3 Hari Temu Bunda SGM Di Jogjakarta

by - Jumat, Desember 23, 2016




[Lifestyle] Menjadi bunda memang luar biasa. Banyak sekali cerita yang bisa kita ukirkan bersama anak-anak. Menjadi Ibu adalah anugerah terindah. Sampai saat ini saya masih merasa takjub bisa memiliki 2 orang putra dan putri, dan mengurusya seorang diri, dari rumah dan anak-anak, tanpa bantuan asisten rumah tangga. Sebelumya saya ucapkan "Selamat Hari Ibu" untuk bunda-bunda hebat, semoga sukses dan sehat selalu.

Menjadi kebahagiaan buat saya bisa menjadi salah satu dari 60 bunda Mombassador SGM yang bisa ikut serta terbang ke Jogjakarta dan mengikuti rangkaian Temu Bunda 2016 dari 13 hingga 15 Desember 2016. Pertama kali di telepon oleh pihak SGM, tentu saya senang luar biasa bisa terpilih dan ikut serta dalam Temu Bunda 2016. Ini menjadi pengalaman baru buat saya, dan bisa bertemu langsung dengan bunda-bunda hebat dari berbagai daerah di Indonesia. Ada yang dari Ambon, Bengkulu, Surabaya, Semarang, Jogjakarta, hingga Jakarta. 

Temu Bunda 2016 ini menjadi rangkaian kegiatan SGM ke 4 kalinya. Berarti di tahun ini sudah batch ke 4 diadakan Temu Bunda. Untuk memilih 60 bunda, ternyata menjadi perjalanan panjang untuk SGM. Banyak sekali pendaftar yang ikut, yakni lebih dari 300 bunda seluruh Indonesia. Bunda SGM yang terpilih juga dari berbagai profesi, dari fulltime mom, dosen, hingga wirausaha. 

Bersama Mombassador SGM Eksplor 2016    
  


Sarihusada adalah sebuah perusahaan yang bergerak di Industri Nutrisi, khususnya untuk Ibu dan anak. Dengan berpegang pada misi perusahaan untuk selalu ada di sisi Bunda Indonesia dalam perjalanan enjadi seorang Ibu. SGM Eksplor memprakarsai suatu komunitas bernama Mombassador SGm Eksplor. Yang merupakan komunitas bunda SGM Eksplor yang dibentuk oleh SGM Eksplor untuk mendapatkan edukasi dan pelatihan dalam berbagai kegiatan seru bersama dengan mombassador lainnya. Komunitas ini bertujuan untuk mengajak bunda-bunda di Indonesia menjadi lebih paham dan peduli terhadap nutrisi dan perkembangan anak. Serta menjadi bunda yang berdikari dan bermanfaat untuk bangsa. [Sumber: Kumpulan Emak Blogger].

Bersama Mombassador SGM Eksplor 2016, saya mengikuti rangkaian kegiatan Temu Bunda di Jogjakarta selama 3 hari. Berangkat dari Halim Perdanakusumah Jakarta, saya berangkat bersama lebih dari 10 bunda lainnya ke Jogjakarta menggunakan pesawat Batik Air. Di hari pertama, belum banyak kegiatan yang kami lakukan. Karena sesampai di Westlake Ressort, kami semua harus menunggu bunda lainnya dari berbagai daerah datang ke hotel. Sehingga bisa melaksanakan berbagai kegiatan.



Selesai makan siang dan foto profil, para bunda yang sudah hadir di berbagai kota dilakukan pembagian kamar. Kebetulan saya satu kamar dengan Bunda Uli asli Palembang yang sudah lama tinggal di Jogjakarta. Banyak sekali cerita seru yang kami bicarakan selama 3 hari bersama di Westlake dan melakukan rangkaian kegiatan bersama.

Di hari pertama, kegiatan lebih ke kumpul bersama dan saling mengenal satu bunda dengan bunda lainnya. Saya juga merasa senang, karena bisa sekaligus kopdar bersama teman-teman blogger lainnya, yang selama ini hanya saling sapa di dunia maya. Acara dinner di Sekar Kedhaton menjadi pembuka kegiatan Temu Bunda 2016. Sekaligus megenalkan berbagai kegiatan apa saja yang akan bunda-bunda lakukan selama di Jogjakarta. Selesai dinner, para bunda di ajak ke alun-alun selatan Jogjakarta untuk keliling sambil gowes sehat di malam hari dengan mobil gowes. Lumayan banget deh keringatnya keluar dengan gowes ☺☺☺☺.

Kegiatan seru bersama Sarihusada dan SGM

Hari kedua, kegiatan sudah mulai banyak neh, karena pukul 6 kami semua sudah harus siap sarapan pagi dan melanjutkan perjalanan ke Rama Shinta Resto untuk mengikuti kegiatan workshop. Materi yang disampaikan pun sangat menarik, yakni tentang tumbuh kembang anak, dan jadikan dunia sahabat anak. Karena yang sudah kita ketahui bersama, bahwa setiap anak berhak mendapatkan gizi terbaik. Kemudian para bunda pun di bagi menjadi beberapa kelompok dan mengikuti diskusi seru dalam membuat poster tentang SGM.



Dari workshop pertama ini, saya dapar rangkumkan. Saat anak lahir, ASI adalah nutrisi yang terbaik untuk bayi. Pemberian susu formula atau pengganti ASI, hanya boleh diberikan atas petunjuk dokter. perkembangan fisik anak, dimana tumbuh sesuai dengan tahapannya. Untuk lengkapi dunia sahabatnya, SGM bantu lengkapi nutrisi anak. Ada susu pertumbuhan anak, alergi dan buah sayur. 

Selesai diskusi seru dan presentasi, kegiatan temu bunda berlanjut untuk mengunjungi pabrik Sarihusada Kemudo. Disini, kita bertemu mas Akri dan SGM Sarihusada dan Ana Widia Puspita Nigrum dari Plant 2 Sarihusada. Banyak sekali yang kita ketahui disini, dari mulai mesin yang digunakan, hingga kesehatan karyawan dan pengolahan limbah. Kegiatan Factory visit Sarihusada juga sudah banyak dikunjungi siswa SMA/SMK dan lainnya. Dan sudah ada 7000 pengunjung ke plant SGM pertahunnya yang didominasi perempuan. 

Berdiri Sejak 14 Agustus 1954 dan mulai memproduksi susu SGM sejak tahun 1968 bersama peneliti Universitas Indonesia. Di pabrik ini kapasitas produksi pertahunnya adalah 90.000 ton susu. Bahkan, 6,4 juta anak Indonesia sudah mengkonsumsi susu SGM, dan memang susu SGM ini dari segi harga juga sangat terjangkau. Sarihusada juga memiliki misi sosial dalam hal gizi dan kesehatan, salah satunya program pendampingan 1500 ibu. Selain itu ada edukasi gizi untuk 10000 ibu karyawan, meningkatkan kualitas PAUD, Edukasi Gizi di Taman pintar, hingga pemberdayaan wanita di Jogjakarta dan Klaten.

Selesai workshop di Gajebo Sarihusada, 60 bunda dibagi menjadi 2 untuk melakukan tour pabrik, sehingga kami semua dapat melihat proses pembuatan SGM yang disukai anak Indonesia dengan mesin-mesin canggih. Mulai dari proses awal, pembuatan sendok tangkar, kemasan, pengepakan hingga proses akhir, dan akhirnya susu SGM siap dipasarkan.

Selesai tour pabrik, kegiatan berlanjut untuk mendengarkan workshop selanjutnya dari Budiarti seorang ahli nutrisi yang menerangkan tentang 1000 hari pertama kehidupan yang memiliki dampak kesehatan jangka pendek dan jangka panjang. Gizi yang penting di masa ini sangatlah penting untuk tumbuh kembang anak. 1000 hari pertama kehidupan menjadi periode tumbuh kembang dan penentu kualitas kesehatan.  Karena gizi sangat penting untuk tumbuh kembang anak. 

Selesai melakukan rangkaian kegiatan temu bunda, acara berlanjut dengan gala dinner yang diikuti bunda-bunda hebat dari batch 1-4. Sudah dibayangkan ada berapa banyak bunda yang hadir disini. Hadir pula bapak Joris Bernard dan bu Naomi dari SGM. Acara ini sendiri dilaksanakan di Ballroom Westlake Ressort. Ada banyak kegiatan seru, dari maneqquin challenge, hingga pengumuman pemenang presentasi dan vlog, alhamdulillah menang. Acara semakin seru dengan MC yang kocak, sehigga suasana semakin berwarna. Ada banyak kuis dan doorprize menarik.



Di hari ketiga, tidak banyak kegiatan, karena sore harinya kami semua sudah pulang ke kota masing-masing. Di hari terakhir ini ada 12 bunda yang ikut serta dalam FGD dan melakukan diskusi seru tentang tumbuh kembang anak, dan lainnya. Sedangkan bunda lainnya mengikuti rangkaian workshop di Westlake Resort yang juga diadakan diskusi dan presentasi dari 9 kelompok. Acara pun berakhir dengan makan siang dan pengumuman live tweet dan diskusi. Rangkaian kegiatan ini memang seru dan menyenangkan, bukan saja mengenal bunda-bunda hebat, tapi bisa memiliki banyak pengetahuan tentang gizi, nutrisi, dan tumbuh kembang anak.

Terima kasih Sarihusada dan SGM atas kesempatannya bisa bergabung dan ikut serta dalam kegiatan Temu Bunda 2016 di Jogjakarta. Terima kasih juga bunda-bunda hebat yang menginspirasi, terima kasih atas keseruan 3 hari ini. Oh iya kalau bunda-bunda pengen ikut keseruan ini tahun depan, silahkan aktif di media sosial, terutama fanpage Aku Anak SGM di Facebook. Tonton keseruannya di video ini ya. 

You May Also Like

27 komentar

  1. Pasti seru banget ya? ^_^Bisa sharing seru dengan Bunda SGM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat seru sekali mba, malah susah move onnya

      Hapus
  2. Kereewnn ulasannya.
    Mombassador SGM selalu dihati pokoknya.
    Vlognya aku putar terussss..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba. Iya mombassador selalu di hati, banyak sekali bunda yang inspiratif. Waah makasih, sering putar vlogku.

      Hapus
  3. Blogger hebat neng Liswanti mah euy .. Saluuuttttt pisan ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha nuhun teh Yuni. Teh Yuni lebih keren. Saya mah apa atuh, baru belajar nulis ini hehe.

      Hapus
  4. Mauuu, thn depan mudah2an bisa ikutan berjodoh :) seruu banget yaa mba..ada diskusinya, menarik banget ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya diskusi dan presentasi mba. Ayo tahun depan ikutan ya.

      Hapus
  5. selalu sukak sama program2 sari husada,
    sukses selalu ya mbk, siap mantengin nih info2 ttg sgm, ttg sari husada, : )

    BalasHapus
  6. Seruuuu....semoga tahun depan bisa ikutan Mombassador SGM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus mba, semooga tahun depan bisa ikutan ya

      Hapus
  7. wah asyik tuh pasti kenyang ngerumpi hehehe .. kata orang 3 ibu-ibu kalo ngobrol di jalan bisa habis 3KM hk berhenti :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahahah ngerumpi bermanfaat ini mah, tentang pla pengasuhan dan tumbuh kembang anak.

      Hapus
  8. Aku iri pengen nginep di West Lake terus makan di Rama Shinta, T.T

    BalasHapus
  9. senang ya , bsia kumpul dan dapat ilmu

    BalasHapus
  10. Seru ya kegiatannya sayang untuk ibu2 aja kayaknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya ini bunda-bunda yang sudah memiliki buah hati hehe

      Hapus
  11. I miss you mbaaaa :)))

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  12. 3 hari yang berkesan untuk para Bunda . Ini merupakan salah satu apresiasi yang tak ternilai harganya :')

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah, tahun ini bisa ikutan, semoga menyenangkan, duh jd ga sabarrr

    BalasHapus
  14. Ih seruuuu ga sabar pengen ikutan.. salam dari adik tingkat wkwk

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.