PRAMUKA DALAM KENANGAN

Liswanti Pertiwi | Sabtu, Agustus 16, 2014 | |
Tepuk pramuka (prok..prok…prok..prok…prok…prok..ayeee).

Masih ingat dalam kenangan saat menjadi anggota pramuka “seru dan mengasyikkan”, dan tanggal 14 Agustus 2014 kemarin Pramuka memperingati hari jadinya yang ke 53 tahun.

Pramuka dalam kenangan
Dok. Pribadi
Awal saya mengenal pramuka, ya dalam kegiatan ekstrakulikuler di Sekolah Dasar, kebetulan alm Ayahku juga aktif dipramuka. Setiap tanggal 14 Agustus pasti ada lomba baris berbaris, maka sudah pasti saya antusias untuk ikut “siap grak..balik kanan grak,,maju jalan)..hehehe.

Saat duduk dibangku SMP, saya mulai aktif mengikuti kegiatan pramuka, ikut kegiatan rutin, berkemah, penjelajahan sampai lomba antar sekolah se-kabupaten Garut.

Niat sebenarnya ikut pramuka, yaitu ingin menjadi anak yang berani dan mandiri, ternyata setelah gabung disini, bukannya menjadi anak mandiri, bisa masak, saya juga dapat mengasah kemampuan dalam segala hal, kesenian dan lain-lain.

Saya bisa membaca sandi (semaphore), tahu banyak tempat, menjelajahi alam yang indah. Saya belajar banyak hal, membuat tandu, tali temali, mendirikan tenda sampai dengan belajar berani jalan sendirian ditengah malam (jurit malam). Kegiatan api unggun adalah yang paling mengasyikkan, sambil bernyanyi bersama, merenung dan menikmati alam di malam hari.

Dok Pribadi
Sayang sewaktu SMP saya jarang ikut berkemah diluar sekolah, karena belum mendapat izin orang tua, kecuali kegiatan berkemah itu dilakukan dalam lingkungan sekolah. Sampai akhirnya saya bisa menikmati pengalaman berkemah ketika duduk dibangku SMK, tepatnya didaerah Cibuluh Cikajang Garut Jawa Barat.

 Dok Pribadi

Adikku juga sangat senang ikut kegiatan pramuka, sama denganku dia mulai aktif ketika duduk dibangku SD sampai sekarang duduk dibanku SMK, adikku malah paling rajin ikut berkemah, kegiatan lomba kemanapun selalu dia ikuti. Adikku memang paling dengan ayah sangat aktif dan pintar, segala jenis kegiatan diluar pramuka juga selalu diikuti mulai dari OSIS dan olah raga.

Kalau saya paling ikut kegiatan seni dan OSIS, tapi kalau olah raga sangat jarang.

Hemmm....nah itulah cerita saya tentang pramuka dalam kenangan, yang pernah terukir indah dalam kehidupan saya sewaktu sekolah, ingin rasanya kembali kemasa itu, tapi pasti tidak mungkin.hehehe

Bagaimana dengan cerita kalian tentang PRAMUKA, adakah kenangan indah juga ?

SALAM PRAMUKA

13 komentar:

  1. Tepok pramuka prok prok prok... jadia apa prok prok prok #eh kok jadi pak tarno -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe....mas Fandhy bisa aja....

      Salam Pramuka

      Hapus
  2. Duh...baca postingan ini jadi inget waktu SMA dulu aku anggota Pramuka... Pramuka membina akhlak, membentuk kepribadian, menanamkan jiwa korsa... Byk orang yg kini jadi pemimpin dulunya itu anggota Pramuka lho..m

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran mbak Rita, jadi membuka memori yang lalu donk, berasa reunian pramuka ya...bener mbak sangat banyak pelajaran penting yang dapat kita ambil, termasuk kepemimpinan, bagaimana kita belajar memimpin regu dan sigap dalam menolong.

      Hapus
  3. pramuka itu sangat bagus untuk belajar kemandirian....namun sayang sempat tidak diperhatikan oleh pemerintah di saman reformasi...beruntunglah sekarang ada gerakan untuk membangkitkan lagi kegiatan pramuka ini.....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang pun saya jarang mendengar tentang jambore nasional, kira-kira masih ada tidak ya mas Hariyanto? kalau dulu saat zaman aku SD tahun 90an masih ada dan seru lagi. senang sekali bisa gabung pramuka.

      Hapus
  4. Wah. Tos dulu Mak. Aku juga demen banget ikut Pramuka. Dari SD-SMA. Pernah dikirim lomba juga pas masih pramuka siaga tapi...tetot.. KALAH. Hahahaha. Sekolah2 jaman sekarang masih ada nggak sih kegiatan Pramuka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip Toos juga mak Grace. Setahu saya masih ada kegiatan pramuka, adik saya saja sering ikut lomba pramuka.
      Seru banget ya mak, kalau lagi lomba, dulu mah pasti sambil ngeceng dan kenalan ama anak sekolah lain...hihi, ada sesuatu yang berbeda kalau ikut lomba pramuka "kebanggan" kalah menang biasa, maklum kompetisi.hehehe

      Hapus
  5. Aku dulu mokong banget kalo disuruh ikut kegiatan pramuka :D

    BalasHapus
  6. Kalo saya sangat terkesan pas sekolah di PGA, karena di sini kegiatan Pramuka diwajibkan bagi semua siswa, termasuk mengikui tahap hingga pembina dan setelahnya nanti wajib membina Pramuka di sekolah MI/SD. Dari sinilah saya merasakan bahwa Pramuka itu memang luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luar biasa menyenangkan ya Om Akhmad Muhaimin ?, karena banyak sekali manfaat dari ikut pramuka ini.

      Hapus
  7. Baru baca,jadi inget masa SMA.Bantara-Laksana.... :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...