Pangkalpinang Menyimpan Wisata Yang Menarik

Liswanti Pertiwi | Selasa, Maret 22, 2016 | | | |

"Pesona Pangkalpinang, pangkal kemenangan" ujar Walikota Pangkalpinang, M. Irwansyah dalam acara ramah tamah bersama blogger (28/02).

Menginjakkan kaki di Pangkalpinang memang menjadi hal baru buat saya, maklumlah jarang banget pelesiran jauh hehe. Rasanya ga asyik ya kalau jalan-jalan ke sebuah kota, tanpa menikmati wisatanya. 

Ngomong-ngomong tentang Pangkalpinang, kota yang dipimpin oleh politisi muda PDIP ini, menyimpan banyak sekali wisata yang menarik untuk kita kunjungi. Mulai wisata pantai, wisata sejarah, kuliner, dan lainnya.

Pangkalpinang menyimpan wisata yang menarik, seperti:

Pantai Pasir Padi

Terletak di Kelurahan Air Itam, kurang lebih 8 km dari pusat kota Pangkalpinang, yang menjadi wisata potensial yang ada di Pangkalpinang. Pantai ini memiliki garis pantai dengan hamparan pasir putih sepanjang 5km. Keunikan pantai ini adalah struktur pantainya yang landai, dan kontur pasir yang padat. Kunjungan wisatawan di hari libur ke pantai ini, bisa mencapai 6000 orang perhari. 


Pantai Pasir Padi
Pantai Tanjung Bunga

Tanjung bunga adalah pantai landai dan bebatuan yang memiliki karakteristik unik. Terletak sebelah selatan pantai Pasir Padi. Tanjung Bunga ini memiliki satu kawasan berbukit dengan panorama yang sangat indah dan mengarah ke laut. 

Bangka Botanical Garden

Wisata ini merupatakan lahan pengembangan holtikultura, peternakan, penyediaan bibit, dan pakan ternak memanfaatkan lahan bekas tambang timah dan lahan kritis. Botanical Garden menjadi acuan pengembangan lahan tidak produktif bagi daerah-daerah di Indonesia dan menjadi kawasan ecotourism modern serta ikon kepedulian lingkungan masyarakat Bangka Belitung.

Rumah Residen

Sebagai kota yang bersejarah, Pangkalpinang memiliki banyak warisan, salah satunya rumah Residen. Bangunan megah ini terletak di pusat kota Pangkalpinang, memiliki 10 pilar, jendela dan pintu tinggi, dengan atap limasan, dan atapnya dari genteng tanah. Saat ini, rumah Residen dijadikan sebagai rumah dinas Walikota Pangkalpinang. Dan menjadi salah satu dari sembilan benda Cagar Budaya kota Pangkalpinang.


Keindahan jalanan di Pangkalpinang
Tugu Pergerakan Kemerdekaan

Tempat ini terletak di jalan merdeka di area Tamansari. Tugu ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Bangka dalam mempertahankan, serta merebut kemerdekaan setelah Proklamasi 17 Agustus 1945.Yang diresmikan Bung Hatta pada tahun 1949.

Mesjid Jamik

Mesjid ini menjadi salah satu mesjid terbesar di Pangkalpinang yang dibangun sejak 3 Syawal 1355 H atau 18 Desember 1936. Mesjid Jamik ini juga menjadi salah satu cagar budaya kota Pangkalpinang.

Kelenteng Kwan Tie Miaw

Kelenteng Kwan Tie Miaw merupakan salah satu kelenteng tertua yang diperkirakan dibuat pada tahun 1841. Kelenteng tertua di Pangkalpinang ini terdapat hiasan buah labu (gourd) di puncak atap kelenteng.

Perkuburan Cina Sentosa

Tempat ini dibangun pada tahun 1935, terletak di jalan Soekarno Hatta Pangkalpinang. Dengan luas komplek sekitar 27 ha, yang terdapat lebih dari 12.000 makam. Kompleks makam ini menjadi makan terbesar Se-Asia Tenggara. Dan sangat unik serta menarik, dengan arsitektur yang berbeda-beda pada tiap makam. Dan setiap tahun diadakan tradisi Sembahyang Kubur (Ceng Beng). Dimana, seluruh le;uarga yang ada di perantauan pulang untuk sembahyang dan memberikan penghormatan terhadap para leluhurnya.



Makanan Khas dari Pangkalpinang
Selain wisata yang menarik di atas, masih banyak wisata lainnya yang ada di Pangkalpinang, dan bisa kita jelajahi. Kalau saya seh, sebagai penikmat makanan, paling suka dengan kulinernya, apalagi empek-empek dan otak-otaknya. 

Mengunjungi tempat yang baru, memang harus dijelajah semuanya ya, termasuk makanan khas, wisata, hingga keseniannya. Saat malam ramah tamah dengan walikota Pangkalpinang, M. Irwansyah, Kelas Blogger bisa menyaksikan berbagai tarian daerah Pangkalpinang, salah satunya Tari Sambut Pinang Sebelas.



Pangkalpinang menyimpan wisata yang menarik, dan sayang sekali kalau belum datang ke tempat ini. Jalanan yang dilalui pun masih asri, dengan banyak pepohonan, yang membuat kota semakin sejuk dan segar di pandang mata.    

20 komentar:

  1. ebuset, foto2nya bikin mupeng mbak :)
    semoga kalo ada lagi bulan mei-juni, bisa ikutan...

    btw, walikotanya gaul banget kayaknya
    keren nih, ga ada gap sama blogger
    jadi, warganya bisa deket tanpa ada birokrasi yang rumit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayooo, buruan deh ke Pangkalpinang hehe

      Hapus
  2. Jadi nda sabar ingin berkunjung ke PangkalPinang
    hmmmmm

    BalasHapus
  3. kapan bisa ke pangkalpinang yaaa :( jauh banget soalnya .. penasaran sama perkuburan cina sentosa ..

    BalasHapus
  4. Semoga bisa sampai ke Pangkal Pinang

    BalasHapus
  5. Mpek-mpek! Mpek-mpek disana pasti rasanya asli banget ya Maaak. Jadi ngileeer.

    BalasHapus
  6. saya pernah sekali ke Pangkal Pinang tapi sebentar bingitz
    datang pagi, Pulang menjelang sore
    jadi lebih tahu ttg Pangkal Pnang setelah baca artikel ini
    terimakasih Mbak Lis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah belum sempet keliling dong kalau begitu

      Hapus
  7. Jadi penasaran sama bentuk Rumah Residennya. Semoga bisa ke sana.

    BalasHapus
  8. Wah, saya tergoda dengan empek-empeknya...

    BalasHapus
  9. Pangkal pinang lagi ngehits efek kelas blogger nih mantep ^^

    BalasHapus
  10. suka banget ama pangkal pinang, krn masih sepiiiiii jalan2nya ;p.. gila aja, pas kesana, udh gemes pgn mijakin gas kenceng2 saking kosongnya itu jalanan :D,.. soalnya bus tur kita waktu itu jalannya pelan bangeet ;p..

    empek2 di sana memang enak ya mbak.. malah jujur aja lbh enak drpd pempek palembang :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, disana masih nyaman banget, dan tenang banget tempatnya.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...