Bekerja Lebih Mudah Dengan Komunikasi Digital

Liswanti Pertiwi | Sabtu, Mei 16, 2015 |
Dok. Pribadi (Baca ini untuk semakin optimal
dalam menjalankan bisnis)
Apakah email itu sudah dikatakan optimal dalam menunjang pekerjaan?, jawabannya pasti beragam ya. Email atau kita mengenalkannya dengan surat elektronik, bisa memudahkan kita dalam bekerja, baik dalam pengiriman data ataupun laporan. Pengirimannya pun tidak memerlukan waktu lama, cepat dan tepat. Tapi terkadang email bisa saja tidak optimal dalam menunjang pekerjaan, mengingat jaringan internet sedang mengalami gangguan, atau bahkan si penerima sedang sibuk dan lupa membuka email, bisa-bisa surat penting pun tidak bisa mendapat respon dengan cepat.

Permasalah seperti itu tentu bisa dapet solusinya, mengingat seiring waktu berjalan dengan perkembangan zaman yang semakin modern, kemajuan teknologi pun semakin pesat. Bukan saja email, saat ini bermunculan social media, yang memudahkan pembisnis/pimpinan suatu perusahaan dengan bawahan bisa berkomunikasi dengan lancar.

 Dok. Pribadi (suasana acara di Kichenette Plaza Indonesia)
Pengisi acara dan peserta yang hadir sampai banyak yang berdiri 

Maka dari itulah pada Selasa 12 Mei 2015, Microsoft bersama dengan Xl Axiata, mengadakan acara bertajuk “Techno Talk Over Coffe : Wajah Baru Komunikasi Digital”, bertempat di Kichenette Plaza Indonesia Jakarta. Acara ini mengupas tuntas akan dunia kerja di kantor berserta teknologi komunikasi yang ada didalamnya, hingga memudahkan dalam setiap proses pekerjaan. Hadir dalam acara ini 3 pembicara, yakni Rully Maulani selaku Microsoft Office Division Business Group Lead PT. Microsoft Indonesia, kemudian Pantro Pander Silitonga, selaku Vice President-4G LTE, XL Axiata, Tbk. Dan yang terakhir adalah Albert Jeremy selaku Praktisi Komunikasi Digital.

Ada pertanyaan yang dilontarkan pembawa acara dalam acara ini, biasanya dikantor komunikasi melalui apa saja?. Semua jawaban hampir sama, BBM, WA, Line dan lain-lainnya, menurutnya itu cepat dan mudah.

Bahkan didunia bisnis, teknologi ikut andil didalamnya untuk melancarkan proses suatu pekerjaan. Selain itu komunikasi pun semakin mudah diantara rekan kerja, dan seperti yang bersumber pada Wikipedia.

Dimana “dengan perkembangan zaman yang dilakukan tidak hanya sekedar bincang-bincang, tetapi komunikasi mengalami perkembangan dengan ditemukannya alat-alat teknologi. Lalu muncul komunikasi digital, yang mana kita melakukan interaksi dan penyampaian pesan melalui beberapa perangkat tambahan seperti computer, handphone, internet dan masih banyak lagi. (id.wikipedia.org)”.

dok. pribadi
(saat akan melakukan skype for business)
Seperti yang dikatakan Rully Maulani “the world is now a giant network”. Atau bahkan Dan memang internet begitu berkembang pesat, maka tidak salah, dengan teknologi semua serba mudah, termasuk didunia kerja. Bahkan internet juga memudahkan para pembisnis lainnya, ataupun pengusaha online shop dalam memasarkan usahanya.

Apalagi menurut Pantro Pander Silitonga “saat ini kita sudah masuk era 4G”, bahkan 80 % komunikasi sudah beralih ke internet. Karena itulah internet memudahkan segalanya, dimana pun kita berada bisa melakukan segala hal. Dan pada kesempatan acara ini pun, Albert Jeremy mempraktekkan bagaimana internet bisa menghubungkan segalanya, bahkan dengan komunikasi digital memungkinkan pimpinan dan pegawainya bisa melakukan meeting, tanpa perlu bertemu dikantor. Biarpun jarak itu jauh, semua bisa dilakukan, dan kita bisa melakukan Skype For Business.


Photo By Cahyanto
(Alhamdulillah dapet rezeki tak terduga bareng mas Agung Han)
Dapat diambil kesimpulan bahwa komunikasi digital ini, akan memudahkan segalanya dalam proses pekerjaan, menghemat biaya dan waktu, bahkan jarak jauh pun tidak akan masalah, karena dengan internet semua jadi lebih mudah. Selain itu pesan penting akan bisa tersampaikan dengan cepat, dan dimana pun kita berada semua bisa dilakukan. [LP].

13 komentar:

  1. Setuju sekali Mak, bahwa di era teknologi yg canggih ini masalah komunikasi tak menjadi hambatan dan masalah lagi... Dulu, kita mesti nunggu waktu berhari-hari utntuk menyampaikan kabar melalui surat yg dikirim via pos... Namun kini, dalam sekejap berita yang akan kita sampaikan akan diterima dalam sekejap pula... Dulu, aku ngirim naskah ke media via pos, demi ngirit biaya kadang ngirimnya pakai perangko biasa... Tak ada jaminan apakah surat kita sampai apa tidak.. Kini ngirim naskah bisa pake email dan cepat sampai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali semua serba mudah ya saat ini mak Rita

      Hapus
  2. Betul...betul...betul... komunikasi mang jadi sangat terbantu ya di era digital ini

    BalasHapus
  3. hmm, begitulah. pekerjaan kalau digabung dengan teknologi sekarang emang jadi lebih mudah dan praktis. tak terkecuali komunikasi secara digital..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serba mudah dilakukannya..ga kayak dulu ribet

      Hapus
  4. Iya, semakin cepat perkembangan teknologi dan semakin banyak sarana komunikasi harusnya bisa membuat pekerjaan lebih mudah

    ngga kebayang orang jaman dulu kalau mau kirim laporan tanpa email, harus via pos atau diantar langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya ya...tp biasanya kalau komunikssi begitu..pasti urusannya kuota ya..hehe

      Dulu pake burung pun jadi..hehe

      Hapus
  5. Betul sekali mak, jangankan pekerjaan, internet bisa jadi jalan pengobat kangen dengan suami.. *apaansih* hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehem...ehem..itu mah pasti mak Noorma.. Selalu dan sangat penting ya.

      Hapus
  6. Setuju banget, komunikasi digital ini, akan memudahkan segalanya
    asal jangan menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...