Di Kampung Halaman Wajib Melakukan 4 Hal

Liswanti Pertiwi | Rabu, Juli 08, 2015 |
Kalau ngomongin kampung halaman jadi ingat tanah kelahiran, dimana kita menjalani hari demi hari, waktu demi waktu, melewati masa paling indah. Kita tumbuh, bermain, dan belajar banyak hal. Saat kita dewasa, memiliki kehidupan baru, pergi meninggalkan kisah-kisah manis itu.

Tapi setelah kita merantau jauh, rasa rindu pun tumbuh untuk kembali menginjakkn kaki ke kampung halaman. Begitu pun dengan saya, yang sekian lama tinggal di Ibukota, membuat rasa rindu terhadap keluarga semakin memuncak. Akhirnya kesemptan itu atang di hari ini, hari dimana saya dan anak-anak kembali pulang ke kampung halaman di Kota Garut Jawa Barat.

Ada banyak hal yang sering saya lakukan saat tiba di kampung halaman, bukan saja ketemu sahabat, senior-senior di bidang seni, atau bahkan reuni cantik. Tapi lebih dari itu, saya akan melakukan 4 hal ini saat sudah sampai di rumah.

 Dokumen Pribadi (metik nanas dan nengokin kedongdong)

Memetik Buah

Coba siapa yang tidak suka buah?. Semua orang pasti sangat suka, begitu pun saya. Kalau di kota saya meski beli sendiri, tapi disini saya metik saja deh. Yang sedang berbuah adalah nanas, enk neh di bikin kue nastar atau rujak “eeemmmm, ngeces langsug”.

Nengokin Kedongdong Kesayangan

Di rumah saya punya kedongdong yang pohonnya sangat mungil sekali, tidak seperti biasanya. Banyak sekli buahnya, dan terus menerus berbuah. Biarpun buahnya kecil, tapi rasanya asem manis (ga terlalu asem maksudnya), apalagi kalau sudah kuning rasanya jadi manis “seperti saya hihihi”.

Memandangi Bunga Bermekaran

Jangan nyebut kurang kerjaan ya?. Kenapa setiap pulang saya paling suka memandangi bunga-bunga?. Karena dengan begitu saya bisa membuka memori tentang Ayah. Ayah yang menanam dan merawatnya, Ayah yang selalu menghias kebun dengan warna warni bunga yang indah. Ayahlah yang menanam buah-buahan di halaman rumah,yang hingga kini saya dan keluarga bisa menikmatinya.

 Doumen Pribadi (bunga dan kumpul keluarga)

Kumpul Bersama Keluarga

Yang terakhir adalah rasa bahagia dengan bisa berkumpulya bersama keluarga tercinta. Baik dengan Ibu,adik-adik, sampai keponakan. Seperti bulan puasa seperti ini, saya akan semakin asyik berkumpul dengan mereka menikmati hari demi hari sambil membuat kue, persiapan idul fitri nanti.

Bagi saya ke 4 hal ini wajib saya lakukan, mengingat saya ini jarang sekali pulang. Jujur sangat sedih, karena saya akan jarng sekali berkumpul dengan Ibu dan adik-adik, di tengah kerinduan kami akan sosok Ayah yang sudah tidak bisa berkumpul lagi bersama kami.

Rasa rindu dan tangis kami akan terasa menjelang hari raya idul fitri. Apalagi dengan berbagai peninggalan yang ada di rumah, sungguh hati benar-benar merindu. Itulah mengapa saya semakin begitu rindu ingin pulang ke kampung halaman.  

20 komentar:

  1. Kok sama banget yaaa. Terutama soal memetik buah dan kedondong. Ibuku punya pohon kedondong pendek tapi buahnya banyak banget sampe gak kemakan. Suka dibagi2in atau dibikin manisan.

    BalasHapus
  2. Wah, sudah pulang kampung. Selamat menikmati liburan ya mbak :)

    BalasHapus
  3. Wah, sudah pulang kampung. Selamat menikmati liburan ya mbak :)

    BalasHapus
  4. nanti aku di oleh2n nanas ya mak :)

    BalasHapus
  5. Memandangi bunga bermekaran..asegaseg..
    Lempar nanasnya ke sini donk mak *pasang kuda2 mau nangkep.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik pastinya, yuk kesini mak.

      Boleh tangkap neh mak nanasnya

      Hapus
  6. Jangan lupa silaturahmi dengan sahabat,kerabat, dan tetangga
    Gadget simpan sebentar yak
    Salam sayang dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sudah tentu pakdhe, agenda wajib kalau pulkam

      Hapus
  7. Enaknya yang udah pulang kampung. Suasana kampung halaman memang selalu membuat siapa saja jadi rindu.

    BalasHapus
  8. Semakin gak sabar pengin mudik baca ini. :)

    BalasHapus
  9. nanas sama kedongdongnya mba boleh lah buat di bikin rujak hehehehe

    BalasHapus
  10. Moment kumpul bareng keluarga itu yang ngangenin mba. Apalagi kalo pas lebaran ya. Dan siap siap ampop kecil juga buat keponakan heheheh

    BalasHapus
  11. Asyiknya yg pulang kampung...
    Aku juga mau ah dilempar kedondong nya mak ;)

    BalasHapus
  12. saya pulkam biasanya wajib masak bareng kakak2 ipar...makan bareng..kumpul bareng hehehe

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...