Tips Memasak Ayam Goreng Crispy Ala Pena Cinta

Liswanti Pertiwi | Senin, Oktober 26, 2015 | |
Ayam kesukaan anak-anak
Anak-anak suka makan Junk Food (seperti fried chicken), tapi kalau makan setiap hari, itu sangat tidak baik. Selain tidak ramah dengan dompet *tetep ya emak-emak*, juga tidak baik buat kesehatan. Karena junk food hanya memiliki sedikit kandungan nutrisi, dan yang paling tidak baik, makanan ini mengandung jumlah lemak yang besar. Teteh dan ade Dimas tuh, sukanya chicken yang renyah dicocol pake saus sambel dan tomat, serta ada mainannya *ga bangetkan?*. 

Sebagai Ibu, saya tidak ingin anak-anak menjadi kebiasaan memakan makanan cepat saji terus menerus. Khawatir nutrisi mereka tidak terpenuhi. Maka dari itu saya pun harus menyiasati dengan memasak makanan yang mereka suka, yang pasti tetap sehat dan di olah dengan baik di rumah. Dan tidak lupa hemat banget deh ya, *emak perhitungan banget*, ya iya dong, beli disono satu ayam bisa 20 rebu, kalau di rumah bisa dapet 1/2 kg ayam, dengan nasi sepuasnya, tidak kena pajak pula :).

Bikin Ayam Goreng Crispy denga Tepung bumbu kobe

Jadilah, saya membuat Ayam Goreng Crispy yang sehat. Tapi terkadang bikin ayam crispy di rumah, suka ga bertahan lama ya, baru beberapa jam atau sudah dingin, ga pernah renyah lagi, akhirnya anak-anak tidak mau makan lagi.

Perlahan saya terus belajar, bagaimana caranya biar ayam goreng tetap crispy dan sehat. Sukses juga deh, dan anak-anak suka, hingga saya pun bisa hemat dengan maksimal *haha. Mau tahu tipsnya?. Ini dia Tips Memasak Ayam Goreng Crispy Ala Pena Cinta.
  1. Pertama cuci ayam dengan air bersih, lemak-lemaknya dibuang. Dan pilihlah ayam dengan kondisi yang segar, warnanya putih kekuning-kuningan, serta bersih.
  2. Sebelum dibaluri tepung, biasanya saya merebus ayam terlebih dahulu, jadi memang tidak dalam keadaan mentah. Saya memilih merebus terlebih dahulu, supaya lunak dan mematikan bakteri, cukuplah rebus 18-20 menit.
  3. Ambillah 1 bungkus tebung bumbu ayam kentucky super crispy dari Kobe, *saya sudah cocok dengan tepung ini, bumbunya pas.
  4. Larutkan 2 sdm tepung Kobe dengan sedikit air. Kalau sudah kental, masukkan rebusan 1/2 kg ayam ke dalam larutan tepung yang kental.
  5. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, supaya ayam tidak cepat gosong. Sambil menunggu minyak panas, Ayam yang sudah dicampurkan adonan basah tadi, kemudian di balur dengan tepung Kobe kering, hingga tertutup semua ayamnya. Dan masaklah.
  6. Jangan tinggalkan saat menggoreng, supaya tidak gosong. Kalau sudah menguning, angkatlah dan tiriskan. Dan ayam pun siap di nikmati anak-anak. Oh ya, kalau kondisi minyak sudah agak buram, karena tepung, mending langsung diganti minyak baru, supaya terjamin kesehatannya.
Kenapa seh saya pake tepung bumbu Kobe?. Karena, tepung Kobe super crispy diracik dengan formula khusus dan bahan-bahan pilihan. Apalagi tepung ini sudah terbukti oleh saya tetap renyah. Saat memasaknya pagi hari jam 6, hingga sore pun masih terasa renyahnya.

Dan yang paling penting anak-anak suka sekali, hingga lahap makannya. Ga perlu lagi deh beli junk food, bikin sendiri saja di rumah, sudah jelas kebersihannya, dan memakai minyak yang aman pula. Tapi, jangan sampai setiap hari ya, kan tidak baik makan makanan goreng setiap hari, cukuplah seminggu 2 kali saja. Biar anak-anak tidak penasaran.

Selamat mencoba membuat ayam goreng crispy dengan Kobe Super Crispy

21 komentar:

  1. wah enak ya mbak. 20 ribu dapet sepiring gede. Hemat & sehat! :)

    BalasHapus
  2. liat gambarnya langsung kepikiran besok masak ayam juga...boleh saya tiru ya mbak...salam kenal...

    BalasHapus
  3. selain makanan yang serba pedas, anak2 saya suka yang krispi dan kriuk2. Saya blm pernah berhasil menggoreng ayam tepung yang krispi. Mungkin nanti saya akan coba tepung kobe :)

    BalasHapus
  4. Selalu gagal mikin ayam crispy. Ntar cobain, ah...

    BalasHapus
  5. kesukaan anak2 ini sih, kalo bisa mah tiap hari ayam deh, tapi nanti kantong emaknya bolong kalo ayam terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha sama mak itu yg saya khawatirkan, kantong bolong eh dompet

      Hapus
  6. Enak emang, apalagi kalau dicemil :D

    BalasHapus
  7. anak saya suka sekali ayam goreng tepung seperti ini...maunya tiap hari makan beginian terus... *gubrak deh... :)

    BalasHapus
  8. Kayaknya kok perutku tiba2 bunyi yah ngliat ayam gorengnyahhh

    BalasHapus
  9. Assiiik, Mak Lis masak ayam krispi.

    Betah deh di sini.

    Hihihii...

    Besok beralih ah ke tepung Kobe, kayanya lebih manteb dari yang aku pakai sekarang

    BalasHapus
  10. naaah..aku suka lupa ninggalin gorengan jadi gosoong hehehehe...thansk for the tips mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, jadi kudu dipantengin terus mba biar ga gosong.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...