Sahara Mengajak Pelaku UMKM Dan Koperasi Untuk Maju Dan Berkembang

Liswanti Pertiwi | Sabtu, Juni 04, 2016 | |

Kalau pekerjaan sulit di dapatkan, kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga bisa bermanfaat dan membantu orang lain. Salah satu caranya mendirikan usaha sendiri. Tentu menyenangkan ya, kalau kita bisa memiliki banyak usaha, menciptakan berbagai peluang, sehingga mampu mengurangi jumlah pengganguran. 

Dan ini jugalah yang dilakukan Sahara untuk mengurangi pengganguran. Dengan mengajak siapa pun, termasuk pelaku UMKM dan Koperasi di Indonesia untuk maju dan berkembang.

Apa itu Sahara?

Sahara atau Sahabat Usaha Rakyat adalah komunitas para pengusaha yang beranggotakan para pelaku UMKM dan anggota Koperasi yang berasal dari berbagai organisasi dan masyarakat umum. Yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan anggotanya.

Lalu apa yang dilakukan Sahara untuk meningkatkan pendapatan anggotanya?

Tepat pada 1 Juni 2016 kemarin, Sahara meluncurkan www.sahara-aerotravel.com yang bertempat di Galeri Indonesia Wow, Gedung Smesco Jakarta. Peluncuran ini menjadi prospek bisnis dan peluang besar di bidang penjualan tour travel, hasil kerjasama antara komunitas Sahara dan Aero Travel (anak usaha PT. Garuda Indonesia). 

Peluang bisnis ini tercipta, karena melihat data yang di rilis BPS sepanjang Januari dan Oktober 2015. Dimana, jumlah penumpang angkutan udara tercatat mencapai 67,5 juta orang atau naik 12,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 59,83 juta orang.

Photo By Sahara
Bukan itu saja loh. Indonesia ini kaya dengan alamnya yang indah, dari wisata pantai, gunung, hingga kuliner. Di tahun 2015 saja, jumlah penumpang domestik mencapai 56,1 juta orang, atau melonjak 15,64%. Untuk penumpang internasional mencapai 11,4 juta orang atau tumbuh 0,4%. Kenaikan jumlah penumpang ini juga didongkrak, karena jumlah rute penerbangan yang terus bertambah dan dibarengi dengan infrastruktur yang terus dibangun pemerintah.

Melihat peningkatan ini, tentu saja peluang bisnis penjualan tiket semakin besar dan menggiurkan. Dengan perkembangan teknologi apapun bisa dilakukan, termasuk menjual tiket online. Biarpun persaingan di bidang ini semakin banyak, Sahara merasa yakin bisa membantu para pelaku UKM dan Koperasi untuk memiliki tambahan penghasilan, mau dan terus berkembang. 

Komunitas Sahara saat ini memiliki 3 juta database anggota yang akan digerakkan untuk mensukseskan usaha travel ini. Dan bagian dari komunitas ini akan dibantu Garuda Indonesia melalui anak perusahannya, yakni Aerotravel dengan memfasilitasi penjualan tiket Garuda dan Citilink melalui system penjualan tiket online di www.sahara-aerotravel.com. Kerjasama ini sebagai sebuah komitmen untuk ikut berperan aktif mendukung kegiatan UMKM dan koperasi di seluruh Indonesia melalui Komunitas Sahara.

"Program kemitraan antara Komunitas Sahara dan Aero Travel ini akan membuka peluang usaha baru bagi pelaku UMKM dan anggota koperasi di seluruh Indonesia untuk meningkatkan pendapatannya melalui penjualan tiket penerbangan dan produk wisata lainnya secara online", ujar Ir. Sharmila, Msi selaku founder Komunitas Sahara.

Terus pelaku UMKM dan koperasi mendapat keuntungan seperti apa?

Banyak loh, selain bisa membeli tiket sendiri, tentunya bisa berjualan juga. Bukan itu saja, anggota komunitas Sahara akan mendapatkan potongan harga dan komisi penjualan dari setiap transaksi yang telah dilakukan. Lanjut Sharmila, bahwa kerjasama ini bisa melahirkan lebih banyak Wirausaha lagi dan mengurangi pengganguran di Indonesia.

Ada satu keunggulan yang bagi saya begitu menarik, karena website tiket online ini bukan saja menjual tiket, tapi merangkul juga para pelaku UMKM dan Koperasi di seluruh Indonesia dan masyarakat lainnya, termasuk blogger yang hadir untuk menjadi bagian dan pengerak dari bisnis ini. Pantas saja loh, launching ini bukan saja dihadiri oleh Kementrian Koperasi, tapi juga para wirausahawan dari seluruh Indonesia.

Cara bergabungnya pun cukup mudah loh, siapapun yang ingin ikut pastikan untuk mendaftar di websitenya dan menjadi member. Dan tenang saja ya, untuk jadi member tidak perlu keluar biaya sedikit pun, karena semuanya GRATIS. Ini sesuai sekali dengan tagline yang diusung Sahara, yakni "travel hebat, sahabat rakyat".

Tuhkan ya tertarik tidak mendapat penghasilan tambahan? Apalagi tidak di pungut biaya sedikit pun, kita sudah bisa berjualan dan mendapat komisi. Untuk tahu lebih banyak bisa langsung kunjungi saja www.sahara-aerotravel.com.

14 komentar:

  1. Ooo...lumayan deket rumahku nih kalo lokasinya di gedung smesco

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kemarin launchingnya di Smesco mba

      Hapus
  2. cocok buat ibu rumah tangga, bisa jualan tiket dirumah nih :)

    BalasHapus
  3. Maju terus UMKM dan koperasi Indonesia.. :)

    BalasHapus
  4. sahara bagus namanya..semoga banyak yang bergabung

    BalasHapus
  5. semoga bermanfaat untuk semua orang

    BalasHapus
  6. namanya kaya nama cewe sahara,
    wow ada inovasi baruu terus yaa

    ngintiiip webnya aahh :D
    makasih mak infonya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lagunya sahara oh sahara ya teh hehe

      Hapus
  7. Sahara nama yang sangat keren hehehe top banget nih

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...