Jangan Cuma Selfie, Sosial Media Juga Bisa Bisnis Semakin Eksis

Liswanti Pertiwi | Kamis, Juni 25, 2015 |
Assalamualaikum semua. Selamat Malam, eh sahur deh.


Dokumen Pribadi
Kebayang tidak, kalau kita datang ke suatu acara ternyata seperti orang asing dari planet lain?. 

Rasanya pengen nangis di pojokan, tutup muka, sambil makan lollipop.

Aisssh lebay deh kayaknya ya. Kenapa seh gitu banget?. Begini ceritanya, saat kita niat mencari ilmu dan meliput acaranya, supaya bisa share keteman-teman. Tapi disitu berjubel fans-fans yang hobinya teriak-teriak pas artis idolanya dateng. Perasaan aku ngefans artis ga gitu banget deh.

Tapi berhubung niatnya mau cari ilmu, ya di betah-betahin deh sampe kelar acara. 


Dokumen Pribaadi (Pengisi Acara Eat Bulaga Indonesia)
Sabtu 13 Juni 2015 bertempat di Empirica, berkesempatan untuk mengikuti acara Netizen Gathering ANTV. Acara yang dimulai dengan diperlihatkannya program-program ANTV, seperti Eat Bulaga Indonesia, Fesbukeers, serial India hingga program lainnya, membuat suasana semakin riuh. Itu dikarenakan artis-artis idolanya seperti Asoka, pemeran pandawa 5, hingga Jodha Akbar terpampang jelas di layar.

Acara semakin panas, dengan hadirnya Vin Rana, Lavanya Bhardwaj, dan Rohit Bhardwaj, membuat fans semakin mendekat ke atas panggung dan ikut bergoyang mengikuti alunan musik. Dan saya?. Duduk manis sambil menikmati hidangan hehehe.

Jangan Cuma Selfie, Sosial Media Juga Bisa Bisnis Semakin Eksis

Acara gathering netizen ini memang di adakan untuk menebar virus ANTV Lovers. Selaku GM Marketing ANTV Monica Desideria mengungkapkan bahwa, " ANTV sebagai stasiun televisi no 3 di Indonesia", dan sekaligus meresmikan Komunitas ANTV Lovers dengan ditandai pemotongan tumpeng oleh manajemen ANTV dan perwakilan komunitas.

Dok Pribadi
(Pemateri menerima kenang-kenangan)
Acara ini bukan saja menampilkan artis-artisnya saja. Tapi, diisi dengan materi yang yahut dan penting buat siapapun yang ingin memulai bisnisnya. Dengan materi "mengoptimalkan sosial media sebagai media jual beli". Hadir sebagai pembicara, Angghi Mullya Mamur selaku Current Affairs and News ANTV, Putri Silallahi selaku Communications Head Consumer and Youtube Google Indonesia, Renne Kawilarang selaku senior editor Viva.co.id, dan Maria Indawati founder of the Rawits. 

Anggi menceritakan bahwa sosial media memang sangat penting, bukan saja untuk eksis, tapi lebih dari itu bisa untuk bisnis. Contohnya The Rawits usaha yang dimiliki Maria Indawati. Dirinya memiliki catering dengan omzet sampai belasan juta. Apa yang ditawarkan?. Tentu saja menu sambal, yang dimix dengan teri, pete, dan jengkol. 

Pertama dirinya hanya memposting di Path, kemudian minggu ke 3 sudah di FB, lalu ke Instagram. Semua itu masih menggunakan akun personal, dan bulan pertama setelah posting pesanan membludak. Dengan harga perbotol 40.000 penghasilan yang didapat 9 juta. Sekarang sudah melebihi dari itu dan terus meningkat setiap bulannya. Yang order pun tidak tanggung-tanggung mulai dari Kupang, Jabodetabek, hingga Amerika.

Maria menyadari bahwa sosial media ini memang sangat penting untuk kelangsungan bisnis. Bagi pebisnis pemula, sosial media ini sangat penting dan bisa memajukan usaha. Yang penting intinya tetap konsisten dengan usaha yang dijalaninya, jangan hanya posting sekali, tapi terus dan terus. 

Sebagaimana di jelaskan Putri dari google Indonesia, bahwa pengguna smartphone di Indonesia semakin meningkat. Semuanya terhubung ke internet, apapun bisa di cari di internet. Supaya bisnis semakin maju, ada beberapa hal supaya menarik di media sosial :

  • Jangan menjadi orang lain : Sudah jelas pastinya, disini kita jangan sampai meniru atau mencuri ide orang lain. Jadilah seseorang yang kreatif, sebagaimana youtubers Indonesia yakni Bayu Skak. Untuk menjadi orang yang kreatif itu tidak perlu wajah cantik ataupun ganteng.
  • Gunakan Google Bisnisku : Nah kalau punya usaha dan alamat yang tetap, mending usaha itu daftarkan di Google Bisnisku. Supaya memudahkan orang lain mencari usaha kita. 
Kita bisa tahu kekuatan sosial media dalam bisnis, contohnya saja awal rilis lagu Frozen hanya diputar di radio-radio. Tapi hasilnya tidak maksimal, kemudian masuklah ke youtube, hasilnya luar biasa, banyak sekali pengunjungnya. Bahkan banyak yang ikut membuat video dengan lagu Frozen yang pengunjungnya pun tidak sedikit.
Dok. Pribadi (Budi Doremi)

Jadi ayo deh, mulai sekarang mending kalau punya usaha atau bisnis, jangan pakai selfie aja. Mending mulai kosisten untuk memajukan bisnis supaya semakin eksis. Biar dompet pun ikutan kepo abis.

Diakhir acara, diisi oleh Budi Doremi dan pembagian Doorprize.

18 komentar:

  1. Waaaaah.... ada Rohit. Keukeuh... kayak di Instagram. :D

    Btw, aku sudah follow blogmu, mak. Yuk #salingfollow :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip nanti aku follow satu2 internet lg lelet.

      Teteup keukeuh ya ketemu abang rohit.

      Hapus
  2. Maaf mak, maaf yak. Ada sedikit typo di tulisannya. Maap banget hehe.

    Btw google bisnis itu emang semacam optimize gitu ya mak?

    Dulu sering banget diperkenalkan dengan adword, sekarang ada lagi ya google bisnis. Makasih mak sharenya jadi tau deh. Dapet ilmu baru...


    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih loh dah diingetin. Udah aku perbaiki.
      Jadi google bisnis semacam mendaftarkan tempat usaha, sehingga memudahkan siapa pun mencarinya di Google.

      Hapus
  3. banyak untungnya ya memanfaatkan media sosial

    BalasHapus
  4. sudah aku folbek ya mak Lis :)

    BalasHapus
  5. fokusku ke mas - mas ganteng :))

    BalasHapus
  6. Itu para host semuanya idolaku mak...hahahaa bolywood punya daah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha...serius mak?. Asyik..asyik seneng bollywood neh.

      Hapus
  7. Acaranya kece....
    Aku bisnis apa donk yak...*tiktoktiktok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bisnis apa?
      Bikin planninh dulu.

      Hapus
  8. Social media sekarang bisa buat jualan ya, mak. Makin bagus lagi kalo diseriusin bisnisnya dengan bikin fanpage/web juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, hasilnya pun maksimal jualan di medsos.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...