bisa membuat gantungan kunci sebanyak 800 buah.

Terkadang orang bertanya “cape – cape bikin mending beli”, saya seh cuek saja, mengingat waktu itu lagi pusingnya mikirin skripsi dan pernikahan, kegiatan itulah yang mampu membuat pikiran saya tenang, kan lumayan juga menghemat biaya pernikahan.

Dan sekarang setelah memiliki anak, ternyata berkreasi itu masih menjadi kegiatan menyenangkan saat mengisi waktu istirahat, tentunya dengan menulis juga.

Dan beberapa waktu lalu, saat saya memutuskan resign dan memilih freelance, sambil mengurus buah hati, saya lebih menyukai membuat pernak pernik bunga dan merangkainya menjadi hiasan rumah yang bermanfaat.

Berbekal dari ilmu yang saya dapat “ehemmm...ehemmm” dari ibu sesama PIA di komplek rumah, yang mengajarkan membuat hiasan bunga dari mute berwarna warni, akhirnya bisa juga merangkainya menjadi hiasan tempat minum dan bros yang cantik.



Memang rejeki tak kemana ya, saat saya pertama kali membuat ini, dan di lihat oleh keluarga dan beberapa sahabat, dan ternyata mereka suka, mereka akhirnya memesan dan kegiatan seperti ini bisa menghasilkan uang “lumayan deh buat jajan anak...hahaha”.

Tapi memang kegiatan ini bisa dilakukan saat kita benar – benar mempunyai waktu kosong dan ingin mendapatkan pikiran tenang, ya saya pasti mengisi waktu itu dengan berkreasi, selain menghasilkan juga bermanfaat, yang terpenting ga ngeluarin uang yang berlebihan.

Semoga saja tulisan ini bermanfaat ya bagi siapa pun, terutama yang ingin mencari kegiatan lain yang bisa membuat pikiran fresh dan bermanfaat.

Menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dengan tangan sendiri, nikmatnya itu luar biasa...sebagaimana kita bisa menghasilkan uang dengan keringat kita sendiri dan sebagaimana kita melihat anak tumbuh baik dengan kita merawatnya sendiri.

4 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...