Menggunakan Kebaya Di Hari Istimewa, Pilih Beli Atau Sewa?

Liswanti Pertiwi | Jumat, September 02, 2016 | |
Kebaya Desain Intan Avantie di Wedding exhibition Bekasi

Menggunakan kebaya di hari istimewa, kira-kira pilih beli atau sewa?


Saya sendiri pasti akan bilang beli saja. Tapi, semua tergantung dana dan keinginan setiap orang. Kalau urusan kebaya, saya memilih untuk beli bahannya dan menjahit sendiri sesuai kesukaan, kalau beli langsung jarang ada yang muat hehe. Kebaya sebagai busana tradisional yang dikenakan wanita Indonesia sejak dulu. Dan kebaya menjadi busana nasional Indonesia. 

Saat ini desain kebaya sudah semakin modern. Bahkan perancang Indonesia telah banyak melahirkan karya dengan mendesain kebaya yang indah, cantik, sehingga disukai semua orang. Sebut saja Anne Avantie, Intan Avantie, Biyan, Ivan gunawan, Dian Pelangi, Adjie Notonegoro, Djoko Sasongko dan masih banyak lagi desainer tanah air yang terkenal mendesain kebaya.  

Di hari istimewa, seperti wisuda, pernikahan, pesta, kelulusan sekolah, hingga hari besar, wanita lebih banyak memilih menggunakan kebaya. Saya sendiri suka menggunakan kebaya di hari istimewa. Baik digunakan saat hadir ke acara resmi, undangan pernikahan, hingga wisuda keluarga.

Saat saya memilih untuk membeli kebaya bukan tanpa alasan, itu karena:
  1. Hemat anggaran. Mengingat banyak acara yang harus dihadiri dengan menggunakan kebaya, saya memilih membeli atau membuat sendiri, sehingga bisa digunakan kembali. Kalau sewa pasti harus sering mengeluarkan uang. Kalau ada dananya, kalau pas lagi ga ada dana, pasti pusing.
  2. Bisa diturunkan kepada anak. Misalkan udah ga muat, kan saya punya anak perempuan neh, jadi lebih baik disimpan dan rawat dengan baik, sehingga nanti bisa diberikan kepada anak.
  3. Bisa sesuai ukuran dan keinginan.
Tapi neh, kalau memang jarang pake kebaya, dan sekalinya ada acara istimewa, tidak apa seh untuk sewa saja. Daripada mubazir jarang dipake, kan sayang banget. 

Saat ini banyak juga loh desain kebaya yang sudah jadi, tanpa perlu menunggu lama menjahit. Sehingga bisa langsung di beli. Kita akan semakin mudah menemukan toko yang menjual kebaya yang cantik dan sesuai keinginan. Bahkan bisa beli secara online, jadinya tidak usaha repot keluar rumah, tinggal duduk manis, dan cari deh kebaya sesuai keinginan.

Seperti halnya di Zalora. Sebagai wanita Indonesia, kebaya merupakan fashion item yang wajib dimiliki. Di Zalora Indonesia terdapat banyak koleksi kebaya yang bisa kamu temukan dan sesuai keinginan. Saya sendiri melihat berbagai koleksi kebaya di Zalora Indonesia, memiliki desain yang cantik dan harganya pun sesuai dengan isi dompet.

Setelah melihat koleksi kebaya di Zalora, saya tertarik dengan model kutu baru yang manis dan harganya pun tidak terlalu mahal. Kebetulan sedang mencari untuk kado pernikahan teman. Dan ini pas banget sesuai keinginan dan selera dari teman saya. Apalagi tampil dengan kebaya akan semakin terlihat cantik dan menunjukkan ciri khas wanita Indonesia.

Kebaya menjadi busana yang disukai wanita Indonesia, bahkan orang asing pun banyak yang menyukai kebaya. Dengan menggunakan kebaya, ada rasa bangga dan semakin cinta kepada Indonesia. 

Nah kalian sendiri, kalau ada hari istimewa, pilih menggunakan kebaya atau tidak? Kira-kira beli atau sewa?  

21 komentar:

  1. Pas akad nikah saya milih untuk sewa, mba. Tapi kalau untuk digunakan di kondangan, dll lebih baik membeli ya mba. BIar bisa digunakan ke anak cucu. Eaaaa ;)

    BalasHapus
  2. Terakhir kebayaan itu pas nikahan adek sepupu. Saya beli aja karena nggak sempet cari bahan, ngukur-ngukur, dan sebagainya.

    BalasHapus
  3. Kalau pas akadnya saya menjahitkan kebaya Mbak. Untuk resepsinya sih nyewa di salon. Untuk resepsi sepupu juga pernah si beli jadi. Bukan kebaya tapi gaun bahan brokat. Nggak perlu ribet cari bahan & cari penjahit he he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah asyik tuh mba, apalagi bahan brokat ya.

      Hapus
  4. Kebayanya keren keren juga mbak tapi saya mah tidak pakai kebaya, gk gk gk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan ah mas pake kebaya, buat calon saja

      Hapus
  5. Kalau saya mending sewa mbak Lis, secara jarang banget kondangan atau menghadiri acara yang harus pakai kebaya. Kalau mau diberikan pada anak sudah pasti nggak bisa deh, anak saya memang perempuan, tapi ukuran badan lebih bongsor :)

    Kalau untuk hadiah oke juga tuh beli kebaya di Zalora ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba beli dong beli hehe

      Kalau jarang memang sewa saja mba, lebih hemat

      Hapus
  6. kalo saya biasanya lebih suka beli bahan dan bawa ke tukang jahit Mba :)

    BalasHapus
  7. aku dlu bikin sih mbk pas acara nikahan, abis itu gk pernh aku pakek lg, la masak mau kondanga pakek baju begeto, krna tu baju nganggur bgd jd aekrg aku pinjem2in deh ke keluarga yg mau nikah atau tmn yg mau nikah, syaratnya cm satuk, kudu dijaga, hehe

    BalasHapus
  8. Kalau saya jadi cewek nih ya sama mba mending beli karena misalkan acara istimewa kan bisa di kenang kembali jika nanti kita udah lama atau misalkan gaun pengantin kan bisa di kenang nanti setelah beberapa tahun dan bisa juga bahan cerita pada anak.. asekk :D hhhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe setuju, yuk kapan beliin buat calon istrinya

      Hapus
  9. Iya sih mbak, kalo yg kebaya bagus n mahal mending sewa. Dulu aq pake Dodotan juga nyewa salon.

    BalasHapus
  10. Setuju beli aja Teh Liswanti. Karena buat kenangan seumur hidup juga hehe.
    Aku belum mikir sampai situ Teh Liswanti hahaha

    BalasHapus
  11. Saat nikah dulu saya memutuskan sewa aja, yang beli cuma kebaya utk ibu dan bumer hehe. Sebenarnya bukan buat irit budget jg sih, cuma saya emang gk terlalu aware dgn barang2 utk dikenang. Trus mikirnya khawatir bajunya mubazir disimpan aja gk dipake2 lg :)). Tapi emang tergantung orgnya jg sih ya mbak. Ada yg suka punya baju pernikahan kenangan. Kalau saya yg penting doa dan pernikahan langeng itu aja :D

    BalasHapus
  12. kalau aku mah kalau untuk keluarga suka beli karena bisa dipakai lagi, kalau hanay seperti wisuda paling nyewa saja.

    BalasHapus
  13. terakhir pakai kebaya waktu nikahnya adik bungsunya Ibu, saking niatnya Ibu semangat banget ngusul ide untuk bikin seragam kebaya keluarga besar.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...