Hemat Waktu Memasak Dengan Inovasi Dapur Dari Philips

Dokumen Pribadi
Kelompok 4 Cooking Challenge
Memasak adalah kegiatan yang menyenangkan bagi saya, terutama setelah menikah dan memiliki anak. Bukan karena tuntutan sebagai seorang Ibu yang harus menyiapkan makanan untuk keluarga. Tapi lebih dari itu, saya memiliki keinginan untuk memberikan makanan terbaik, yang sehat dan higienis. Ada 2 alasan yang mendasari saya untuk selalu menyiapkan masakan setiap hari. Pertama, memasak di rumah lebih baik ketimbang membeli. Selain kita bisa hemat, masakan yang diolah jelas kebersihannya.

Kedua adalah demi kesehatan anak-anak. Saya pernah membebaskan anak untuk jajan cemilan di luar, tapi malah terkena kuman/bakteri, sampai membuatnya harus menjalani transfusi darah. Sejak itulah saya mulai belajar untuk mengolah cemilan sendiri seperti kue, pudding dan minuman segar.

Biarpun masakan itu tidak seenak Chef Yuda Bustara, saya memiliki keyakinan untuk menyajikan menu makanan sehat demi keluarga. Tapi selama memasak, waktu yang dibutuhkan sungguh lama, dan membuat saya harus bangun pagi sekali sebelum suami berangkat kerja. Dengan 2 menu masakan dan 2 cemilan saja dibutuhkan waktu lebih dari 2 jam, “lamanya”. Apalagi ramadan segera datang, tentu harus gerak cepat untuk mengolah makanan sahur ataupun berbuka.

Dokumen Pribadi
Chef  Yuda, mr. Erik, dan bu Maria
Nah sepertinya masalah waktu bisa terpecahkan dengan inovasi dapur dari Philips. Kok bisa?. Bisa dong, kan saya sudah lihat sendiri di acara “ramadan cooking challenge pada senin 15 juni 2015 kemarin, di Ballroom Thamrin Nine Jakarta. Acara ini sendiri di buka oleh Erik Van Houten selaku Head of Marketing Consumer Lifestyle Philips Indonesia, yang dipandu oleh presenter cantik Novita Angie. Serta dihadiri oleh blogger, media, dan komunitas pecinta kuliner.

Acara ramadhan cooking challenge semakin seru dengan kehadiran Chef Yuda Bustara, yang mempraktekkan 4 jenis masakan, seperti Nasi Briyani, quick steam bapau, kue cubit, dan jeruk coco. Dan yang membuat saya takjub adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengolah 4 jenis masakan itu hanya 45 menit, “cepat ya, jadi hemat waktu”.

Menu yang sudah dipraktekkan tersebut harus dibuat oleh seluruh peserta yang sudah mendapatkan kelompok. Setiap kelompoknya terdiri dari 7-8 orang, dengan menggunakan perlengakapan masak Philips yang sudah disediakan. Mulai dari Philips foodsteamer, mixer, hand blender, electric pressure cooker, sandwich maker, dancitrus press. Sebelum cooking challenge dimulai Chef Yuda Bustara memberikan tips memasak sehat kepada seluruh peserta, yaitu dengan memperhatikan kebersihan dan 3P (perencanaan, persiapan, dan proses).

Nasi Briyani

Blender bumbu dengan hand blender mulai dari 25g cabai hijau kriting (sesuai selera), 3 siung bawang putih, 1sdt kapulaga hijau, 1 sdm bubuk garam masala, 1sdt jinten dan minyak secukupnya.

Nyalakan fungsi BAKE dalam pressure cooker, beri sedikit minyak. Dan tumis bawang bombay dan bumbu halus hingga harum dan minyaknya keluar. Masukkan 250 gr daging kambing , potong dadu 3cm dan tumis sebentar.

Tambahkan potongan 1 tomat, 1 sdm yogurt kental, ½ porsi daun mint, ½ porsi daun ketumbar, bawang goreng dan merica. Aduk rata, lalu masukkan beras basmati dan air.

Masak dalam pressure cooker dengan menekan fungsi otomatis RICE, masak 15 menit, keluarkan tekanan dan buka pressure cooker lalu sisihkan. Taburi kembali dengan sisa daun ketumbar dan daun mint.

Nasi Briyani siap di hidangkan.
Quick Steam Bapau

Dalam food processor masukkan baking powder dan tepung, lalu blitz sebentar. Masukkan santan, minyak wijen, dan beri sedikit garam. Proses sampai berbentuk adonan.

Ambil 1 sendok makan adonan, letakkan di atas kertas cupcake lalu kukus hingga matang (pada kukusan bagian atas).

Dalam mangkuk, masukkan 150 gr irisan dada ayam, beri 2 sdm saus hoisin, ½ sdm soy sauce Kikkoman, ¼ ikat ketumbar segar, 1 jus jeruk nipis, lalu kukus di bagian tengah.

Potong jamur shintake, dan kukus paling bawah. Tunggu semua matang. Bapau pun siap dihidangkan dengan saus hoisin dan irisan timun serta taburi dengan wijen.
 Resep dari Chef Yuda

Seperti yang bisa kita lihat di atas adalah resep untuk membuat nasi briyani dan quick steam bapau. Peralatan memasak Philips yang digunakan adalah hand blender, electric pressure cooker, dan food steamer. Banyak sekali kelebihan yang dimiliki produk inovasi dapur dari Philips.

Dokumen Pribadi: Sumber gambar Philips
  • Philips Hand Blender. Produk ini mampu mengolah makanan menjadi lebih nyaman dan ideal untuk semua wadah. Dengan promix blending technology, desain yang unik dan mata pisau yang tajam mampu menghaluskan bahan makanan lebih baik, seperti daging atau pun bumbu lainnya. Dengan daya listrik 550 watt membuat hasil masakan lebih maksimal.
  • Philips Electric Pressure Cooker. Selain kita bisa menumis bumbu dan memasak langsung di pressure cooker. Produk Philips ini mampu memasak dengan pintar dan cepat menggunakan tekanan tinggi, serta panas untuk melunakkan makanan dengan waktu yang sangat cepat. Sehingga nutrisi pun tetap terjaga. Dengan kapasitas ekstra besar 5L, pot anti-lengket untuk kemudahan memasak. Pengaturan multifungsi digital untuk segala jenis resep.  Disertai pengunci katup dan pelepas tekanan otomatis supaya tetap aman.
  • Philips Food Steamer. Alat ini memiliki system flavour booster untuk menambahkan wangi aroma rempah yang sedap. Memiliki pengaturan digital dengan pilihan berbagai waktu, jadi bukan saja mengukus. Tapi lebih dari itu alat ini mampu memberikan hasil memasak yang sempurna.

Kue Cubit

Campur 2 butir telur dan 75 gr gula pasir sampai mengembang dengan mixer. Lalu masukkan 25 gr butter tawar dan vanilla lalu aduk rata.

Masukkan 150 gr tepung terigu protein sedang dan ½ sdt baking powder dan aduk dengan spatula.

Masukkan adonan kedalam cetakan sandwich maker, beri topping favorit dan tunggu hingga matang, Kue siap disajikan.
Jeruk coco

Peras 3 jeruk dengan Philips citrus press. Lalu dalam wadah hand blender jeruk dan 60gr peach kalengan, tapi jangan terlalu hancur.

Beri es batu, 30 gr nata de coco, dan madu secukupnya. Sajikan dingin dengan garnish daun mint.
 Resep Chef Yuda

Nah menu masakan selanjutnya yang dibuat adalah kue cubit serta jeruk coco. Menu ini sangat cocok untuk hidangan berbuka puasa. Peralatan Philips yang digunakan pun memiliki banyak kelebihan dan cocok untuk menemani kita yang suka sekali memasak kue.
Dokumen pribadi : Sumber gambar Philips
  • Philips Mixer. Alat ini mampu mencampur adonan dengan baik, mengolah berbagai kudapan, seperti kue, pai, atau roti dengan mudah. Memiliki motor dengan daya 170 watt, kuat untuk mencampur adonan yang terkental dengan cepat.
  • PhilipsSandwich Maker. Alat ini mampu memanggang dengan baik dan maksimal. Dalam waktu 2 menit, masakan sudah matang. Anti lengket dan disertai system kunci yang merekat sempurna.
  • Philips Citrus Press. Dengan alat ini akan mempercepat waktu untuk kita membuat minuman segar bagi keluarga.

Dokumen Pribadi
Kreasi masakan kelompok 4
Dengan perlatan memasak dari Philips ini semakin memudahkan kita mengolah berbagai jenis menu masakan dalam waktu yang cepat. Buktinya 45 menit 4 menu masakan siap di hidangkan. Apalagi seperti saya yang memiliki banyak kegiatan dan pekerjaan, waktu itu sangat penting, belum lagi tugas sebagai Ibu dengan 2 anak yang masih balita. Maka sangat perlu perlengkapan inovasi dapur dari Philipis.

Produk dapur Philips dapat membantu untuk menyiapkan makanan sehat dan praktis. Selain memiliki banyak kelebihan, perlengkapan masak Philips juga dibuat dengan bahan yang berkualitas baik. Berapa harganya?. Kalau ditanya tentang harga Philips, sangat sesuai dengan keunggulan dan kecanggihannya. Dari harga di bawah 500 ribu sampai diatas 1 juta juga ada. Dijamin tidak mengecewakan, karena saya sendiri sudah lama menggunakan peralatan masak Philips, mulai dari blender sampai mixer untuk mengolah masakan sehat bagi anak dan suami dalam waktu yang cepat.

Hemat waktu memasak?. Bisa dong, karena ada inovasi dapur dari Philips. Acara ramadhan cooking challenge pun berakhir seru dengan diumumkannya pemenang live tweet, pic tweet, door prize, dan pemenang cooking challenge.

Sumber : Philips
FB Philips
Twitter Philips

31 komentar:

  1. Ngiler iih...
    Bagi resepnya ya, mak...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah dapat MIxer ya mak...

    BalasHapus
  3. Kereenn.. Ngeblog iyaa.. Bisa masak jugaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa masak Alhamdulillah, cuman gatau rasanya enak apa ga mak hehehe

      Hapus
  4. Asyeeeekkkkk :) aku suka masaakk :))

    BalasHapus
  5. hemat waktu memasak, jadi waktu yang lain bisa digunakan untuk kegiatan berkualitas bersama keluarga ya

    BalasHapus
  6. paling males kalau giling bumbu yah. Kalau ada handblender jd gak cape2 :D

    BalasHapus
  7. saya gak terlalu suka masak mak, tapi sepertinya dgn produk ini saya jadi betah masak deh... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak asyik loh mba..yuk pake produk ini

      Hapus
  8. waaah, jadi pingin punya perlengkapan philips, ngiler, hehehe

    BalasHapus
  9. belum bisa masak mbak, hehe percuma kan kalo beli juga :D

    BalasHapus
  10. hmmm keren bangets tuh.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh buat pacar neh mas...atau buat nikahan

      Hapus
  11. Mauukkkk. Mau semuanya. Hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mba..semuanya biar komplit di rumah

      Hapus
  12. Mauukkkk. Mau semuanya. Hehhe

    BalasHapus
  13. Huahhh sedih deh aku gak ikutan.
    Bagi resepnya aja kalo gitu deh. Hehehe ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kenapa ga ikutan. Mantep acaranya.
      Boleh deh, yuk dicoba gampang kok

      Hapus
  14. Asyik... udah dapat ilmu. ternyata di nobatkan sebagai pemenang juga. Pintu rejeki di bulan ramadhan udah mulai terbuka.

    BalasHapus
  15. selamat yaa.. berkah Ramadhan banget deeh

    BalasHapus
  16. handblender tu aku banget deh secara paling males ngulek :P

    BalasHapus
  17. Wah, alatnya semua okee, bikin kepengin masak jadinya

    BalasHapus
  18. pengen nyobain resep kue cubit yang kekinian niiiih...

    BalasHapus
  19. Waah, asik nih Philips nya, jadi pengen.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...