Ruangguru, Solusi Belajar Mudah Dan Praktis Untuk Anak Indonesia

Liswanti Pertiwi | Jumat, Maret 25, 2016 | | | | | |

"Pelajaran Sekolah Dasar sekarang kok susah ya?" Ujar salah satu sahabat saya. Mungkin itu juga yang menjadi kekhawatiran saya selama ini, pelajaran SD kelas 1 zaman dulu dan sekarang tuh, benar-benar beda. Saya memiliki anak dan adik, yang saat ini duduk di bangku Sekolah Dasar. Saya perhatikan pelajarannya semakin kesini semakin berat. Dan itu membuat saya harus mencarikan guru les, supaya adik tidak tertinggal pelajaran. Itu juga, yang akan saya lakukan nanti sama anak sulung saya.

Saat ini, orang tua pun harus lebih pintar, dan mau terus belajar, maklumlah anak-anak masih butuh perhatian kita. Dan tentunya kita sebagai orang tua akan mengajari dan membimbing anak selama belajar, jangan sampai anak merasa stres sendiri, menghadapi pelajaran yang sulit mereka pahami. 

Kalau anak sedang mengerjakan PR di malam hari, dan dia tidak mengerti, ga mungkin juga ya kita telpon guru lesnya, supaya cepat datang dan membantu anak kita. Sedangkan kita, tidak mengerti juga. Gimana dong? Tenang, ada cara baru yang bisa menjadi solusi kekhawatiran para orang tua. Caranya, adalah dengan menggunakan aplikasi Ruangguru.

Iman Usman (CEO ruangguru.com)
Ruangguru, solusi belajar mudah dan praktis untuk anak Indonesia. Ruangguru.com adalah startup penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terkemuka di Indonesia, yang mulai rilis ke publik pada April 2014. Ruangguru.com ini berfokus pada penyediaan jasa guru privat berkualitas (online atau offline), konten persiapan ujian, serta sistem manajemen belajar terpadu. Simpelnya ada 3 layanan utama dari Ruangguru.com saat ini, yaitu privat, tes, dan layanan terbaru mereka aplikasi Ruangguru itu.

Nahkan ya, kita sebagai orang tua, tidak perlu khawatir kalau malam-malam anaknya kesulitan mengerjakan PR. Karena, aplikasi ruangguru, bisa membantu anak belajar secara online, mudah dan praktis. Menurut Iman Usman, CEO ruangguru.com, seorang anak muda berusia 24 tahun, yang sudah berkecimpung di dunia pendidikan hampir 18 tahun. Bahwa aplikasi ini memberikan kemudahan bagi anak untuk belajar apapun, dari siapapun. Karena, ruangguru.com menjadi marketplace terbesar di Indonesia, yang menghubungkan murid dengan 27.000 guru untuk mempelajari berbagai pengetahuan dan keterampilan khusus di luar sekolah.

Dalam acara kumpul ruangguru di Resto Omah Sendok (23/3), berbagai keseruan bisa kita rasakan. Karena, blogger bisa mencoba aplikasi ini secara langsung, setelah sukses mengunduhnya di playstore. Bahkan, kami semua mencoba untuk bertanya langsung kepada guru, dengan upload soal Bahasa Inggris untuk anak SMP.


Aplikasi ini sangat mudah untuk diunduh, dan tidak terlalu berat di smartphone, yakni hanya 44,30MB. Minimal sistem android yang bisa digunakan untuk aplikasi ruangguru.com, adalah jellybean. Selain itu, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk 1 email untuk 1 akun pendaftar. Jadi, jangan kaget, kalau kita pake smartphone lain dengan email yang sama, akan terus gagal untuk mendaftar.

Satu hal yang saya suka dengan aplikasi Ruangguru, bahwa di era digital saat ini, guru akan terus melek teknologi, yang semakin dimudahkan mengajarkan ilmu pendidikan kepada para murid. Apalagi, guru yang tergabung disini, adalah guru dengan kualitas terbaik, yang telah terlatih dan teruji untuk membantu murid dalam memecahkan soal-soal PR, tugas dan latihan yang belum dipahami. Keuntungan anak-anak, mereka bisa langsung konsultasi pelajaran, dengan melalui chat dan audio call. Oh ya, untuk satu akun, akan mendapatkan satu guru yang membimbingnya.



Aplikasi ruangguru.com

Sudah bisa belajar, dan konsultasi dengan guru dimanapun. Apalagi ya keunggulan aplikasi ruangguru.com ini? 

Selain belajar secara online, Ruangguru.com juga menyediakan platform persiapan ujian secara online bernama tes.ruangguru.com, yang memungkinkan murid ikut tryout secara online dan dapat mengakses ribuan bank soal secara gratis, serta mempersiapkan diri untuk berbagai jenis ujian. Seperti, ujian semester, ujian nasional, maupun masuk perguruan tinggi. Apalagi, platfrom ini menyediakan analisis data yang diperoleh dari latihan murid untuk memahami status dan perkembangan belajar murid dari waktu ke waktu.

Balik lagi ke aplikasi Ruangguru. Kehadiran aplikasi ini akan membantu anak-anak yang saat ini sangat terbatas waktunya dalam belajar. Sedangkan, anak/murid cenderung selalu ingin solusi yang instan dan cepat. Dan inilah solusi tepat buat mereka, yang bisa belajar dengan mudah dan praktis. Apalagi, aplikasi ini membantu anak-anak yang berjauhan lokasinya dengan guru atau mungkin anak kesulitan untuk menemukan guru privat yang berkualitas kapanpun mereka butuhkan.


Cara menggunakan aplikasi ini gimana ya? Gampang banget. 
  • Download aplikasinya di playstore.
  • Foto dan unggah soal yang ingin ditanyakan dengan mobile application ruangguru.
  • Murid akan terhubung dengan guru pelajaran yang dibutuhkan.
  • Komunikasi antara guru dan murid dapat dilakukan dengan text chat maupun audio call.
  • Guru-guru berkualitas dapat diakses secara online, setiap saat (selama masa uji coba dari pukul 06.00 hingga 22.00).
  • Murid dapat memberikan feedback untuk cara mengajar guru dan kinerja ruangguru.
Saat ini mobile aplication Ruangguru masih dalam tahap pengembangan (tahap uji coba terbatas versi beta). Dan dalam waktu dekat, aplikasi akan disempurnakan dan siap diluncurkan ke publik. Oh ya ingin mencoba aplikasi ini, masih gratis loh, sampai tanggal 15 April 2016.



Dokumen pribadi
Photo by mba Elisa
Pelajaran matematika, kimia, fisika, dan bahasa inggris susah. Jangan khawatir, karena ruangguru, memberikan solusi belajar mudah dan praktis untuk anak Indonesia. Emak-amak saja senang belajar bersama ruangguru, kalian (anak-anak) harus tetap semangat belajar juga ya.

Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan berkembang.

21 komentar:

  1. Terkadang cara kita mengerjakan soal tidak sama dengan yang di inginkan guru, untuk itulah aplikasi ini sangat membantu bagi saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba, dengan begitu aplikasi ini bisa memudahkan semuanya ya

      Hapus
  2. seruuu bisa ketemu Lizonetea!

    BalasHapus
  3. Aplikasi seperti ini membantu anak untuk semangat belajar :)

    BalasHapus
  4. aplikasi ini memudahkan para anak belajar yah Mbak :)
    sepertinya harus didonlot nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu banget mba, didonlod aja kalau begitu

      Hapus
  5. Memudahkan banget aplikasi kayak gini ya buat emak2, brasa ada kamus pintar

    BalasHapus
  6. Aamiin. Ruang guru mempermudah kita mencari soal-soal ya

    BalasHapus
  7. Wah begini saya akan coba terapkan deh semoga saja mendapatkan hasil yang diinginkan.

    BalasHapus
  8. Wah... ni membantu banget ya... anak senang.. orang tua juga , alhamdulilah ..sekarang jadi lebih mudah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi anak semangat terus belajar ya

      Hapus
  9. keereen aplikasi ruang guru bisa memacu orang tua belajar juga
    salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang tua sekarang memang harus terus belajar

      Hapus
  10. Okeh juga nih sistem pembelajarannya.

    BalasHapus
  11. Biasanya kalo anak-anak tidak mengerti aku sering tanya ke mbah Google hahaha. Asyik sekarang ada Ruangguru ya, anakku sudah nyobain soal2 di test Ruangguru buat persiapan UNAS.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...