MUSIM APA SEKARANG?

Liswanti Pertiwi | Sabtu, Desember 27, 2014 | | |
Musim apa sekarang ?


Dok. Pribadi
Kalau ditanya seperti itu, pasti jawabnya "musim hujan". Ya tentu saja bulan ini sedang musim hujan. Habis itu pasti deh banyak genangan air, alias banjir dimana-mana. Dan jangan lupa kalau udah begitu, penyakit pasti cepet datang. 

Meski pintar jaga kondisi juga kalau musim hujan seperti ini, dalam 1 minggu saja anak-anak kena diare dan demam, padahal tidak keluar rumah atau jajan sembarangan. Lebih baik, jangan sampai kena hujan juga, bisa-bisa kena flu dan masuk angin lagi. Nah kalau sudah terlanjur kena, mending cepat kedokter, biar cepat sehat lagi. 

Kalau sudah musim hujan itu, apa seh yang ditunggu?, kalau saya lebih menunggu jagung manis direbus atau di bakar, tapi metik sendiri di kebun. Emm...bukan itu saja, kalau pulang ke kampung halaman, subuh atau pagi hari sekitar jam 6 an sudah main ke sawah dan kekebun. Lirik sana sini, buat nyari jamur. "Itu waktu kecil", kalau sekarang nunggu yang jual aja..hehehe. 

Jamur yang saya maksud, bukan jamur buatan, tapi jamur alami yang biasanya tumbuh saat musim hujan. Entahlah apa namanya, tapi anak-anak di kampung suka ngomong "ini jamur mekar, jamur bulan, jamur kotok, dan lain-lain". Jamur-jamur itu tumbuh, biasanya pas waktu kita sedang menanam jagung "lagi bersemi atau berbunga gitu". Apalagi kalau semalaman hujan turun, jamur bisa banyak yang tumbuh. Dan anak-anak bisa rebutan buat mencarinya, karena rasanya enak banget kalau digoreng atau dipepes. 


Dok. Pribadi
Musim apa sekarang?, apa masih musim buah mangga atau sudah berganti malah.

Nah ini neh yang jadi pertanyaan, kenapa didepan rumah saya sudah tumbuh rambutan ya, padahal di tempat lain belum ada, begitu pun dipasar belum ada yang jual rambutan. Kebanyakan mereka masih menjual buah mangga dengan harga miring, sekarang harganya sudah 8000-10.000/kg. Padahal kalau saya panen mangga, perkilo cuma dihargai 4000-500/kg. Kalau begitu tar saya jual sendiri aja di pasar ya..hahaha.

Balik lagi kerambutan tadi. Kira-kira ditempat kalian semua, sudah musim rambutan apa belum ya?. Soalnya di depan rumah, sudah lumayan berbuah banyak. Kalau sudah musim rambutan, saya suka senang saja, karena pasti banyak gratisannya...haha, ga usah repot-repot buat beli 10.000/3 ikat. Soalnya ga beli saja sudah banyak yang kirim kok..hehehe. Kalau benar sekarang sudah musim rambutan, berarti tinggal menunggu hari H saja, buat panen sana sini..hihi.

Terus kalau hujan begini, sudah musim apa lagi ya kira-kira?




12 komentar:

  1. Kalau di Pontianak sih selain Musim banjir sama Mati listrik, juga musim buah Rambutan, Nanas, dan juga Langsat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti bener rambutan udah musim ya....apa itu langsat mas ?

      Hapus
  2. di Jakarta lagi musim hujan ya mbak -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget....hujan dan bentar lagi banjir

      Hapus
  3. Di tempat saya lagi musim batuk Mbak sama pilek. Huhuhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu musim yang harus di jaga kayaknya ya..hihi

      Hapus
  4. sebentar lagi menyusul musim jalan berlubang

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju...akhirnya musim perbaikan lagi

      Hapus
  5. wah boleh deh dibagi" mbak hehe...musim basah mbak hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi....disitu masih kemarau emang?...kan sama hujan-hujanan..hihi..eh salah rambutan ya maksudnya?

      Hapus
  6. sepertinya di daerah saya, belum ada pohon rambutan yg berbuah deh, yg ada adalah pohon mangga yg banyak berbuah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama semua masih musim mangga..yang aneh aja ini didepan rumah..rambutan udah numbuh mak

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...