BERSAMA BANGO MELESTARIKAN WARISAN KULINER NUSANTARA

Liswanti Pertiwi | Senin, Maret 23, 2015 |

Dok. Pribadi
Siapa yang tidak suka makan?, semua pasti suka. Bahkan semua jenis makanan selalu ingin dicoba, bahkan saat ini wisata kuliner menjadi angenda penting saat melakukan perjalanan atau liburan ke suatu kota, atau daerah tertentu. Bahkan ke luar negeri sekalipun, pasti wajib untuk melakukan wisata kuliner yang menjadi ciri khas tempat tersebut.

Tapi tahukah kalian, bahwa di negara kita Indonesia juga kaya dengan kulinernya. Yang menjadi pertanyaan, apakah pernah mencoba makanan khas yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke?, kalau saya sendiri belum.

 Dok. Pribadi

Dan ternyata Indonesia ini kayak dengan yang namanya warisan kuliner sejak zaman dahulu. Bertempat di Warung Tekko Sunter Icon Apartment, “Arie Parikesit” selaku Chief culinary Officer/Founder Kelana Rasa mengadakan acara bincang kuliner bersama Blogger, pecinta kuliner dan penggiat media sosial.

Disini mas Arie menjelaskan tentang inisiatif kuliner Indonesiaku, dimana dirinya telah melakukan ekspedisi kuliner ke lebih 550 kabupaten di Indonesia. Bahkan beberapa jenis makanan dari tempat yang telah dikunjunginya pun ditampilkan disini, dari Sumatera, Bali, Tasikmalaya, dan lain-lainnya.

Mas Arie pun berkesempatan untuk menerangkan secara langsung tentang jenis makanan dari tempat yang telah dikunjunginya, dari namanya apa?, cara penyajiannya bagaimana?, dan lain sebagainya. Bahkan mas Arie berharap kalau “ Kuliner Indonesia jadi tuan rumah di Dunia”. Disini mas Arie juga menjelaskan bagaimana aktivitas seorang blogger dalam menulis tentang kuliner, “kalau mereview makanan, jangan lupa tempatnya juga” ucap Arie.

Aplikasi Warisan Kuliner Bango
 Dok. Pribadi (Aplikasi Warisan Kuliner)

Selain berbincang tentang kuliner, mas Arie juga menerangkan tentang satu aplikasi yang bisa diunduh langsung di smarphone dengan nama “Warisan Kuliner Bango”. Aplikasi ini bisa bermanfaat bagi pencinta kuliner, karena disini kita bisa menemukan dimana saja nama-nama tempat kuliner yang bisa kita kunjungi. Tapi jangan lupa untuk menyalakan GPSnya terlebih dahulu.

Mas Arie juga mengajak untuk selalu aktif mereview makanan yang ada dalam aplikasi, siapa pengguna warisan kuliner teraktif akan berkesempatan untuk jalan-jalan kuliner ke Jogjakarta dan menjadi tamu kehormatan dalam “Festival Jajanan Bango”.

Dalam aplikasi ini pun dilengkap dengan berbagai resep makanan favorit yang bisa menjadi bahan referensi kita dalam membuat masakan, dan tentunya khas dengan warisan kuliner nusantara. Bukan itu saja, aplikasi ini memudahkan kita untuk mencari kuliner terdekat, berbagi kuliner, sampai dengan menemukan jajanan special di sekitar kita.

Warung Tekko


 Dok. Pribadi (Kegiatan selama acara)

Acara bincang kuliner ini pun bertempat di Warung Tekko Sunter Icon Apartment, Jalan Griya Sejahtera No. 1 Kemayoran Jakarta Utara. Karena temanya kuliner, tentu saja para tamu pun berkesempatan untuk secara langsung menikmati sajian khas yang ada di Warung Tekko. Mulai dari Konro Bakar Saus Madu, tumis kalian, gurame asam manis, iga penyet, ayam goreng beserta sambal khasnya.

Suasana tempat ini menarik, diatasnya berhiaskan daun-daun, yang berasa kita itu sedang ada dialam yang menyejukkan. Tapi semakin siang suasana terasa panas, karena mungkin cuaca semakin terik.

Dok. Pribadi

Acara pun ditutup dengan games bersama 5 peserta terpilih, yang tentunya games masih seputar menebak jenis makanan apa?, dengan mata tertututp. Yang selanjutnya melakukan foto bersama bersama seluruh undangan dan panitia acara.


Dengan berakhirnya acara, penuh harap bahwa kekayaan Indonesia, termasuk warisan kuliner nusantara bisa selalu dilestarika. Dan bersama bango, mari melestarikan warisan kuliner nusantara. [LP].

18 komentar:

  1. Ah serunyaaa sayang aku kemarin berhalangan hadir hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya neh seru banget mbak...katanya nanti ada lagi loh.

      Hapus
  2. Ada acara icip2 pake mata ditutup ya, seru banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya neh icip2 pake mata tertutup, heboh...ikan disebut daging...lidah sapi disebut daging juga...seru...

      Hapus
  3. asyik...

    ada foto saya :)
    *makasiiiih

    iya, tertarik sama ucapan AP soal "Kuliner Indonesia jadi tuan rumah di Dunia"
    secara, kan banyak banget ragam masakan di negeri ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mana mas...hahaha...kok ga ketemu yak...hihi

      Bener banget harus banget Indonesia jadi tuan rumah..semoga saja.

      Hapus
  4. sayang tanggalnya bentrok... mudah-mudahan event berikutnya bisa ikutan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti ada lagi...yuk nanti ikutan seu banget.

      Hapus
  5. Seruuuuu.. makanannya menggugah selera banget ya. Lezatos!! Sayang kemarin gak jadi hadir, hiksss

    BalasHapus
  6. Jadi ingat acara jajanan bango di surabaya tahun 2009. Kecap bango memang enak, gurih dan mantap.

    BalasHapus
  7. aaahh seruu bangettt...mupeng
    minggu ini katanya ada lagi ya mba?

    BalasHapus
  8. ini bakal ada di Bandung gak yaaaa :(
    penggemar kecap bango nih :))

    note: Kalau tertarik dengan produk #ROKCELANA silakan order kapan saja ya Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah-mudahan ada...

      siip.....kalau order nanti saya hubungi

      Hapus
  9. pulang-pulang kenyaaaanggg
    mas arie ini emang spesialisasi makanan :D
    semoga nanti acara bango aku bisa ikutannn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget mak,,kenyang abisss. Iya dia spesialisasi makanan, tanya makanan apa saja pasti tahu. Yuk nanti kita ikutan ini lagi mak. Semoga nanti bisa kopdar langsung ya.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...