PENTINGNYA ASURANSI DALAM ASPEK KEHIDUPAN

Liswanti Pertiwi | Jumat, Oktober 24, 2014 | |
Dalam sebuah kehidupan, tentu saja kita ingin selalu ada dalam kesehatan, sehingga kita akan bisa menjalani hari demi hari bersama orang-orang tercinta, melihat anak serta cucu tumbuh dengan baik, berbagi keceriaan dengan mereka. Tapi pernahkah kita tahu, kapan kita akan pergi atau meninggalkan kehidupan?. Semua tidak akan ada yang tahu apa yang terjadi di hari esok, dimenit selanjutnya, karena semua adalah rahasia Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dok. Pribadi
Banyak sekali resiko yang harus dihadapi didepan sana, dan tentu saja kita tidak ingin mengalami sesuatu yang dapat merugikan orang lain, termasuk keluarga sendiri. Dan berbagai resiko yang mungkin terjadi, mulai dari sakit parah, kecelakaan yang mengakibatkan cacat, kehilangan barang sampai kematian. Seperti pepatah “sedia payung sebelum hujan” dimana kita harus hati-hati sebelum terjadi, maka dari itu untuk menghindari segala resiko, penting bagi kita untuk memiliki sebuah perlindungan, sebagaimana kita harus menyediakan payung untuk terhindar dari hujan yang akan turun.

“Perlindungan seperti apa ?” ya tentu saja dengan asuransi. Tidak seperti dinegara lain yang masyarakatnya sudah sadar akan pentingnya asuransi, di Indonesia belum semuanya memahami akan peranan penting asuransi dalam kehidupannya. Seperti halnya salah seorang saudara saya yang bekerja sebagai seorang agen asuransi selalu bercerita, bahwa setiap kali menawarkan produknya, ada yang antusias, biasa saja bahkan belum apa-apa sudah menolak. Dan kita sadar bahwa setiap orang itu mempunyai pemikiran yang berbeda, tidak selalu sama dalam memahami sesuatu.

Sebenarnya asuransi itu sudah ada sejak dulu kala, sedangkan asuransi sendiri mulai masuk ke Indonesia sejak zaman penjajahan belanda. Awalnya kita hanya mengenal asuransi jiwa sraya, bumi putera serta jasa raharja, dan kini seiring perkembangan zaman, Di Indonesia sendiri banyak berdiri perusahaan yang bergerak dibidang asuransi. Apalagi perusahaan asuransi mulai mengembangkan produk yang bermacam-macam untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Meski demikian, masih banyak orang tidak memiliki proteksi yang cukup untuk diri mereka dan keluarganya.

Menurut KUHD pasal 246 bab 9 asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu. (Sumber : Wikipedia.com).

Dengan asuransi, bila sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tidak dikehendaki, kehidupan keluarga yang ditinggal akibat musibah akan mendapat jaminan hidup berupa uang pertanggungan, kebutuhan ekonomi terpenuhi, pendidikan anak terjamin, dan dengan asuransi barang berharga bisa aman, sampai kemudahan dalam rawat inap rumah sakit.

Secara financial asuransi bermanfaat sebagai bentuk pengendalian resiko. Dengan begitu penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan akan sebuah proteksi, baik itu untuk jaminan hari tua, kendaraan, pendidikan anak sampai jiwa kita sendiri. Karena kita pun tidak tahu kapan musibah itu akan datang ?, setidaknya dengan asuransi, kita dapat mengelola resiko yang tidak diinginkan.

Pentingnya Asuransi Dalam Aspek Kehidupan

Sebagai contoh nyata yang saya alami, beberapa tahun silam kendaraan ayah saya hilang dicuri orang, kemudian setelah itu ibu sakit yang mengharuskannya menjalani operasi, 2 tahun setelah itu ayah saya meninggal diusia yang masih muda yaitu 43 tahun, coba bayangkan bagaimana sulitnya kehidupan saya dan keluarga dilalui dengan berbagai musibah yang datang bertubi-tubi, segala resiko ini akan selalu terjadi pada siapa pun. Bukan mendoakan terjadi hal buruk, tapi alangkah pentingnya kita menyadari bahwa jalan kehidupan ini tidak selalu mulus.

Kalau saja waktu itu ayah tidak menyadari akan pentingnya sebuah asuransi, mungkin kehidupan saya serta keluarga akan semakin sulit, apalagi saya dan adik masih memerlukan banyak biaya untuk pendidikan, belum lagi biaya kebutuhan sehari-hari.

Untungnya ayah selalu menyadari segala resiko yang akan dihadapi nantinya, semasa hidup, ayah sudah merencanakan banyak hal, termasuk asuransi, biarpun ayah sudah punya ASKES dari pekerjaanya, tapi ayah mencari perusahaan asuransi lain untuk melindungi masa depan keluarganya, sampai akhir kepergian almarhum menghadap sang pencipta, saya dan keluarga dapat uang pertanggungan serta pendidikan dari asuransi itu. Kehidupan kami pun terjamin, sampai akhirnya saya bisa menyelesaikan pendidikan.

Sumber Gambar Aviva.co.id
Sumber Gambar Kompas.com
Dan itu hanya sebagian kecil contoh yang terjadi dalam sebuah kehidupan manusia, masih banyak resiko yang dihadapi, seperti sekarang ini banyak kasus kebakaran rumah, kecelakaan fatal yang sampai merenggut nyawa atau cacat permanen, juga kendaraan yang rusak karena banjir dan lain-lainnya. Bukan itu saja, saat menjelang hari tua, tentunya banyak resiko yang dihadapi mulai dari sakit sampai keluar masuk rumah sakit, dan pastinya hari tua itu ingin diisi dengan penuh kebahagiaan.

Maka penting bagi kita untuk ikut menjadi konsumen asuransi yang dapat melindungi kehidupan kita dalam setiap aspek kehidupan. Salah satu perusahaan yang menawarkan perlindungan asuransi yang luas, lengkap dan ekonomis serta mencakup seluruh aspek kehidupan yaitu “Allianz”.

Allinz memulai bisnis di Indonesia tahun 1981 dengan membuka kantor perwakilan, dan tahun 1989 mendirikan PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia yang merupakan perusahaan asuransi umum. Hingga akhirnya Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun. Yang kemudian tahun 1996 mendirikan PT. Allianz Life Indonesia, dan kini Allianz memiliki 17.000 tenaga penjualan di 93 kantor pemasaran di 46 kota, apalagi kekuatan itu ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya.

Allianz sendiri memiliki banyak keunggulan mulai dari kemudahan dalam memilih cara membayar (secara bulanan, kuartalan, semester atau tahunan), kemudian bila terjadi musibah mempunyai manfaat asuransi berupa santunan asuransi plus nilai investasi, selain itu nasabah/konsumen bebas menentukan masa pembayaran premi, selain itu kapan pun bila nasabah inginkan dapat menambahkan dana untuk meningkatkan investasi, sampai melakukan penarikan dana untuk memenuhi kebutuhan financial atau dalam keadaan darurat.


Salah Satu Produk Allianz adalah Asuransi Jiwa SmartLink New Flexi Account Plus : Dimana merupakan jaminan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal, hingga 100 tahun.
Allianz juga memiliki banyak produk mulai asuransi umum, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kumpulan sampai dengan asuransi syariah. Untuk menjaga diri dan menghindari dari segala resiko pastikan kita semua untuk memilih Allianz yang sudah memiliki lebih dari 83 juta nasabah pribadi dan korporasi mengandalkan pengetahuan, jangkauan global, kekuatan modal dan kesolidan Allianz untuk membantu mereka memanfaatkan peluang keuangan.

Dalam pemberian layanan tentu saja Allianz sudah tidak di ragukan lagi, selain berpengalaman, juga selalu memberi kemudahan kepada nasabah yang akan melakukan pembayaran premi, mulai dari setor tunai atau Bank transfer, internet banking, bisa melalui Bank Mandiri, BCA dan syariah Mandiri, melalui setor tunai ini pastikan untuk menuliskan no. polis dan dalam 1 transaksi hanya untuk 1 SPAJ (Surat Perjanjian Asuransi Jiwa) / 1 polis. Kemudian pembayaran bisa melalui Virtual Account melalui bank-bank di Indonesia (ATM Bersama), dan yang terakhir adalah pembayaran secara Auto Debit kartu kredit / rekening.

Setelah melihat berbagai produk dan layanan yang diberikan, tidak usah ragu untuk memilih produk asuransi dari Allianz, untuk menghindari dari berbagai resiko yang akan terjadi, apalagi Allianz selalu memberi kemudahan dalam pengajuan klaim.

Yuk tunggu apalagi untuk datang kekantor pemasaran Allianz terdekat di kota teman-teman, dan disana kita akan mendapatkan solusi asuransi yang tepat. Allianz pun akan memberikan informasi secara detail tentang semua produk yang ditawarkan, maka jangan ragu untuk bertanya apabila kita belum mengerti.

Sebelum memilih perusahaan asuransi, pastikan itu yang terbaik, memiliki reputasi dan komitmen perusahaan, jaringan pelayanannya luas, dan memiliki kinerja yang bagus, dan itu bisa kita temukan di Allianz Indonesia. Karena pentingnya asuransi dalam aspek kehidupan baik itu sosial maupun ekonomi, dan menjadikan kita memiliki proteksi terbaik dalam mencegah segala resiko yang akan terjadi didepan kita, menjadikan hidup sehat, selamat, keluarga pun bahagia.

TULISAN INI DIIKUTSERTAKAN DALAM
ALLIANZ WRITING COMPETITION 2014
Sumber referensi :

  • Allianz
  • Wikipedia.com
  • Sumber Gambar Kompas.com dan Aviva.co.id

10 komentar:

  1. yup, memang perlu banget asuransi guna kepentinga manajemen resiko keluarga sampai terwariskan nanti, nice info :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. siip....bener banget, karena dengan begitu semua keluarga terjamin kehidupannya.
      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  2. Asuransi menyelamtkan dan mengamankan kita ya mak...

    BalasHapus
  3. Good luck lombanya mak.Mau nanya ,ini naskah aslinya alias cetak.harus dikirim by pos ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya 22nya dikirim mak Nunung..pos dan email

      Hapus
  4. Asuransi memang perlu mak... pengalaman waktu Bapak ku sakit, ternyata perlu banyak biaya yang di luar dugaan... dan itu jadi pengalaman tak terlupakan buat kami :(

    sukses lombanya ya, mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak orin

      memang kita sangat membutuhkan yang namanya asuransi

      Hapus
  5. Asuransi memang urgent banget ya mak. Thanks lot udah ambil bagian dlm edukasi asuransi. Good luck utk kita semua ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiip...sama-sama mak....
      Asuransi memang penting, saya juga pernah jadi agen asuransi kok...hehehe

      semangat mak

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...