SELALU BIKIN KETAGIHAN

Liswanti Pertiwi | Kamis, Januari 08, 2015 | | |
Dok. Pribadi

Kalau musim hujan, biasanya makan apa seh yang mengundang selera?, pasti yang anget-anget, berkuah dan pedas. "Itu saya loh ya". Biasanya saya lebih memilih baso, atau mie instan.

Tapi saat ini, saya tidak bisa seenaknya makan mie, maklumlah anjuran kesehatan dan memang lagi program diet..hahaha. Berbeda waktu masih gadis dan single, seenaknya makan pedas, sampai kayak orang kerasukan aja.

Dok. Pribadi
Nah, kalau musim panas atau bahkan kondisi kepala lagi mumet abis, pusing maksudnya. Pastilah saya cari buah-buahan segar, mau itu mangga, jambu atau yang lainnya. Bukan untuk cemilan biasa, tapi mau saya rujak, dengan bumbu kacang dan cabe sebanyak mungkin. Emmm...bikin ngiler pastinya, tapi ternyata itu bikin saya pengen makan lagi dan lagi.

Apalagi kalau mangganya itu masih muda, uhhh..nikmat abis deh. Tapi itu dulu berpedas ria, sekarang cukup cabe 2 biji, kalau perlu ga pake pedas sama sekali.

Dok. Pribadi
Hemm, kalau panas hujan udah. Sekarang kalau kebiasaan tiap pagi itu pastilah nyari kue, atau enggak gorengan. Paling enak dicocol saus sambel.Hemmmm

Pastilah semua bertanya-tanya, ini kok ngomongin makanan semua ya?. Ssst...ini hanya berbagi cerita loh. Yuk kita rangkum. Begini loh, dari semua makanan yang tadi saya ceritakan, ada satu bahan dasar yang pasti sudah pada tahu. Apa itu?. Semua tidak lain adalah "cabe", mau itu cabe rawit, kriting, dan lain-lainnya.

Dok. Pribadi
Dalam mie instan, pasti ada cabe kering yang dipake bumbu racikannya. Begitu pun dalam rujak, tak akan pedas kalau tidak ada cabe. Begitu pun dengan saus sambel untuk gorengan, kan bahan dasarnya juga cabe. Berapa harga cabe sekarang?...haha, ga ada yang nanya, semuanya juga sudah pada tau kok. Neh cabe digambar ini saya beli 5000, yang biasanya segini itu 2000.

Dok. Pribadi
Saya baru tahu kalau cabe itu kayak akan manfaat "aduh kemana aja ya saya?heeuuhhh", apalagi cabe rawit. Selain mengandung kadar vitamin C, sihijau dan merah yang kecil itu, juga bisa meningkatkan nafsu makan. Lah tentu saja bisa, setiap makan cabe atau sambel, makan saya semakin nambah..hahaha. 

Dan cabe juga bisa mengatasi masalah ketidak suburan atau bahkan mengatasi stroke. Wah kok bisa?, kalau dijelasin lama, mending baca saja 8 khasiat dan manfaat cabe rawit bagi kesehatan. Di salah sumber web ini yang sudah saya baca(www.tipssehatalami.com)

Biarpun banyak manfaat dari cabe, tapi itu meski seuai prosi dan tidak berlebihan. Percaya tidak kalau cabe bisa bikin ketagihan?, saya contohnya, dari semasa gadis hingga kini tidak bisa jauh dari cabe, biarpun porsinya sudah dikurangi. Kalau dulu seperti orang kerasukan, muka merah, keringet pasti bercucuran kalau lagi makan pedas.

Saya seperti kecanduan cabe hahaha, makan lagi dan lagi, biarpun sempat sakit, tapi terus saja. Rasanya makan tanpa cabe, begitu hampa dan resah. Nah loh?. Entahlah, seperti ada yang beda saja. Sampai-sampai, saat hamil anak pertama, saya sampai dirawat gara-garanya makan pedas "aduh".

Nah dari kejadian yang terus menerus itu, bukan saja asam dan pedas. Membuat lambung saya bermasalah, usus saya luka "gatau istilah medisnya", pokoknya yang saya rasakan setiap kali kambuh, perut melilit, badan panas dan sesak napas.

Semenjak itu pun saya mengurangi konsumsi cabe, biarpun rada nakal, suka curi-curi cabe dikit dikulkas..hihi. Sepertinya memang cabe selalu bikin ketagihan dan ingin lagi dan lagi. Tapi saya hanya ingin berbagi supaya, tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya, bisa-bisa sakit seperti saya. Hingga kini, saya masih dalam tahap pengobatan, supaya bisa berhenti makan pedas, supaya terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan.

Kalau kalian sendiri gimana? senang makan pedas atau tidak? berapa level yang kalian mampu?, selebihnya tipe makanan pedas apa coba yang biasanya bikin kalian ketagihan?. Apakah sama seperti saya suka rujak?. 


11 komentar:

  1. Nggak bisa makan tanpa cabe. Aku banget. Padahal sampai diare, ambeien dan infeksi usus tetep aja nggak kapok - kapok :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu kalau gitu mbak..hihi. Memang cabe ga bisa bikin kapok ya

      Hapus
  2. Percaya banget Mbak. Saya suka ngerasa ada yang kurang kalau makan tanpa yang pedas-pedas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah begitu....jadi membuat kita merana ya kalau ga ada pedas dalam makanan..hehehe

      Makasih sudah berkunjung mak Evi

      Hapus
  3. Setiap yang berlebihan pasti tidak baik.
    Saya suka sambal tapi yang tidak pedas
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget Pakdhe...saya mungkin terlalu berlebihan....kalau sambal tidak pedas...berarti cabe dikit dong...hihhi

      Hapus
  4. Saya seneng pedas tp yg biasa aja mba..yg cenderung manis..kalo pedes bgt ga tahan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cabe 2 berarti mak Kania ya...sedang-sedang saja, kalau agak manis.
      Makasih sudah berkunjung

      Hapus
  5. Baru tahu kalau salah satu khasiat cabe bisa mencegah stroke. Kalau cabe dimakan langsung sih nggak suka. Tapi kalau dibuat bumbu rujak, wah ludes dah sambel sepedas apapun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu..aku juga baru tahu kalau cabe punya khasiat..yang aku baca dari salah satu link diatas. KAlau bumbu rujak saya demen juga..hihi

      Hapus
  6. Saya juga suka pedas Mak. Mulut tahan tapi kadang perut nggak tahan, jadi pinter2 aja milih makanan. Saya suka mie ace selera pedas ;)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...