Tips Mewujudkan Pesta Pernikahan Impian

Liswanti Pertiwi | Jumat, Agustus 12, 2016 | | | | |

Pernikahan adalah hari yang paling istimewa dan selalu dinanti oleh setiap pasangan. Pernikahan menjadi hari paling bahagia, sekaligus awal menuju kehidupan baru bersama pasangan, yang akan mengisi hari-hari dengan cinta dan kasih sayang. Pernikahan menjadi awal baru untuk memulai kehidupan, menyatukan pikiran yang berbeda, berbagi suka duka hingga menyatukan hati untuk saling menyayangi satu sama lainnya.

Setiap pasangan pasti memiliki konsep pernikahan impian. Karena siapa pun menginginkan pernikahan itu terjadi sekali seumur hidup. Tidak sedikit pasangan yang sulit menyatukan pendapat bersama pasangannya untuk membuat sebuah konsep pernikahan. Biarpun pada akhirnya pria akan lebih banyak mengalah dan menuruti pesta sesuai keinginan wanita kesayangannya. Tapi ada juga yang sebaliknya, wanita lebih mengalah kepada pria. Itulah yang selama ini pernah saya rasakan saat mendengarkan keinginan beberapa pasangan pegantin saat akan mulai membuat konsep pernikahan impiannya.

Mewujudkan sebuah pernikahan impian memang tidaklah mudah, banyak yang harus dipersiapkan. Ingin nikah dimana? Bagaimana gaunnya? Dekornya seperti apa? Pakai upacara adat atau tidak? Dan pertanyaan lainnya akan terus berjalan seiring persiapan yang akan terus dilakukan. Tak sedikit pasangan yang akhirnya memilih jasa wedding organizer untuk bisa mewujudkan pesta pernikahan impiannya. Ada juga yang memilih mempersiapkan semuanya sendiri, supaya lebih puas dan lebih berkesan.

Rancangan Intan Avantie
Untuk mewujudkan pesta pernikahan tanpa bantuan wedding organizer, ada beberapa tips mewujudkan pesta pernikahan impian, yang bisa berguna untuk semua pasangan yang sedang mempersiapkan pesta pernikahan.
  • Dana Pernikahan
Mau itu pernikahan yang sederhana ataupun mewah, dana adalah yang utama. Rencana sebesar apapun, kalau tidak ada dana tidak akan pernah berjalan. Mempersiapkan dana pernikahan bisa dari jauh-jauh hari, salah satu caranya bisa dengan membuat rekening khusus untuk menikah. Biarpun belum ada calon yang sesuai hati, tabungan ini sangat perlu loh, baik itu untuk pria maupun wanita. Sehingga kedepannya bisa mewujudkan pernikahan impian sesuai keinginannya.
  • Menentukan konsep
Ketika dana sudah siap. Lebih baik bicarakan dengan pasangan dan keluarga, kira-kira konsep untuk pernikahan mau seperti apa? Apakah mau di gedung atau di rumah saja? Mau indoor atau outdoor? Ini bisa pasangan lakukan 3 bulan sebelum pesta pernikahan ditentukan. Sebaiknya seh membuat konsep yang sederhana tapi terlihat mewah, sehingga mampu menghemat anggaran pernikahan. Kalau ingin mempersiapkan semuanya sendiri, kunci keberhasilan dari sebuah konsep pernikahan adalah menjadi orang yang kreatif dan mampu menggunakan anggaran dengan sebaik mungkin.
  • Perbanyak Referensi Vendor Pernikahan
Salah satu vendor pernikahan
Apa seh sebenarnya vendor pernikahan? Vendor pernikahan ini adalah pihak-pihak pendukung pesta pernikahan yang akan pasangan bayar untuk pernikahan impian. Vendor pernikahan ini, bisa seperti catering, entertaiment (MC, live musik atau prosesi upacara adat, sound system), dekorasi, kue pegantin, foto dan video pernikahan, gedung, make up, gaun pegantin, souvenir hingga undangan. Kenapa kita harus memperbanyak referensi? Karena ini penting untuk melihat mana vendor yang bagus dan berkualitas, sudah berapa banyak pesta pernikahan yang mereka tangani, dan bisa membandingkan harga antara vendor satu dan lainnya.

Mencari referensi vendor, bisa tanya saudara yang sudah menikah, atau mungkin datang ke wedding festival. Karena biasanya suka banyak vendor yang datang. Pada Jumat kemarin (5/08) saya mengunjungi Bekasi Wedding Exhibition di Grand Galaxy Convention Hall, acara ini berlangsung dari tanggal 5 hingga 7 Agustus 2016. Dengan menyajikan berbagai acara seru dan menarik. Bukan saja menghadirkan banyak vendor ternama, dari catering, foto, make up, bahkan ada talkshow dan fashion show. 

Pada 5 Agustus kemarin, saya menghadiri opening ceremony, yang juga dihadiri oleh oleh Direktur Utama Jakarta Event Enterprise, perwakilan Pemkot Bekasi, Miss Indonesia Earth 2010 dan Runner Up Puteri Indonesia 2011 Liza Elly. Acara pun dilanjutkan dengan fashion show dari designer papan atas Indonesia, yakni Intan Avantie yang menampilkan berbagai kebaya pernikahan yang cantik dan modern. Dan bisa menjadi referensi untuk siapa pun yang akan segera melaksanakan pernikahan.





  • Menentukan tempat pernikahan
Setiap kali mulai merencanakan pernikahan, menentukan tempat pernikahan selalu penting untuk di bahas. Mau dimana neh kita menikah? Gedung, hotel, atau rumah? Setiap pasangan pastilah berbeda keinginan. Ada yang pengen menikmati bersama keluarga dan kumpul bareng, yang akhirnya memilih menikah di rumah. Ada juga yang gamau ribet dan repot, akhirnya memilih gedung atau hotel. Bahkan sekarang ini, ada loh berbagai paket pernikahan yang menarik dan sesuai budget di hotel ataupun gedung.

Seperti saya bahas di atas, cari referensi vendor pernikahan penting, yang salah satunya gedung. Bolehlah mengunjungi gedung yang satu dan lainnya, untuk melihat tipe, fasilitas, dan luas bangunannya, apakah sesuai yang diinginkan atau tidak? Atau bisa juga cari referensi paket pernikahan di hotel, cari tahu apa saja yang didapat, sudah lengkap atau belum dengan harga yang ditawarkan.

Di Jakarta ini banyak loh referensi gedung dan hotel, begitu pun dengan di kawasan bekasi. Saat mengunjungi Bekasi Wedding Exhibition, yang berlokasi di Grand Galaxy Convention Hall. Gedung pertemuan ini punya slogan "The Biggest and The Most Luxurious Convention in Bekasi". Gedung ini sangat mudah dijangkau juga, karena berlokasi di lantai 2 Grand Galaxy Park, yang tidak jauh dari dari gerbang tol Jatiasih, Pondok Kelapa, dan Jatibening. Dari Halim saja, dengan menggunakan jalur Kalimalang, cukup dengan waktu setengah jam perjalanan.


Sumber foto Grand Galaxy Convention Hall
Covention Hall ini memiliki kapasitas 2000 orang, dengan atap ruangannya berhiaskan lampu kristal mewah. Grand Galaxy Convention Hall ini memberikan keleluasaan kepada penyewa untuk bisa menentukan fasilitas apa yang dipilih. Mau itu menyewa ruangan dengan kapasitas yang lebih kecil, mau menyewa convention hall nya saja tanpa vendor pernikahan juga bisa, atau bahkan mau beres semuanya dengan ambil paket pernikahan juga bisa. Jadi semua tergantung keinginan penyewa, tinggal pilih saja mana yang ingin diambil.

Untuk pernikahan neh, Grand Galaxy Convention Hall memberikan free of charge dan tambahan jam untuk akad nikah. Untuk paket pernikahan, convention hall ini memberikan harga 220.000/pax dengan minal order 600/pax. Itu sudah termasuk sewa convention hall, rias pegantis, catering, dekorasi mewah, dokumentasi, MC and Entertainment, jasa security, parkir, dan izin keramaian, kebersihan dan lainnya. 

Yang menarik dari gedung ini neh, bukan saja fasilitas all in, Grand Galaxy Convention Hall ini memberikan banyak gratisan. mulai dari wedding Organizer, food stall es puter 1 galon dan kambing guling 1 ekor, dekorasi ice carving dan lainnya. Satu lagi neh yang paling menarik buat saya, yakni free honeymoon "wow, asyikkan?". Nah yang berencan menikah bisa langsung hubungi marketing Grand Galaxy Convention Hall.  
  • Pilihlah undangan yang simple


Sumber Widy Darma
Kalau dipikir-pikir neh budget pernikahan itu benar-benar banyak, belum mas kawin, dan lain-lainnya. Maka perlu sekali menabung sejak masih single untuk biaya pernikahan. Jangan sampai pening atau hutang sana sini demi pernikahan impian. Karena setelah menikah, kehidupan masih panjang, baik itu untuk rumah, anak dan pendidikannya. Saat merencanakan pernikahan, pasangan harus bisa mengatur budget dengan tepat.

Undangan menjadi sangat penting dalam sebuah pernikahan, kalau saudara bisa didatangin langsung, teman akrab bisa di telpon langsung, nah kalau yang lainnya perlu sekali undangan. Menurut saya seh, dana untuk undangan bisa dihemat. Apalagi saat ini sudah banyak desain undangan yang cantik, menarik, dan tidak mahal. Maka, pilihlah undangan yang simple, tapi berkesan mewah dengan harga yang tidak terlalu mahal. 

Nampang bentar ya hehe. Semoga habis dari acara ini,
langsung lancar untuk memulai jasa WO sendiri, supaya mandiri
Siapapun bisa mewujudkan pernikahan impiannya, biarpun itu dengan budget yang tidak banyak. Banyak cara dan konsep yang bisa digunakan. Semua memang tergantung bagaimana pasangan mampu mengatur dan memanaj dana yang disiapkannya, serta berpikir kreatif untuk bisa membuat pernikahan yang dimimpikan itu terwujud. 

Kalau dana banyak, tapi kesibukannya lumayan padat, memilih wedding organizer adalah pilihan yang tepat. Atau mungkin serahkan ke panitia keluarga yang sudah lebih pengalaman mengatur pernikahan. Karena biasnya mereka yang lebih dulu menikah, sudah tau banyak, mana saja vendor pernikahan yang tepat dan sesuai dengan isi dompet hehe. Tips di atas hanya sebagian kecil yang sering saya lakukan. Tentunya masih banyak lagi persiapan yang harus dilakukan untuk mewujudkan pernikahan impian.

Sudah siapkah untuk menikah dan mewujudkan pernikahan impian?
   

23 komentar:

  1. Iya mbak Lis, kuncinya adalah menabung. Kalau dana sudah ada jadi lebih gampang ya nentuin mau dibuat seperti apa pestanya nanti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup benar sekali mba, karena dengan menabung apapun bisa kita wujudkan.

      Hapus
  2. Wah.. Dahsyat juga ya sebenernya kalai dipikir-pikir. Saya sederhana banget kemaren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru dengan sederhana semua terasa indah mas

      Hapus
  3. kalau memang di niatkan baik, tabungan insyaAllah di cukupkan dan segala perencanaan diatas itu dilancarkan ya kan ya mbak hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, semua balik lagi ke niat.

      Hapus
  4. Sebelum mempersiapkan dana. konsep dan seterusnya, yang paling penting mempersiapkan calonnya bu, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya calon itu tinggal menanti saja, jodoh yg ditentukan Tuhan. Kalau sudah siap dana, kan ga usah pacaran lagi, tinggal nikah hehe

      Hapus
  5. Untuk saat ini memang menikah sudah banyak kemudahan.repot ngurus sendiri ada eo. Pameran wedding juga sudah banyak banget.

    Permasalahannya sekarang adalah dana sudah siap, gedung siap, vendor weding siap. Nah nyari pasangannya itu yg sulit. #barudiskusidenganjomblo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah jodoh sudah diatur sama Tuhan bang hehe

      Hapus
  6. iwiwiwiw aku ikutan mejeng hehe

    BalasHapus
  7. wadoh..jadi pengen nikah lagi *eehh ya ampooon doh

    abis inget waktu mo nikah dulu prepare nabung bdua buat budgetnya. ah sesuatu yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin anniversary aja teh.

      Iya ya sesuatu banget dan terasa nikmatnya, kalau ngurusin semua berdua ya teh.

      Hapus
  8. Pernikahan moment yang sakral dan sangat perlu dipersiapkan jauh hari
    comment atas saya lucu , yg paling penting disiapkan calonnya (hehehe)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha iya calon memang penting, tapi dana jauh lebih penting. Kalau tiba-tiba Tuhan mentakdirkan jodoh di hari itu juga, kalau dana sudah siap semua akan terasa mudah.

      Hapus
  9. Iya menabung calon dulu yang penting, baru uangnya bisa dicari bersama-sama. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jodoh itu sudah ditebak mas, karena Tuhan sudah mengaturnya hehe

      Hapus
  10. Ah iya setuju...oh ya satu lagi untuk dokumentasi pastikan juga yang oke punya. saya dulu salah pilih bagian dokumentasi. ah...jadi sedikit kesel kalo inget bagian dokumentasi. tapi ya sudahlah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, makanya harus perbanyak referensi udah vendor, salah satunya dokumentasi.

      Hapus
  11. Apapun konsepnya, rencananya, dllnya, menurutku sesuaikan dengan budget dan legowo aja. Maksudku, kalau memang misal ni budgetnya (misal ya) 50 juta, ya cukup-cukupin. Jangan yg masih kepengin yg lebih dari itu, daripada ngutang. Soalnya aku ada kemarin kenalan, untuk nikahannya, ngutang ke cateringnya. Jadi dia cuma bayar cateringnya 50% kalo ga salah. Dia pikir, ah dibayar nanti aja abis resepsi selesai kan pasti dapat banyak duit sumbangan tuh, nah bayarnya pakai itu. Ternyata cateringnya enggak mau, harus full 100% bayarnya. Alhasildia kelimpungan dan malah stress, wong undangan udah keburu disebar, tapi budget dia bener2 ga cukup buat bayar catering. Stress cari utangan. Alhamdulillah sih dapet ya. Kalo ga dapet, aku ga bisa bayangin deh T___T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah benar sekali, bisa atur uang dengan sebijak mungkin jangan sampai menghutang. Makanya kata saya cari referensi penting untuk melihat perbandingan itu, apakah bisa dp dulu, atau harus full bayar. Jadi memang harus pintar2 pasangannya aja kalau ingin meujudkannya.

      Hapus
  12. cakeeeep tempatnya mba. Besar dan megah ya..sekarang memang makin banyak fasilitas yang oke :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...