Resep Seblak Anti Galau

Liswanti Pertiwi | Sabtu, November 14, 2015 | |
Dokumen Pribadi
Hai hai, lagi galau neh. Pala pening, lidah hambar, coba tebak kenapa?. Pasti udah pada tahulah, Pena Cinta pasti sedang butuh asupan menyegarkan, yang bikin otak fresh. Makanan pedas akan selalu menjadi pilihan, biarpun saya hanya sanggup sampai level 2 atau 3, *issh cemenkan?*. Maklum saja, perut dan tubuh sudah ga sanggup mencapai level kepedasan 10 lagi.

Kali ini saya pengen berbagi resep Seblak Anti Galau, yang super pedas *bagi saya loh", entah menurut yang lain. Anti galau cuma untuk seru-seruan saja, dan mengingatkan saya yanh sedang galau saja hehe. Yang jelas, resep sajian dari dapur Pena Cinta, adalah tentang Seblak. Sudah pada tahukan jajanan yang lagi ngehits ini, kalau di Jawa Barat, seperti Bandung, Garut, dan daerah lainnya. Seblak bisa menjadi jajanan favorit dari muda sampe tua.

Terus gimana bikinnya?. Hemmm, gampil pisan atuh (baca: gampang banget dong). 

Bumbu yang dihaluskan
Siapkan bahan berikut:
  • Kerupuk mentah (mau yg warna warni atau putih, nah yg ini saya sengaja pake kerupuk udang yang kecil-kecil).
  • 4 cabe keriting merah
  • 1cm kencur
  • 1/2 cm kunyit (saya pengen ada wrna kuning)
  • 6 Siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Daun bawang secukupnya
  • 2 buah kemiri
  • Penyedap rasa ayam atau kaldu ayam
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdm gula pasir (saya pake gula merah)
  • 2 sendok minyak
Yuk ah sekarang kita memasak.
  • Haluskan bumbu, seperti cabe, kencur, kunyit, bawang merah dan putih, serta kemiri.
  • Iris daun bawang. 
  • Panaskan air. Setelah mendidih masukkan kerupuk, hingga kerupuk sudah sangat matang, atau air rebusan terlihat kental. Angkat dan tiriskan.
  • Panaskan minyak, lalu masukkan irisan daun bawang serta bumbu yang dihaluskan. Kemudian tambahkan sedikit air.
  • Setelah bumbu dimasak, tambahkan penyedap sesuai selera, gula dan garam. Kalau sudah terasa pas, masukkan kerupuk yang di rebus. Bisa tambah ceker, baso dan ayam. Masaklah hingga bumbu menyerap.
  • Setelah matang, tiriskan seblak dan taburi bawang goreng dan daun bawang. Seblak siap dinikmati.
Gimana, mudahkan?. Sangat mudah sekali buatnya, dan seblak pun siap untuk di makan, hingga galau pun akan segera hilang. Karena, pedasnya yang menyegarkan.

Selamat mencoba.

39 komentar:

  1. Ini salah satu makanan favoritku mak. Tapi aku lebih suka pake kerupuk warna oren ditambah sosis sama sayuran juga sih kadang2. Buat ngobatin kangen seblak sarijadi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weeh asyik, jadi sama-sama favorit kita ya

      Hapus
  2. diblender ya mbak itu bumbunya? aku enakan diulek, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya blender, soalnya masak ini harus gerak cepat, maklum punya anak-anak hehe. Kalau sante sih saya ulek

      Hapus
  3. Sebagai emak yang sering galau, aku kayaknya wajib nyoba resep ini. Resepku biasanya polos, Mak. Jadi seblaknya bening. Kali aja deh kalo nyoba resep ini, galauku jadi berkurang. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. *toss ah* sama-sama suka galau, apalagi kalau belum gajian ya #ehhh

      Hapus
  4. Aku juga suka bikin seblak maaak! Tapi aku lebih suka kerupuk yang warnanya orange hehehe biasanya dicampur sayur-sayuran juga, paling suka brokoli dan kol. Oiya, kalau bisa gambarnya diperbanyak maaak, biar makin ngiler. hehehe ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emmmm amtep deh ya. Haha, iya nanti saya perbanyak gambarnya.

      Hapus
  5. Nama makannya itu lho.. :D
    Ini sip dinikmati kalo lagi galau.

    Salam hangat dari Bondowoso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mananya Galaunya atau seblaknya? hehe

      Hapus
  6. Jadi, ternyata, seblak itu kerupuk rebus ya. Kukira kerupuk goreng yang disiram kuah bumbu.

    BalasHapus
  7. Mau coba,aaahhh! Mumpung hujan-hujan...

    BalasHapus
  8. Aku sukaaak yang pedas-pedas, tapi males bikinnya, icip punyamu ajah maak hehe

    BalasHapus
  9. Buat yg bodynya lg galau alias lagi flu kayaknya seger nih. Langsung meler n syuku2 sembuh. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget tuh, apalagi pedesnya level tinggi mba

      Hapus
  10. wow... waktu tinggal di bandung, ini mah santapan saya sehari2
    ga pernah bosan meski sering dimakan
    eh, tapi saya alergi udang sama ikan, jadi cuma pake kerupuk biasa

    *kalo ada waktu bikin lagi ah :)

    BalasHapus
  11. Baru tau ternyata kerupuk rebus. Mau nyobain juga

    BalasHapus
  12. Wuih... bacanya sambil ngeces Mak.
    Saya coba resepnya nanti sore ah.... suwun loh

    BalasHapus
  13. Pengen nyoba ah. Makasih infonya

    BalasHapus
  14. saya kalo bikin seblak, gak pake kunyit dan kemiri mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga biasanya orginal bumbunya, cuma bawang merah putih, kencur dan cabe. Tapi ini nyobain resep baru, enak ga kira-kira?, ternyata nyobain maknyuss juga hehe

      Hapus
  15. wahh ngiler nih!disukabumi juga seblak ngehits mak,hehee... udh ada resepnya tinggal dipraktekin nih,thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos dong mbak ya, Seblak memang ngehits

      Hapus
  16. ahaay seblak, aku lebih suka seblak yg kering, yg kerupuk dicabein itu, lebih greeeng

    BalasHapus
  17. Kerupuk rebus mbak? Pengen nyoba kpn2... Blm pernah mbak... Asal pedes sih kayaknya saya bakal suka...

    BalasHapus
  18. pakai kerupuk udang ? enak gitu ??? saya biasanya yang putih polos :D . terus di rebusnya agak lembek duh enaaaaaak suka handmade sih .. biar banyak dapet nya .. kalau beli kan dikit .. haha

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...