Konsisten Berinvestasi Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik

Liswanti Pertiwi | Senin, Januari 25, 2016 | | |

Jakarta, 23 Januari 2016 bertempat di Senayan National Golf Club, blogger kembali belajar ilmu menarik tentang investasi. Acara ini diadakan oleh Danareksa Investment Management, dengan tema "investasi masa depanku" bersama Danareksa Smart Solution For Financial Freedom.

Acara ini dimulai dengan Yoga bersama, tentu saja sangat menarik dan seru. Untuk memiliki financial yang sehat, tentu kita harus terus semangat bekerja, menambah tabungan untuk masa depan. Maka, badan pun harus sehat, untuk memulai hari-hari dengan semangat yang tinggi.



Photo By Kumpulan Emak Blogger
Memiliki badan sehat, tabungan yang banyak, tentu saja itu tidak cukup untuk memiliki masa depan yang cerah. Bayangkan saja, tahun demi tahun, kebutuhan semakin tinggi, begitu pun dengan biaya pendidikan. Sebagai orang tua, saya juga memiliki cita-cita untuk anak-anak sekolah setinggi mungkin. 

Mumpung masih usia produktif, kuat, sehat, dan anak juga masih kecil. Alangkah baiknya mulai mempersiapkan segala hal sedini mungkin. Selain tabungan, aset berharga, tentu saja kita bisa berinvestsi. Dalam acara "investasi masa depanku", ada talkshow tentang investasi, dengan menghadirkan narasumber, seperti Farhan (selebritis), Prita Ghozie (financial planner), dan Wiko.

Konsisten berinvestasi untuk masa depan yang lebih baik

Sebelum acara takshow dimulai, seluruh tamu undangan, termasuk saya sendiri mengikuti financial check-up di 4 booth yang tersedia, yakni invest asik, liburan asik, pendidikan asik, dan pensiun asik. Disini kita bisa konsultasi masalah keuangan, pendidikan, hingga dana pensiun untuk masa depan. Saya sendiri lebih asyik melakukan financial check-up untuk pendidikan anak di masa depan.

Acara talkshow hari itu benar-benar menambah ilmu buat saya dalam hal investasi. Ketiga narasumber memberikan banyak ilmu. Terutama dalam hal investasi. Kenapa harus investasi? Karena dengan berinvestasi, masa depan lebih baik. Dengan memiliki kebebasan financial di masa depan dinilai sebagai faktor utama yang dianggap cukup menentukan tingkat kebahagiaan seseorang.


Talkshow Investasi Masa Depanku (dokumen pribadi)
Tentu kita sudah tahu, kebutuhan di masa depan, bukan saja masalah pendidikan, tapi juga pensiun. Semua orang, termasuk saya dan suami akan mengalami juga masa pensiun. Kami ingin masa-masa tua terasa indah, biarpun keterbatasan fisik di usia senja tidak lagi produktif. Maka dari itu, menabung dan berinvestasi itu penting untuk masa depan yang lebih baik.

Saat memilih berinvestasi, kita harus "konsisten", dengan cara menyisihkan penghasilan bulanan kita. Untuk nominalnya bisa kita tentukan sendiri, yang penting kita konsisten setiap bulan berinvestasi. Karena itu lebih baik, dibandingkan berinvestasi 1 kali dalam jumlah besar.

"Hasil dari investasi akan jelas terlihat jika kita konsisten investasi minimal 5 tahun", ujar Farhan dalam talkshow investasi masa depanku.

Prita selaku financial planner berbagi pengalaman tentang investasi, yang sudah dilakukannya semenjak remaja. Menurut Prita investasi tidak menakutkan, tapi memiliki resiko. Kalau tabungan bisa tergerus inflasi, berbeda dengan investasi. Bahkan, potensi investasi lebih tinggi daripada tabungan. 


Suasana financial check up (dokumen pribadi)
Investasi juga bisa dilakukan pria dan perempuan, bahkan perempuan harus lebih banyak berinvestasi. Benarkah? Tentu saja benar, karena kalau suami pergi mendahului sang istri, sedangkan kebutuhan masih panjang, sang istri siap dengan segala kondisi. Mungkin inilah yang pernah saya dan keluarga rasakan, sewaktu Ayah meninggal dunia. Kalau tidak ada tunjangan, uang asuransi, dan hasil investasi, saya tidak tahu, apakah bisa melanjutkan kuliah atau tidak. Maka dari itu, investasi itu sangat penting untuk masa depan yang lebih baik.

Disiplin dan konsisten menjadi poin penting untuk sukses berinvestasi. Suami dan istri yang memiliki pekerjaan, bisa loh menyisihkan minimal 20% penghasilannya untuk berinvestasi. Tapi, memilih investasi pun harus tepat, jangan sampai tertipu dengan investasi bodong. Kalau ingin tahu investasi itu jelas atau tidak, bisa langsung cek di situs OJK (Otoritas Jasa Keuangan).


By. Danareksa Investment Management
Investasi bisa berupa properti, tanah, emas, logam mulia, berlian, saham, obligasi, hingga reksadana. 

Bicara tentang investasi ini, sangat penting untuk kita mempersiapkan dana pensiun hingga pendidikan secara matang. Maka, Danareksa Investment Management (DIM) pada hari itu, meluncurkan program Investasiku Masa Depanku (IMD). Program ini bertujuan untuk mempersiapkan pensiun dengan kemapanan financial yang dikelola oleh Manajer Investasi Reksa Dana pertama di Indonesia.


Program IMD
PT. Danareksa Investment Management sendiri merupakan anak usaha dari PT. Danareksa (persero), BUMN dibidang Investment Banking yang terkemuka di Indonesia. DIM mendapatkan izin sebagai manajer investasi dari Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) pada tahun 1992. DIM menjadi pionir dalam reksa dana dengan meluncurkan reksa dana pertama di Indonesia pada tahun 1996. Aktivitas utama DIM adalah sebagai pengelola Reksa Dana, Manajer Investasi KIK EBA, kontrak pengelolaan dana, maupun Sekuritisasi.

Terus bagaimana cara mengikuti program IMD (Investasiku masa depanku)? Sangat mudah sekali, pertama-tama investor dapat langsung melakukan registrasi online di http://reksadana.danareksaonline.com. Setelah itu, kita sebagai investor sudah mulai bisa berinvestasi, dimulai dari Rp. 200.000. Dana ini sangat terjangkau untuk persiapan dana pensiun. Untuk program ini, DIM langsung bekerjasama dengan Bank Central Asia (BCA) untuk transaksi autocollection, sehingga proses transfer bulanan dapat dilakukan secara otomatis. 

Cukup mudah bukan? Apalagi sangat terjangkau. Dengan konsisten menabung setiap bulan 200.000, kita akan merasakan manfaat berinvestasi di masa depan. IMD menjadi pengalaman berinvestasi yang efisien bagi investor.

Untuk produk Reksa Dana di DIM, ada beberapa macam, yakni:
  1. Reksa Dana Saham
  2. Reksa Dana Campuran
  3. Reksa Dana Pendapatan Tetap
  4. Reksa Dana Pasar Uang
  5. Reksa Dana Indeks
Jadi, sudah siapkah memiliki masa depan yang cerah? Tentu dong, apalagi dengan selalu konsisten berinvestasi, menjadikan masa depan semakin lebih baik dan terencana. Menurut ke 3 narasumber, yang penting tuh menyisihkan uang terlebih dahulu untuk investasi, jangan menyisakan. Selain itu dalam hal konsumsi menurut Prita, "pahamilah yang anda beli, beli yang anda paham".

Acara pun ditutup dengan pengumuman doorprize serta foto bersama.
Kumpulan Emak Blogger (Photo By. Mira Sahid)
Narasumber (dokumen pribadi)
Konsisten berinvestasi untuk masa depan yang lebih baik, akan menjadikan kita lebih teratur dalam mengelola financial setiap bulannya. 

"Kemampuan financial di masa depan itu hak semua orang, jangan sampai hal itu tidak tercapai hanya karena kita tidak mempersiapkan dengan baik keuangan kita di masa sekarang. Mari mulai dari langkah kecil, dengan berinvestasi sejak dini, perencanaan pensiun sedini mungkin memiliki jangka waktu yang lebih panjang. Jangka waktu yang panjang memungkinkan anda untuk menabung/berinvestasi secara rutin dalam jumlah yang lebih kecil dan terjangkau. Lebih awal, akan lebih murah", ujar Prihatmo Hari Mulyanto, Direktur Utama DIM.

26 komentar:

  1. pengen ngerasain yoga juga yg pake instruktur, kalo di rumah bisa aja sih liat lewat internet tp kayanya beda ya kalo langsung dikasitau unstruktur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik neh yoga kemarin mba, ga ikut ya

      Hapus
  2. ini seru banget ya sebelum mendapatkan ilmu diajak beroalh raga dulu supaya sehat

    BalasHapus
  3. "Kemampuan finasial di masa depan itu hak semua orang" saya setuju banget ini :)

    BalasHapus
  4. Investasi untuk masa depan memang sangat penting :)

    BalasHapus
  5. krn aku kerja di bank, jd investasi reksadana mah udh jd pilihan dr dulu :D.. dan itu memang jk waktu yg butuh waktu pjg... so, kalo udh panik duluan liat ihsg anjlok, trs pgnnya malah cairin utk cut loss, ya kurang cocok sih main di sini ;p.. justru saat harga anjlok itu, adalah wkt tepat utk membeli ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Issh mantep dong ya mba, dan memang reksadana bisa menjadi pilian yang tepat.

      Hapus
  6. Badan sehat. Investasi cukup. Duh surga banget ya Mbak Lis. Tinggal beribadah saja lagi yang banyak. Sempurna deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu setuju banget, kalau semua sudah lengkap, tingggal ibadah dengan khusu.

      Hapus
  7. Iya sih daripads duit abis buat jajan mending diinventasiin

    BalasHapus
  8. Jadi harus punya rekening BCA ya?

    BalasHapus
  9. Reksadana di Malang ada kah? Penasaran banget. Murah uy kalo mulai 200 ribuan.

    BalasHapus
  10. Saya baru rencana aja belum bisa direalisasikan karena masih mikir bangun rumah dulu. Ntar rumah jadi mikir ganti Mobil, motor DLL. Lah terus kapan mikir investasi? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya ayo mba mulai berinvestasi, hasil inves bisa beli mobil dan lainnya

      Hapus
  11. Langsung cuzz ke tekape ke web danareksa.
    Makasih untuk sharingnya mba :)

    BalasHapus
  12. wahhh penting nih investasi buat anak muda seperti saya., itung-itung buat modal nikah hihihi

    BalasHapus
  13. Memang sejak dini kita harus memikirkan investasi agar aman untuk kehidupan kita pada masa depan ya Mba..

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...