2 POIN CINTA IBU UNTUK PLN

Liswanti Pertiwi | Selasa, Oktober 14, 2014 | | |


Dok.Pribadi
Kalo di bumi ini tidak ada listrik apa yang akan terjadi ? “Gelap, sepi dan terasa sesak”, maka dari itu kita butuh yang namanya listrik untuk kehidupan sehari-hari. Tapi menggunakan listrik pun jangan terlalu boros, karena dinegeri kita belum semuanya merasakan adanya listrik.

Dok. Pribadi
Kalo listrik sering padam apa yang terjadi ?, kalau saya sendiri pasti langsung resah dan tidak akan punya penghasilan, “loh kok bisa?”, tentu bisa, karena saya adalah ibu rumah tangga yang sangat perlu listrik, baik itu untuk menanak nasi, maupun untuk mengisi baterai laptop dan handphone. Setiap hari saya berkirim email dengan seorang sahabat yang memiliki usaha, dimana dia memerlukan jasa saya untuk membuat laporan, kemudian untuk mengisi waktu di rumah, saya pun rajin menulis di blog, baik itu untuk posting tulisan maupun mengikuti lomba, maka dari itu kalau laptop tiba-tiba mati, lalu listrik padam, bisa-bisa semua pekerjaan tidak selesai.

Sebagai pemasok kebutuhan listrik untuk seluruh masyarakat di negeri ini, PLN (Perusahaan Listrik Negara)dan pemerintah mempunyai peranan yang sangat penting untuk selalu memenuhi kebutuhan listrik bagi para pelanggannya, dengan adanya PLN, rumah, gedung, sampai jalanan akan selalu terang. 

2 POIN CINTA IBU UNTUK PLN

Demi cinta saya sebagai Ibu untuk PLN, tentu ada harapan yang besar, bahwa kebutuhan listrik dapat selalu terpenuhi, bahkan sampai kepelosok-pelosok yang memang belum merasakan adanya tenaga listrik. Cara apa yang saya lakukan ? yaitu dengan hemat dan cermat dalam penggunaan listrik sehari-hari. Dari mulai urusan mencuci saya sudah tidak menggunakan mesin cuci, begitu pun dengan menjemur, tak perlu saya keringkan, karena memang cuaca selalu panas.

Dok Pribadi
Selain itu dalam tahap menjaga kesehatan anak maupun diri saya sendiri, saya mulai menguranggi pemakaian pendingin ruangan. Lampu penerangan dirumah pun akan saya matikan menjelang tidur pukul 9 malam, yang menyala hanya depan rumah dan kamar mandi. Televisi pun sering mati, karena memang saya dan keluarga jarang nonton, apalagi dalam urusan air, saya akan menyalakan jet pump hanya 1 kali untuk mememenuhi kebutuhan air sampai esok hari. 

Dengan cara seperti itu, setidaknya saya dapat menghemat pembayaran tagihan listrik setiap bulan, dan dengan begitu kita pun dapat menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Ibu yang cermat adalah ibu yang hemat energy.

Nah karena saya cinta listrik, jadi punya ide untuk PLN, dan saya akan menyebutnya dengan “2 poin cinta Ibu untuk PLN”. Lalu apa saja poin itu ?.

·           Poin pertama adalah Kepuasan Pelanggan
Kenapa kepuasan pelanggan?, karena saya punya beberapa keluhan yang terjadi pada beberapa saudara saya, saat mau pemasangan listrik dirumah barunya, saudara saya butuh waktu 3 bulan untuk mendapat aliran listrik padahal sudah melunasi pembayaran, alasannya alat sedang kosong “entahlah saya tidak mengerti alat apa yang dimaksud?”, terus ada juga saudara saya yang lain, sudah mendaftar untuk pemasangan listrik dan saat akan melakukan pembayaran, pihak PLN berkata akan melakukan survey terlebih dahulu kerumahnya, tapi setelah menunggu satu bulan setelah pendaftaran, yang melakukan survey tak kunjung datang. Apalagi di kampung saya sering terjadi pemadaman, tak kira-kira bisa sampai 3-4 jam. Karena sering padam, tak heran banyak yang suka terlambat membayar listrik.

Maka dari itu kepuasan pelanggan ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap PLN. Menurut Umar 1997;238) dalam bukunya menyatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan dengan harapannya. Seorang pelanggan yang merasa puas terhadap nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, kemungkinan besar akan menjadi pelanggan dalam waktu lama. Lalu apa yang akan membuat pelanggan itu puas ?

  1. Bersikap cepat dalam penanganan keluhan, contohnya seperti keluhan saudara saya di atas, maka PLN bisa dengan cepat menanggapi setiap keluhan yang ada. Dengan member penjelasan dan datang langsung kerumah yang akan dipasang listrik, apabila alat untuk pemasangan itu sedang kosong, bukan pelanggan harus bulak balik kekantor pelayanan yang membutuhkan dana (ongkos) yang tidak sedikit, atau menghubungi via phone.
  2. Meningkatkan pelayanan. Seperti saudara saya yang ingin memasang listrik, harusnya survey dilakukan secepat mungkin, bisa dalam 2 x 24 jam setelah pendaftaran, bukan menunggu satu bulan penuh. Pelanggan pun bisa diberi penjelasan dengan baik, yang dapat meningkatkan kepercayaan.
  3. Komunikasi. Nah ini bisa dalam hal pemadaman, kalau di kota saya bisa rasakan, saat akan ada pemadaman diberitahukan dulu kepada ketua RT setempat satu hari sebelumnya, yang kemudian diberitahu kepada warganya. Tapi dikampung tidak ada sama sekali, maka dari itu komunikasi sangat penting dalam hal ini. Kalau perlu PLN di daerah punya nomer handphone kepala desa atau RTnya yang akan selalu sigap memberitahu adanya pemadaman.
·           Poin kedua adalah Kesetiaan Pelanggan
Kepuasan pelanggan adalah salah satu kunci dalam membangun sebuah kesetiaan pelanggan. Seseorang bisa setia, karena di beri kepercayaan dan keyakinan akan suatu pelayanan atau produk yang dia beli.

Dalam hal ini kesetiaan pun di anggap penting, karena dengan begitu pelanggan akan selalu membayar listrik tepat pada waktunya. Lalu apa yang bisa dilakukan supaya kesetiaan itu bisa selalu didapatkan.

  1. PLN di daerah bisa mengadakan penyuluhan tentang penghematan listrik disetiap desa, dan memberi pelajaran bagi warga yang tidak mengerti dengan listrik, supaya bisa selalu hati-hati dan terhindar dari korselting listrik. Dengan begitu pelanggan dan PLN akan selalu dekat.
  2. PLN juga bisa memberi penghargaan bagi warga yang berhasil menghemat listrik.
  3. Seperti kita tahu bahwa produk unggulan PLN ada 2, yaitu listrik prabayar dan pascabayar. Yang saya tahu bahwa listrik prabayar itu mengharuskan pelanggan membeli pulsa, sedangkan pascabayar, pelanggan akan membayar biaya tagihan setiap bulan, petugas PLN pun akan selalu teratur mengecek pemakaian listrik itu sendiri.
Nah dari itu hendaknya PLN menyediakan lebih banyak loket pembayaran dan pembelian pulsa, kalau perlu disetiap kantor desa itu disediakan, mengingat di kampung saya sendiri untuk membayar listrik sangat jauh, jadi warga pun harus mengeluarkan uang cukup banyak untuk ongkos ojeg, belum lagi kalau haus dan lain-lain. Jadi kalau disetiap desa ada, pelanggan pun diberi kemudahan dalam melakukan pembayaran dan pembelian pulsa listrik, jarak pun akan lebih dekat.

Dengan ide dari 2 poin cinta ibu untuk PLN ini, kepuasaan dan kesetiaan pelanggan akan memberi dampak postif bagi PLN maupun masyarakat sebagai pelanggan tetap, keduanya sama-sama menguntungkan, pelanggan puas dan pembayaran listrik pun akan tepat pada waktunya. Dan kedepannya kinerja dan pelayanan PLN akan selalu baik dan meningkat.




TULISAN INI DIIKUTSERTAKAN DALAM LOMBA BERTEMAKAN
“IDEKUUNTUK PLN”


SUMBER REFERENSI:

  • Skripsi saya “Pengaruh Kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada ITCC Jatiluhur Purwakarta).
  • Buku Umar, Husein. 1997. Metodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran. Jakarta. PT. Gramedia.

6 komentar:

  1. PLN hrs lebih dekat dengan masyarakat ya... good luck ngontesnya

    BalasHapus
  2. siang bu saya petuga pln mau cek meteran blognya :D hehehe, gutlak ya semoga menang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya silahkan pa...dijamin saya hemat listrik...hihi....makasih yo mas Yudy

      Hapus
  3. Saya setuju banget soal poin kepuasan pelanggan. Sebuah perusahaan atau uni usaha apa pun akan digandrungi konsumen kalau mereka puas dalam pelayanan, baik dari segi harga maupun pengalaman menggunakan produk. Semoga ide ini bisa diprioritaskan PLN.

    Kami akan loyal bila akami puas.

    Semoga menang Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.semoga saja mas.biar perusahaan dan pelanggan sama puas dan selalu setia dgan produknya.

      Amin. Terima kasih mas Rudy

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...