MAKANAN KHAS SUNDA

Liswanti Pertiwi | Senin, November 24, 2014 | | |
Hayo cung yang orang sunda?...mana suaranya orang Garut, Bandung, Ciamahi, Sumedang. Cirebon dan Jawa Barat lainnya…

Hayo pasti tahu makanan khas sunda yang satu ini ?


Yup, ini tuh “ulukutek leunca”, makanan berbahan dasar oncom dan leunca, kalau yang sering berkunjungan ke rumah makan sunda, pasti bisa lihat makanan yang satu itu, atau mungkin didaerah lain ada juga, tapi berbeda namanya ya?

Entah kenapa saya jadi ingin nulis makanan ini, maklumlah ini makanan favorit Ayah saya yang sudah tiada, apalagi kalau dimasak sama Nenek, rasanya pasti berbeda..hihi

Nah kalau yang pengen nyoba bikin, boleh neh, saya ingin berbagai cara membuatnya, berbekal resep turun temurun dari almarhum nenek (ibunya Ayah), saya beberapa hari lalu bikin buat suami, katanya kangen sama masakan nenek saya, biarpun rasanya tidak sama persis 100%, eh ternyata suami suka hihihi.

Yuk siapin dulu bahannya, ga usah banyak-banyak.
  • 2 buah oncom, dipasar banyak tinggal nyari
  • Leunca (kalau saya beli 2000 dapat seplastik kecil)
  • Daun kemangi
  • Tomat hijau
  • Cabe bendot (kalau tidak ada, cabe hijau juga boleh, tapi kadar pedasnya kurang, cabe bendot biasanya ditemukan didaerah Jawa Barat, kalau di Jakarta tidak pernah ada).
  • Cabe merah besar 3 buah
  •  Merica
  • Gula merah
  • Terasi (yang sachetan diwarung banyak)
  • Garam secukupnya
  • 3 siung bawang merah dan putih

Yuk ah ga usah lama-lama, mari kita bikin.
  • Haluskan (garam, merica, terasi, cabe merah, bawang merah dan putih, lalu gula merah), sampai sehalus-halusnya ya. Lalu selanjutnya oncom juga dicampurkan dengan bumbu tadi dan haluskan.
  • Cuci kemangi dan leunca.
  • Cabe bendot dan tomat hijau dipotong sedang.
  • Lalu siapkan wajan, masukkan minyak dua sendok, ga usah banyak-banyak, biar kolestrol tidak tinggi hihihi. Setelah panas masukkan oncom dan bumbu yang sudah dihaluskan, lalu tambahkan air seperempat gelas saja.
  • Setelah itu kemangi, cabe dan leunca dimasukkan, masak hingga matang seperti digambar, dan ulukutek leunca pun siap dihidangkan bersama nasi hangat dan tempe goreng.

Gimana? Mudahkan ya….sebenarnya rasanya lumayan pedas she, saya dan suami memang doyan pedas, bisa juga ditambahkan penyedap rasa, tapi karena saya memang sudah tidak pernah pake beberapa bulan ini, jadi cukup garam saja, sudah terasa enak kok.

Nah kalau sudah lihat prosesnya, yang daerah lain pasti juga ada makanan ini, tapi pasti namanya berbeda, hayo….kalau ditempat lain namanya apa?, biar bisa berbagai cerita dan resep maksudnya hihi.


Salam…..dan selamat mencoba teman…

2 komentar:

  1. Saya masih blasteran urang Sunda. Ayah saya (alm) dari Cirebon. Belum pernah nyobain menu kuliner seperti ini. Bahan bahannya mudah ya, Boleh juga dicoba nih di rumah hihihihihihi

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...