NIKMATNYA SEDEKAH DAN ANUGERAH TUHAN

Liswanti Pertiwi | Selasa, Februari 17, 2015 |
Semenjak kecil Ayah senantiasa mengajarkan saya untuk bisa selalu berbagi kepada sesama yang membutuhkan. “Bersedekahlah dengan hati ikhlas” ucap Ayah. Lalu apa itu sedekah?. Sedekah dalam bahasa arab “shadaqah” yang berarti bahwa memberikan sesuatu kepada seseorang yang membutuhkan, dengan mengharap ridha Allah semata. Seperti kata Ayah, bahwa dalam bersedekah harus dengan niat ikhlas, jangan ada sedikit pun niat sedekah, karena ingin dipuji baik dan dermawan atau bahkan sampai diliput sana sini.

Dalam ayat Al-Quran surat Ali-Imran ayat 92 yang berarti :

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya”.

Pada ayat diatas, saya ingat bahwa guru mengaji selalu menerangkan bahwa sebagai manusia harus ingat betul bahwa Allah SWT sudah memberikan isyarat kepada kita semua, kalau ingin mendapat kebaikan harus terlebih dahulu memberikan sesuatu yang kita cintai kepada orang lain yang membutuhkan yaitu dengan bersedekah.

Dan dalam bersedekah pun bisa kita berikan kepada keluarga terdekat, baik itu saudara kita dan sanak family lainnya. Terus bisa ke anak yatim, tetangga dekat, fakir miskin dan lain-lainnya, tapi yang terpenting harus ikhlas dan tidak mengharap pujian. Intinya kita bisa berbagi kepada siapa saja, tapi yang utama keluarga dahulu, apakah mereka sudah terpenuhi dalam kehidupannya atau belum, dan punya rejeki lebih, kita bisa beri juga kepada yang membutuhkan “itu pelajaran yang saya dapat dari Ayah dan buru mengaji”.

Nikmatnya Sedekah dan Anugerah Tuhan

Ketika saya sudah menikah, apa yang paling ditunggu?. Tentu saja adalah generasi penerus, yang terlahir dari rahim saya sendiri. Tapi sekian bulan tak kunjung datang juga titipan itu. 2 kali merasakan keguguran, 2 kali merasakan rasa sakit kehilangan.

Sedih?, tentu saja begitu menyedihkan, Tapi itulah hidup yang harus saya jalani. Akhirnya Guru mengaji saya pun menyarankan untuk banyak berdzikir dan bersedekah. Tentu saja semua itu saya lakukan, karena saya mengharapkan anugrah itu cepat datang. Selama ini memang saya bersedekah kepada sanak keluarga, dan tetangga dekat di kampung halaman yang memang memiliki anak yatim. Tapi setelah kejadian keguguran itu, saya berusaha menyisihkan rejeki yang didapat supaya bisa member kepada yang lainnya.

Setelah berobat kedokter dan alternative saya lakukan untuk memiliki buah hati, berdoa dan bersedekah adalah jalan terbaik yang terus saya lakukan. Ternyata jawaban Allah SWT memang maha indah, ketika saya sudah merasa pasrah anugerah itu datang.


Dok. Pribadi (nikmatnya sedekah)

Bahkan titipan itu datang dan dapatkan satu bulan setelah bersedekah kepada beberapa anak yatim. Ternyata memang benar ya saat kita bersedekah dengan ikhlas, berapa pun itu jumlahnya yang terpenting diikuti niat ikhlas ridho lillahi ta’ala, kita akan mendapatkan kebahagiaan yang begitu luar biasa.

Sudah banyak sekali nikmat sedekah yang saya dapat, dari dimudahkan dalam mencari rejeki, kesehatan, sampai keselamatan saat melahirkan anak. Bahkan saat saya sudah resign kerja, saya diberi kemudahan mendapatkan beberapa pekerjaan yang dilakukan secara freelance yang bisa dikerjakan di rumah. Kenikmatan hidup dan anugerah Tuhan berupa kehamilan itu datang, karena keajaiban dari sedekah.

Hingga sekarang, doa dan target yang sesuai harapan dan keinginan pun, semua karena sedekah disertai kekuasan Sang Illahi yang selalu setia membimbing saya selalu.


TULISAN INI DIIKUTSERTAKAN DALAM
FADEVMOTHER’S FIRST GIVE AWAY



14 komentar:

  1. Berkah sedekah memang luar biasa ya mak :)

    BalasHapus
  2. sedekah gak dihitung dari nominal yang kita berikan ya mak. tapi niat ikhlas dari dalam diri kita untuk berbagi :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mbak Novia...berapapun besar kecil yg diberikan dalam sedekah...yg penting didasari niat ikhlas ridho..lillahi taala.

      Hapus
  3. betul bangeeet mba...saya sangat percaya dengan kekuatan sedekah...semoga kita selalu diingatkan untuk bersedekah di jalan-Nya...good luck GAnya yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu mak Indah kalau begitu...sedekah memang luar biasa.
      Amin Ya Rabb...

      Hapus
  4. Terimakasih sudah berbagi inspirasi ya Mak Liswanti :)

    BalasHapus
  5. Iya ,,,jd pengen bersedekah ni biar rezeki makin mengalir...mampir jg ya ke www.gembulnita.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak bersedekah..insya allah..berkah

      Hapus
  6. Subhanallah...bersedekahlah dlm keadaan lapang dan sempit :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Setuju mak. Alhamdulillah sedekah itu indah.

      Hapus
  7. halo..juri berkunjung. Goodluck

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...