4 Manfaat Uang THR Untuk Hidup Yang Lebih Baik

Liswanti Pertiwi | Kamis, Juli 14, 2016 | | | |

Lebaran memang sudah lewat, tapi suasana kemenangan masih begitu terasa. Beberapa waktu lalu, tepatnya sebelum takbir berkumandang, semuanya pastilah mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya). Gimana neh THRnya, sudah habis atau masih ada sisa?

Saya tahu, telat banget neh ngobrolin THR. Tapi, tulisan ini bisa untuk kedepannya ya. Bicara tentang THR, sebagian orang berpikir untuk langsung menghabiskannya, tapi ada juga yang berpikir untuk menyimpannya sebagian. Bagi saya sendiri, THR adalah uang yang harus bisa bermanfaat untuk hidup yang lebih baik. Saya pikir THR bukan untuk dihabiskan begitu saja, karena setelah lebaran, kehidupan kita harus terus berlanjut.

Terus bagaimana mengelola uang THR? Tentu saja mudah kok, tapi setiap orang berbeda-beda. Karena saya sudah menyiapkan keperluan lebaran jauh-jauh hari, jadinya uang THR selalu saya atur untuk masa depan anak-anak. Dan inilah 4 Manfaat uang THR untuk hidup yang lebih baik.


1. Uang THR bermanfaat untuk biaya sekolah anak

Kalau disini ada orang tua yang anaknya akan memasuki ajaran baru, tentu kita harus bisa mengatur uang THR dengan tepat. Salah satunya untuk biaya sekolah anak. Bisa dong di sisihkan 20% untuk menambah biaya sekolah anak. Mungkin bisa untuk membeli peralatan sekolah, seragam, ataupun sepatu.

2. Uang THR bermanfaat untuk kebutuhan mudik

Biasanya neh kalau menghadapi lebaran, kita semua pasti mudik dong. Nah perlu banget neh kita menyiapkan berbagai kebutuhan mudik, baik selama di kampung halaman, zakat fitrah, hingga angpau untuk anak serta keluarga lainnya. Dari THR, kita bisa menyisihkan 40%, karena memang lumayan banyak kebutuhannya. Ini berlaku, kalau memang kita tidak memiliki tabungan lebaran. 

Kalau misalkan punya neh, kita bisa menambahkannya, dengan mengambil 25% dari THR untuk kebutuhan mudik. Supaya selama mudik tetap asyik dan menyenangkan.

3. Uang THR bermanfaat untuk tabungan masa depan


Kehidupan setelah lebaran akan terus berlanjut, belum lagi biaya sekolah anak yang semakin tinggi, kesehatan, hingga kebutuhan pokok yang terus merangkak naik. Kita harus berpikir ke masa depan, jangan hanya memikirkan hari ini dan esok saja.

Masa depan akan semakin cerah, apabila kita bisa mengatur keuangan dengan baik. Dengan uang THR, kita bisa menyisihkan 20% untuk tabungan masa depan. Ini sangat bermanfaat untuk kita kedepannya. Dengan memiliki tabungan, ada hal yang urgent sekalipun, tidak akan merasa takut dan bingung.

Nah kalau poin ke 2 di atas bisa terpenuhi 25%. Maka tabungan ini bisa di tambah loh menjadi 25% juga, dengan begitu tabungan akan semakin bertambah.

4. Uang THR bermanfaat untuk Investasi di hari tua

Bukan saja sebagai biaya sekolah, keperlu mudik, dan tabungan saja, karena uang THR ini pun bermanfaat untuk investasi di hari tua. Dengan menyisihkan 20% (kalau tidak ada tabungan lebaran) atau 30% (ada tabungan lebaran) kita bisa menyimpannya untuk investasi sebagai pegangan di hari tua.

Kita ingin dong hari tua selalu senang dan bahagia, maka saat usia masih aktif dan semangat mencari nafkah, berpikirlah untuk berinvestasi. Bisa dari uang THR dan bonus pekerjaan lainnya. Saya tahu masa muda itu harus dinikmati, tapi kalau terus menerus, kapan punya tabungan untuk investasi masa depan? Nah saatnya berpikir untuk berinvestasi, baik itu investasi tanah, emas, proverti, saham, hingga reksadana. 

Dengan 20% atau 30% dari uang THR, kita bisa simpan dulu uangnya, apabila sudah terkumpul, boleh tuh berinvestasi, misalkan beli emas atau tanah. 


Dengan 4 Manfaat uang THR ini, semoga kehidupan semakin lebih baik. Mengelola uang THR tidak susah kok, yang penting kita tahu prioritas yang paling utama untuk hidup lebih baik. Jangan sampai lalai, karena merasa masih muda dan banyak uang, hingga lupa dengan masa depan. Karena kita tidak akan pernah tahu, kapan hidup akan berakhir, kapan maut menjemput, kapan mata ini tertutup untuk selamanya.

Kalau suami istri sama-sama bekerja dan memiliki uang THR, bisa loh pembagiannya, disatukan dulu uang yang dimiliki. Kalau saya sendiri di total semuanya. Barulah dibagi-bagi untuk 4 poin di atas. Karena sudah memiliki tabungan lebaran, jadi uang THR lebih besar di simpan untuk tabungan dan investasi.

Berpikir masa depan dengan mengatur uang, termasuk THR dengan tepat untuk hidup yang lebih baik.

41 komentar:

  1. Uang THR emang buat mudik dan kebutuhan lebaran. Kalau ada sisa, masuk tabungan :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu mba jangan hanya sisa, tapi benar2 di atur dengan tepat. Kalau uang THR ga ada sisa pasti ga bisa nabung, benar tidak? Karena memang harus diprioritaskan.

      Hapus
  2. Bagus mbak artikelnya ... Tp sayang thr ku sudah habis, insyaallah buat diterapkan di lain kesempatan :)

    BalasHapus
  3. uang thrku kemaren sebagian aku tabung sebagian buat belanja :3


    rusydinat.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantep, sudah bisa berpikir untuk di tabung dan bukan hanya sisa.

      Hapus
  4. Aku dari dulu bekerja ndak pernah dapat THR mbak. Maklum kerjanya jarang betah setahunan.

    Endingnya usaha online sendiri ...
    Alhamdulillah setiap bulan dapat THR (Tunjangan Hari-HaRi) hehe

    Maksa banget ya singkatan saya

    Salam...

    BalasHapus
  5. Punya saya mah udah abis heuheu

    BalasHapus
  6. THRku buat mudik, hmmm... Langsung ngitung sisanya di dompet hihihihi

    BalasHapus
  7. Uang THR yang kita punya buat mudik dan bayar kontrakan, maklum hidup kita nomaden T_T...

    www.catatanamanda.com

    BalasHapus
  8. Ibuku juga nyiapin keperluan lebaran jauh2 hari, mba. jadi uang THR untuk bayar spp adek yang lagi kuliah, hehe

    BalasHapus
  9. punyaku utuh, berkurang cuma beberapa persen, eh, dpt tambahan dr yg lain. Tapi ya itu, karena sesuatu hal, semua terpaksa masuk dana cadangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo mba semangat lagi di buat yang berbeda.

      Hapus
  10. Alhamdulilah THRqu masih tersimpan rapat di tabungan hehehehe..semoga bisa buat beli kambing ntar lebaran haji itu targetqu mba :)
    Waktu masih muda belia emang THR selalu tak tersisa karena segala pengen tp skrg uda insyaf borosnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga keinginannya terkabul mba.

      Boros memang tidak menyenangkan ya mba

      Hapus
  11. anak2 saya sudah besar2...udah minta atur sendiri uang THR nya
    tapi kalau mreka butuh barang, kadang minjem uang mamanya dulu
    nanti dibalikin kalo dapat THR hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe gpp mba, yang penting anak-anaknya sudah bisa mengatur THR dengan baik

      Hapus
  12. Biasanya uang thr habis untuk dibelikan perlengkapan tulis untuk menyambut tahun ajaran baru hehehe

    BalasHapus
  13. Setujuuuu, daripada dihamburin yaak mending buat investasi atau tabungan jangka panjang

    BalasHapus
  14. senang kalau uang THR bisa digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat :)

    BalasHapus
  15. Setuju mbak THR harus di planning mau ditabung kalau nunggu sisa nanti bisa2 ga sisa.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali. Jangan menunggu sampai ada sisa

      Hapus
  16. Uang THR suami sudah saya habiskan mbak hihi, tapi uang THR saya masuk tabungan buat jaga-jaga kalau ada kepentingan mendadak, misalnya mendadak HP rusak, nah loh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantep mba. Nah nah, nunggunya buat hp ya hehe

      Hapus
  17. Uang THR bermanfaat untuk menabung dan untuk membeli keperluan sekolah itu bener banget mba daripada di hambur-hamburkan mentang-mentang uang THR mending di tabung atau membeli keperluan sekolah biar bermanfaat. Btw mba Font nya bikin saya pusing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. THR memang jangan dihambur-hamburkan.

      Wah masa mas, saya sudah lama pake font ini kok. Terima kasih masukannya ya.

      Hapus
    2. Iya mba saya juga tidak menyalahkan sih. mungkin karena saya jarang baca artikel dengan font seperti ini :)

      Hapus
  18. Ahi hi hi betul mbak uang thr baik itu kecil maupun juga besar tetap saja sangat bermanfaat untuk kita karena dengan adanya uang thr bisa membuat senang dan sekaligus menambah uang jajan juga.

    BalasHapus
  19. Aku gak pernah dapat THR sih mbak. :D

    BalasHapus
  20. THR memang harus bisa dikelola dengan baik ya mba. Jangan sampai duitnya lewat begitu saja. Nice sharing ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali. THR memang harus dikelola dengan baik. Sehingga kita selalu bijak menggunakan uang.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...