6 Tips Mudah Berhemat Untuk Yang Single

Liswanti Pertiwi | Selasa, Agustus 02, 2016 | |

Kapan menikah? 

Satu pertanyaan yang sangat-sangat tidak menyenangkan, saat hidup masih sendiri tanpa pasangan hidup. Itu yang sering teman-teman saya ungkapkan.

Saat masih hidup sendiri tanpa tanggungan, kecuali ikut membiayai adik-adiknya sekolah, bolehlah memikirkan masa depan. Dan menjadi single jangan dijadikan beban, malah jadikan kesempatan untuk mengumpulkan pundi-pundi, sebelum akhirnya bertemu jodoh yang diimpikan.

Saat suami masih belum meminang saya, sering banget mengatur keuangannya untuk masa depannya. Biarpun bagi dia mengatur uang sendiri terasa sulit, apalagi dengan berbagai godaan di depan mata, nyatanya dia berhasil melewati itu semua. Sama halnya dengan teman-teman saya yang memiliki masalah yang sama, gajinya suka habis ga jelas, sehingga saya pun selalu memberikan mereka beberapa tips mudah berhemat untuk masa depan yang lebih baik.

Saat hidup sendiri memang selalu banyak godaan, dari mulai pengen beli baju, sepatu, dan tas barulah. Nongkrong dan jalan sama teman-temanlah, hingga tergoda berbagai diskonan. Tapi terkadang neh, penyesalan selalu datang terlambat. Giliran pertengahan bulan duit sudah habis tidak jelas, barulah terasa, itu sangat menyakitkan. Ini neh yang sering dicurhatkan teman-teman saya.  


Berhemat memang sangat mudah kok, kalau memang sudah memiliki niat yang jelas, bahwa uang yang dihasilkan dengan keringat ga boleh disia-siakan. Ada 6 tips mudah berhemat untuk yang masih single neh:

1. Buatlah pos-pos keuangan sebelum digunakan

Untuk yang masih sendiri, penting banget loh memisahkan uang/gaji yang dihasilkan kedalam beberapa pos. Untuk jumlahnya tergantung kebutuhan masing-masing orang, karena hanya kita sendiri yang tahu jumlahnya. 

Beberapa pos yang harus disiapkan adalah:
  • Pos Zakat. Sebelum uang digunakan untuk memenuhi kebutuhan, bayar dulu zakatnya, supaya rezeki terus mengalir.
  • Pos buat makan. Jadi hitung dulu biaya makan perhari untuk satu bulan kedepan, barulah uang itu dimasukkan ke amplop yang pertama ini.
  • Pos rumah. Kalau misalkan ngekost, masukkan biaya kos. Tapi, alangkah baiklah, kalau gaji besar bisa mencicil KPR, kan lumayan untuk masa depan. Kalau untuk perempuan bisa jadi properti di masa depan. Nah kalau buat cowo bisa untuk masa depan bersama keluarga.
  • Pos transportasi. Untuk yang memiliki kendaraan motor atau mobil, hitung uang bensin perbulan. Nah kalau pake angkutan umum, hitung dulu biaya ongkos pulang dan pergi.
  • Pos Asuransi. Biarpun sudah punya asuransi dari perusahaan, penting loh memiliki asuransi. Kan sekarang ada asuransi yang perbulannya tidak mahal.
  • Pos tabungan. Usahakan kalau gajian menyimpan uang untuk tabungan, bisa 300-400 perbulan. 
  • Pos tak terduga. Dana ini bisa dimasukkan ke tabungan, untuk kebutuhan urgent.
  • Pos khusus. Maksudnya adalah apabila ada tanggungan, seperti untuk sekolah adik atau mengirimkan uang kepada orang tuanya setiap bulan.
Kok ga ada pos buat jalan-jalan dan makan di luar? Supaya uang lebih terkontrol dan hemat.

2. Hindari makan di luar

Saat masih sendiri, memang menyenangkan nongkrong sama teman-teman, sambil menikmati kulineran. Memang wajar seh makan bareng teman dan traktir mereka, tapi kalau keseringan malah akan membuat uang semakin menipis. Usahakan hanya 1 bulan 1 kali, supaya uang semakin aman dan hemat.

3. Jangan tergoda dengan diskon

Mau yang sudah berumah tangga ataupun belum, perlu loh menghindari diskonan. Soalnya kalau tergoda, pasti pada kalap belanja. Daripada belanja, mending masukkan tabungan untuk membeli barang yang bermanfaat.

4. Usahakan bawa bekal dari rumah untuk ke kantor

Aduh ribet banget, memang ribet sekali, tapi kalau tidak dibiasakan, kapan mulai berhematnya. Minimal untuk sarapan atau makan siang. Bawa bekal dari rumah bisa berhemat hingga ratusan ribu dari rumah. Bahan makanan bisa beli di pasar dan dipersiapkan saat pulang kerja dan simpan di kulkas. Biarpun menu sederhana, tapi lumayankan ga perlu beli.

5. Menolak untuk kebaikan

Untuk memulai berhemat memang penuh godaan, tapi dengan niat yang jelas, semua pasti terasa mudah. Menolak disini adalah ketika ada ajakan dari teman atau kerabat untuk jalan ke Mall atau tempat lainnya. Pasti terasa tidak enak hati, tapi apabila menolak dengan halus, pasti semua mengerti kok. 

6. Menabung dan belajar saham

Untuk memulai berhemat dan supaya masa depan semakin cerah, perbanyak menabung memang jalan yang terbaik. Dari uang tabungan, bisa kita belikan tanah, properti, dan lainnya. Bisa juga belajar saham, untuk masa depan yang lebih baik. Kalau tadi saya sudah masukkan pos khusus. Nah dana tabungan disini bisa dari sisa uang makan, dan lainnya.

Saat memulai untuk kebaikan, yakni berhemat memang selalu banyak godaan dan terasa sulit dan berat untuk dijalani setiap hari. Tapi, kalau tidak dicoba dan diniatkan emang susah. Padahal kehidupan bukan hanya sekedar senang-senang dengan menghambur-hamburkan uang, belanja baju dan lainnya. Karena Kehidupan masih panjang, apalagi kalau sudah ada keinginan menikah. Nah mumpung masih single dan belum ada beban tanggungan. Boleh dong berpikir masa depan, dan tabungan juga bisa berguna untuk rencana pernikahan.

Mari bijak menggunakan uang dengan sebaik-baiknya. Karena berhemat itu menyenangkan sekali.

31 komentar:

  1. iya nih nongki2 ga jelas..seklai duduk 25 paling murah..
    klo di belikan bahan di pasar bisa dapat sayur banyak stock 3 hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, soalnya makan di luar selalu menguras dompet, padahal kalau dipikir-pikir enak di rumah dan hemat pula.

      Hapus
  2. Artikel yang bagus nih buat para lajang.. Aku inget dulu waktu masih lajang susah banget nabung..sering banget tergoda belanja-belinji apalagi kalo ada diskon sering tergiur.. Mungkin karena waktu itu masioh sendiri belum ada tanggung jawab dalam rumah tangga ya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu mba, soalnya kalau masih sendiri mikirnya santai, padahal kalau dipersiapkan sejak awalkan lumayan. Gaji dikumpulin bisa buat beli rumah, beli kendaraan dan persiapan nikah.

      Hapus
  3. hal yang paling susah saya hindari yaitu yang nomor 2, tapi yang nomor 1 boleh juga tuh tipsnya :D hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha nah itu tuh, awal dari kebanyakan makan di luar, justru semakin boros hehe. Hitung2an aja mas, sekali makan di luar habis berapa rupiah? Kalau di tabung bisa bertambah sekian rupiah.

      Hapus
  4. Kapan menikah?
    - Pertanyaan menakutkan saat lebaran :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, paling menakutkan sekali ya.

      Hapus
  5. Godaan buat hemat memang berat banget

    BalasHapus
  6. Wah bermanfaat banget nih Teh Liswanti,
    Habis shalat langsung deh baca artikel ini.

    Aku yang ga bisa nahan ya kulineran di luar sama belanja dan nonton. Itu yang paling susah Teh hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat de Bowo, pasti bisa kok untuk masa depan yang lebih baik lagi

      Hapus
  7. Saya dulu setiap keluar model baju pasti beli, menyesal sekali coba kalau di belikan tanah wah harganya sudah jadi mahal sekarang. Baju hanya jadi gombal hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba. Soalnya baju mah satu juga ga bakal habis, dan ga punya nilai ekonomi. Coba tanah, setiap tahun harganya naik.

      Hapus
  8. Sejauh ini baru bisa di pos 1, itu pun pos2nya ga sebanyak yg ada di tulisan ini :p

    BalasHapus
  9. jomblo emang harus ngirit,, karena duitnya ditabung untuk menghalalkan kamu,, kamuu,, ia kamuu.. haaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, jadi kapan kamu menghalalkan kekasihnya #eeeh

      Hapus
  10. waktu masih kerja (single smp udah nikah) point 2 dan 3 yang susah ditahan karena biasanya ngmall pulang kantor bareng teman-teman

    BalasHapus
  11. waktu masih ngantor dl.sy jg bawa bekal terus dan.ajak teman2 sekantor utk ikutan program Save your lunch, kl bwa bekal.rame2 jd makin semangat.hehe..TfS mb..salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja, kalau bawa bekal, bukan saja sehat dengan makanan rumah yang bisa kita atur bumbu dan lainnya, tapi juga sangat ngirit banget.

      Hapus
  12. godaannya single yaa ituu...acara kumpul2 nongkrong ngabisin duit hahaha.
    klo sekarang mah godaannya lebih keren "kebutuhan anak" hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener godaan paling berat nongkrong, makanya harus dijauhi ya mba. Bolehlah sebulan sekali, supaya ga dikatain kuper.

      Hapus
  13. Kalo masih single, dorongan untuk nabung memang kecil. Karena rasanya belum ada tanggungan. Ajakan temen untuk hangout banyak...semoga tipsnya bermanfaat buat temen2 yg blm berkeluarga ya

    BalasHapus
  14. memang ya mba, kalau kita tdk bisa benar2 mengalokasikan uang, kita akan kebobolan. bukan hanya yg masih single, yg sdh berkeluarga juga harus bisa membuat pos2 pengeluaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang sudah berkeluarga tentu harus bisa mba mengalokasikan uang ke pos2 tertentu, apalagi memiliki tanggungan.

      Hapus
  15. Mbak yang susah dihindari single mahasiswa itu salah satunya makan diluar.huhu...kalau sudah meet up sama temen duh mesti itu walau nyemil jatuhnya kaya harga makan...

    BalasHapus
  16. Hhaa jangan tergoda dengan diskon, memang kebanyakan wanita selalu tergoda dengan diskon akan tetapi bagi wanita yang konsisten untuk hemat insyaallah tidak bakalan tergoda dengan diskon tersebut :-)

    BalasHapus
  17. Boleh juga kali yah tips nya di lakukan oleh pria single :-)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...