BELAJAR CANTIK ALA EMAK BLOGGER

Liswanti Pertiwi | Kamis, Januari 01, 2015 | | | |
Dok. Pribadi
Jakarta. Bertempat di Ruko Thamrin Office Park, pada Minggu 28 Desember 2014 kemarin. Komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB) mengadakan kopdar bersama emak-emak cantik dari penjuru negeri, yang tentu saja merupakan member dari KEB ini sendiri.

Belajar cantik Ala Emak Blogger

Kenapa demikian?. Karena acara ini sebagai bentuk kegiatan dari KEB yang akan rutin dilakukan setiap bulannya. Acara ini sendiri bernama “Arisan Ilmu”, yang bekerja sama dengan IDBlognetwork. Kegiatan ini bukan hanya sekedar arisan biasa, karena disini kita akan mendapat banyak pelajaran dan ilmu yang sangat bermanfaat.

Dan ini adalah Arisan Ilmu ke 2, yang dilakukan KEB. Karena member KEB sangatlah banyak, maka untuk peserta arisan ilmu sendiri dilakukan dengan cara dikocok. Beruntung pada kesempatan ini saya bisa ikut serta dan bertemu langsung dengan emak-emak cantik, yang selama ini hanya bisa bertegur sapa di dunia maya.

Arisan Ilmu kedua ini mengambil tema “Etika Job Review Bersama Mak Isnuansa Maharani”. Dengan Ketua Arisan kali ini adalah Mak Widy Darma.

Pada sesi pertama, acara di buka oleh Ketua, dan dilanjutkan oleh makpon Mira Sahid, yang menerangkan tentang komunitas KEB. Kami pun melakukan perkenalan, supaya bisa saling kenal satu sama lain. Seperti layaknya acara arisan, makanan adalah sesuatu yang sangat penting. Tapi, berbeda dengan yang lain, di acara arisan ilmu ini untuk makanan dilakukan secara potluck.

Belajar cantik ala emak blogger kali pun membuat saya mendapat ilmu baru dalam dunia blog. Disini emak Isnuansa Maharani yang sudah berpengalaman didunia job review berbagi pengalaman dan tips penting yang perlu diperhatikan seputar job review.

Dok. Pribadi
Mak Isnuansa yang sudah ngeblog sejak 2005, menerangkan bahwa sebagai seorang blogger, tentu harus tahu betul dengan apa yang boleh dan tidak dilakukan dalam job review. Harus tahu betul dengan syarat dan ketentuan sebelum menerima pekerjaan untuk menulis tentang sebuah produk atau brand tertentu.

Untuk bisa mendapatkan job review, tentu harus diperhatikan beberapa hal, salah satunya dengan selalu mencantumkan kontak berupa email di blog kita sendiri. Supaya bisa memudahkan orang untuk menghubungi kita, apabila ingin memggunakan jasa kita dalam menulis review produknya.


Dok. Pribadi
Mak Isnuansa yang sudah menulis job review sejak 2010 ini, juga memberikan tips penting. Bahwa blog ga perlu rame atau blink-blink supaya bisa mendapatkan job review, cukup sederhana dan tulislah dengan gaya bahasa kita sendiri, tanpa rekayasa sedikit pun. Karena biasanya pemberi job senang dengan tulisan kita, apabila apa adanya.

Saat menerima pekerjaan ini, tentu kita akan diberikan perjanjian kerja, nah dalam hal ini kita harus bisa mematuhi aturan dan teliti, supaya tulisan itu bisa sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Jangan lupa membuat laporan tertulis setelah membuat job review dan kita posting diblog (biasanya 1 bulan setelah publish).

Mak Isnuansa juga mengingatkan supaya kita bisa selalu rajin posting, supaya mendapat job review. Dengan begitu statistic blog kita bagus, dan bisa mempunyai rate card blogger. Disini semua informasi harus tertulis, dari mulai Pagerank, Alexa Rank, total visits/month, sampai dengan total pageviews/month.

Selain itu dalam rate card sendiri, perlunya ada informasi mengenai pengalaman dari tulisan review yang telah dan pernah kita kerjakan. Bukan itu saja, kita perlu mencantumkan fee per blog dan sebagainya.

Dalam acara arisan ilmu sendiri, banyak manfaat yang saya rasakan, selain bertemu sesama member KEB, tentunya ilmu baru bernama job review, yang selama ini tak pernah saya bayangkan, bahwa dari blog bisa mendapatkan penghasilan.

Acara ini pun semakin seru, dengan berbagi pengalaman satu sama lain, dan bertanya langsung kepada orang pengalaman seperti mak Isnuansa.

Disini yang perlu diperhatikan, dalam menerima job review, harus bisa mematuhi aturan atau kode etik, dan tidak menerima pekerjaan dengan produk sejenis dalam waktu yang sama. Dan tentu saja yang terakhir adalah tunggu pembayaran dengan sabar, kalaupun ada keterlambatan harus saling memahami, karena tulisan kita pasti akan dibayarkan.


Acara arisan ilmu ini sendiri, ditutup dengan acara foto bersama dan makan-makan. Dan saya senang, karena bisa ikut langsung dalam belajar cantik ala emak blogger, bernama Arisan Ilmu.

11 komentar:

  1. Harus jadi blogger profesional, ya Mak. Biar bisa ngasilin duit dari ngeblog. semangat nuliis!! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Uwien, menurutku... tidak harus menjadi profesional banget, karena blogger adalah blogger. Mungkin kata yang lebih tepatnya adalah, menjadi blogger yang komitmen dan disiplin ya :)

      Hapus
    2. Semangat nulis juga Mak.
      Kalau tanggapan saya ga harus jadi blogger profesional juga, karena teman saya juga ada, masih pemula malah..tapi dia sudah bisa kok. benar kata makpon Mira harus komitmen dan disiplin.

      Hapus
  2. Foto-fotonya kurang banyak nih :)
    Senang bisa bertemu keluarga dengan wajah-wajah baru. Terima kasih sudah jadi bagian dari KEB ya, mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama makpon Mira.....
      Kemarin fotonya aku pilihin...hihi...sebenarnya banyak banget mak.

      Hapus
  3. Hai Mak... kita ketemu di Arisan Ilmu ini ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga mak Memes..iya neh bisa kopdar juga ya

      Hapus
  4. keren mbak..
    ngeblog tak hanya menyalurkan hobby namun bisa menghasilkan uang..smeangat ngeblog ;D

    BalasHapus
  5. semakin kompak saja nih KEB,
    tulisannya kog bagus sekali sih, ajarin dong Mak : )

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...