6 Manfaat Berkomunitas Untuk Hidup Yang Lebih Menyenangkan

Liswanti Pertiwi | Selasa, Juli 26, 2016 | | |

Memiliki hobi memang menyenangkan, apalagi ketika hobi yang dimiliki didukung penuh oleh keluarga dan memberikan banyak manfaat. Sejak duduk di bangku SMK saya senang berkumpul dengan orang-orang yang mencintai sastra, musik, seni teater, dan menari. Karena saya bisa mempelajari banyak hal bersama mereka, tentunya ilmu baru.

Memiliki hobi yang sama dalam sebuah kelompok atau komunitas memang menyenangkan. Apa seh itu sebenarnya komunitas? Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, pada umumnya memiliki ketertarikkan dan habitat yang sama. Dalam mendirikan sebuah komunitas, pastilah memiliki maksud dan tujuan yang ingin dicapai untuk kemajuan bersama.

Bagi saya sendiri berkomunitas itu sangat penting, karena saya mampu berkembang dengan memiliki banyak pengetahuan. Apalagi dari komunitas mampu melahirkan orang-orang hebat. Di Kota ataupun pedesaan ada banyak sekali komunitas. Baik itu komunitas pertanian, keagamaan, hobi, politik, seni, hingga komunitas pecinta binatang. Dimana didalamnya ada berbagai macam profesi, usia, karakter, hingga pendidikan.

Biasanya orang-orang yang berkomunitas itu sangat suka berbagi ilmu, bersosial, hingga suka berkumpul untuk mendiskusikan banyak hal yang bisa bermanfaat. Bahkan dari komunitas, saya merasa punya keluarga baru dan sahabat yang begitu dekat hingga kini. Sampai saat ini saya sendiri tergabung di berbagai komunitas blogger, komunitas seni, dan komunitas Ibu yang senang berkreasi.


Karena bagi saya sendiri dengan ikut berkomunitas, dapat memiliki banyak manfaat. Dan ada 6 manfaat yang paling penting neh dalam berkomunitas, yakni:
  • Menambah wawasan yang dapat menambah ilmu pengetahuan, serta mengembangkan hobi yang sedang kita tekuni. Dengan mengikuti kegiatan seminar, workshop dan talkshow yang dapat menambah banyak ilmu pengetahuan.
  • Menambah jaringan, sahabat baru, keluarga baru yang dapat memperpanjang silaturahmi.
  • Dapat memiliki ide-ide baru, karena seringnya diskusi.
  • Memberikan pelajaran kepada kita untuk terus bersosial dengan lingkungan sekitar.
  • Mendapatkan banyak undangan dan bertemu dengan orang-orang hebat, serta mampu menyerap ilmu yang mereka sampaikan.
  • Kemampuan semakin berkembang dan karakter kita semakin terbentuk, hingga konsisten dalam melakukan sesuatu.

Itulah 6 manfaat yang bagi saya sendiri sangat penting dalam berkomunitas. Dan manfaat ini sudah saya rasakan betul, serta mampu memberikan saya banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang selama ini tidak pernah saya temukan.

Berkomunitas menjadi jalan buat saya untuk bisa mengembangkan diri dengan kemampuan yang dimiliki. Semakin banyak tahu, semakin cepat kita memahami berbagai hal. Bahkan dengan berkomunitas kita bisa belajar menjadi orang yang disiplin dengan waktu dan saling menghargai, tidak egois, sehingga mampu menyatukan visi misi, serta tujuan.


Menjalani hidup selama ini dengan berkomunitas mampu memberikan banyak pelajaran berharga, dan menemukan sahabat baru, sehingga hidup di kota yang asing sekalipun tidak merasakan kesepian lagi. Karena setiap kali berkumpul, kita bisa berbagi banyak hal, bercerita, dan mengisi hari-hari dengan lebih menyenangkan. 

22 komentar:

  1. Senang ya punya komunitas,bisa berkenalan dengan orang-orang baru. Kita jadi kenal dan bisa bertemu juga karna komunitas hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mba, komunitas memang banyak manfaatnya ya

      Hapus
  2. sejak gabung dgn komunitas emak blogger, aku akuin, temen2ku jg makin banyak mbak :), pembaca blog mneingkat, tapi yg terpenting, dapat banyak bgt ilmu dari emak2 di sana :).. ternyata jd tau bnyk di antara mereka yg penulis buku, yg jago bikin DIY, yg ibu hebat, ibu rumah tangga dgn anak2 bnyk dan semuanya homeschooling... ga keitung kyknya ilmu yg bisa aku dpt dr temen2 seperti itu :)..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga begitu tuh, pas gabung KEB, jadi mulai banyak teman.

      Hapus
    2. Saya juga begitu tuh, pas gabung KEB, jadi mulai banyak teman.

      Hapus
  3. Setuju dengan poin-poin di atas, Mbak. Terutama soal menambah jaringan yang artinya menambah peluang, membuka pintu-pintu rejeki. Jadi bener ya kalo silaturahim itu membuka pintu rejeki. Salah satunya dengan bergabung di komunitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kan silaturahmi itu banyak. Dengan silaturahmi, rezeki pun akan semakin berlimpah. amin

      Hapus
  4. Saya juga suka ikut komunitas macem2 mbak, biar punya banyak teman dan banyak ilmu dan pengalaman yang didapat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, dengan komunitas banyak ilmu yang bisa diambil

      Hapus
  5. dengan berkomunitas.. banyak ketemu teman baru... n jadi lebi updet informasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali. Mantepkan ikut komunitas

      Hapus
  6. setujuuuuu, bagi aku nih, berkomunitas bikin hidup lbh hidup, apalagi berkomunitas dg org2 yg memiliki hobi yg sama, serruuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yah mba, apalagi kalau di komunitas banyak yang suka masak, asyik sharingnya *emak-emak banget ya

      Hapus
  7. setuju mak
    udah ngerasain manfaatnya punya komunitas
    pikiran sekarang lebih terbuka
    kalo dulu anggapan aku komunitas itu buang2 waktu ternyata salah bangett

    BalasHapus
  8. wah tampak sih mbak ini sliweran di berbagai acara, kelihatannya juga menikmatinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh, saya menikmatinya sekali mba. Seru banyak temen.

      Hapus
  9. banyak komunitas banyak temen, banyak temen banyak rezeki hehe.

    BalasHapus
  10. Bener mba, banyak yang bisa kita ambil positifnya dari memiliki komunitas.Tfs ya ^^

    BalasHapus
  11. mau dong, ikut komunitas seninya...

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...