RESEP BACI ASAM MANIS PEDAS

Liswanti Pertiwi | Senin, Maret 09, 2015 |
Yuhuu...akhirnya senin ini balik lagi buat nulis, posting dan share keteman-teman semua. Semangat ngeblog ga boleh surut dong ya..biarpun langit sedikit mendung..#eh apa hubungannya?


Ada pasti..soalnya kalau lagi mendung, pasti deh bentar lagi hujan. Kalau sudah begitu cuacanya akan terasa dingin, akhirnya pengen makan yang pedas, biar nulis terus berlanjut. Nah kali ini saya ingin berbagi resep lagi neh. Ini bisa dijadikan cemilan keluarga dikala sedang berkumpul.

Nah beberapa hari kemarin saya membuat baci sambil mengajak anak bermain, dan lumayan bahannya masih ada sampe sekarang, karena memang bisa disimpen dikulkas. Apa seh sebenarnya baci itu?, baci adalah baso aci (dalam bahasa sunda), yang bahannya terbuat dari sagu.


Yuk mari kita siapkan dulu bahannya.
  • Sagu ½ kilo
  • Tepung beras 3 sdm
  • Terigu 3 sdm
  • Garam 1 sdm
Nah bahan yang ini dicampur dulu semuanya, setelah diaduk jangan lupa untuk masuk air panas (mendidih) ke dalam adonan sebanyak setengah gelas. Terus saja diaduk pakai tangan sambil benar-benar rata semua, jangan terlalu banyak air, karena bisa lengket. Kalau sudah siap baru bisa dibentuk bulat-bulat, nah kalau yang saya buat ga jelas bentuknya, maklumlah yang ngebuletin anak-anak, tapi mereka senang bisa belajar masak-masakan hehehe.

Setelah semua baci ini selesai dibentuk, rebuslah air, dan setelah mendidih masukan baci kedalam rebusan air, sampai mengambang (karena itu menunjukkan sudah matang).
Baci yang sudah matang tiriskeun ke air dingin ya, dan kita bisa membuat bumbu. Kali ini saya bikin asam manis pedas, dan anak-anak bumbu kuning biasa saja. Bahan-bahan yang meski disiapin adalah.

Bumbu kuning ini hanya untuk anak-anak
  • Cabe keriting 5 buah
  • Cabe rawit merah 5 buah
  • Kemiri 3 buah
  • 3 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 buah kaldu ayah
  • 3 sdm saus tomat
  • 3 sdm saus cabe
  • Gula merah
  • Garam secukupnya

Kecuali saus tomat, cabe dan kaldu, semua bahan diulek sampai benar-benar halus. Kalau sudah, tumislah bahan sampai harum, tambah sedikit air kira-kira satu gelas dan campurkanlah saus cabe dan tomat serta kaldu. Setelah mendidih, masukkan sebagian baci yang sudah direbus tadi, lalu masak sampai bumbu meresap dan menyisakan kuahnya sedikit saja…angkat dan baci asam manis pedas siap dimakan.

Hasil akhirnya seperti di bawah ini, kan bentuknya tidak jelas, tak apa, karena rasanya nikmat sekali. Yang dipiringlah namanya baci asam manis pedas dan yang sebelahnya, adalah kesukaan putra saya, namanya bumbu kuning. 


Gimana mudahkah membuatnya....mumpung hujan neh yuk ah dicoba...

16 komentar:

  1. Baru tau kak makanan yang namanya baci, taunya banci aja soalnya *ehh.
    Itu rasanya kenyal2 berarti ya kak, sedap lagi ada racikan bumbu asam manisnya.
    Bikin ngiler orang Surabaya yang gak pernah ngicipin sama sekali nih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang ntu mah banyak....kalau yang ini jarang nemu...enak dimakan selagi hujan..iya ini rasanya kenyal, soalnya terbuat dari sagu. Kalau berkunjung keJawa Barat pasti nemu makanan kayak begini dengan aneka rasa. Ayo dicoba dibikin...

      Hapus
  2. aih sedap kyaknya dan itu baci mirip kyak hintalu karuang kue khas kalsel :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama ya kalau bgitu beda nama mungkn ya. Saya malah juga blum tahu kue hintalu itu mas.

      Hapus
  3. Setelah membaca artikel ini, saya baru tahu kalau ada makanan yang namanya baci. Sepertinya enak tuh makanannya, tapi sayang meskipun pengen coba perut gak cocok sama makanan yang terlalu pedas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah baci ini bisa kok dibumbuin tanpa pedas juga...ciba datang kedaerah jawa barat..baci atau baso aci ini sudah banyak yg jual dgan aneka rasa.

      Hapus
  4. Ohh...baci itu bakso aci ya? Terbuat dari sagu dan sausnya pedas ya? Kalo di daerahko makanan sejenis yang berbahan sagu spt ini namanya bubur sumsum.. tetapi sausnya manis dari gula merah dan bersantan...mirip cendol...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mak Rita..itukan dari tepung beras ya..ditempat sata juga namanya bubur sumsum..atau dawet. Nah klo baci itu dari sagu atau aci dalm bahasa sunda.

      Hapus
  5. Tingkat kepedasannya bisa ditambah atau dikurangi kan ya. Sepertinya enak nih cuma anak saya yang cowok (7 thb) kurang suka pedas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas...ditambah dan dikurang sesuai selera...kalau anak ga suka yg pedas...coba saja yg original...kayak anak saya makan...bumbu biasa aja.

      Hapus
  6. makanan kesukaan aku, tapi aku sih lebih suka pake kuah mak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss ah mak Tian...yg kuah juga nikmat ...apalagi pake saus, cave babyak, bwang daun..beuhhh nikmat...

      Hapus
  7. sempet mikir, baci itu apa ya? :)
    kalau ditambah ikan yg sudah dihaluskan, kayaknya lebih enak ya mba.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baso aci mak santi..ditempat saya dikenalnya bacu atau bacil....bisa mak tambah ikan juga enak...

      Hapus
  8. Balasan
    1. Boleh sekali mbak sari...silahkan dicoba

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...