GURU, PAHLAWAN TANPA TANDA JASA YANG ASYIK NGEBLOG

Liswanti Pertiwi | Senin, Maret 16, 2015 |
Aktifitas menulis diblog saat ini benar-benar sangat luar biasa. Bahkan tadinya ngeblog hanya untuk menyalurkan hobi, kini bisa mendapatkan penghasilan. Bukan itu saja seorang blogger (panggilan untuk penulis blog) bisa mengikuti dan menghadiri langsung kegiatan event peluncuran produk dari brand tertentu. Komunitas blogger menjadi salah satu wadah bagi para penulis blog untuk bisa saling berbagi pengalaman, ilmu dan karya, serta bertemu secara langsung melaui sebuah acara kopdar.


Dok. Pribadi
Seperti hari Minggu kemarin 15 Maret 2015, yang bertempat di Gedung Indosat Jl. Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat, ada sebuat acara seru bernama "Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional" yang diadakan oleh Komunitas Sejuta Guru Ngeblog. Acara ini bertepatan dengan ulang tahun pertama berdirinya "Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN)", yang bekerja sama dengan Indosat.

Kopdar akbar ini banyak dihadiri oleh Guru-guru yang ternyata juga senang menulis. Selain itu dari berbagai komunitas juga ikut hadir meramaikan acara, mulai dari BRID, Kumpulan Emak Blogger, Warung Blogger, Blogger Bandung, Garut dan komunitas lainnya. Total peserta kurang lebih ada 350 orang yang disatukan di dalam aula lantai 4 Gedung Indosat.


Dok. Pribadi (Situasi Acara)
Guru, sang pahlawan tanpa tanda jasa yang sehari-hari bekerja untuk selalu mendidik para generasi penerus bangsa, juga aktif berbagi ilmunya dalam bentuk tulisan, sehingga dapat dibaca oleh orang banyak. Bukan itu saja, bahkan dari ngeblog itu, para Guru sudah banyak mendapatkan prestasi yang luar biasa.

Acara kopdar akbar ini diisi oleh para Guru Blogger berprestasi yang bisa menginspirasi kita semua. Disini kita bisa berbincang langsung dengan mereka, mendengarkan banyak hal yang bisa memicu kita sebagai peserta selalu semangat untuk terus menulis.


Dok. Pribadi (Guru Blogger)
Pada kesempatan yang pertama ini diisi oleh Bapak Dedi Dwitagama. Merupakan seorang Guru blogger dan trainer yang pernah menjadi 17 blogger Inspiratif Indonesia 2014, sekaligus Kepala Sekolah berprestasi 3 DKI Jakarta tahun 2008. Bahkan karena prestasinya telah membuat dirinya memperoleh banyak penghargaan, dan diundang oleh berbagai stasiun televisi. Disini Pa Dedi berbagi pengalaman tentang dunia ngeblog, dengan tema "Nikmatnya Jadi Guru Blogger". Dari awal dia menulis di tahun 2005, banyak yang telah dilaluinya, sehingga bisa menorehkan banyak prestasi yang luar biasa, dan bisa menginspirasi kami selaku peserta acara. 


Dok. Pribadi
Bincang-bincang yang kedua diisi oleh Ibu Amiroh Adnan yang merupakan pemenang Guru Era Baru, dan seorang srikandi Guru blogger. Saat ini Ibu Amiroh mengajar di SMKN 3 Jombang, dan telah menerbitkan sebuah buku tentang e-learning. Bu Amiroh banyak menerangkan tentang kegiatan ngeblognya, mulai dari apa tujuan ngeblog? sampai buat apa membuat blog?. Bu Amiroh mengatakan "ngeblog bukan saja posting, blog bisa menjadi sebuah media untuk bisa bertemu banyak orang".


Dan yang terakhir diisi oleh Bapak Muhammad Subakri merupakan Guru Blogger dari dusun Lumajang, dan pada kesempatan ini pun beliau memutar video tentang anak didiknya yang ada didaerah. Yang menarik dari Pa Subakri ini adalah, beliau ternyata baru pertama kali datang ke Jakarta, berkat KSGN dan Indosat beliau akhirnya bisa datang dan berbagi cerita didepan seluruh peserta."Karena ngeblog saya bisa shalat dimasjid istiqlal" ucap Pa Subakri.


Dok. Pribadi 
Selain acara bincang-bincang bersama Guru blogger, juga ada acara menarik tentang tongsis reportase yang diisi oleh Bapak Imam Suwandi seorang news produser Metro TV, yang juga suka menulis diblog dengan nama cakimamsuwandi.blogspot.com. Disini Pa Imam menerangkan banyak hal tentang cara membuat reportase dengan tongsis, dengan nama "selfie Journalism". Dalam hal reportase seperti ini tentunya memiliki kekurangan maupun kelebihan, dimana kelebihannya lebih ekonomis, bisa cepat dan siap kapan saja, bahkan tidak melibatkan banyak orang dan bisa segera kirim berita.

Acara yang dipandu oleh mas Ivan dan mak Meti Mediya ini, ditutup oleh Bapak Ono W Purbo selaku pakar IT Indonesia. Selain itu acara yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dibuka oleh sang penggagas acara dan sekjen KSGN yaitu Namin AB Ibnu Solihin dan om Jay selaku founder KSGN dan Guru Blogger Indonesia. 

Kopdar akbar menjadi semakin menarik dengan diisi oleh perwakilan dari Indosat yaitu Mbak Gina Aliya yang berkesempatan menerangkan tentang forum Indosat ICity yang bisa dijadikan tempat berkumpulnya komunitas, serta bisa saling sharing tentang informasi yang bisa bermanfaat bagi banyak orang. 

Dok. Pribadi (pembagian hadiah)
Dalam acara ini pun bertabur hadiah berupa voucher pulsa, serta acara live blogging yang dikuti oleh kurang lebih 40 orang dalam waktu 3 jam. Dan akhirnya dipilihlah 5 pemenang yang berhak mendapatkan sebuah handphone. Selamat. 

Kopdar akbar ini diharapkan dapat menjadi acara rutin tahunan, dan selalu sukses. Disini banyak sekali ilmu yang didapat dari para Guru Blogger serta pengisi acara lainnya, yang tentukan bisa memberikan pengalaman dan semangat baru bagi para blogger, untuk selalu berkarya dalam tulisan, dan bisa dinikmati pembaca serta bermanfaat bagi banyak orang. (LP)




12 komentar:

  1. Wah, seru banget itu acaranya. Sambil kopdar dapat ilmu baru juga.

    BalasHapus
  2. wah seru acranya, bermanfaat, dapat ilmu, pengalaman, banjir hadiah pulak....jadi blogger emang pas bgt buat yg hobi nulis :D

    mampir2 ya Mba :)

    BalasHapus
  3. Semoga bermanfaat untuk Indonesia, Guru kau senjata masa depan kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat terus untuk Guru Indonesia

      Hapus
  4. gurupun sekarang makin eksis ya :) hidup guru. Tapi bapakku guru STM, dan beliau gaptek dengan komputer

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semakin eksis, nah ayahnya mengajar apa?

      Hapus
  5. wah, mantap. semoga kopdarnya bisa direalisasikan setiap tahun dan lancar ya :)

    BalasHapus
  6. Ternyata banyak yang profesinya sebagai Guru suka juga menulis di dunia maya tapi dengan catatan menulis positif di media Blog, Semoga apa yang mereka Tuliskan sebanding apa yang mereka ajarkan di dunia offline.

    Salam cinta dari muridmu....

    BalasHapus
  7. Benar sekali menulis positif yang juga membagi ilmu untuk semua orang.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...