BERBAGI ILMU DAN PENGALAMAN BERSAMA ASIA WISATA

Liswanti Pertiwi | Minggu, November 16, 2014 | |
Dok. Pribadi

Jakarta. Saat ini perkembangan dunia bisnis di Indonesia semakin pesat, termasuk bisnis travel. Mengingat Indonesia ini kaya akan pesona wisatanya yang indah, sudah tentu usaha tour dan travel menjadi daya tarik tersendiri, dengan peluang bisnisnya yang besar.

Dok. Pribadi
Salah satu perusahaan yang sudah sukses dalam bisnis travel ini adalah “Asia Wisata”, dan saat ini sudah tergabung dalam ASITA dan ASTINDO. Sabtu 15/11/2014 kemarin Asia Wisata mengadakan seminar dalam rangka Gebyar HUT Ke-4 dengan tema “Membongkar Kesuksesan Bisnis Asia Wisata”, bertempat di MTH Square lantai 3C. Acara ini sendiri diisi oleh Yanurmal  Rais selaku direktur dari Asia Wisata, kemudian Raynold J Surbakti yang merupakan brand ambassador Asia Wisata, dan Tri Raharjo seorang pengamat franchise.

Berbagi Pengalaman dan Ilmu

(Yanurmal) dok. pribadi
Dalam kesempatan yang pertama, Yanurmal menjelaskan banyak hal tentang perjalanan awal dari bisnis travel Asia Wisata, termasuk membongkar kesuksesan dari perusahannya sendiri.

Asia Wisata yang sudah berusia 4 tahun ini, saat awal berdiri ternyata sempat memiliki kios di Pasar Ciplak Jakarta Timur. Asia Wisata sendiri bermula sebagai travel agen dan sub agen dari travel lain bersama Ibu Mery selaku mitranya.


Dalam waktu 3 bulan, Asia wisata sendiri sudah bisa break even point (BEP) atau dapat diartikan jumlah pendapatan dan biaya sama/seimbang, bahkan dalam waktu 5 bulan sudah return (keuntungan hasil investasi). Asia Wisata yang sudah bekerjasama dengan hampir seluruh maskapai penerbangan dan kereta api, pada tahun 2015 akan meluncurkan produk unggulan untuk perjalanan haji dan umrah bersama Khalifah Hazz, mengingat penduduk Indonesia hampir 200 juta lebih beragama muslim, maka targetnya sangat besar.

 (Reynold) dok. pribadi

Pengalaman berbisnis dengan Asia Wisata sudah dirasakan oleh Raynold J Surbakti, salah seorang actor yang pernah berperan dalam beberapa judul sinetron. Sebelum menjadi actor Raynold pernah bekerja sebagai seorang karyawan hotel dan asuransi, sampai akhirnya memutuskan untuk terjun kedunia hiburan.

Reynold tahu bahwa karir didunia hiburan itu ada masanya dan kesuksesan seorang artis perlahan akan mulai meredup, maka dia harus berani memilih, dan kini akhirnya menjadi pembisnis. Berawal dari ibunya yang merupakan tokoh agama, mengharuskannya pulang pergi keluar kota bahkan keluar negeri, dia selalu merasa kesulitan untuk mencari tiket dan penginapan, maka Reynold pun memulai bisnis travel. Sebelumya Reynold juga melakukan riset, dan pilihannya pun jatuh pada perusahaan Asia Wisata, bahkan kini dirinya menjadi brand ambassador.

(Tri Raharjo) Dok. Pribadi

Dalam acara ini pun Tri Raharjo selaku pengamat franchise berbagi ilmunya dalam dunia bisnis, yang selama ini memang sudah ditekuninya. Tri yang lahir di Cilacap ini sudah 10 tahun menjadi traineer bisnis, sekaligus komisaris dari berbagai perusahaan, yang juga seorang penulis. Tri pun memaparkan bagaimana dia jatuh bangun dalam menjalankan usaha dibidang media.

Menurut Tri untuk membangun sebuah bisnis harus bermula dari ide, yang akan mulai menentukan jenis bisnis apa yang akan dibuat, berapa modalnya sampai dengan marketingnya. Tri juga mengatakan bahwa dalam bisnis franchise memiliki banyak keunggulan, mulai dari bisnis yang sudah berhasil, produk sudah diterima pasar sampai resiko usaha yang lebih kecil.

Menurut Tri digital marketing pun sangat penting dalam mengelola sebuah bisnis, karena penggunaan media sosial sangat besar pengaruhnya dalam memasarkan produk. Menurut Tri dalam berbisnis pun harus bisa memotivasi diri, dengan begitu usaha dapat selalu berjalan dengan baik. 




Untuk menjadi seorang agen travel di Asia Wisata cukup membayar Rp. 3,5 juta, maka agen sudah bisa menjalankan bisnisnya. selain itu dalam sistem kemitraan Asia Wisata sangat bervariasi dengan persyaratan yang tidak terlalu rumit, sehingga investor dapat memilih paket kemitraan yang sesuai. 

Asia Wisata memiliki banyak keunggulan, mulai dari memiliki produk serta pelayanan yang lengkap, memberikan komisi penjualan yang kompetitif dan profit sharing, sampai memiki beberapa cabang diseluruh Indonesia serta sub agen yang mencapai lebih dari 1000. Maka sudah tentu Asia Wisata ini selalu mendapat penghargaan, dalam bidang pelayanan dan entrepreneurship, salah satunya "The Best In Service Excellence Of The Year".  

Acara pun diisi dengan pemberian penghargaan bagi mitra dan agen pariwisata terbaik, salah satunya adalah Ibu Ruri asal Makassar yang berhasil menjadi agen travel setelah bergabung dengan Asia Wisata, sampai memiliki omzet 1,2 miliyar, yang membawa pulang sebuah laptop. Begitu pun dengan Situmeang yang merupakan pengusaha asal Jogjakarta, berhasil mengelola usaha travelnya setelah bergabung dengan Asia Wisata dan memiliki omzet 2 miliyar, dia membawa pulang sebuah sepeda motor.

Acara gebyar HUT Asia Wisata ini pun semakin meriah dengan pembagian berbagai door prize mulai dari tablet sampai dengan voucher umrah. Bahkan bukan itu saja di akhir acara diumumkan pemenang lomba menulis yang diikuti para blogger, berbagai hadiah mulai dari uang tunai, sertifikat dan voucher umrah diberikan kepada para pemenang. Selamat.

Bagaimana dengan anda, tertarikkah berbisnis travel ? 


20 komentar:

  1. wuiih Lengkap tulisan reportasenya, kereen Mbak

    Saya juga tertarik banget buka travel agen, misalnya fokus ajah ke umroh lalu dioptimasi di internet, wuaah kayaknya sangat bisa menjual

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bukan lengkap, tapi mumpung inget...hihi

      saya juga kemarin tertarik banget bisnis travel...tapi kok ya..modalnya lagi bentrok dengan bisnis lain..ditempat saya banyak yg pake tiket kreta ma pesawat.

      Hapus
  2. USaha Travel memang banyak menjanjikan dan sudah booming di Indonesia. ASIA TRAVEL termasuk kelompok perusahaan elit yang sudah kondang namanya dimana mana. Saya sudah lama ingin sekali membuka usaha Travel ini. Usaha yang benar benar menjual atau menjelajahi obyek wisata. Bukan hanya jual tiket semata saja. Sungguh suatu artikel yang memberikan semangat wirausaha

    BalasHapus
  3. Bisnis yg menjanjikan bgt ya mak..aku jg darifulu pgn bikin biro travel secara hobynya kluyuran..kn pas bgt tuh ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayu deh mak...kalau begitu pilihlah Asia Wisata, modalnya juga tidak terlalu besar "ikut promosi" ceritanya...hehehe.

      Hapus
  4. Kayanya menjanjikan bgt ya mak bisnis ini...dari dulu aku jg pgn bgt buka biro travel gini..kn klop bgt dengan hoby kluyuranku :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut pa Tri pun begitu, resiko bisnis ini tidak terlalu besar, apalagi hobi jalan-jalan kayak emak, perlu neh bisnis ini.

      Hapus
  5. Tulisan menarik, nitip juga tulisan saya di sini ya? http://ekonomi.kompasiana.com/…/asia-wisata-bongkar-rahasia…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih om.
      Siap tentu saja...saya berkunjung ya

      Hapus
  6. Wah, wah, wah... review yang kumpleeett banget. Bikin semua orang mupeng bikin bisnis travel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu atuh mak, kita bikin bisnis travel...mudah-mudahan punya omzet yang lebih gede..hihi

      Hapus
  7. Ternyata mudah ya jadi agen travel. Jadi pengen :D

    Btw, silahkan berkunjung ke blog ku :) www.delapankata.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap, saya berkunjung ya, meluncur

      ayo jadi agen

      Hapus
  8. dunia travel memang sedang booming ya mbak liswanti, sangat menguntungkan juga ini dunia travel

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget....peluangnya luar biasa..apalagi kalau ditempat tinggal kita banyak yg suka PP naik pesawat atau kereta api...belum lagi tuh musim mudik..hehehe

      Hapus
  9. jadi inget temenku yang sukanya jalan2, akhirnya buka Agen Travel..
    Dan emang ga akan ada matinya ya, banyak peluang bisnis ini..
    Lagi menjamur pula, dan tentunya banyak saingan dengan berbagai macam promo.

    yuuk, kayanya tertarik juga niy Mak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayu maka Nchie.....kita berbisnis ini....sangat menggiurkan sekali

      Hapus
  10. Reportase yang lengkap sekali, Mbak..
    Bisnis tour and travel ini salah satu yang menarik perhatian saya, soalnya travelling merupakan salah satu hobby saya, hehe..
    Ingin juga deh punya bisnis tour and travel kayak gitu.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih uda
      Bener banget, kalau suka jalan-jalan mending bikin bisnis ini uda, jadi kita pun ga kerepotan buat nyari tiket sana sini.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...