Resep Nasi Bola-bola Goreng Ketan Hitam

Liswanti Pertiwi | Selasa, Januari 05, 2016 | | |

Siapa yang suka ketan hitam? Saya doyan sekali dengan ketan hitam. 

Ketan hitam bisa kita buat kreasi makanan yang begitu nikmat, mau itu bubur manis, bugis, tape, uli, cake dan lainnya. Semua tergantung kita, kira-kira ketan hitam ini mau kita olah menjadi apa? Biasanya saya buat bubur, atau bugis untuk cemilan keluarga. 

Kali ini sedikit berbeda. Iseng-iseng, ketan itu saya buat menjadi nasi. Tadinya, mau saya makan dengan menambahkan parutan kelapa dan sambel yang ekstra pedas, serta tempe goreng. Tapi akhirnya, saya membuat Nasi Bola-bola Goreng Ketan Hitam.

Bola berarti bulat ya hehe, mau tau cara bikinnya? Siapin dulu bahan-bahannya yuk.

Bahan-bahannya ini ya
  • Yang pasti siapkan beras ketan. Tadi saya membuatnya dengan 1/2 liter saja. Cuci bersih dan masaklah, hingga menjadi nasi yang empuk dan pulen. Berikan sedikit garam ya.
  • 1 telur.
  • Tepung roti atau tepung panir.
  • Untuk isinya saya menggunakan 1 wortel yang dipotong sangat kecil. Bisa juga dengan abon, keju, dan lainnya. Pokoknya sesuai selera deh. Kalau saya memang ingin menggunakan wortel mentah.
  • Minyak Goreng
Kalau bahan-bahan sudah siap, sekarang kita tinggal membuatnya.

Pertama, cuci tangan dong ya sampai bersih dengan sabun. Supaya kuman yang menempel di tangan cepat mati, sebelum kita membuat adonan nasi bola-bolanya. Setelah selesai baru deh kita bulat-bulatkan nasi ketan hitamnya. Dan jangan lupa untuk memasukkan wortel yang sudah kita potong kecil.
 
Ini yang sudah jadi, dan siap masuk ke kulkas dulu sebelum di goreng
Kedua, kocoklah telur, dan masukkan nasi bola-bolanya. Setelah itu baluri satu persatu nasi bola-bola ketan hitam dengan tepung roti atau tepung panir sampai merata.

Ketiga, diamkan selama 10-15 menit di dalam kulkas. Setelah itu, barulah panaskan minyak dengan api kecil. Dan masaklah sampai nasi bola-bola goreng ketan hitam berwarna kekuningan. 

Terakhir, siap kita makan deh dengan saos sambel ekstra pedas. Lebih baik makan selagi hangat, karena akan terasa lebih nikmat.


Ini hasilnya ya, wortelnya tetap mentah sesuai keinginan saya hehe
Bagaimana mudahkan? Mudah dong ya, karena membuat cemilan yang satu ini serba mudah, murah dan cepat. Dengan modal 26.000 rupiah saja, kita bisa membuat kreasi masakan dari ketan hitam. Apalagi saya hanya menggunakan ketan hitam setengahnya saja, sisanya mau saya buat bubur saja.

Nasi bola-bola goreng ketan hitam, bisa kita nikmati bersama keluarga tercinta.

20 komentar:

  1. Enak nihhh ketannya bunda.
    Apalagi bahan dan resepnya pun cukup simple dan ga ruwet hhhheee
    Mantep dah hhhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk dong coba saja kalau begitu gampang banget.

      Hapus
  2. Wuih aku suka banget ketan item. Tapi lebih doyan kalo dibikin makanan manis kayaknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, kan ketan memang bisa kita buat macem-macem

      Hapus
  3. Saya suka juga ketan hitam mbak Lis biasanya sih beli buburnya aja..

    *resep ini bisa dijadikan alternatif olahan ketan hitam ya mbak..kayaknya enak juga tuhh.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap. Ketan memang enak dibuat apapun ya. Kalau saya jarang beli, habis dikit. hehe

      Hapus
  4. Wahhh baru tau ada makanan kaya gini. Aku jadi pingin ini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini mah saya yang sengaja diginiin mba hehe

      Hapus
  5. Aku juga baru tahu nih. Teh Lis bisa aja, kreatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, nasi bola-bola udah banyak, tapi memang ini pake ketan mba

      Hapus
  6. rasanya gimana ya ketan digoreng? kaya uli ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ulikan di halusin dulu, ini mah langsung, nasi di bulet-bulet. Kalau di goreng tetap empuknya nasi.

      Hapus
  7. ini bisa dicoba nih... isiannya bisa diganti ganti sesuai selera kali ya...

    Eh Teh Lis mau tanya dong, ini kenyal kenyal gitu atau prul waktu di?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok, mau pake abon, keju dan lainnya bisa.

      Rsa ketan saja mba, yang kita buat seperti nasi, tidak terlalu kenyal kok.

      Hapus
  8. Wah enak nih buat cemilan sore hari pas ujan sambil nonton, cocok banget :D

    BalasHapus
  9. wah, saya doyan banget ketat apalagi pake durian, hmmm

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...