Nutrisi Dan Pentingnya Keterampilan Sosial

Liswanti Pertiwi | Rabu, Oktober 05, 2016 | | |

Teteh Chantika dan ade Dimas adalah anak yang mudah sekali bersosialisasi. Apalagi dengan anak seusia mereka. Semenjak dini saya selalu mengenalkan lingkungan bekerja, baik di kantor ayahnya ataupun saya bawa untuk ikut ke acara event dan meeting dengan klien. Di bawa kemanapun akan mudah beradaptasi dan tidak rewel, sehingga anak menjadi tenang.

Di masa tumbuh kembang anak, ternyata ada 5 hal yang harus diperhatikan orang tua, mulai dari aspek fisik, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, emosi dan keterampilan sosial. Apalagi keterampilan sosial itu sangat penting sekali, karena akan memudahkan anak untuk bekerja sama dengan orang lain, hingga memiliki rasa percaya diri. Dengan begitu anak jadi mampu menempatkan dirinya pada lingkungan yang tepat.

Dalam acara Nutrisi Untuk Bangsa minggu lalu (27/07) di Crowne Plaza Hotel Jakarta, para pakar mengungkapkan bahwa keterampilan sosial memiliki kaitan erat dengan pemenuhan nutrisi. Karena status nutrisi ini memiliki hubungan dengan perkembangan sosio emosional anak di masa tumbuh kembangnya.


Dengan tema acara Dukung Anak Indonesia Menjadi Anak Yang Supel, sekaligus peluncuran kampanye terbaru dari SGM Eksplor "Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya". Hadir dalam acara ini dr. Dian Permatasari, M. Gizi, spGK yang merupakan seorang ahli nutrisi. Ada juga Anna Surti Ariani seorang psikolog, dan Zee zee Shahab seorang selebritis serta Ibu seorang anak.

Pentingnya Nutrisi

Menurut dr. dian Nutrisi menjadi salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Karena kalau anak kurang nutrisi bisa berdampak:
  • Jangka pendek: Perkembangan otak tidak optimal, pertumbuhan fisik tidak optimal, dan perkembangan otak metabolik tidak optimal.
  • Jangka panjang: Menurunnya kemampuan kognitif dan pendidikan, stunting/pendek, dan bisa menyebabkan hipertensi, diabetes, obesitas, penyakit jantung serta stroke.
Maka dari itu anak harus selalu sehat dan terpenuhi nutrisinya. Ciri anak yang sehat dapat terlihat dari pertumbuhan yang baik, perkembangannya sesuai usia, bibir dan lidah tampak segar. Dan supaya tumbuh kembang anak baik, asupan nutrisinya harus seimbang. Mulai dari karbohidrat, vitamin dan mineral. Serta protein dan lemak. Pemberian susu pada anak juga sangat penting untuk tumbuh kembangnya. Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia)untuk anak usia 1 sampai 3 tahun, susu dapat diberikan sebagai asupan tambahan, dan sumber kalsiumnya tinggi. 

Anak juga harus memiliki keterampilan sosial


Maka penting sekali pemberian nutrisi pada anak. Setiap kali anak makan, harus ada lauk pauk, buah, sayur, dan makanan pokok. Seperti yang diungkapkan Anna selaku psikolog, bahwa kurangnya nutrisi, menjadikan perkembangan anak tidak optimal, mengalami masalah emosi, yang akhirnya anak mengalami masalah sosial. 

Maka supaya anak tidak mengalami masalah sosial, anak harus selalu sehat. Anak yang sehat menjadi landasan utama untuk anak memiliki keterampilan sosial yang baik. Menurut Anna, dengan tubuh yang sehat akibat kecukupan nutrisi yang baik, anak akan menjadi lebih tahan stress, dan lebih mampu meregulasi emosinya, lebih leluasa mengeksplorasi lingkungan disekitarnya dan menjadi anak yang supel di kemudian hari.

Seorang anak juga penting memiliki keterampilan sosial, karena:

  • Anak lebih mudah oleh siapa pun
  • Anak lebih mampu menyelesaikan masalah dengan orang lain. 
  • Anak dapat mengasah berbagai keterampilan hidup yang lain.
  • Mengurangi kesulitan di sekolah.
  • Anak jadi lebih semangat bersekolah.
  • Prestasi anak bisa lebih optimal.
  • Anak lebih menikmati hidup, lebih bahagia.
Bahkan dengan keterampilan sosial, anak akan menjadi lebih percaya diri lagi dalam menghadapi kehidupan. Kemampuan emosi dan soial anak juga berbeda setiap usianya. Seperti anak usia 1-3 tahun yang sudah paham dirinya perempuan/laki-laki, bisa bermain bersebelahan, masih sulit berbagi, hhingga ssenang memilih dan mengatur. Sedangkan anak 4-6 tahun, paham beda jujur dan bohong, sudah paham apa yang dirasakan orang lain, berusaha menyenangkan orang lain, bisa bergiliran dan bekerja sama, hingga anak lebih suka main dengan teman daripada orang tuanya.

Selain pemberian nutrisi, stimulasi juga sangat penting. Salah satu contohnya untuk anak 4 sampai 6 tahun, bisa dengan memberikan banyak kesempatan bermain dengan teman-teman seusianya, ajari anak mengantri, bergiliran, berbagi, bertukar, hingga tegas terhadap kekerasan dalam bermain (memukul, merebut, mengajak menjauhi teman dan lainnya).

Dengan nutrisi, jadikan dunia sahabat anak

Nutrisi yang baik juga diakui Zee zee Shahab yang memiliki anak berusia 4 tahun, dimana anakya sudah bisa mengeksplor dunia luar, hingga mengajak anaknya ke lokasi shooting, sehingga anaknya sangat mudah bersosialisasi. Saat ini Zee zee sedang berusaha menjauhkan gadget pada anaknya, dan lebih memberikan permainan yang mengeduksi, salah satunya puzzle. Dan Zee zee menginginkan anaknya memiliki keterampilan yang baik.


Karena pentingnya Nutrisi dan keterampilan sosia pada anak. Maka sebagai produk susu pertumbuhan yang mendukung pemenuhan nutrisi anak Indonesia, SGM Eksplor meluncurkan kampanye terbarunya, "Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya". Apalagi menurut Astrid Prasetyo yang mengatakan bahwa keterampilan sosial pada anak sangat penting dan kampanye ini sebagai salah satu bentuk dukungan kepada para Bunda di seluruh Indonesia untuk bisa memberikan produk susu pertumbuhan yang bernutrisi baik. Sehingga membantu mendukung anak untuk tumbuh optimal dan mampu memiliki keterampilan sosial yang baik pula.

Melalui kampanye ini, SGM Eksplor mengundang Bunda dan Si Kecil utuk hadir dalam rangkaian acara "Dunia Sahabat Anak SGM Eksplor" di pusat perbelanjaan di lima kota. Yakni Surabaya (30 September-2 Oktober), Yogyakarta (4-6 Nopember), Medan (25-27 Nopember), Jakarta (2-4 Desember), dan Makassar (27-29 Januari 2017). Selain itu para Bunda seluruh Indonesia  bisa mengikuti kompetisi foto. Dengan cara mengunggah foto dan cerita Bunda di laman Facebook Fanpage Aku Anak SGM dengan menyertakan produk SGM Eksplor (1+, 3+, atau 5+) dan menggunakan tagar #JadikanDuniaSahabatnya. Dan periode kuis ini dari tanggal 1 sampai 28 Oktober 2016, dan akan terbagi menjadi 4 tema.

Jadi jangan sampai ketinggalan ya, untuk mendapatkan edukasi. Dan jadikan dunia sahabat anak-anak dengan selalu memberikan nutrisi terbaik, sehingga keterampilan sosialnya juga semakin baik.

25 komentar:

  1. social skills memang penting sekali lho mba..dan seringkali yang seperti ini dianggap tidak sepenting ketrampilan akademis ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, pentingnya melebihi akademis ya mba. Karena social skill bisa membuat anak percaya diri dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

      Hapus
  2. Anak2ku waktu kecil juga minum SGM, karena harganya terjangkau.

    BalasHapus
  3. Setuju Teh Liswanti, keterampilan memang harus diimbangi dengan nutrisi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cakkeeep. Nanti kalau puya anak jangan lupa nutrisinya terpenuhi ya wo

      Hapus
  4. Ternyata nutrisi dan keterampilan sosial itu berhubungan ya, Mbak? Seneng ya kalau punya anak2 dg kemampuan sosialisasi baik. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba saya ikut acara ini, jjadi banyak ilmu yang di dapatkan.

      Hapus
  5. Zee zee shahab cantik ya. Aku suka liatin gaya berhijabnya.

    BalasHapus
  6. Asik jadi kita ikut piknik ke Mekarsari

    BalasHapus
  7. bagus banget ya program SGM Eksplor ini. :)

    BalasHapus
  8. ini mah susu saya waktu disapih ibu..asi lanjut sgm

    BalasHapus
  9. Harus seimbang yang masuk ke dalam tubuh dan hubungan dengan orang lain juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, asupan nutrisia dan hubungan sosial

      Hapus
  10. dulu aku minum SGM lagi kecil, anak2ku juga tak kasih SGM jadi bayangkan sudah lama ya SGM berkiprah,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah berarti sudaha turun temurun ya mba

      Hapus
  11. SGM rajiiin banget adakan seminar nutrisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rajib banget mba untuk mendukung nutrisi anak Indonesia. Dan memberikan edukasi kepada para bunda.

      Hapus
  12. Tantangan zaman sekarang banget nih social skill. Secara ya, anak sekarang kan gaulnya sering sama gadget. Semoga anak-anak kita jadi anak yang punya keterampilan sosial yang bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga ya mba. Benar sekali zaman semakin berubah, dulu mah banyak main di luar sekarang anak-anak banyak duduk dan main gadget.

      Hapus
  13. Benar mb ketrampilan sosial sangat membantu anak di kehidupan diluar rumah ya mbak

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...