Masih Menggunakan BBM? Ini 5 Alasan Saya Yang Tetap Setia

by - Sabtu, November 19, 2016


[Review] Saat ini perkembangan digital sudah semakin meningkat, begitu pun dengan cara berkomunikasi yang sudah semakin menyenangkan. Bahkan, apapun bisa kita temukan dengan mudahnya. Dari mulai belanja, transaksi keuangan, hingga pesan angkutan bisa secara online. Tak perlu repot lagi untuk mencari kendaraan, seperti taksi dan ojek. Tinggal klik, kendaraan sudah datang.

Begitu pun ketika kita memutuskan untuk melakukan penjualan online, ada banyak alat komunikasi yang bisa digunakan untuk bisa bertransaksi dengan pelanggan, salah satunya BBM. Saya juga merasakan betul jualan via BBM (Blackberry Messenger) bisa menguntungkan dan memudahkan komunikasi dengan para customer. Saya sendiri menggunakan aplikasi BBM sudah 2 tahun lebih. Bukan saja untuk urusan pekerjaan, tapi juga untuk memudahkan silaturahmi.

Sudah 2 tahun ini, no PIN saya tidak berubah, kecuali ganti handphone, dan suka beda sendiri no pinnya hehe. Maksudnya, kalau ganti ke handphone jenis yang sama, pasti tetap no pin yang lama, kalau beda handphone pasti berubah sendiri. Tapi, untungnya kontak di BBM tetap aman kok, jadi ga perlu add lagi. Saya sendiri bukan pengguna Blackberry, maka tidak aneh sebelum aplikasi BBM diluncurkan beberapa tahun lalu, saya menjadi menjadi satu-satunya orang yang ketinggalan zaman. Apalagi saat Blackberry lagi booming, semua orang menggunakan PIN BBM untuk berkomunikasi.

Maka ketika ada teman bertanya, no pinmu berapa lis? Saya jawab saja dengan bercanda “no pin ATM saya rahasia”. Terkadang jadi bahan ejekan juga seh, deeuh ga enak banget ☺. Untunglah beberapa tahun kemudian, hadir aplikassi BBM di Android. Tentu saja saya tidak mau ketinggalan, langsung saya unduh dan gunakan hingga saat ini. Biarpun telat punya BBM, kan intinya saya punya ☺.

BBM sendiri telah hadir di Indonesia sejak 8 tahun yang lalu, dan Balackberry dianggap sebagai game changer terbesar di industri smartphone. Tentu saja salah satu fitur yang selalu mencuri perhatian masyarakat Indonesia adalah aplikasi pesan instan, yakni Blackberry Messenger. Di BBM bisa komunnikasi secara mudah, tanpa harus punya pulsa, bisa juga membuat grup khusus. Saya sendiri punya 5 grup di BBM, dari jual beli, pecinta seni, puisi, alumni kampus dan teman dekat.

Biarpun Blackberry sempat mengalami pasang surut, masih tetap bertahan hingga kini. Bahkan setelah saya update versi baru BBM, ada banyak fitur baru di BBM yang bisa digunakan penggunanya. Sebagai pengguna BBM di Android tentu saya tetap menggunakannya hingga saat ini, apalagi tetap hemat, karena tidak perlu menyedot dana internet yang banyak. Makanya saya tetap setia menggunakan BBM hingga kini. Ada 5 alasan, mengapa saya tetap setia menggunakan BBM, seperti:

Tampilan baru setelah update versi baru
  • Hemat penggunaan data, jadi tak perlu sering membeli pulsa internet.
  • Memudahkan saya untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak, seperti vendor pernikahan, sahabat, klien pernikahan dan keluarga.
  • Memudahkan belanja dan menjual barang secara online.
  • Bisa main game secara gratis. Apalagi pada 1 November kemarin, BBM meluncurkan mobile games pertama, yakni Fruits mania: Elly’s Travel yang menjadi kesukaan Dimas.
  • Banyak fitur baru yang menarik, seperti bisa isi ulang pulsa dan token PLN dengan mudah, berbagi foto dengan kualitas tinggi, menonton video dan BBm Voucher.

Itulah 5 alasan saya kenapa masih menggunakan BBM hingga kini, apalagi dengan versi terbarunya ada banyak kemudahan dan keseruan yang bisa di coba. Seperti:

Semakin mudah isi pulsa dan beli token PLN

Sekarang ini bisa semakin mudah loh, beli pulsa dan beli token, tinggal klik saja “Discover” di BBM, lalu pilih icon Pulsa/PLN, lalu kalau ingin beli pulsa, tinggal pilih saja, dan masukkan nomer serta jumlah yang diinginkan. Jadikan lumayan ya bisa sambil jualan pulsa/token PLN, tinggal promosi saja sama teman-teman yang tidak punya BBM. Apalagi saat membeli pulsa tidak dikenakan biaya administrasi sedikit pun. Selain membeli token listrik dan pulsa, bisa juga bayar iurasn BPJS dari BBM. Nah untuk pembayarannya bisa dengan kartu kredit atau transfer Bank melalui fitur baru BBM Checkout. Menarik sekali bukan?

 

Berbagi foto dengan kualitas tinggi (HQ)

Dengan versi terbaru ini di BBM bisa membuat foto berkualitas tinggi dan membagikannya secara langsung ke seluruh kontak tanpa harus memperbarui gambar avatar untuk bisa menampilkan foto. Untuk bisa berbagi foto kualitas tinggi cukup mudah kok, masuk ke BBM Feeds, tap ikon foto, lalu beri izin kepada BBM untuk mengakses kamera ponsel, lalu pilih sebuah foto, potong, dan masukkan keterangan foto. Setelah itu bagikan.

Menonton video dengan asyik

Dengan versi terbaru ini, bukan saja mengunggah video, tapi dapat juga menonton beragam video yang di post di BBM Feeds mulai Bovember 2016. Pengguna yang memiliki BBM Channel, juga dapat memposting video, namun video masih dapat disaksikan oelh semua pengguna BBM. Selain itu, kita pengguna BBM bisa memutar video dan menontonnya dengan layar penuh. Nah, untuk mengunggah video sebagai pemilik BBm Channel, bisa langsung masuk ke CMC (Channel Management Console), lalu copy atau paste tautan video yang telah di unggah ke vidio.com, edit judul kemudian posting. Mudah sekali bukan, yuk ah kita coba saja sendiri.

BBM Voucher



Layanan BBM untuk pengguna di Indonesia semakin menarik saja, karena sekarang ada fitur baru BBM Voucher yang terdiri dari berbagai penawaran menarik. Pengguna BBM dapat dengan mudah melakukan pembelian di berbagai pilihan restoran, tempat hiburan, serta barang kebutuhan pokok melalui BBM. Cara melakukan transaksinya bisa dengan mengunjungi “discover”, lalu pilih icon voucher. Kemudian cari dan pilih voucher yang diinginkan, pembayaran melalui BBM Checkout, dan penembusan voucher dapat dilakukan langsung melalui tampilan web BBM.

Selain itu, voucher yang berbentuk elektronik akan tersimpan di BBM voucher shop, sehingga pengguna tidak akan kehilangan atau ketinggalan voucher fisik di rumah. Dengan layanan BBM Voucher, melakukan transaksi akan menghemat banyak waktu dan tenanga. Karena ssegala transaksi dan penukaran berlangsung di BBM.


Untuk bisa menikmati beragam fitur menarik ini, coba saja update BBM lama ke versi baru, dan sudah bisa menikmati berbagai fitur menariknya. Beragam peningkatan fitur juga akan terlihat dari penampilan kontak dalam bentuk daftar yang di susun secara default, serta bisa diubah sesuai keinginan dari menu setting, dan tentunya dari fitur yang lainnya. Perlu kita ketahui bersama, saat ini BBM dimiliki oleh perusahaan asal Indonesia, yakni PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) yang merupakan grup media terkemuka di Indonesia dan telah memiliki lisensi serta kekayaan intelektual (IP) dari BBM. Selain itu, Emtek juga akan mengoperasikan platform tersebut secara global, serta mengembangkannya untuk pasar konsumen Indonesia. BlackBerry sendiri akan terus mengembangkan platform tersebut untuk dunia usaha melalui BBM Protected.

Tentu ini semakin menarik sekali ya, tidak salah dong kalau saya tetap setiaa menggunakan BBM, apalagi melihat perkembangannya saat ini. Dan banyak pula fitur-fitur bermanfaat yang bisa langsung digunakan pengguna BBM. Apalagi BBM berencana untuk mengombinasikan gudang data dan pada saat yang sama meningkatkan kemampuan kecerdasan artifisial (Al) untukmenyediakan konten BBM bagi pengguna dengan lebih      baik lagi.                         

Nah kamu sendiri masih menggunakan BBM ataua tidak neh?


You May Also Like

24 komentar

  1. Saya juga masih betah pake bbm sampai sekarang mba. Di banding yang lain, bbm terhitung masih praktis hehe

    BalasHapus
  2. Baru beberapa bulan saya meninggalkannya, dan rasanya pengen balik lagi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba balik lagi aja, sudah banyak fitur menariknya

      Hapus
  3. Saya juga masih pakai BBM, kok. Udah terlanjur cinta juga. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah asyik dong, coba berapa pinnya mba? hehe

      Hapus
  4. kalau saya sih 'njaganin' kalau ada calon klien yang masih menggunakan BBM :)
    thank

    BalasHapus
  5. dan setelah baca tulisan ini baru nggeh kak :(

    BalasHapus
  6. aku, masih sesekali buka bbm, masih bnayak teman di sana,cuma ogah banyak yag BC, hiiiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau yang BC aku cuekain aja, klo ga unfollow hehe

      Hapus
  7. Baru tahu BBM sekarang cukup banyak fiturnya. Aku sudah nggak pake, tapi jadi tertarik install lagi. Kangen juga masa2 chat pertama lewat BBM.

    BalasHapus
  8. aku gak pernah pakai BBM, paling WA itupun karena anak2 dan keluarga pakai WA. Aku sih ngikutin anak2 agar bisa komunikasi

    BalasHapus
  9. kalau aku lebih cenderung menggunakan messenger yang lain. maklum bbm sepii banget... he he he

    BalasHapus
  10. BBM sudah 8 tahun di Indonesia ya? Dan sy sudah menggunakannya sejak 6 tahun yg lalu. Hehehe... Dari hape BB sampai pindah ke android. Sekarang pun paling sering chat sama suami pakai bbm. Sama kawan baik saua juga, paling sering ngobrol di BBM :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah asyik tetap setia juga ya mba menggunakan BBM.

      Hapus
  11. Saya sudah pensiun menggunakan BBM, beraalih ke WA.
    Terima kasih pencerahannya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap pakdhe. Terima kasih juga sudah berkunjung.

      Hapus
  12. Aku udah lama delete bbm, jadi baru tau kalo bbm punya banyak inovasi terbru yaaa. Kereeennnnn.. Makasi infonya maaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung mba.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.