MamyPoko Love Touch: Karena Pelukan Penuh Cinta Itu Penting

Liswanti Pertiwi | Kamis, September 29, 2016 | |

Semenjak kecil, kita sudah merasakan cinta dan kasih sayang dari orang tua. Bagaimana mereka merawat, menjaga dan mendidik kita hingga dewasa. Cinta dan kasih sayang orang tua tidak pernah putus pada anak-anaknya, biarpun kita sudah menikah dan berkeluarga. Cinta dan kasih sayang orang tua tidak akan pernah lekang oleh waktu.

Semenjak menjadi orang tua dari 2 orang anak, saya selalu ingin membuat mereka merasa nyaman, aman dan bahagia. Melalui pelukan, saya ingin mereka merasakan cinta dan kasih sayang orang tuanya yang begitu besar. Sebuah pelukan penuh cinta sangatlah berharga bagi anak-anak, karena dengan pelukan, anak-anak akan mampu merasakan kenyamanan dan ketenangan.

Bicara tentang pelukan, Unicharm Indonesia melalui produknya MamyPoko menyadari betul akan pentingnya keluarga Indonesia untuk mengungkapkan cinta dengan pelukan hangat dan sentuhan selembut bayi. Melalui acara #MamyPokoLoveTouch yang berlangsung pada 22 September kemarin di Central Park Jakarta. Unicharm mengajak para orang tua untuk selalu memberikan pelukan penuh cinta kepada anak.


Dengan acara ini, MamyPoko ingin mengingatkan kembali pentingnya memberikan sentuhan cinta dan kelembutan bagi si Kecil. Maka dari itu, MamyPoko menggelar rangkaian kegiatan MamyPoko Love Touch baik secara online dan offline sebagai bentuk perayaan dan ungkapan cinta untuk bayi di Indonesia.

Bicara tentang sentuhan, berdasarkan studi dari Unicharm Jepang yang berkolaborasi dengan Profesor Hideki Ohira dari Nagoya University Jepang, terhadap Ibu dan bayi usia dini. Menunjukkan bahwa keampuhan sentuhan orang tua pada anaknya. Ada banyak hal yang ditemukan dari studi tersebut, seperti:
  • Studi dilakukan untuk memverifikasi mengenai interaksi pelukan ibu dan bayi dalam posisi menggendong bayi guna mempelajari hubungan antara pelukan ibu terhadap perasaan nyaman. Serta perasaan bahagia melalui pengukuran denyut jantung.
  • Membandingkan pelukan yang diberikan oleh ibu kepada bayi dengan bernapas normal dan dengan bernapas dalam-dalam. Terdapat peningkatan rasa tenang dan rileks hingga tiga kali lipat, ketika Ibu bernapas dalam, pelan, dan intens dibanding dengan napas biasa.
  • Bisa membandingkan efek rasa nyaman dan bahagia sebelum dan setelah Ibu memeluk bayinya. Setelah berpelukkan, efek yang timbul bisa meningkat menjadi 106%, dibandingnya sebelum berpelukkan.
Dari studi tersebut, sudah sangat jelas, bahwa efek pelukan orang tua kepada anaknya begitu berharga dan luar biasa. Pelukan sebagai bahasa universal bentuk sentuhan cinta memang memiliki banyak manfaat yang baik untuk pertumbuhan anak. Saya sadar betul, sebuah pelukan penuh cinta bisa membuat anak-anak menjadi lebih tenang. Karena pelukan adalah ekspresi cinta penuh kekuatan yang mampu memberi kebahagiaan untuk semua yang mendapatkannya.

Pelukan cintaku untuk Dimas tersayang
Sedikit mengenang masa kecil anak-anak, terutama Dimas yang lahir dengan kondisi sakit, dan pernah transfusi darah, hingga demam yang sangat tinggi. Dengan sentuhan lembut ibu dan pemberian ASI, Dimas mampu melalui masa kritis dan kembali sehat. Begitu pun dengan kakaknya yang sering sakit panas. Saat Demam, anak-anak akan jauh lebih tenang dan bisa tidur nyenyak saat berada di pelukan ibu ataupun ayahnya. Bahkan, ketika anak menangis atau merasa takut saat ada suara halilintar, anak akan kembali tenang saat berada di pelukan orang tuanya.

Sama halnya dengan Laura Basuki sebagai seorang aktris dan ibu dari Owen Gani Sandjaja (8 bulan), yang memahami betul pentingnya pelukan sebagai ekspresi pelukan cinta orang tua terhadap anaknya. Laura sering memberikan sentuhan dan pelukan skin to skin. "Cinta sudah pasti ada, pelukan adalah bonus dari cinta yang memberikan ketenangan. Pelukan penting sekali dan sentuhan ibu kepada bayinya sangat berdampak baik terhadap anak" ujar Laura dalam acara MamyPoko Love Touch di Central Park.


Menurut Laura, sesibuk apapun Ibu yang bekerja, berkarier, atau banyak sekali pekerjaan lain untuk menghidupi keluarga, anak tetap butuh perhatian utuh dari Ibu. Bisa dengan pelukan, mengobrol, hingga bermanja-manja. Apalagi anak hafal aroma tubuh dan detak jantung ibunya. 

Dalam acara #MamyPokoLoveTouch dr. Titi Lestari Sugito, Sp.KK (K), selaku penasihat kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia mengungkapkan bahwa Pelukan berdampak pada kondisi kulit, dimana kulit adalah cerminan dari semua respons dari dalam tubuh. Respons psikis akan tercermin di kulit, jika psikis sehat, kulit pun sehat. Maka penting sekali pelukan skin to skin, yang juga sering saya lakukan pada anak-anak.

"Sentuhan, love touch, kepada bayi sangat berpengaruh ke kulit. Melalui saraf sensoris kulit akan merangsang efek psikologis bayi. Kemudian, tercermin kembali pada kulit. Bayi yang nyaman, ama, merasa disayang, tampak melalui kulit. Tandanya kulit sehat, cerah, bersih, tidak kusam, tidak pucat, lembut saat disentuh, kenyal, halus, tidak bersisik," ujar dr. Titi.

Sudahkah memberikan pelukan cinta pada anak di hari ini?

Sebagai orang tua kita perlu tahu, bahwa selain sentuhan dan pelukan, psikis bayi yang sehat, juga bisa didapatkan dari perawatan kulit bayi yang tepat. Salah satunya menjaga kebersihan kulit bayi dan memproteksinya dengan skincare. Yang paling utama neh, harus memperhatikan pengguna popok sekali pakai. Artinya, tiap kali ganti popok, kebersihan kulit perlu lebih diperhatikan. 

Terus muncullah pertanyaan, popok seperti apa yang memberikan perlindungan paling lembut di kulit bayi? Jawabannya sudah pasti adalah popok yang memberikan kenyaman. Dan MamyPoko bisa menjadi pilihan popok yang aman untuk bayi. Karena MamyPoko lembut , daya serap tinggi dan nyaman. Apalagi MamyPoko teruji tetap kering. saya sudah membuktikannya melalui uji coba yang dilakukan di Pokojang Land dalam acara #MamyPokoLoveTouch di Central Park. Bukan itu saja, MamyPoko di Indonesia menduduki posisi pertama penjualan popok bayi dengan market share 64,5%. Untuk MamyPoko tersedia ukuran newborn, S, M, hingga XXXL.


Menurut Irma Dwi Oktaviani, selaku Senior Brand Manager PT. Unicharm Indonesia, MamyPoko memahami betapa pentingnya pelukan lembut untuk Si Kecil. Dengan bahan selembut kapas, MamyPoko memberikan sentuhan cinta, sekaligus memeluk lembut kulit Si Kecil. Faktor penting dalam pemilihan popok adalah untuk menjaga kulit bayi tetap kering dan terlindungi dari risiko iritasi. MamyPoko dengan inovasi produk yang selalu berkembang, memenuhi kebutuhan ibu dan bayi Indonesia tetap fokus untuk memberikan perlindungan yang lembut di kulit demi kenyamanan Si Kecil.

Berbagi pelukan cinta dengan anak-anak yang kurang beruntung

Sentuhan lembut dan pelukan cinta memang membuat semua anak selalu merasakan nyaman dan tenang. Apalagi orang tuanya mampu memilih popok sekali pakai yang tepat untuk bayinya, seperti halnya Mamypoko yang terbukti tetap kering. Faktor penting memilih  Dan setelah mendengar penjelasan dari narasumber tentang pentingnya pelukan penuh cinta, maka kita sebagai orang tua menjadi tahu bahwa sentuhan dan pelukan penuh cinta juga banyak manfaatnya, seperti:

1 pelukan 1 popok
  • Sentuhan atau pelukan akan membuat anak merasa disayang, nyaman, dan aman.
  • Saat anak merasa tenang dan nyaman, sentuhan atau pelukan berdampak baik pada psikologis anak.
  • Melalui pelukan yang membuat tenang, anak bisa tumbuh menjadi berani dan percaya diri.
  • Dengan pelukan skin to skin, anak demam pun bisa sembuh.
  • Dengan sentuhan dan pelukan, anak menjadi sehat dan menjadi anak yang jauh lebih sabar dan tenang.
  • Dengan pelukan bisa berdonasi untuk anak-anak kurang beruntung.
Berdonasi lewat pelukan? Ya, benar sekali. Manfaat dari pelukan itu sangat banyak sekali, salah satunya bisa berdonasi untuk anak-anak kurang beruntung. Dalam rangkaian acara #MamyPokoLoveTouch, mengajak keluarga Indonesia untuk menjelajahi sentuhan cinta dengan berdonasi lewat pelukan.

"Melalui donasi pelukan dan donasi popok MamyPoko ini, anak-anak balita yang kurang beruntung dapat merasakan sentuhan cinta dari keluarga Indonesia. Kulit lembut balita juga terjaga dengan penggunaan popok selembut kulit bayi," ujar Masaaki Takahashi, selaku Presiden Director PT. Unicharm Indonesia.

Sudah pelukan sama Boneka Pokojang Hug Meter
Donasi ini dapat dilakukan MamyPoko dengan mengajak keluarga Indonesia untuk saling berbagi kelembutan sentuhan cinta melalui kelembutan MamyPoko kepada bayi yatim piatu dengan mengumpulkan ribuan foto pelukan cinta bertagar #mamypokolovetouch di facebook. Kemudian akan dihitung dan popok tersebut akan di donasikan kepada Yayasan Sayap Ibu. Bukan itu saja jumlah donasi nantinya akan di akumulasi dari jumlah pelukan yang berhasil dikumpulkan pada Pokojang Hug Meter yang ada di kegiatan MamyPoko Love Touch di Mall Central Park yang berlangsung sejak 22 hingga 25 September 2016 kemarin.

Saya sendiri ikut serta berbagi pelukan dengan memeluk Boneka Pokojang Hug Meter di Central Park. Dengan satu pelukan berarti satu popok untuk anak yatim piatu. Kemudian, saya pun menjelajahi langsung Pokojang Land, serta merasakan langsung pengalaman dunia penuh kelembutan. Aktivitas seru saya dan dimas di Pokojang land, dimulai dari photo booth, melihat pertunjukkan boneka Pokojang, bermain di jembatan musik Pokojang, menikmati manisnya cotton candy, merasakan kelembutan permainan mandi bola, hingga pada akhirnya Dimas bermain dengan seru dan bahagia.


Informasi lebih lanjut tentang rangkaian kegiatan #MamyPokoLoveTouch bisa didapatkan di www.mamypokolovetouch.com, facebook MamyPoko Indonesia, dan Twitter @mamypokoID.

Dengan berbagi pelukan cinta dan memberikan donasi untuk anak yatim piatu, berarti kita sebagai orang tua sudah mengajarkan anak untuk bisa saling menyayangi dan mencintai kepada sesama yang kurang beruntung. Apalagi dalam agama, kita selalu diajarkan untuk berbuat baik dan saling mengasihi antar sesama. Mampu menunjukkan kepedulian kepada mereka yang kurang beruntung.

Dengan begitu kita sudah melakukan cinta, mulai dari cinta kepada Tuhan, cinta kepada orang tua, cinta kepada keluarga dan sahabat, serta cinta kepada sesama. Apalagi dengan cinta, kita bisa berbagi pelukan dan memberikan donasi yang bermanfaat untuk anak-anak yatim piatu di Yayasan Sayap Ibu.


Area Pokojang Land
MamyPoko Love Touch, karena pelukan penuh cinta itu penting. Selain penting untuk tumbuh kembang dan rasa nyaman anak. Sentuhan dan pelukan juga memiliki banyak manfaat, salah satunya melalui donasi satu pelukan satu popok untuk anak-anak kurang beruntung. Dan melalui rangkaian kegiatan #MamyPokoLoveTouch, berbagi pelukan, inspirasi, dan pengetahuan, Unicharm mengharapkan keluarga Indonesia terinspirasi untuk mengoptimalkan kualitas hidup keluarga dengan berbagi sentuhan dan pelukan cinta kepada anak balitanya.

Jadi, sudahkan bunda dan ayah memeluk anaknya hari ini?

29 komentar:

  1. kalau baca tentang mamypoko ini jadi ingat sama iklan nya ituloh mba :-) tapi dulu saya waktu bayi gak pernah ngerasain pake mamypoko :-( selalu pakai kain samping atau apalah saya kurang tahu kalau jaman dulu :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iklan yang mana neh?
      Kalau zamam dulu seperti saya bayi sama juga ga pake popok begini,adanya popok kain. Nah perkembangan zaman semakin maju, pemilihan popok juga harus diperhatikan.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Noofaa pake popok ini juga ya mba, asyik dong

      Hapus
  3. Baru tahu kalau pelukan bisa menyembuhkan demam anak :) harus banyak berpelukan (gaya teletubis) hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skin to skin sangat cepat mba, setiap kali anak demam,saya kasih obat dan peluk, soalnya anak-anak suka gemeteran kalau panas. Jadi, saat bersentuhan kulit dengan kita dan mendengar detak jantung kita, alhamdulillah anak tenang dan cepat sembuh.

      Hapus
  4. Bener banget ni teh, pelukan ibu jadi senjata ampuh untuk menenangkan jiwa buah hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, baik anak-anak atau pun dewasa, saat dipeluk ibu dengan penuh cinta jadi tenang ya

      Hapus
  5. Saya setuju. Pelukan itu sangat penting, baik ke anak-anak mau ke orang dewasa :)

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah abhi ga pernah gak dipeluk, dikekepin malah. Abisnya takut ntar gede ga mau dipeluk lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, harus banyak dikekepin sejak dini, kalau udah gede mah susah banget.

      Hapus
  7. Peluk dan cium puas puas selagi anak masih mau dipeluk dan dicium

    BalasHapus
  8. Anak sulungku yg dah usia 22 udah gak mau lagi dipeluk dan dicium

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti anak cowo ya mba hehehe, kalau udah gede pasti susah banget ya. Kecuali anak cewe.

      Hapus
  9. Anakku sdh ga ada yg pake popok... Hihihi. Tapi aku setuju dg "pelukan bisa membuat anak lebih tenang dan nyaman".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pada gede udah ga pake popok, nanti nunggu cucu saja ya hehehe. Benar sekali dengan pelukan bisa tenang.

      Hapus
  10. adik aku juga pakai popok ini mbak, nyaman sepertinya...

    BalasHapus
  11. aku yang sudah setua ini masih suka dipeluk mamaku, wah nyaman rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu tenang sekali ya mak dalam pelukan Ibu

      Hapus
  12. Saya lupa, kapan Ibu saya terakhir memeluk saya :))

    BalasHapus
  13. Pantesan ya anak-anak senangnya dipeluk. Instinctively. Ternyata dipeluk itu memang banyak manfaatnya. Jadi merasa bersalah kalo inget saat saya sibuk, si anak pengen dipeluk, terus sayanya cuek...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mak, kalau kesibukan bekerja suka merasa bersalah. Makanya kalau tidur aku suka pelukin anak.

      Hapus
  14. Pas Acara saya ketemu Dimas
    tambah ganteng :)

    BalasHapus
  15. Keponakanku jga pke mamypoko ini mbak..
    Wehh maskot pokojangnya gede bingit. Nggemesin itu mbak. Hhee

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...