Yuk Sarapan Pagi Untuk Hari Yang Hebat

Liswanti Pertiwi | Sabtu, Mei 23, 2015 |
Dok. Pribadi
Kalau ngomongin sarapan pagi, ini adalah kebiasaan yang tidak bisa saya dan keluarga tinggalkan. Bahkan setelah saya menikah sekali pun, sarapan pagi harus dilakukan. Kebiasaan ini memang terbawa sejak kecil, Ibu selalu berkata "mau sekolah sarapan dulu, biar kuat dan bisa mengikuti pelajaran dengan baik". Dan itu memang benar, karena pernah suatu hari saya kesiangan dan tidak sarapan, alhasil baru jam pertama pelajaran pun otak sudah ga bisa nyambung sama pelajaran.

Ibu memang membiasakan anak-anaknya untuk sarapan pagi, bahkan dari jam 4 Ibu sudah mulai memasak. Ya, saya sudah mulai sarapan pagi dengan lauk yang lengkap, dari nasi, sayuran, dan susu setiap harinya. Nah, karena memang terbiasa sarapan pagi sekali, maka setelah menikah pun terus seperti itu, bedanya saya yang menyiapkan sarapan untuk suami yang berangkat kerja dan anak-anak.

Dan sarapan ini memang sangat perlu dilakukan, seperti dalam acara Community Gathering KRAFT "Pagi yang sehat, hari yang hebat" pada rabu, 20 Mei 2015 di Locanda Food Voyager Senayan Jakarta. Dimana Victoria Djajadi selaku Nutritionist mengungkapkan bahwa sarapan "asupan pertama di pagi hari yang dilakukan sebelum atau pada saat memulai aktivitas dengan kandungan energi mencapai 20-25% dari total keseluruhan energi yang dibutuhkan tiap hari". Sarapan ini sangat penting diberikan untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dengan aktifitasnya sekolahnya yang begitu padat. Dan sarapan ini pun bisa membentuk perilaku makan sehat, "saya bersyukur bisa selalu membiasakan anak-anak sarapan".

Dokumen Pribadi
(Chef Norman Ismail, Andra Wibisana, Victoria Djajadi, dan Donna Agnesia)

Lanjut Victoria bahwa saat sarapan hendaknya ibu menyiapkan jenis sarapan yang baik dan tentunya bergizi serta bernutrisi. Seperti apa?, seperti mengandung karbohidrat (misalkan nasi atau roti), serat (seperti sayuran dan buah), dan terakhir mengandung protein (misalkan keju dan susu). Dan apabila mengandung ketiganya, kombinasi tersebut akan menghasilkan makanan yang low GI (glycaemic index) dan tinggi protein. Nah kalau sudah begini kita tak perlu khawatir, karena anak-anak akan selalu sehat. Apalagi sarapan yang bernutrisi untuk anak-anak memiliki banyak sekali manfaat, seperti memperbaiki perilaku dan prestasinya semakin baik, karena dia selalu berkonsentrasi saat belajar, serta mengurangi resiko lethargy syndrome.

Lalu apa itu lethargy syndrome?. Ini merupakan keadaan dimana anak merasa tidak bertenaga, lemas, lesu, merasa mengantuk atau letih. Dan ini bisa saja berakibat pada rendahnya konsentrasi anak, yang akhirnya membuat mereka lamban dalam berpikir dan bergerak, bahkan bisa menyebabkan mood swings. "Aduh jangan sampai ya seperti ini anak-anak kita". Bukan itu saja lethargy syndrome ini bisa membuat anak-anak yang memiliki segudang aktifitas di sekolah menjadi tertinggal dalam pelajaran, atau menurunkan prestasi belajarnya, karena anak itu tidak dapat menyerap pelajaran dengan baik. Kalau sudah begini siapa yang sedih?, tentu saja kita "orang tua" dan anak sendiri. Gamaukan seperti ini?, maka dari itu biasakanlah anak-anak kita sebelum berangkat sekolah untuk sarapan pagi terlebih dahulu.

Anak saya ga suka sarapan?, pasti ada saja pertanyaan seperti itu. Nah sebagai seorang Ibu yang memiliki peranan penting untuk bisa membuat anak-anak terbiasa sarapan pagi, mulailah dengan menyiapkan menu yang disukai mereka, setidaknya ada asupan makanan sebelum mereka mulai beraktifitas. Bahkan Donna Agnesia yang merupakan Brand Ambassador Kraft selalu ingin memberikan nutrisi terbaik untuk anak-anaknya, termasuk dengan memberikan mereka sarapan setiap harinya. "Setiap hari saya meluangkan waktu menyiapkan sarapan bernutrisi bagi mereka. Ketika anak-anak mendapatkan sarapan bernutrisi di pagi hari, mereka akan lebih fokus mengikuti pelajaran disekolah, lebih berprestasi dan semangat menjalani aktifitas mereka yang cukup padat." ungkap Donna. Bahkan anak Donna pun saat ini suka sekali sarapan dengan keju Kraft.

Dokumen Pribadi
Keju Kraft
Dan Kraft memang sudah 30 tahun menjadi partner terbaik Ibu Indonesia dalam memberikan asupan bernutrisi bagi keluarga. Mau tahu rahasia Kraft?, Kraft ini mengandung Calci-Milk loh, yang terdiri dari protein, tinggi kalsium, dan vitamin D yang sangat baik untuk pertumbuhan anak. Dan keju Kraft ini sebagai salah satu merek kebanggan Mondelez Indonesia yang pada kesempatan gathering ini, meluncurkan kampanye terbarunya "Pagi yang sehat, Hari yang hebat". Dimana kampanye ini merupakan inisiatif untuk mendorong Ibu Indonesia menyiapkan sarapan bernutrisi bagi anak-anak mereka setiap harinya. 

Andra Wibisana, selaku Senior Brand Manager KRAFT Indonesia mengatakan "selama lebih dari tiga dekade, Kraft telah menjadi partner terpercaya Ibu Indonesia untuk menghadirkan sajian lezat bernutrisi. Tahun ini KRAFT kembali mengajak para Ibu untuk terus menyiapkan sarapan dengan nutrisi cukup, sehingga anak bisa memulai hari hebatnya dan beraktifitas sepanjang hari. Dengan latar belakang tersebut, Kraft juga mempersembahkan program #BOTDwithKraft yang akan hadir di Facebook agar Ibu Indonesia lebih mudah mendapatkan informasi mengenai sarapan bernutrisi".

Lanjut Andra, bahwa harapannya melalui kampanye ini yang bisa diwujudkan dengan #BOTDwithKraft dapat selalu menginspirasi Ibu Indonesia serta mendorong mereka untuk selalu menyiapkan sarapan bernutrisi bagi anak mereka. Dengan demikian, para Ibu sudah berkontribusi dalam membebaskan anak Indonesia dari Lethargy Syndrome.

 Dokumen Pribadi
(kegiatan demo memasak dari chef Norman)

Dalam acara ini pun diisi dengan demo masak sarapan bernutrisi ala Keju Kraft oleh Chef Norman Ismail yang membuat 3 menu sarapan pagi sehat, salah satunya menu French Toast ala Keju Kraft. Nah resep ini bisa dilihat di facebook Kejumooo loh, apalagi bikinnya mudah dan cepat, karena tidak butuh waktu yang lama.

Nah pentingkan sarapan pagi?, yuk ah mulai biasakan anak untuk sarapan pagi untuk hari yang hebat, supaya anak selalu sehat dan prestasi belajarnya semakin bagus. Kalau pengen ikutan #BOTDwithKraft atau Breakfast Of The Day bisa mengikutinya di http://www.facebook.com/kejumooo dan mention atau tag @kejumooo menggunakan tagar #BOTDwithKraft. Ini berlangsung dari Mei hingga Desember 2015. Dimana kita bisa mengunggah kreasi sarapan bernutrisi dan jangan lupa ceritakan kisah dibalik sarapan bernutrisi sehingga anak bisa memulai hari hebatnya. Ada hadiahnya ga?, ada dong hadiah menarik dari Kraft, mulai dari hadiah minggu sampai hadiah utama.

Yuk sarapan pagi untuk hari yang hebat......


2 komentar:

  1. Aku sering menggunakan keju KRAFT yang diparut utk ditaburi di atas roti panggang yang diolesi mentega dan coklelat.. mantap deh...!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih nikmat ya mak...mantep kalau udah dipanggang

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...