Sahabat, Perjuanganmu Belum Berakhir

by - Rabu, November 09, 2016


[Giveaway] Beberapa waktu lalu saya menonton sebuah drama Korea berjudul Fantastic di JTBC, yang tayang seminggu 2 kali. Drama yang bergenre komedi romantis ini berjumlah 16 episode, dengan pemeran Kim Hyun Jo (sebagai Lee So Hye) dan Jong Sang Wook (sebagai Ryoo Hae Sung). So Hye diceritakan adalah seorang penulis skenario drama terkenal dan Hae Sung adalah seorang aktor. 

Biarpun drama ini mengangkat kisah cinta di masa lalu antara So Hye dan Hae Sung, tapi di dalamya terdapat cerita yang sangat menyentuh sekali. Kehidupan So Hye yang selalu tidur larut malam, karena mengerjakan naskah, jarang berolah raga, hingga makannya tak pernah teratur. So hye pun akhirnya diberitahu dokter yang juga sahabat menulisnya, bahwa dia terkena kanker payudara stadium akhir, dimana hidupnya tinggal beberapa bulan lagi.

Cinta dari pasangannya, menjadi kekuatan So Hye melawan Kanker
(Dari video yang saya download)
Kanker payudara menjadi pukulan berat buat So Hye. Perlahan dia mempunyai kekuatan untuk bangkit, sehingga melakukan berbagai pengobatan. Hae Sung yang sangat mencitai So Hye menerima semuanya, bahkan dia setia dan mengajaknya menikah, supaya bisa menjadi wali. Bahkan sahabat dekatnya semenjak sekolah selalu setia berada di sisi So Hye. Dalam cinta mereka banyak cobaan yang datang silih berganti, baik sakitnya So Hye ataupun dari pekerjaan Hae Sung sebagai aktor.

Di episode 16, cerita ini sempat membuat sedih, karena kondisi So Hye semakin buruk, sehingga membuat Hye Sung terpukul. Drama ini pun happy ending, karena setahun berlalu setelah So Hye mengalami masa kritis, dia bisa pulih dan tetap berada di samping Hye Sung, mewujudkan mimpi liburan bersama teman-temannya.

Biarpun ini sebuah drama. Tapi banyak pelajaran yang bisa kita ambil. Terutama semangat untuk melawan kanker payudara dan dukungan orang-orang terdekat yang sangat penting, So hye tak pernah menyerah. Sebagai seorang perempuan, tentu saya pun memiliki ketakutan dengan penyakit yang satu ini. Apalagi kasus kanker payudara di Indonesia sudah banyak sekali, bahkan banyak diderita wanita usia muda. Tapi, kita harus tetap berpikiran positif, serta melakukan pola hidup sehat. Oh iya, setahun lalu saya pernah mengikuti workshop tentang kanker payudara di kantor suami, saat kegiatan arisan rutin PIA Ardya Garini.

Ilustrasi Sakit (dari video yang saya download)

Semenjak mengikuti workshop tersebut, saya selalu rutin cek payudara setiap mandi, untuk memeriksa apakah ada benjolan atau tidak. Bahkan saya pun rutin cek kesehatan di rumah sakit. Saya yang tadinya malas untuk berolah raga, selalu berusaha menyempatkan waktu minimal 10-15 menit untuk jalan kaki atau lari pagi. Saya mulai mengurangi penggunaan gula pasir dan penyedap rasa dalam makanan. Selain sedang program diet, saya un ingin selalu hidup sehat.


Dari drama korea yang saya tonton di atas, sangat menyadarkan saya akan pentingnya hidup dengan baik dan berpikir positif dalam menghadapi segala hal. Semua orang pasti sudah tahu, bahwa gejala awal kanker payudara, yakni adanya benjolan, biarpun belum tentu benjolan itu menandakan kanker. Maka sedini mungkin untuk melakukan pemeriksaan. Seperti yang dilakukan tetangga saya beberapa waktu lalu, dirinya menemukan adanya benjolan di payudara, dia langsung melakukan pemeriksaan. Dan benar saja itu adalah pertanda. Jadi, sangat penting periksa payudara secara rutin. Kalau sudah merasakan ada benjolan, harus secepatnya ke dokter. Karena ternyata, jika kanker pada stadium awal terdeteksi, dapat diobati sebelum akhirnya menyebar ke bagian tuubuh yang lain.

Ketika So Hye meratapi kesedihan akan penyakitnya

Dari beberapa sumber, bahwa faktor risiko kanker payudara terjadi pada usia menopause lebih dari 55 tahun, tidak menyusui, kurang aktivitas fisik, obesitas, hingga seringnya konsumsi alkohol yang tinggi. Dari drama yang saya tonton, ternyata ada kanker dapat diobati dengan melakukan kemoterapi, radioterapi, hingga terapi biologis. Makanya So Hye memiliki semangat luar biasa untuk sembuh, dan terus berjuang melawan kanker, karena dia memiliki dukungan keluarga dan sahabat yang mencintainya. 

Dari workshop yang pernah saya ikut, perlu sekali kita sebagai perempuan ataupun laki-laki mewaspadai beberapa gejala di payudara, seperti adanya benjolan, gatal atau muncul ruam di sekitar puting,   pembengkakan di area ketiak, payudara sakit, adanya perubahan perubahan ukuran payudara ataupun salah satunya, hingga kulit payudara yang menebal. Maka perlu juga neh, kita semua melakukan pencegahan, saya diberi tahu untuk melakukan beberapa hal ini, seperti:
  • Memulai dengan pola hidup sehat. Usahakan untuk menghindari makanan siap saji (junk food), kurangin konsumsi makanan yang berlemak, hindari pula minuman beralkohol. 
  • Olah raga secara rutin, supaya berat badan pu tetap ideal. Dengan berolah raga, pikiran pun akan selalu positif dan kembali fresh. 
  • Istirahat yang cukup dan kurangi bergadang.
  • Menyususi anak. 
Sahabat, Perjuanganmu Belum Berakhir

Suka banget dengan persahabatan mereka di drama ini
Melihat banyaknya kasus kanker payudara di Indonesia, bahkan menimpa seorang teman saya, dan perempuan lainnya, yang saat ini sedang berjuang melawan kanker. Saya ingin buatkan satu buah puisi, yang berjudul "Sahabat, Perjuanganmu Belum Berakhir" yang terinspirasi dari drama fantastic.

Hai sahabatku
Cinta itu begitu indah bukan?
Cinta antara kita sebagai sahabat
Cinta antara kau dan suamimu
Aku tahu sahabatku
Kini, kau sedang berjuang melawan rasa sakit
Melawan rasa takut akan kematian di depan mata
Hai sahabatku
Aku selalu yakin dengan kekuasaan Allah SWT
Benjolan kecil di payudara itu akan hilang
Dan kau akan selalu merajut cinta yang indah
Bersama anak dan suamimu
Tahukah kau sahabatku
Ketika aku lelah dengan rasa sakit
Ketika aku takut tak memiliki keturunan
Kau selalu ada untukku
Kau selalu berkata "perjuangan belum berakhir kawan"
Ya, sama seperti kali ini
Sahabat, perjuanganmu belum berakhir
Kau akan selalu tersenyum hingga rambutmu berwarna putih
Kau akan selalu bahagia, ketika cucumu lahir ke dunia
Jangan menyerah sayang
Aku dan kami semua akan selalu berpegangan tangan
Memelukmu dan dekat denganmu
Sahabat, kau tak akan berjuang sendiri
Doa ibu, ayahmu, dan kami akan selalu mengiringgi
Kekuatan doa orang tua itu begitu luar biasa
Kau selalu di hati, sahabatku
Jangan menyerah, karena kau akan selalu bahagia
Karena aku pun sangat menyayangimu.

Jakarta, 8 November 2016
By. Liswanti

Dengan dukungan, cinta, dan kasih sayang orang-orang terdekat akan selalu memberikan kekuatan kepada penderita kanker, supaya tidak menyerah dan tetap bersemangat. Sama halnya yang kini dilakukan teman dekat saya, saya selalu menyakini dia akan sembuh dan bisa selalu bahagia. Ya sahabat, perjuangan belum berakhir, tetaplah kuat dan bersemangat menjalani kehidupan ini.


You May Also Like

12 komentar

  1. dukungan dan perhatian dari org2 terdekat memang sangat dibutuhkan oleh penderita kanker ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, dukungan orang terdekat akan selalu menjadi kekuatan bagi penderita kanker

      Hapus
  2. Memang perlu kita waspadai mbak. Dulu saya biasanya mammogram setiap tahun tetapi sudah dua tahun ini enggak ngecek saja kalau pas mandi... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba, memang harus selalu rutin periksa dan waspada selalu ya mba.

      Hapus
  3. Pernah dengar curhat teman yg mengidap kanker katanya obat yang paling ampuh itu adalah semangat, kini dia sudah tak ada... Hiks

    We love you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, harus semangat dan tidak menyerah, karena perjuangan belum berakhir.

      Hapus
  4. rasa peduli seseorang saat kita tengah sakit itu bagaikan obat. semoga kawannya sehat kembali ya mb, terbebas dari belenggu kanker.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mba. Benar sekali kepedulian seseorang dapat menjadi obat di kala sakit.

      Hapus
  5. Selama belajar psikologi, obat paling mujarab yang bisa memperbaiki kualitas hidup pasien memang bukan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter, tapi social support, cinta, dan kasih sayang yang tulus tanpa menghakimi. Dan sepertinya hal ini memang bisa digeneralisasi untuk semua pasien dengan sakit apapun :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba, karena ketika sentuhan cinta dan kasih sayang, akan mampu membuat pasien menjadi lebih semangat dan tak kenal menyerah

      Hapus
  6. Support dari orang2 terdekat emang yang paling utama ya mbak. Mau sakit apapun itu, keluarga tetap yang berdampak besar. Semoga kita semua tetap sehat ya mbak :)

    BalasHapus
  7. Drakor pun mengajarkan banyak hal berharga, termasuk penanganan kanker payudara ya mba. Thanks for joining my GA mbaaa...Good luck ya :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.