Ajang Lari Mundur, Ajak Masyarakat Untuk Menjadi Sehat Dan Peduli

Liswanti Pertiwi | Selasa, September 20, 2016 | | | |

Siapa coba yang tidak ingin sehat? Semua orang selalu ingin sehat, kuat, dan bugar. Menjadi sehat bisa dengan memiliki pola hidup dan makan yang baik, hingga rajin berolah raga. Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini angka penderita kanker di Indonesia semakin meningkat. Dunia medis dan pemerhati kanker terus mengupayakan berbagai metode yang dapat meringankan beban para penderitanya.

Saat ini YKI (Yayasan Kanker Indonesia) sedang mensosialisasikan metode Paliatif kanker, yakni bertujuan meningkatkan kualitas hidup penderita kanker dengan menghadirkan rasa tenang dan nyaman, tanpa rasa tertekan atas penyakit yang dideritanya. Maka, PT. Mundipharma Healthcare Indonesia melalui brand-nya Betadine berinisiasi dengan YKI menyelenggarakan sebuah event yang kreatif dan dinamis, bertajuk Retrorun, sebuah ajang lari mundur revolusioner pertama di Indonesia.

Acara Retrorun sendiri berlangsung hari Minggu, 18 September 2016 kemarin di FX Sudirman. Acara dimulai sejak pukul 6 pagi yang diikuti ratusan peserta. Saya dan beberapa blogger menghadiri dan ikut serta dalam acara ini. Ajang lari mundur ini, ajak masyarakat untuk menjadi sehat dan peduli. Karena sebagian dana yang terkumpul dari kegiatan ini, akan didonasikan ke Yayasan Kanker Indonesia.


Jarak tempuh lari mundur ini 3,5 KM. Memang jaraknya pendek, tapi jangan salah, karena itu tidaklah mudah. Saya sendiri merasakan betul saat melakukan lari mundur, harus bisa fokus, takutnya di belakang banyak lubang. 

Menurut Mada Shinta Dewi, selaku Country Manager PT. Mundipharma Healthcare Indonesia. Bahwa acara ini dikemas dengan konsep charity fun dengan tujuan tidak hanya untuk memberikan kontribusi bagi sesama, dalam hal ini adalah para penderita kanker, namun mengajak peserta dan para survivor kanker yang berada dibawah naungan YKI untuk turut bergembira bersama. Melalui nuansa tematik dari tiga era, yakni 90', 80', dan 70'an. Sehingga dengan begitu mereka tidak akan pernah merasa sendiri menghadapi penyakitnya, karena masih ada yang senantiasa peduli untuk membantu dalam penanggulangan kanker.

Retro run ini memang sangat menarik dan tidak biasanya. Apalagi saat berlari mundur, banyak peserta yang menggunakan kostum era 90', 80', dan 70'an. Sebelum berlari mundur, seluruh peserta diajak untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Berikut adalah foto keseruan dari acara di hari minggu kemarin.





Saat berlari mundur, ada 3 pos tersedia dengan 3 booth untuk berfoto, dari 90', 80', dan 70'an. Setelah selesai berfoto, baru deh bisa melanjutkan lari kembali, hingga sampai ke garis finis. Ajang Retro Run ini terselenggara atas bantuan banyak pihak yang memiliki kepedulian yang sama. Antara lain, HardRock FM, Trax FM, WRP, Heavenly Blush, Fitoxy, Sunpride sebagai Official Fruits Partner, Celebrity Fitness dan rekan-rekan komunitas dari Rush Runners, Pertemanan sehat, Bintaro Trojan Runners, Ayolari.in dan Galaxy Running Club.

Sueer deh ini wajah-wajah lelah (Photo By Dewi Sulistiawaty)
Saat peserta mencapai garis finis, diberikan suguhan menarik dari Fitoxy, Sunpride dan tentunya medali Retro run. Ajang Retro Run ini memang sangat menarik sekali, selain mengajak untuk sehat dan peduli, tentu saja lari mundur memiliki banyak manfaat. Seperti:
  • Mampu membakar kalori
  • Bisa menurunkan berat badan 
  • Bisa mencegah bungkuk
  • Mampu meningkatkan sirkulasi darah
  • Otot kaki belakang dan depan menjadi kuat
Dan tentunya masih banyak lagi manfaat lari mundur untuk kesehatan. Sepertinya lari mundur ini bisa juga loh saya lakukan rutin, supaya berat badan bisa semakin turun. Semoga saja kedepannya ajang seperti ini bisa terus berlangsung. Sehingga masyarakat semakin peduli dan badan pun semakin sehat serta bugar.

10 komentar:

  1. wah seru juga ya ajang lari mundur nya, sayangnya saya gak ikut nih.. ajang lari mundur itu sangat baik bagi para blogger yang suka duduk terus depan komputer agar tidak bungkuk :-)

    BalasHapus
  2. Seru sekali ya mbak acaranya, duh kalau ada acara seperti ini jadi pengen ikutan deh soalnya sudah lama tidak ikutan lagi acara olahraga seperti ini.

    BalasHapus
  3. kalau mundur mah 3km juga lumayan susyah, tapi kok masih pada bisa berpose deapn kamerea ya eh :D

    BalasHapus
  4. Wuih seru. Baru tau ada event kayak gini. Intinya bukan pacepet-cepet, ya. Tapi memang untuk olahraga biar sehat. Boleh juga nih jadi ide untuk lomba Agustusan...

    BalasHapus
  5. Udah pernah nyobain. Jangankan lari, jalan aja udah susah hahaha. Lebih susah lagi menjaga diri supaya ga nabrak orang laen wkwkwk

    BalasHapus
  6. Pasti seru banget ya lari mundur sama-sama.

    BalasHapus
  7. acaranya menarik untuk di ikuti pasti sangat seru ya acaranya
    mampir mba ke blog saya dengan judul cara buat blog

    BalasHapus
  8. Aku udah lama nggal lari mba. Biasnaya lari ngejar kereta aja. Hihii. Tapi keren ya acaranya. Pengen datang kalau ada acara kayak gini ah

    BalasHapus
  9. ikutan juga ya mbaaa...pasti seruu :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...