Resep Cumi Ekstra Pedas

Liswanti Pertiwi | Kamis, November 19, 2015 | | |
Dokumen Pribadi
"Mah, besok masaknya cumi ya. Tapi, cumi yang pedes dong, jangan seperti minggu lalu, kemanisan" ucap pa suami senin kemarin.

Dengan hati riang, saya pun menuruti keinginan suami. Jadilah, hari selasa kemarin saya langsung membeli cumi segar. Untunglah pagi itu c abang yang biasa nongkrong depan rumah, membawa cumi yang besar dan segar. Dengan membeli 1/2 kg cumi cukup dengan 15 ribu saja *bukan promosi loh*.

Terkadang dalam membuat olahan seafood saya kurang pede, bukan karena masalah bumbu, setiap kali memasak c cumi ini, pasti masih terasa bau amis, biarpun sudah saya cuci dengan jeruk nipis sebelum di masak. Beda deh pokoknya sama rumah makan yang biasa menyajikan hidangan laut *yeah gw kan koki amatiran*.

Tapi, Pena Cinta tidak mudah menyerah begitu saja sama c cumi. Apapun saya lakukan, demi membuat pa suami happy *gaya bangetkan?*. Oklah, mari kita siapkan bahan-bahan perang untuk memasak c cumi. Cuss ah ke dapurnya Pena Cinta.

Bahannya yang kudu siap:
  • Cumi 1/2kg, bersihkan
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 4 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1/2 sdm lada bubuk
  • Garam secukupnya
  • 3 buah kemiri
  • 10 buah cabe merah kriting
  • 4 buah cabe merah besar
  • 2 sendok teh saus cabe
  • 1 batang sereh
  • 3 lembar daun jeruk
  • Gula merah secukupnya
  • 1 sendok makan mentega untuk menumis bumbu
Mari sekarang kita mulai memasaknya ya.

Ini hasilnya ya
  1. Pertama-tama cucilah cumi hingga bersih, dan potong kecil-kecil. Lalu masukkan air jeruk nipis, dan diamkan 15 menit, kemudian cuci kembali.
  2. Tahap kedua haluskan bumbu, seperti bawang putih, merah, kemiri, cabe merah krinting dan cabe merah besar.
  3. Iris tipis 3 lembar daun jeruk.
  4. Panaskan wajan, dan masukkan mentega. Tumislah bumbu tadi dengan irisan daun jeruk, lalu masukkan garam dan lada bubuk. Lalu tambahkan air secukupnya (kalau saya cukup satu gelas untuk memasak 1/2 kg cumi).
  5. Setelah itu masukkan cumi dan tambahkan gula merah dan saus cabe. Biarkan sampai benar-benar matang. Tapi, saya suka cuminya tidak terlalu empuk, makannya kalau air sudah berkurang langsung diangkat.
  6. Cumi ekstra pedas siap disajikan untuk suami tercinta.
Dan akhirnya, berhasil juga membuat cumi yang tidak bau amis, dan tentunya pedas sekali. "Lidah saya memang kepedasan, dan ga berani makan banyak hehe". Eh suami benar-benar lahap makannya, padahal lagi ga enak badan. Ketika suami happy dengan makanan kesukaannya, saya pun senang.

Selamat mencoba seuseuhahan.

42 komentar:

  1. bikin ileran,,,saya mau nyoba resepya tapi lagi alergi makan cumi2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting saya sukses bikin ngiler dong hihi

      Hapus
  2. Ya Allah murah bgt cumi nya... disin 1/2 kg 35.000 *kok malah curhat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha serius neh mba?, mahal banget. Daerah mana mba?

      Hapus
  3. Duh... sedap. Pingin nyoba ah

    BalasHapus
  4. Sukses bikin ngiler, lumayan nih bisaq ditiru untuk menu besok pagi. Makasiiih mbak :)

    BalasHapus
  5. Enak banget itu foto cumi diatas mbak T_T

    BalasHapus
  6. Saya sukaaaaa...

    Aduh itu kuahnya...
    Kental dan pedas
    Yummy

    BalasHapus
  7. Bolehlah dicoba, mule seneng cumi sayah. Jadi ada tambahan saos gitu y

    BalasHapus
    Balasan
    1. tadinya ga suka cumi ya mba?. Kalau memang mau tambah saos boleh, ga juga gpp.

      Hapus
  8. biasanya kalo cumi aku dimasak hitam ama tintanya.. tp dipikir2 pedes bgini enak jg kali ya... ntr suruh pembantuku masak deh :D.. Lgs jd kepengin liatnya

    BalasHapus
  9. Sedapnyaaa... Jadi pengin makan cumi :D

    BalasHapus
  10. Wehhhh pengen tuhh nyicipin cumi cuminya bunda heheee

    BalasHapus
  11. Kebetulan suka pedas pas neh dapet resepnya cobain ah

    BalasHapus
  12. cumi biar ga overcooked diblansir mba. dimasukkan ke air mendidih 15-20 detik lalu ditiriskan dan ditaruh di wadah berisi es. biar tetap kenyal tapi ga alot. sukses yaaa

    BalasHapus
  13. patut dicoba, salam kenal....

    BalasHapus
  14. Mauuu #ehh

    Makasih sharenya teh Lis, jadi pengen bikin buat weekend besok. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, sok atuh tar weekend dicobanya

      Hapus
  15. saya juga suka banget sama cumi mbak tapi gak tau cara masaknya :(
    kayaknya resepnya harus dicoba nih, tapi cabe-nya dikurangin karena saya gak kuat pedas :)

    terimakasih sudah berbagi resep mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, semangat untuk terus mencoba memasaknya mba

      Hapus
  16. warnya yg merah membara itu bikin ngiler banget mbak, tapi aku gak pede masak ikan laut takut gak berhasil hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga awalnya begitu, terkadang kerjasama sama suami, nyobain enak apa enggak. Ketika dia bilang ga enak, saya terus mencoba resep lain.

      Hapus
  17. warnanya awwww, sekali gigit lidah pasti berhuh-ha hu-hah

    BalasHapus
  18. Asik, pesanan suami ya Mbak masaknyaaa

    BalasHapus
  19. kalau dilihat resep dan caranya kayaknya mudah ya mbak..tapi belum tentu saya bisa memasaknya...hehe..

    ** lihat hasilnya jadi ngeces nie.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba saja mba, kali aja bisa. ayo semangat

      Hapus
  20. jadi pengen...apalagi pedas...saya suka

    BalasHapus
  21. Waah, saya juga suka banget makan cumi :-D
    Bookmark resepnya. Siapa tau besok-besok mau coba

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...