BELAJAR MENJAUHKAN ANAK DARI GADGET SEJAK DINI

Liswanti Pertiwi | Jumat, April 24, 2015 | |

Ilustrasi Gambar " Anak-anak asyik main games di Smartphone"
Photo By. Mbak Sarah (BBM)
Tahu tidak, anak-anak saat ini sepertinya tidak bisa lepas dari gadget ya?, memang tidak semua, tapi pastilah kita sering lihat disekitar rumah, atau malah anak kita sendiri yang usianya belum remaja saja sudah mengerti main smartphone.
Nah memang anak saat ini sudah pintar-pintar main teknologi, dulu mah mana pernah ya "lah iya dulukan emang belum ada..hehehe". Tapi jangan salahkan anak loh ya, kalau mereka sudah bisa pinter main gadget. Soalnya pas dia lahir saja, sudah dikenalin gadget, contoh "lagi menyusui, mamanya senang update status, foto anak dengan berbagao pose lucu, langsung deh share instagram, facebook dan lain-lainnya". Bahkan saya pun begitu, "jujur ini loh".
Nah karena kebiasaan seperti itu, anak-anak pun dengan mudah mengenal apa itu gadget, jangan kaget usia 2-3 tahun sudah ngerti bagaimana buka games dan lain-lainnya. Memang bener?, benerlah, saya ngalamin sendiri kok. Tapi semenjak denger curhatan beberapa Ibu-ibu, jadi kepikiran juga saya. Begini ceritanya.
"Mbak X (sebut saja begitu ya), curhat. Aduh anak saya akhir-akhir ini kok senangnya main hp terus, lagi makan hp, mau belajar hp, mau tidur juga hp. Diajak ngomong "ntar ya mah lagi asyik neh". Saya kan jadi khawatir, apa itu mata didepan layar kecil gitu ga pusing ya, saya binggung akhir-akhir ini anak pun sampai kurang belajar, karena dia main game online dihpnya. Salah saya seh memang beliin dia hp canggih, kalau dah begini saya nyesel banget mbak"
Mendengar cerita seperti itu, jujur saya juga menjadi ketakutan, apalagi kalau dia sudah mengenal internet. Apapun bisa ditemukan disana, bukan itu saja beberapa waktu ini kalau buka situs di smartphone atau laptop, pasti deh muncul gambar ga jelas atau game online dengan gambar yang lumayan membuat saya nyengir, biarpun itu karikatur, tetap saja khawatir kalau anak ngelihat.
Karena kekhawatiran itu, saya pun mulai ingin belajar menjauhkan anak dari gadget sejak dini. Mumpung belum terlambat, soalnya mereka baru tahu buat buka lagu atau video kartun kesukaannya. Apa yang mulai saya lakukan?.


Mengalihkan Perhatian Anak Pada Permainan lain

Anak saya lagi main
masak-masakan
Ketika anak bertanya "mah hp tth mana?". Dengan penuh perhatian, saya ajak saja anak main masak-masakan atau mengajak anak mengenal permainan tradisional, seperti congklak, main karet, bekles, kalau perlu main kelereng "gini-gini saya dulu bisa main kelereng kok..haha". Ternyata beberapa bulan ini, cara ini memang terbukti ampuh, biarpun sesekali anak nanya dimana hpnya. Jadi setiap pagi setelah saya ajarkan menulis dan membaca, dia asyik main masak-masakan atau yang lainnya.
Yang pasti kita pun harus melakukan hal sama, menemani mereka main dan gadget simpan dulu. Biar komunikasi dengan anak pun semakin baik.
Biarkan anak Berkreasi
Sedang asyik melukis..hihi
Nah kalau yang satu ini, saya harus mengorbankan banyak hal. Tapi tak apa yang penting anak-anak senang. Anak laki-laki saya, sepertinya memang sedang senang main coret-coret, biarpun saya kasih buku, tetap saja dia melukis banyak hal di tembok rumah. Terkadang teman-teman yang berkunjung kerumah suka ketawa "tembok rumahmu indah ya, pinter memang.lanjutkan de". Ya, saya dan suami lebih memilih membiarkan saja, sambil menyiapkan kamar khusus, untuk dia berkreasi sendiri.
Tembok kotor ga apalah ya, bisa dicat lagi kok, biarkan anak terus belajar, mereka begitu belum mengerti. Sambil sedikit-sedikit kita ajari dan beritahu, nanti juga mengerti. Bener ga?.
Mendampingi anak dalam segala hal
Tentu saja, sebagai orang tua mendampingi mereka sangat perlu dan wajib dilakukan. Seperti halnya saya, kalaupun anak sedang ingin bermain gadget, saya usahakan untuk memperhatikannya, dan diberi batasan waktu. Jangan sampai anak bermain berlebihan, akhirnya kalau saya bilang "sudah ya teh", dia ngerti. Bahkan, beberapa waktu ini, dia jadi mulai gampang bosan dengan gadget "Alhamdulillah deh".
Ketiga hal itu saya lakukan, bukan tanpa alasan atau sangat pelit "tidak mau kasih pinjem hp atau membelikannya". Semua itu demi kebaikannya sendiri, soalnya kalau anak sejak dini terus saja depan layar hp yang kecil atau depan laptop terus. Bisa-bisa terjadi masalah sama matanya, minus mungkin. Bahkan kalau anak kebanyakan diam, tak beraktifitas, bisa-bisa mengalami kegemukan. Seperti halnya anak teman saya, keasyikan main game sambil ngemil, gemuklah badan dia.
Bahkan kelamaan anak main gadget, bisa-bisa dia tidak bisa bersosialisasi dengan teman sebayanya. Dan yang penting bisa mengganggu kesehatan dan napsu makan anak. Kok bisa?, bisalah, keasyikan main game, anak suka lupa makan. Jadi memang harus pintar-pintar kita sebagai orang tua dalam mendampingi anak. Bagaimana baiknya dan bagaimana cara yang dilakukan supaya anak bisa terhindarkan dari gadget.
Itu yang saat ini saya lakukan, nah kalau kalian bagaimana?

12 komentar:

  1. iya bener mbak, saya punya sepupu, 5 tahun, 3, sama 2 tahun, semuanya malah udah bisa mainin gadget. ga abis pikir -___-
    setuju sama tips mengalihkan anak ke permainan lain. bisa dicoba kasih tau ke ibunya nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh silahkan semoga bermanfaat...dan memang sekarang kita harus bias merubah kebiasaan anak yang suka main gadget..aduh bahaya sekali buat mata dan dia ga bisa menggerakkan tubuh kalau duduk terus

      Hapus
  2. Betul Mbak, anak-anak jaman sekarang pada kecanduan dengan gadget. Padahal di usianya yang masih dini seharusnya mengembangkan kemampuan motoriknya dengan aktivitas bermain lain di luar gadget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener banget mas....memang harus sejak dini mengalihkan anak dengan permainan lain selain dari gadget

      Hapus
  3. Pasangan muda sekarang banyak yg udh ngasih gadged pd balitanya. Saya sampe kasih penjelasan, namun selalu dibantah ini cuma main game. Sedih aja lihatnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah sama mak...sampe ya dikasihnya langsung yang mahal-mahal...suka ditanya juga sama saya...ya jawabannya begitu

      Hapus
  4. ya mbak gadget skrng bkn cm bikin minus tp bisa jd sebab low vision/tuna netra
    nice tip
    smg ortu pd jauhi gadget ke anak2 nya
    salam knal ya

    @guru5seni8
    penulis di www.kartunet.or.id dan http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama...sama
      siip bener harus mulai dijauhkan anak-anak dari gadget, percuma kalau buat mainan beli mahal2.hehehe

      Hapus
  5. hpku ga ada gamenya, jadi dia ga betah lama-lama main hp.

    salam kenal, Mba..^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bagus itu mbak,jadi tenang ya..

      salam kenal juga

      Hapus
  6. Kalau saya gak melarang. tapi membatasi dan mengontrol. Jadi setiap harinya maksimal boleh main 2 jam. setelah itu, dia harus melakukan aktifitas lain seperti main petak umpet, bola, menggambar, atau apapun pokoknya bukan gadget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang mengontrol sangat penting ya mak..biar ga keterusan...dan permainan diluar malah jauh lebih menyenangkan.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...