SEKOLAH IMPIAN : SENI, ALAM DAN KENANGAN ITU

Liswanti Pertiwi | Senin, September 01, 2014 | | |

Bagi saya sekolah itu harus nyaman dan tenang juga mengasyikkan. Dan cerita sewaktu sekolah telah membuat saya memiliki banyak kenangan didalamnya.

Ada sebuah kenangan yang sangat indah tentang masa sekolah di masa lalu sekitar tahun 2001. Saat itu saya memutuskan sekolah disebuah Yayasan Islam Al-Musadaddiyah, apalagi tempat ini merupakan yayasan pendidikan terbesar dikota Garut. Saat itu saya memiliki cita-cita untuk menjadi seorang accounting, jadi saya pun mengambil sekolah kejuruan bernama SMK Al-Musadaddiyah. Sebenarnya disana ada 3 jurusan seperti akuntansi, penjualan dan sekretaris, karena merasa tertantang dengan hitung menghitung, maka saya mengambil jurusan akuntansi.

 Sekolah Yayasan Al-Musadaddiyah Garut

Dalam komplek yayasan ada banyak bangunan, mulai dari aula utama depan gerbang masuk, pos penjaga, lapangan indoor dan outdoor, kantin yang berjajar dengan aneka makanan, SMP, SMA, SMK, Perguruan Tinggi, 2 masjid besar, asrama santri putra dan putri juga mahasiswa, rumah-rumah pemilik yayasan, radio Yamusa yang selalu setia menggudara setiap hari, sampai halaman parkir yang luas.

 Beberapa gedung di SMK Al-Musadaddiyah

Disetiap bangunan sekolah termasuk sekolah saya SMK Al-Musadaddiyah juga memiliki fasilitas penunjang yang lengkap, mulai dari laboratorium komputer, perpustakaan, sampai ruang kegiatan jurusan. “Kenapa saya suka sekolah kejuruan”, karena disini ada praktek kerjanya, waktu itu saya kebagian praktek di Samsat “lumayan dapat uang saku..hehehe”. Sekolah kejuruan pun membuat saya siap dalam bekerja, karena disini selain teori juga banyak praktek yang diajarkan, disaat akhir sekolah setiap siswa harus mengikuti uji kompetensi. Disini setiap tahun pun kita belajar jualan, waktu itu saya kebagian jualan dari produk Garuda Food.

Yang menjadi berbeda sekolah ini dengan yang lainnya, adalah saat anak laki-laki jumatan, maka anak perempuan wajib mengikuti kegiatan keputrian, disini bukan saja mendengarkan ustadzah ceramah, tapi juga diajarkan banyak hal, setiap jumatnya berbeda-beda, ada tips-tips tentang masalah wanita, memasak, membuat kue sampai dengan kerajinan “banyak manfaat yang saya dapat sekolah disini”. Apalagi selain saya belajar ilmu akuntansi, saya pun bisa memperdalam ilmu agama, apalagi ada pelajaran khusus tentang bahasa arab yang memang ingin saya pelajari “biarpun tidak mahir, setidaknya saya mengerti..hehe”.

Saat sekolah di SMK Al-Musadaddiyah saya mendapat banyak hikmah dan pengalaman yang begitu berharga, apalagi disini dari staf sampai guru pengajar begitu baik dan selalu mendukung penuh kegiatan sampai lomba yang saya ikuti. Buat yang berprestasi akan diberikan beasiswa “Alhamdulillah, saya juga menjadi salah satu siswi yang beruntung mendapat 2 tahun beasiswa, karena selalu memenangkan lomba puisi ditingkat kabupaten”.

Sekolah pun memberi kepercayaan kepada saya untuk ikut serta dalam acara lokakarya di Lembang Bandung Jawa Barat, yang diikuti oleh perwakilan SMA Sederajat Se-Jawa Barat. Waktu itu saya dan 9 siswa dari sekolah lain menjadi perwakilan dari kabupaten Garut, senang dan haru, karena mendapat kesempatan terbaik untuk ikut serta dalam kegiatan ini, meski sedih harus jauh dari orang tua “tak apa, demi pengalaman paling berharga”.

Sebelum berpisah tahun 2004 foto-foto dulu ...hihi
Biarpun sekolah di yayasan islam, saya tetap dapat menyalurkan hobi seni saya, karena disini ada sanggar seni “semoga sampai saat ini masih jalan”, selain teater dan musik, saya pun belajar rebana dan tari bernuansa islam. Bahkan saat kegiatan milad yayasan, jadi bisa terlibat langsung, apalagi saat Wakil Presiden saat itu Bapak Hamzah Haz datang dalam acara wisuda STTG (Sekolah Tinggi Teknologi Garut) saya bisa terlibat langsung dalam acaranya, tentunya sebagai tim paduan suara.

Yang tak bisa saya lupakan dari sekolah saya adalah suasananya yang ramai saat jam istirahat, punya banyak teman dari berbagai kota di Indonesia, sampai udara yang sejuk, karena sekolah dikelilingi pepohonan, menjadikan suasana semakin asri.

SEKOLAH IMPIAN “lalu bagaimana sekolah impianku?”

Biarpun saya sudah menyelesaikan sekolah, dan tempat saya menimba ilmu di SMK Ciledug Al-Musadaddiyah merupakan sekolah terbaik yang diimpikan selama ini. Dan biarpun begitu, saya juga masih punya sekolah impian, yang kali saja suatu hari nanti bisa menjadi nyata.

Sewaktu saya ingin melanjutkan sekolah, yaitu ingin melanjutkannya dibidang seni, tapi mimpi itu tak menjadi nyata, karena tak kunjung mendapat restu orang tua.

 Sekolah kirin dalam drama Dream High (diambil dari gambar drama seoul.blogspot)

Kalau ngomongin tentang sekolah seni, saya selalu bermimpi sekolah itu akan berdiri megah di Negara kita Indonesia yang menghasilkan orang-orang bertalenta luar biasa. Tahu Kirin Art High School yang ada dicerita drama Korea Dream High atau sekolah megahnya drama Boys Over Flowers, nah itulah mimpi sekolah impian saya.

Jadi sekolah impian saya adalah sebuah sekolah seni dengan berbagai jurusan, dari tari (balet, dance modern sampai tradisional), musik, lukis, teater (acting)dan vocal “seru deh kayaknya”. Tapi nuansa sekolah itu haruslah berupa alam yang sejuk, apalagi kalau berdiri diibukota yang panas, jadi punya sekolah yang menyejukkan.

Bagi saya sekolah itu “harus nyaman dan tenang”, jadi dalam mimpi saya gaya arsitektur bagunan itu tak perlu klasik atau modern, tapi masih tradisional khas Indonesia. Saya membayangkan saat masuk ke sekolah itu, seperti masuk di gerbang kerajaan, saat dilobby sekolah disambut dengan nuansa alam bebas, bunga-bunga bermekaran, burung terbang kesana kemari, pepohonan yang rindang, sehingga siswa bisa menikmati jam istirahat dengan nyaman. Fasilitasnya tentu harus lengkap ada perpustakaan besar yang dipenuhi buku-buku sebagai penunjang pelajaran “biar hemat..hehe”, ruangan tari, musik dan berlatih vocal yang bagus, ada galeri tempat siswa melukis sampai kantin yang luas dengan hidangan makanan yang sehat, nah kantin ini tidak seperti biasanya, karena kantin itu dibangun diatas kolam ikan yang luas, jadi makan sambil lesehan disaung (pondok) kecil, kita bisa sambil memandangi air terjun dan sawah buatan hingga ikan berenang bebas.

Begitulah sekolah impian saya, yang merupakan sekolah seni dengan nuasa alam yang indah, sehingga akan menjadi sebuah kenangan yang tak terlupakan nantinya. “Akankah mimpi itu nyata?” semoga saja. “Sekolah impian : seni, alam dan kenangan itu”.


“GIVEAWAY SEKOLAH IMPIAN”

Mommylicious #ParentingBook

NB : Foto Sekolah Al-Musadaddiyah diambil dari kumpulan alumni Al-Musadaddiyah

16 komentar:

  1. dulu gw pengen banget masuk sekolah seni tapi kayaknya di Jakarta pada saat itu blm ada sekolah seni yang setaraf SMU :(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas Yandhi...saya punya mimpi itu sudah lama, tapi ga pernah kesampean...semoga saja ntar anak bisa...hehehe, yang kayak sekolah kirin ada ga tuh kira2?

      Hapus
  2. foto air mancurnya bikin adem. Dan kayaknya blm ada ya, sekolah yg di dlmnya ada air mancur seperti itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mak Santi...belum ada, coba ada ya sekolah tapi didalam suasana alam...ademmm pastinya

      Hapus
  3. Wow, sekolah impiannya wowwww banget mak.

    BalasHapus
  4. Sekolah yang menyenangkan
    Gedungnya bagius dan tamannya asri
    Tentu alat-peralatannya juga sudah bagus2, nggak kayak jaman saya sekolah dulu ya
    Semoga berjaya dalam GA
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pakdhe....
      Alhamdulillah sekolah saya dulu...termasuk sekolah yang besar, disini ada pondok santrinya juga kok...jadi kalau ada yang sekaligus pesantren bisa

      Hapus
  5. Wah kl sekolah ada air terjunnya gitu bakalan betah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti betah dan nyaman mom...ada ga ya kira-kira?

      Hapus
  6. Sekolah impian itu, satu kelas maksimal 20 murid. Jadi gk ribut banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh sepi dong....kalo cuma 20 0rang, saya paling ga betah..hehe

      Hapus
  7. Mudah2an impiannya terwujud ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...Ya Rabb...semoga nanti ada sekolah seperti itu

      Hapus
  8. kl ada air terjun begitu berapa biaya masuknya ya? hihi...ibu2 yg dipikirin duit mlulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah-mudahan saja ada orang dermawan yang membangun dan membuat sekolah gratis seperti ini...hihi

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...