Melihat Penguin Dari Dekat Di Jakarta Aquarium

by - Jumat, Januari 13, 2017


[Reportase] Rutinitas yang padat, terkadang membuat otak dan tubuh menjadi lelah. Perlu rehat sejenak untuk memulihkan kondisi tubuh. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti membaca buku sambil mendengarkan musik, liburan ke tempat wisata, kumpul bersama sahabat, hingga mengunjungi tempat rekreasi bersama keluarga. Dan sekarang ini sudah hadir tempat hiburan baru yang cocok dilakukan bersama keluarga, yakni Jakarta Aquarium.

Jakarta Aquarium merupakan salah satu destinasi baru untuk keluarga yang dipersembahkan oleh Taman Safari Indonesia Group yang berkolaborasi dengan Aquaria Sdn. Bhd. Hadirnya Jakarta Aquarium untuk memenuhi kebutuhan masyarakat urban sebagai tujuan rekreasi keluarga dengan konsep “Urban Escapism”. Tempat ini menggabungkan kekayaan alam dan kebudayaan Indonesia dengan teknologi.


Pada Kamis kemarin (12/01) Blogger diajak untuk mengenal Jakarta Aquarium dan melihat dari dekat hewan Pinguin. Jakarta Aquarium ini berada di mall Neo Soho di kawasan superblok Podomoro City yang terhubung langsung dengan mall Central Park, apartemen Mediterania Garden dan gedung perkantoran Agung Podomoro Land.

Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi Ex-Situ. Merupakan lembaga konservasi yang melakukan aktivitas konservassi di luar habitat alaminya. Memiliki banyak fungsi, salah satunya tempat pendidikan, cadangan genetik untuk mendukung populasi in-situ, hingga sarana penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Keberadaan Jakarta Aquarium juga tidak sembarangan dan berdasarkan dari:



  • UU No. 5 Tahun 1990 tentang konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.
  • Perturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tetang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 1999 tentang Pemanfaatan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar.
  • Peraturran Menteri Kehutan Republik Indonesia No. P.31 tentang Lembaga Konservasi.

Bayak sekali kriteria taman satwa, salah satunya memiliki jenis satwa yang dilindungi, satwa yang tidak dilindungi dan satwa asing. Jakarta Aquarium sendiri menampilkan keanekaragaman hayati air dan darat yang ada di nusantara dengan konsep boutique, entertainment, conservation, educative, digital learning, and family destination.

Menikmati Sajian di Pingoo sambil melihat Penguin Humboldt


Di Jakarta Aquarium pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas, salah satunya Pingoo, yang merupakan tempat makan yang menyajikan hidangan seafood bersama keluarga. Sambil menikmati hidangan, pengunjung bisa makan sambil melihat Penguin-penguin cantik. Di dalam Pingoo juga terdapat playground yang membuat anak-anak akan merasa nyaman.

Penguin Humboldt adalah jenis Penguin yang ada di Pingoo. Penguin ini merupakan Unggas sub-tropis yang ukurannya 56-70 cm, dengan berat 3,6-5,9 kg, yang dapat mencapai usia dewasa pada usia 3 tahun. Musim berkembang biaknya penguin ini adalah sekitar bulan Maret sampai Desember. Dengan massa inkubasi telur 40-42 hari. Penguin jenis ini mengkonsumsi ikan selar, ikan layang, dan anchovies sebanyak 0,6 kg perharinya.

Suasana di dalam Pingoo
Sistem pendukung kehidupan Penguin ini bernilai milyaran yang terdiri dari filtrasi air, ozon, dan protein skimmer. Dengan Aquarium yang didesain dan dirancang dengan sistem pendukung untuk memenuhi kebutuhan prilaku, kesehatan dan mental penguin. Perawatan Penguin ini diawasi oleh dokter hewan selama 24 jam selama 7 hari. Penguin ini juga bebas menunjukkan perilaku alaminya, dari berenang, mengeringkan diri dan beristirahat.

Sambil makan di Pinggo, kita bisa melihat 6 penguin lucu, yang berjalan, berenang dan bersosialisasi dengan kelompoknya. Jakarta Aquarium ini telah memenuhi standar internasional Association of zoos and Aquariums (USA).

Kebutuhan
Standar AZA
Jakarta Aquarium
Area Darat
0.7m2/ekor
Total Area-36m2 (6m2/ekor)
Area Air
0.4m2/ekor
Total area-40m2 (6.67m2/ekor)
Kedalaman Kolam
0.9 meter
1 meter
Volume Air
2052 L/ekor
Total volume-36000L 6000 L/bird

Jakarta Aquarium ini akan mulai dibuka mulai bulan Februari dengan jam operasional senin sampai minggu, dan hari libur setiap pukul 10 pagi hingga 8 malam. Sedangkan untuk Pinggo Restauran, dibuka setiap senin sampai minggu, dan hari libur nasional setiap pukul 10 pagi hingga 10 malam. Untuk tiket masuk Jakarta Aquarium ada beberapa jenis, mulai tiket regular, exclusive, dan ultimate. Sedangkan hari libur dan weekend, ada 2 jenis tiket, yakni premium dan ultimate.

Penasaran dengan Jakarta Aquarium? Jangan lupa untuk berkunjung di bulan Februari, dan ajak keluarga untuk melihat berbagai jenis ikan hingga Pinguin di tempat yang satu ini. 

You May Also Like

26 komentar

  1. wah baru tahu nih, banyak tempat wisaat baru terus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba banyak tempat wisata yang baru neh

      Hapus
  2. iiiih asik deket rumah mak.. hihihihi.. asik banget ngajak anak-anak weekend kesini.. informasi yang berguna sekali mak..
    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
  3. Ini menarik mbaaa..Mau ngasih unjuk ke anak2 pasti suka. Sambil makan trus lihat penguin yaa seruuu mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya mba, sambil makan lihat pinguin

      Hapus
  4. Wah... keren nih.
    Bisa mencari hiburan sambil belajar tentang pinguin.

    BalasHapus
  5. Sepertinya pinguin ini menjadi icon dari Jakarta Aquarium ya? Beda dengan Sea World yang iconnya adalah hewan laut..

    Tiket masuknya berapa, Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disediakan tiket berbeda mba. ada tiket regular untuk senin sampai jumat harganya 220.000 itu hanya masuk aquarium saja.

      Hapus
  6. perbedaan dari ketiga jenis tiket itu apa, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiket regular untuk masuk aquarium 220.000. Tiket exclusif masuk aquarium dan 5D teater 275.000. ultimate 550.000 untuk bisa masuk kkeseluruhan tempat. itu untuk hari senin sampai jumat.
      Kalau sabtu minggu dan hari libur, premium 290 ribu masuk aquarium dan SD tater. sedangkan ultimate 600.000 bisa masuk ke semua tempat.

      Hapus
  7. Keren banget ya ada akuarium besar dan pinguin di dalem mall. Nggak sabar nunggu februariiii. Bakal rame dan booming sepertinya mallnya yaaaa. Makasi infonya maaak :D

    BalasHapus
  8. wah ada tempat wisata baru berarti ya mbak di jakarta. semoga nantinya bisa kesana sekeluarga. Pasti seru

    BalasHapus
  9. Lucu ya pinguin nya, berarti ini di bawah pengawasan Taman Safari dan kenyamanan pinguin sangat di perhatikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba ini di bawha pengawasan Taman Safari.

      Hapus
  10. wiii seru banget yah tempatnya buat bawa anak2 mba Lis, harus ngajak anak2ku ke sini ah, pasti pada suka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba bisa bawa anak-anak kesini neh

      Hapus
  11. Thanks for sharing, mbak. Baru tahu ada tujuan wisata baru, nggak hanya Ancol aja kalau ngebahas akuarium gede.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, apalagi ini bagian dari Taman Safari

      Hapus
  12. tadinya piknik sekolah tk anaku mau ke sini. tapi ga jadi n diganti ke taman safari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga bagian dari Taman Safari mba

      Hapus
  13. belum pernah lihat pinguin secara live depan mata :(
    di Lombok nggak ada -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini saya juga baru tahu loh mba, lihat langsung pinguinnya

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.