Tips Dari Bunda Cerdas Untuk Tampil Cantik Dan Sehat Selama Berpuasa

Liswanti Pertiwi | Senin, Juni 20, 2016 | | |

Assalamualaikum


Alhamdulillah ya, bulan ramadan sudah menginjak minggu ke 3. Tahun ini aktivitas selama ramadan memang tak berhenti, malah semakin bertambah, itu sangat menyenangkan. Karena waktu cepat sekali berjalan. Tapi, dengan aktivitas yang padat, membuat tubuh gampang lemas, kulit terasa kusam, dan pastinya masalah bau mulut terasa kurang nyaman saat berbicara dengan orang sekitar.

Saat kita berpuasa, masalah kulit atau bahkan rambut kering, sering sekali terjadi, itu karena kurangnya asupan cairan. Dan sebagai seorang Ibu atau Bunda neh, tentu saja kita harus cerdas dalam segala hal, termasuk memberikan asupan makanan kepada keluarga saat buka dan sahur, supaya tetap sehat selama berpuasa.


Saya juga tentu ingin dong, tampil cantik dan sehat selama berpuasa, maka dari itu pada minggu kemarin (19/06) saya ikut serta dalam acara Andalan Bunda Cerdas yang diadakan di Kelurahan Jakasampurna, Kalimalang, Bekasi. Karena di sini hadir 2 narasumber yang cantik dan berpengalaman di bidangnya, untuk berbagi tips cantik dan sehat selama berpuasa, kepada masyarakat sekitar dan blogger.

Apa itu Andalan Bunda Cerdas? 

Andalan Bunda Cerdas (ABC) adalah sebuah program kerja sama antara Alfamart dan P&G yang khusus diciptakan untuk membantu Bunda semakin cerdas di dalam mengurus rumah tangga, sehingga menjadi Bunda, Istri, dan Bunda Rumah Tangga yang sempurna bagi keluarga.

ABC ini didesain untuk menjadi sahabat sejati dan partner Andalan Bunda dengan selalu menyediakan:
  • Informasi, tips, dan artikel penting dan bermanfaat seputar kecantikan wanita, kesehatan, keluarga dan dunia Si Kecil.
  • Produk-produk berkualitas yang menjadi andalan bagi seluruh keluarga.
  • Promosi-promosi menarik dan hadiah seru.
Masyarakat sekitar begitu antusias mengikuti acara ini, terbukti dengan cuaca yang cukup panas, mereka rela antri untuk mendaftar. Ada beberapa booth yang bisa dikunjungi di acara ini. Mulai dari booth Alfamart yang menyediakan produk dengan harga terjangkau, Booth P&G yang juga menghadirkan beberapa produknya. Dan Tabloid Nyata yang merupakan media partner dari Andalan Bunda Cerdas.



Dimas aja asyik bermain neh, sedangkan Bundanya ikutan Talkshow
Untuk bunda yang datang ke acara ini dengan membawa anaknya tidak perlu khawatir, karena disediakan arena bermain untuk anak-anak. Saya sendiri tenang mengikuti acara, karena Dimas ada yang jaga dan bermain dengan senang, terutama bisa berinteraksi dengan teman seumurannya. Selain itu ada tempat mewarnai untuk anak-anak yang ingin menggambar.

Acara benar-benar seru sekali, mulai dari talkshow, lomba Foto Ibu dan anak, lomba kreasi hijab, dan tentu dengan berbagai hadiah menarik.

Bunda Cerdas selalu tahu yang terbaik untuk keluarga

Ya itulah satu poin penting yang saya ambil dalam acara ini, sebagai seorang bunda cerdas harus selalu tahu yang terbaik untuk keluarga. Dari kedua narasumber saya mendapatkan banyak ilmu yang menarik, bahkan sebelum acara di mulai saya sudah berbincang dengan Dr. Nanny Djaja, MS, Sp GK dan Artika Sari Devi.

Dalam acara ini, Dr. Nanny yang merupakan ahli Gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta, mengungkapkan bahwa masalah kulit sering terjadi saat berpuasa, baik itu kulit kering dan kusam, begitu pun pada rambut. Maka, Bunda harus tahu Nutrisi yang tepat yang harus dikonsumsi selama berpuasa. Jika sampai kekurangan Nutrisi dapat berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan, seperti lemas, kurang semangat, tubuh kurang fit dan lain-lainnya.


Selama menjalankan puasa, dapat memberikan kesempatan bagi tubuh mendapatkan sejumlah nutrisi, yang dibutuhkan. Apalagi saat berpuasa ada perubahan makan dan tidur, yang bisa berdampak pada kecantikan. Saat berpuasa pun sering timbul penyakit, seperti anemia, ataupun Maag. Maka sebagai seorang bunda harus cerdas. Ada beberapa Tips Bunda Cerdas untuk tampil camtik dan sehat selama berpuasa, seperti:
  • Saat berpuasa, bunda harus bisa mengatur makanan dengan Nutrisi yang tepat. Seperti memilih jenis makanan untuk sahur dan berbuka. Salah satunya Karbohidrat kompleks yang merupakan sumber energi bagi tubuh, seperti nasi, kentang, roti, Ubi, talas dan sebagainya.
  • Mengkonsumsi Nasi beras merah atau beras coklat lebih baik, dibandingkan nasi putih, karena kadar gula darah, menjadi lebih stabil, dan dapat mengurangi rasa lapar.
  • Saat berbuka puasa, alangkah baiknya minum segelas air hangat atau air kelapa untuk memberikan sedikit kalori sebelum menikmati hidangan yang lengkap.
  • Minum air putih 8 gelas setiap hari, selama berbuka dan sahur. Karena kebutuhan air ini sangat penting, dan air dibutuhkan 30 cc/kg berat tubuh. Misal neh berat tubuh saya 58 (ini mimpi saya) x 30 = 1.740cc air untuk sehari.
  • Hindari gorengan saat berbuka puasa, karena dapat menimbulkan rasa kantuk, sehingga mengganggu konsentrasi.
  • Hindari konsumsi gula pasir dan sirup. Dan alangkah baiknya mengkonsumsi kurma, madu, gula merah untuk rasa manis yang alami.
  • Perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran saat berbuka dan sayur. Karena buah dan sayur, mengandung serat yang dapat menahan rasa lapar, selain itu juga mengandung air yang baik untuk tubuh.
  • Hindari konsumsi garam dan penyedap makanan yang berlebihan.
  • Konsumsi kelapa sangat baik, karena mengandung lemak baik yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kelembutan dan kehalusan kulit, serta kecantikan rambut.
  • Penuhi vitamin C dan Antioksidan. Karena kalau sampai kekurangan dapat menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik dan tidak berseri. 
  • Saat buka dan sahur konsumsi lauk protein dan hewani, seperti tempe, tahu, kacang-kacangan, ayam, daging atau ikan.
  • Konsumsi satu cup yogurt dapat dikonsumsi pada saat berbuka puasa untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku serta kesehatan tubuh.

Selain tips di atas neh, Dr. Nanny menyarankan kalau ingin penampilan tetap fresh selama berpuasa, jangan lupa untuk memakai pelembab pada kulit dan kondisioner pada rambut. Dr. Nanny yang juga seorang bunda, mengungkapkan bahwa tubuh membutuhkan Zat Besi, karena dapat meningkatkan jumlah sel darh merah dalam tubuh. Bila kekurangan mengakibatkan tubuh menjadi lemas, mengantuk, karena suplai oksigen tidak maksimal.



Nah bunda yang cerdas juga harus tahu neh. Kalau keluarga suka mengkonsumsi pepaya, pilihlah pepaya yang besar dan teksturnya kasar. Karena pepaya jenis ini seratnya sangat tinggi, dan bagus untuk kesehatan.

Bunda cerdas yang satu ini pun tidak kalah serunya neh, berbagi tips dan pengalamannya. Yakni Artika Sari Devi merupakan puteri Indonesia 2004 yang berasal dari Kepulauan Bangka Belitung. Juga adalah istri dari Musisi Indonesia, yakni Baim, dan sudah dikaruniai 2 orang anak perempuan.

Tentu kita sudah tidak asing ya dengan produk dari P&G, baik itu Pampers, Oral-B, Pantene, Gillette, Head & Shoulders, Rejoice, Herbal Essences, Olay, Downy, SK-II, Ambipur, hingga Vicks. Dan Artika Sari Devi merupakan Brand Ambassador dari P&G, yakni untuk Downy. 


Artika Sari Devi yang selalu sibuk dengan aktivitas di luar rumah, tidak begitu saja melupakan kewajibannya terhadap keluarga. Dia akan selalu memprioritaskan keluarganya. Sebagai seorang Bunda yang cerdas, Artika selalu tahu yang sangat dibutuhkan keluarganya. Dan selama ramadan ini biarpun banyak aktivitas, dia selalu fresh dan tampil cantik. Apa rahasianya?

Ternyata neh, Artika selalu mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari. Selain itu, supaya tetap cantik, biasanya setelah mandi, dia akan memakai pelembab, supaya kulit tidak kering. Begitu pun saat selesai keramas, jangan lupa untuk memakaikan kondisioner dan produk P&G bisa menjadi pilihan, bisa Pantene dan lainnya.

Artika pun memberikan tips dalam hal merawat pakaian, supaya tetap tampil percaya diri. Biasanya pakaian Artika dan keluarganya, selalu menggunakan Downy Parfum Collection, sehingga tampilannya kemana pun selalu segar dan wangi sepanjang hari. Bahkan, anak-anaknya juga suka sekali di peluk, karena Downy ini sangat wangi.

Nah ya, setelah seharian mendapatkan ilmu dan tips seputar kesehatan dan kecantikan dari 2 narasumber, saya pun menjadi semangat di rumah, untuk selalu memberika yang terbaik untuk keluarga. Sesibuk apapun, harus bisa tampil cantik dan sehat, dan memberikan nutrisi yang tepat untuk keluarga. Serta puasanya pun semakin semangat, dan menyenangkan ya. Ibadah pun lancar.


Oh ya, Bunda-bunda yang cantik bisa mengikuti program ABC loh dengan klik Website di http://www.alfamartku.com/andalan-bunda-cerdas/, dengan memasukkan no handphone, yang akan mendapatkan SMS A-Voucher berupa potongan harga produk P&G. Untuk Call Center ABC bisa hubungi langsung di no 021-1500959 lalu tekan angka 4.

Mau ikutan acara yang sama?

Tenang saja ya, karena ada acara yang sama pada Sabtu, 25 Juni 2016, jam 13.00 sampai dengan 16.00 di Badan Pengelola Gedung Da'wah MUI Jl. Nusantara Raya no. 5-7 Depok. Yang juga akan dihadiri langsung oleh Dr. Nanny Djaja, MS, Sp GK dan Artika Sari Devi. Tentunya dengan acara serta keseruan yang sama.

Jangan sampai kelewatan ya, buruan daftar.

Berikut adalah video keseruan acara Andalan Bunda Cerdas

28 komentar:

  1. Ai ai mbak Liswanti, ada potoku lagi mejeng dipanggung.
    Btw, acaranya bagus banget, aku suka dengan konsep menghadirkan playground, jadi anak2 ikutan betah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai mak Ratu
      Benar sekali adanya playground emak pun jadi tenang ya

      Hapus
  2. Acaranya seru banget ya Mba Lis, konsep pengadaan ruang khusus anak-anak ini yang oke punya. Jadi anak-anak tenang dan ga rewel ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mak, kemarin bawa anaknya juga ya mak

      Hapus
  3. seru acaranya... eh ada aku disini, makasih Mbak, tapi koq endut banget yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga apa-apa mba, endut itu tandanya emak bahagia hehe

      Hapus
  4. Sehat, cantik, dan cerdas. Apa lagi ditambah solehah. Impian semua kita ibu rumah tangga ya Mbak. Semoga kita terus mengusahakan yang terbaik untuk rumah tangga kita dengan terus mengasah diri, belajar, dan sering ikut acara seperti ini :)

    BalasHapus
  5. Wah, asyik banget ini acaranya.
    Dapat tips keren pula. Kalau saya masih susah makan nasi merah, anak-anak blm bisa Sementara kalau mau masak dua macem blm sanggup.
    Thanks for sharing mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa campur dengan nasi putih mak nasi merahnya

      Hapus
  6. Daftarnya kemana nih Depok? acaranya bermanfaat banget ya. Saya masih jarang minum air putih, doyan gorengan pula, pantes sering lemes kalo puasa, pdhl sahurnya makan banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa cek langsung website Andalan Bunda Cerdas atau www.alfarmartku.com mak.
      Nah mulai sekarang perbanyak air putih mak

      Hapus
  7. Semoga ada acara kayak gini juga di Semarang, biar para Bunda di Semarang juga cerdas2 ya..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga didengarkan sama P&G dan Alfamart

      Hapus
  8. kudu memperhatikan nutrisi yg cukup saat berpuasa ya Mba.. agar tidak lemas dan bisa terus beraktifitas selama puasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mak, dengan nutrisi yang tepat, keluarga menjadi kuat berpuasa dan menjalani aktivitas sehari-hari.

      Hapus
  9. yang susah menghindari gorengan niih...
    benenran krucil tiap buka mesennya gorengan, mau gak mau bikin bakwan lah, goreng cireng laag hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mulai sekarang coba dikurangin aja mak

      Hapus
  10. Akhirnya ketemu mak lis. Ibunya seru di dalam, anaknya bisa seru main juga di luar. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya ya mak bisa ketemu neh kita, kapan2 lagi ya

      Hapus
  11. penting banget untuk tampil cantik dan sehat selama ramadhan ini yah Mba, utamanya gak lemas :)
    sayangnya acara-acara gini hanya ada di kota-kota besar yah Mba, padahal pengen juga bisa ikutan :(
    *nasib warga yang tinggal di pelosok*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kedepannya ada acara yang begini juga ya mba

      Hapus
  12. Ketje bun, ada videonya segala.. :D

    BalasHapus
  13. Acaranya padat dan bikin hepi ya Mak, videonya keren Mak,merdu euy:)

    BalasHapus
  14. Lho anaknya diajak ya? Bunda jadi tenang ikutan talkshow kalau ada playground gini ya.

    BalasHapus
  15. acarany bnyk ngasi pencerahan y mak
    keren reportaseny..
    iy mak syg kmrn g sempet ngobrol bnyk

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...