Mengenang Ayah, Semanis Frisian Flag Susu Kental Manis

Liswanti Pertiwi | Rabu, Oktober 12, 2016 | | |

Berlarian bersama teman di halaman rumah, main petak umpet dan loncat tali menjadi permainan yang menyenangkan di masa lalu. Ketika waktu sudah sore dan matahari akan mulai terbenam, Ayah akan menuntunku untuk pulang, karena ibu sudah membuatkan masakan yang akan kami santap bersama setelah adzan magrib berkumandang.

Denga tubuh yang sangat kurus kering, saya selalu dibujuk ayah supaya mau makan sayur, buah dan susu, supaya tubuh sedikit berisi. Biarpun sekarang isinya kelebihan (baca kegemukan) hihi. Awalnya sulit sekali menuruti, bahkan pura-pura tidur kalau ayah mau memberikan susu sebelum saya tidur malam. Namanya juga orang tua, punya banyak cara, supaya anaknya mau nurut supaya tetap sehat dan kuat.

ayah dan aku saat kecil
Bagi ayah dan ibu, makan buah, sayur, dan susu sangat penting sekali. Apalagi dulu kita kenal kampanye yang sudah dilakukan pemerintah sejak tahun 1955, yakni 4 sehat 5 sempurna. Supaya masyarakat memahami pola makan yang benar. Dalam konsep 4 sehat 5 sempurna, makanan dibagi atas empat sumber nutrisi penting, yakni makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu. Ayah yang merupakan seorang guru tentu sudah paham betul dengan kampanye tersebut. Maka saya sebagai putri pertamanya selalu diberikan nutrisi yang tepat supaya menjadi anak sehat dan kuat. 

Untuk susu, ayah lebih memilih susu kental manis cap bendera(kini susu frisian flag), karena harganya yang sangat terjangkau. Kalau mengenang ayah, memang semanis Frisian Flag susu kental manis. Mengapa? Karena ayah pun juga suka dengan susu kental manis ini. Selain membelikan untuk saya, tentu untuk ayah minum juga. Bedanya, ayah selalu campurkan dengan kopi hitam kesukaannya. Efeknya saya pun selalu ikut-kutan. Minum kopi hitam yang dicampur susu kental manis, dan menjadi kebiasaan hingga kini.

Karena terbiasa dengan manisya Frisian Flag susu kental manis yang pas di lidah. Hingga kini saya selalu beli dan gunakan sebagai bahan cemilan anak-anak. Jadi, selai di minum, saya pun akan membuat cemilan untuk anak-anak yang sangat mereka sukai, seperti puding coklat, brownies kukus, bubur jagung manis, puding ubi ungu hingga kue basah. 

Saya jadi ingat, ketika susu kental manis Frisian Flag, masih dengan nama susu bendera, saya itu rajin membuat brownies kukus untuk ayah. Terkadang ayah terharu sekali, setiap kali saya membuatkan brownies, karena akhirnya saya yang kecil tomboy, akhirnya bisa membuat makanan untuk ayah dan ibunnya saat beranjak remaja. Itulah mengapa, saat saya bikin cemilan atau minum susu kental manis frisian flag, pasti kenangan tentang ayah selalu ada.


Ini kopi hitam kesukaan ayah, dicampur susu kental manis
dan ditemani pisang goreng

Ingin rasanya saya membuatkan cemilan kesukaan ayah, ketika pagi hingga siang tadi (12/10) saya mengunjungi langsung pabrik PT. Frisian Flag Indonesia yang ada di Ciracas Jakarta Timur. Dan bisa membawa pulang susu kental manis yang menjadi kesukaan keluarga sejak dulu. Yang menemani saya sejak kecil hingga kini dan memberikan rasa manis pada kopi kesukaan ayah. Tapi sepertiya tidak akan bisa ayah nikmati, karena kini ayah sudah tenang di pangkuan Allah SWT. Biarkan itu mejadi kenangan yang manis, semanis Frisian Flag Susu Kental Manis.

Mengenal Sejarah Frisian Flag di Indonesia

Frisian Flag sudah berusia lebih dari 90 tahun sejak masuk ke Indonesia. Awal kehadirannya Susu Kental Manis dan produk susu Friesche Vlag dipromosikan oleh mitra bisnis di seluruh penjuru Indonesia. Produk ini dikenal dengan nama "soesoe tjap bendera", yang ternyata memang ampuh, sehingga mudah dikenal oleh masyarakat luas. Ikon "susu saya susu bendera" masih saya ingat hingga kini. Pada tahun 1968, PT. Friesche Vlag Indonesia didirikan melalui kemitraan antara coorperatieve condensfabriek friesland dan sebuah perusahaan lokal.


Barulah pada tahun 1969 pabrik di Pasar Rebo mulai dibangun dan diawal 1971 mulai memproduksi Susu Kental Manis untuk dipasarkan ke seluruh penjuru tanah air. Tahun 1977, PT. Foremost Indonesia dan pabrik Ciracas diambil alih, sehingga PT. Friesche Vlag Indonesia memiliki 2 pabrik, yakni Pasar Rebo dan Ciracas. Pagi tadi, saya sendiri menggunjungi pabrik yang ada di Ciracas.

Tahun 1979 mulai memproduksi susu bubuk, berlanjut produksi susu pertumbuhan pertama di Indonesia tahun 1988, dan susu UHT siap saji pada 1991. Akhirnaya pada 2002 berganti nama menjadi PT. Frisian Flag Indonesia, hingga pembaharuan identitas atau logo produk di tahun 2010. dari awal masuk hingga kini, PT. Frisian Flag Indonesia masih terus melanjutkan komitmennya untuk membantu memperbaiki status gizi bangsa Indonesia melalui berbagai produk inovatifnya.

Mengunjungi pabrik yang merupakan anak dari Royal Friesland Campina Belanda ini memang seru dan menyenangkan. Apalagi untuk mengunjunginya pun harus dilengkapi perlengkapan khusus, seperti jas panjang warna putih, penutup kepala, sepatu, penutup telinga hingga masker. Dan tak boleh membawa handphone, aksesoris hingga perhiasan ke dalam pabrik. Blogger sendiri terbagi menjadi 2 kelompok, saya dan rombongan Emak Blogger terlebih dahulu masuk pabrik dan melihat proses pembuatan produk susu dari frisian Flag secara langsung.

Spot cantik berupa mini market di plant Ciracas
Ternyata neh untuk bisa menikmati manisnya susu Frisian Flag butuh proses, tapi dengan teknologi yang canggih, proses pembuatannya sangat cepat. Bahkan dalam semenit bisa menghasilkan 600 kaleng dengan mesin yang berjalan 24 jam nonstop. Susu kental manis Frisian flag dibuat dari susu segar yang berkualitas dari peternak sapi perah yang ada di Indonesia, kemudian di proses hingga bisa menjadi susu kesukaan keluarga Indonesia. Saat melihat secara langsung pabrik ini, akan diperlihatkan dengan pemandangan mesin yang berjalan dengan jalur panjang. Mulai dari pemotongan kaleng, yang kemudian membentuk detail kaleng yang akhirya masuk area sterilisasi.

Setelah di sterilisasi, kaleng-kaleng itu akan berjalan ke mesin berikutnya untuk diisi dengan susu yang sudah sesuai takaran, dan sudah tertutup rapi. Masuklah proses pelabelan dan packing di kardus, dan itu prosesnya benar-benar sangat cepat sekali. Proses yang cepat ini akan berganti sepekan sekali sesuai order. Jadi tadi itu lagi produksi susu kental manis gold, minggu nanti pasti bisa coklat atau putih. Tadi pun saya melihat proses yang sama dalam membuat susu UHT yang sangat disukai anak-anak.


Di pabrik Ciracas ini diproduksi beragam produk Frisian Flag, mulai dari FF susu kental manis, FF UHT, FF Milky, FF Milky Botol, FF Mily pillow, hingga FF coconut delight. Bahkkan neh, kami bisa berkenalan langsug dengan pihak Frisian Flag, mulai dari Deni Wibisono selaku public affair, Ayu Ratri selaku brand manager, dan Aryono selaku R&D Frisian Flag.

Cara Saya menikmati Frisian Flag Susu Kental Manis

Perlu kita ketahui neh ada ada 3 varian susu kental manis Frisian Flag, seperti:
  • Frisian Flag Kental Manis Gold: Ada kemasan kaleng, sachet dan pouch.
  • Frisian Flag Kental Manis Putih: Ada kemasan kaleng, sachet, dan pouch besar.
  • frisian Flag Kental Manis Coklat: Ada kemasan kaleng, sachet, pouch, dan pouch besar.
Jadi tinggal pilih, rasa dan ukuran yang mana yang akan dibeli dan dinikmati bersama keluarga. Saya, ayah dan keluarga suka sekali susu ini, karena rasaya yang lezat, manisnya pas, juga membantu memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Mengandung gizi makro (karbohidrat, protein dan lemak) dan mikro (9 vitamin dan 5 mineral) yang dianjurkan untuk minum 2 geas setia hari. Seperti saya kecil, disuruh minum susu oleh ayah, saat pagi dan sebelum tidur.

Cara saya menikmati frisian Flag susu kental manis banyak sekali, mulai dari:


Frisian Flag Childhood crumbs with ice cream chocolate
  • Untuk olesan roti dan untuk menaburi pisang goreng keju
  • Dibuat olahan puding, baik puding coklat, puding pelangi, higga puding jagung.
  • Cemilan anak-anak
  • Minuman menyegarkan dengan campuran buah segar
Tentunya masih banyak cara lagi untuk saya bisa menikmati manisnya #susukentalmanis bersama keluarga. Bahkan saat kunjungan ke pabrik #FrisianFlag tadi, saya punya referensi lagi untuk menikmati susu kental manis, yakni dengan membuat minuman, seperti frisian chocomint mojito, frisian gold chocorock, dan frisian childhood crumbs. 

Setelah belajar membuat minuman dari susu kental manis Frisian Flag, saya pun langsung mempraktekkannya di rumah, tentunya dengan toping yang berbeda. Nah saya membuat "Frisian Flag Childhood Crumbs with Ice Cream Chocolate", seperti gambar di atas. Membuatnya pun cukup mudah, siapkan 3 keping biskuit (saya gunakan biskuit gandum), susu kental manis putih, es, dan air 100 ml, serta ice cream chocolate untuk toping.

Cara membuatnya, campurkan susu, biskuit, es, dan air, lalu blender hingga halus. Tidak usah lama-lama blendernya ya. Setelah itu hidangkan dengan es krim di atasnya, lalu nikmati bersama keluarga. Akan nikmat saat cuaca sedang panas. Mudahkan? Ini menjadi cemilan sehat anak-anak untuk hari yang cerah dan bahagia.

Puding Ubi Ungu dengan susu Frisian Flas Susu Kental Manis Putih
Frisian Flag Childhood crumbs, terbuat dari 3 keping biskuit,
susu kental manis putih, air dan es
Tentu menyenangkan sekali bisa menyajikan berbagai aneka makanan dan minuman yang dibuat dengan bahan susu kental manis Frisian Flag. Perlu keluarga Indonesia ketahui neh, bahwa sebagai apresiasi kepada konsumen dan untuk meningkatkan kalitas gizi masyarakat Indonesia. Maka tahun ini, Frisian Flag susu kental manis menggelar berbagai kampanye mensosialisasikan pentingnya minum susu dan menerapkan gaya hidup sehat, yakni "Bulan Sarapan Sempurna". Kampanye ini mensosialisasikan pentingnya membiasakan sarapan dengan jumlah dan kualitas gizi yang cukup lengkap dengan segelas susu setiap hari, dalam hangatnya kebersama keluarga di pagi hari.

Untungnya neh, kebiasaan sarapan pagi sudah saya lakukan sejak dulu, karena ayah dan ibu mendidik kami (anak-anaknya) untuk terbiasa sarapan, supaya belajar tetap fokus, berenergi dan sehat. Kalau saya lupa sarapan, karena telat bangun, ibu membuatkan bekal yang lengkap dengan susu frisian flag susu kental manis coklat, dan ayah mengatarkannya ke sekolah sebelum berangkat kerja.

Terima kasih Frisian Flag untuk hari yang menyenangkan
dan oelh-oleh yang keren ini
Ada saja kenangan sederhana yang membuat saya selalu ingat dengan ayah, termasuk dengan manisnya Frisian Flag Susu Kental Manis. Karena manisnya hidup, adalah ketika menikmati hidup bahagia bersama keluarga tercinta. Biarpun ayah sudah pergi, kenangan tentangnya selalu ada di hati dan cinta serta kasih sayang teruntuk ayah tidak akan pernah lekang oleh waktu. Karena ayah mampu menggoreskan cerita indah, mendidik hal-hal sederhana yang bermanfaat hingga kini, termasuk hidup sehat, makan bergizi, minum susu, dan jangan lupa sarapan pagi.

36 komentar:

  1. such a lovely memory mba...super sweet :)

    BalasHapus
  2. Manisnya frisian flag memang semanis kasing sayang orang tua.

    BalasHapus
  3. sukses bikin melow nih mak, hehe.. emamg ya susu bendera (FF) ini udah melekat banget di benak keluarga Indonesia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Habis jadinya aku inget bapak, kalau minum susu ini

      Hapus
  4. ini untuk lomba atau iklan? atau memang pribadi? cukup lengkap datanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan ini habis berkunjung ke abriknya, reportase sekaligus dilombakan hehe

      Hapus
  5. Oooh jadi ini kenangan manisnnya bersama sang Ayah :) Ada foto ku juga hihihi. Rabu yang seru yaa mak, berlimpahan rezeki dan tawa ceria hehe

    BalasHapus
  6. Aku masih konsumsi susu bendera kental manis yang cokelat&putih buat menambah cita rasa di puding atau sop buah hehehe..dan memang susu ini sudah ada sejak aku kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos dulu kalau begitu mba, samaan dong ya

      Hapus
  7. Jadi mau lagi ya berkunjung ke pabrik FF, deket lagi dari rumah. Susu kental manisnya bikin nagih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susu kental manis memang kesukaan keluarga sejak dulu ya mba

      Hapus
  8. Frisian Flag memang seperti mengikuti perjalanan kita dari kecil, ya. Udah akrab sejak lama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, udah 90 tahun lebih. Jadi sudah akrab sekali

      Hapus
  9. Wow Mba, masa aku baru ngerti lho kalau susu Bendera itu Frisian Flag, hehehe.
    Aku sudah coba yang coconut delight, tapi mungkin bukan seleraku ya ^^.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh iya mba, dulu itu namanya susu bendera, berinovasi lagi dengan nama Frisian flag

      Hapus
  10. enaknya itu kalau dijadikan es cream ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu minuman yang kebetulan pake topig cream dan biskuit

      Hapus
  11. Waaah... lihat puding ubi ungunya jadi salah fokus saya. Kayak enak tuh. :D

    BalasHapus
  12. Senang sekali masih menyimpan foto masih kecil dan kenangan manis bersama Ayah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih banyak foto kenangan manisku mba

      Hapus
  13. Kok sama ya mak, susu kental manis bikin ingat kenangan saat masih bersama ayah, kenangan manis semanis susu lental manis Frisian Flag.

    BalasHapus
  14. kalo aku krn kenal susu kental manis frisian flag jadi doyan sama susu :D

    BalasHapus
  15. Bahas empat sehat lima sempurna, jadi inget lagu pok ame ame, Mba..

    BalasHapus
  16. jaman masih kecil juga dikasih susu ini sama orang tua, hingga gedhe ini percaya sama Frisian Flag

    BalasHapus
  17. Bukan karena susunya, Tapi petuah itu mengingatkan saya sama almarhum Abah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti nurut sama ayah ya mba hihi, sama kalau begitu.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...