Saya Puas, Dan Tetap Setia Dengan Indosat IM3

Liswanti Pertiwi | Senin, Januari 26, 2015 | | |
Judul ini mengingatkan saya akan judul skripsi yang saya buat di tahun 2008 silam. Saya mengambil judul “Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Indosat Training and Conference Centre Jatiluhur Purwakarta). Menyenangkan bisa melakukan penelitian di tempat keren ini, selain dekat dengan stasiun bumi, juga orangnya pun ramah dan asyik.


Dok. Pribadi (Kenangan sewaktu penelitian skripsi di ITCC Jatiluhur)

Apa itu Indosat IM3. Masa ga tahu?, Hari gini gatau im3 “kebangetan deh pokoknya”. IM3 ini merupakan produk prabayar dari Indosat. Sejak kapan didirikan?. Mari kita baca sedikit ulasannya, bersumber dari id.wikipedia.org.

PT Indosat Multi Media Mobile (Indosat-M3) adalah perusahaan penyedia layanan telepon seluler di Indonesia yang berdiri pada tahun 2001. Pada triwulan akhir tahun 2003, ia telah dilebur (merger) dengan PT Indosat Tbk. Oleh karena itu, sejak saat itu, perusahaan ini bubar dan penanganan produknya diteruskan oleh Indosat.

Produknya antara lain kartu prabayar SMART (sekarang menjadi IM3) dan kartu pascabayar BRIGHT (sekarang menjadi Matrix Auto). Ia memiliki banyak fitur yang bermanfaat seperti transfer pulsa serta fasilitas GPRS, MMS, Conference Call dan Call Divert.

IM3 juga memiliki jangkauan luas yang didukung oleh “sinyal kuat Indosat”, sehingga bisa digunakan di seluruh Indonesia. IM3 diluncurkan pada tanggal 31 Agustus 2001 di Batam, dan dilanjutkan dengan kota-kota besar di Jawa. Dari kota Semarang, Surabaya, Bandung, dan akhirnya Jakarta pada tanggal 14 November 2001.

Frekuensi pelanggan IM3 dapat menggunakan handphone dual band (900 & 1800 MHZ). Dengan frekuensi dual bandi ini, diharpkan dapat menampung pelanggan yang lebih banyak dan mengurangi drop call atau network busy serta dapat meningkatkan kualitas suara.

Wilayah cakupan pelanggan IM3 dapat menggunakan layanan di seluruh Indonesia selama berada pada jangkauan jaringan IM3, Sat-C (Satelit Palapa-C), dan Indosat. Hal ini dimungkinkan karena “sinyal kuat Indosat” sebagai hasil merger PT. Indosat, PT. Indosat Multi Media Mobile, dan PT. Satelindo.  (Sumber id.wikipedia.org)

Dok. Pribadi (Sim Card IM3 untuk smartphone saya)
Kalau ditanya sejak kapan memakai IM3?. Mengapa memilih operator ini.

Tepatnya tanggal berapa saya lupa..hehehe, “emak pelupa”. Pokoknya 2007 kalau tidak salah ingat, sudah lama banget soalnya. Saya sempat gunta ganti operator sampai 3 kali, “maklum korban iklan”. Sebenarnya sudah lama saya mendengar produk IM3 ini, bahkan dari iklan-iklan di televisi.

Sampai akhirnya saya ditawari teman untuk pakai IM3, kebetulan dia punya counter handphone. “Neh pakai kartu yang anak muda banget. Sms, telpon murah deh pokoknya” ucapnya seperti itu. Saya pun langsung beli dong, tapi gratis deh kartu perdananya aja, pulsanya tetep beli.

Sehari atau dua hari memang belum merasakan dampaknya dengan operator selular baru saya ini, barulah beberapa bulan kemudian saya bisa merasakan pelayanan, ternyata banyak gratis sms dan telponnya juga. Saya pun bisa teleponan lama sama pacar saya (suami saya saat ini hehehe), sms seharian pun ga takut pulsa habis, ada gratisan smsnya.

Sinyalnya pun kuat “kan sinyal kuat indosat”, sekalipun daerah rumah saya itu dalam banget di Garut sana, “naik gunung turun gunung” kata orang-orang yang sudah kerumah saya..hehe. Begitu pun saat saya keluar kota atau kepedalaman rumah teman saya yang sangat jauh, saya masih bisa mendapatkan sinyal kuat.

Biarpun saat ini persaingan sangat begitu tampak, dengan munculnya banyak operator di Indonesia. Menawarkan produk dengan sejumlah fasilitas dan pelayanan terbaiknya, saya tetep setia memakai IM3. Mengapa?, karena saya merasakan kepuasan akan pelayanan yang diberikan. Dengan kepuasanlah, maka kesetiaan itu akan timbul, dengan cara pembelian yang berulang. 

Menurut Umar (1997;238) menyatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan dengan harapannya. Seorang pelanggan yang merasa puas terhadap nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, kemungkinan besar akan menjadi pelanggan dalam waktu lama.

Dalam sebuah komponen kepuasan pelanggan itu kita akan mengenal dengan namanya harapan dan kinerja yang dirasakan. Kalau kinerja bisa melebihi harapan, tentu saja pelanggan akan merasa puas. Tetapi bila sebaliknya maka pelanggan akan merasa tidak puas.

Dok. Pribadi (wifi saya pun ga bisa jauh dari jodohnya IM3)
Yang mendasari kepuasan diri saya terhadap produk Indosat IM3 adalah kepercayaan saya akan pelayanannya. Pernah suatu waktu saat saya baru pindah dari Garut ke Jakarta. Tiba-tiba sinyal dari kartu im3 saya hilang, saya pikir handphonenya, dan mencobanya dengan kartu suami saya, ternyata bisa. Berarti kartu saya yang memang ada masalah. Saya menghubungi call center (100) dan menyarankan untuk menganti kartu dengan nomor yang sama.

Dengan arahan call center, saya pun menuju galeri Indosat yang ada didaerah Rawamangun Jakarta Timur. Saat sampai disana, saya disambut dengan senyuman karyawan Indosat, yang menanyakan keperluan saya. Setelah mendaftar, dan akhirnya dipanggil. Hanya butuh waktu 10 menit saja, kartu dengan nomer kesayangan pun kembali aktif, hingga saat ini tidak pernah ada masalah lagi, dan tetap setia dengan nomer 085624******, "mau ganti hp apapun, nomer ini selalu setia menemani saya kemana dan dimana pun".

Pelayana yang saya rasakan bukan saja dalam hal call center, customer service, pulsa sms atau telepon yang murah. Tapi saya banyak memiliki keuntungan dan kemudahan. Saat saya tidak punya uang untuk beli pulsa “maklum waktu itu anak kuliahan”, saya pun bisa menukarkan poin plusplus Indosat ke menit atau sms. Bahkan saya sering mendapat pulsa gratisan, potongan harga saat makan, sampai waktu itu dapat bensin gratis.

Ada beberapa pilihan paket dalam pelayanan Indosat IM3, mulai dari IM3 play online, IM3 play nelpon dan sms, IM3 sekalee, IM3 ngobrol, IM3 anti galau, IM3 social media, IM3 Ceesan, sampai IM3 suka-suka. Kalau saya seh pakai IM3 sekalee, saat saya pakai telpon sekali, gratisannya pun berkalee-kalee, baik itu telpon, sms dan internet.

Dok. Pribadi
Sebenarnya dari Indosat itu banyak sekali pilihan produk, tapi tetap saja saya memilih IM3 “sudah merasa nyaman dan puas”. Sampai-sampai untuk wifi sendiri, saya pakai kartu IM3 dengan paket internet yang super murah. Untuk paket kuota internet sendiri ada beberapa pilihan, mulai dari harian, mingguan, dan bulanan. Saya sendiri memilih paket kuota internet bulanan 11GB seharga 49 ribu rupiah, dengan kecepatan sampai dengan 42 Mbps “banyak gratisannya juga loh”.

Itulah mengapa saya begitu setia dengan Indosat IM3. Bahkan bisa dibilang saya ini virus buat keluarga dan teman-teman saya. Kalau keluarga, semua saudara dekat, Ibu, keponakan, adik, bahkan suami saya sendiri, sekarang beralih menjadi pelanggan setia Indosat IM3. Saya pun bisa berpuas-puas nelpon dengan Ibu dan adik, baik pagi, siang, sore, dan malam tanpa merasa takut pulsa cepat habis.

Sedangkan untuk teman yang beralih, ada cerita lucu yang saling ngotot satu sama lain. Nah saya inikan tempat curhat langganan mereka, baik kisah cinta, dan lain-lainnya. Pernah suatu kali mereka protes, karena pulsa dia cepat habis, maklum beda operator. Dia maksa saya ganti nomer, dengan operator yang sama seperti dia. Tidak mau dong, apalagi saya sudah betah dengan nomer keberuntungan itu. Akhirnya beberapa hari kemudian, eh dia ganti juga dengan nomer IM3, sudah 2 tahun mungkin sekarang dia pakai.

Saya ini tetep kekeuh mau dibujuk pake duit jutaan pun ga mau ganti nomer itu, soalnya sayang aja. Sudah banyak kenalan, bahkan mantan nasabah saya hingga kini suka ada yang telpon. Baik untuk menanyakan kabar, menawarkan kerjaan, atau minta dibantu masalah klaim dan lain-lainnya sama, padahal saya sudah tidak kerja disana. Kan saling menolong itu hal baik yang wajib dilakukan, bener ga?.

“IM3 memang gue banget deh”, apalagi sekarang sebagai ibu rumah tangga, butuh penghematan yang ekstra demi kemajuan dapur, tapi tetap pengen terus eksis dengan media sosial, blog, dan lain-lainnya. Pilihan tepat bagi saya untuk memilih operator yang tepat, dan jawaban itu hanya Indosat IM3. Bagaimana dengan kamu? Dan murah itu, memang IM3.

Info tambahan : Cek pulsa *388# atau *555# . Call Center 100. Pilih paket dan lain-lain *123#. Transfer pulsa cukup kirim ke 151 dengan format Transferpulsa_no tujuan_jumlah nominal transfer.

Nomer penting diatas itu yang biasa saya gunakan sehari-hari dengan Indosat IM3.


Sumber :
Id.wikipedia.org/wiki/Indosat-M3
http://indosat.com/id/personal/prabayar/im3

Umar, Husein. 1997. Metodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran. Jakarta. PT. Gramedia.

8 komentar:

  1. promosi setengahnya... hehehe... kalo saya kadang puas kadang nggak sih pake m3 soalnya seringnya pake operator yang lain.. tp yg m3 ini juga pake.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga promosi kok mas...beneran ini tulisan pengalaman saya kok

      Hapus
  2. Heyaaaaak promosi :)) tapi gue juga pake belakangan pake im3 buat internetan, murah, kuota banyak, dan....cepet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukas promosi kok. Saya hanya menulis apa yang saya pikirkan. Memang benar IM3 itu murah, dari internet dan lain-lainnya.

      Hapus
  3. sama dong...saya juga setia hingga saat ini dengan IM3.....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos dulu Om Hariyanto.....
      Sukses juga.....salam dari Jakarta

      Hapus
  4. Mbak ini lulusan tahun berapa mbak ? saya kira masih umur 25 tahun mabh hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...saya lulusan tahun 2008...baru kali ini ada yang nyebut umur 25..aslinya udah mau 29 hehe

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...