Memulai Hidup Sehat

by - Senin, Januari 16, 2017


[Lifestyle] Memiliki badan yang gemuk itu memang tidak enak banget, karena bisa saja timbul banyak penyakit. Baik itu kolestrol, diabetes, hingga jantung. Apalagi neh saya sering banget sakit, tubuh saya sering terasa lelah dan letih. Bukan itu saja, biar badan saya gemuk, punya anemia juga. Itulah mengapai saya ingin memulai hidup sehat.

Pola makan saya memang tak teratur, suka jajan ini itu, ngemil dan ngopi. Belum lagi aktivitas saya banyak depan laptop, mulai mengerjakan keuangan, membuat konsep pernikahan, membuat video hingga menulis. Sudah pasti saya ini banyak duduk, dan akhirnya berat badan semakin naik melebihi angka 70 kg. Saya sadar bahwa pola hidup harus segera diubah, supaya tidak kena penyakit yang menakutkan. Maka, semenjak 2 bulan lalu saya memulai hidup sehat. Ada beberapa hal yang saya lakukan, seperti:

Menghindari Minuman Manis

Saya termasuk penggemar minuman kaleng, kopi instan, dan teh manis. Apalagi kalau sedang lembur dengan pekerjaan, bisa-bisa habis 2 gelas tuh kopi instan. Semenjak 2 bulan ini, saya pun menghindari itu semua, dan lebih banyak mengkonsumsi air putih dan juice buah tanpa gula.

Olah Raga

Saya ini semenjak ahiran anak kedua, malas sekali olah raga. Jadinya saya pun malas gerak, dan sudah pasti badan menjadi semakin gendut. 2 bulan ini saya sudah mulai rutin lagi memulai olah raga, dari mulai lari, senam dan jalan kaki. Kalau di luar sedang hujan, biasanya saya memilih mengeluarkan keringat dengan beraktivitas menari jaipongan dan jumba dari video yang saya download di Youtube. Ini cara sederhana saya dalam berolah raga.


Konsumsi Makanan Sehat

Seperti yang sudah saya bilang di awal, bahwa saya ini sering banget jajan ini itu, salah satunya junk food dan gorengan. Hampir setiap pagi saya selalu jajan gorengan. Dan untuk memulai hidup sehat, saya pun berusaha menghindari makanan tersebut. Dan mengubahnya dengan lebih banyak makan sayuran. Serta mengolah makanan dengan cara rebus dan kukus, tanpa penyedap rasa, dan hanya sedikit garam. Gula pasir juga sudah saya hindari sejak lama. Buah dan sayur, menjadi makanan yang saya konsumsi setiap hari, termasuk dalam hal cemilan. Ga ada lagi tuh bergadang sambil makan kacang goreng atau gehu panas. Bahkan nasi putih pun sudah saya ganti menjadi nasi merah.

Banyak Istirahat

Ternyata beberapa waktu lalu sering bergadang, membuat tubuh saya semakin drop. itu karena saya kurang istirahat. Maka, untuk memulai hidup sehat, saya menghindari bergadang, dan mengerjakan semua pekerjaan setelah shalat subuh, supaya pikiran pun menjadi tenang dan damai.

Hidup Bahagia

Ternyata cara ini memang ampuh untuk memulai hidup sehat. Hidup bahagia berarti tak boleh stres, jauhi pikiran negatif dan buatlah semua pekerjaan dengan senyaman mungkin. Mungkin efek akhir tahun tutup buku, akhirnya membuat saya ketar ketir dengan pekerjaan yang menumpuk, jadilah sering pusing dan stres. Cara yang saya lakukan cukup dengan melakukan kegiatan yang membuat saya bahagia, main sama anak sambil nonton drama korea, itu sudah membuat saya bahagia ☺☺☺.


Itulah beberapa hal yang saya lakukan untuk memulai hidup sehat. Alhamdulillah 2 bulan lebih ini sudah terkontrol. Saya sudah bisa menguasai hati, supaya tidak tergoda dengan berbagai makanan berlemak dan mengandung kolestrol tinggi. Memulai hidup sehat, memang harus dimulai dengan niat yang kuat, supaya tidak mudah tergoda. Alhamdulillah, dalam waktu 2 bulan, lemak di tubuh sudah mulai berkurang 3 kg dan tubuh merasa lebih segar.

Memulai segala sesuatu memang tidak mudah, banyak sekali godaan yang datang menghampiri. Seperti halnya yang saya lakukan untuk memulai hidup sehat, godaan sering datang menghampiri, salah satunya makan baso. Untungnya semua bisa dilewati dengan mudah, semoga kedepannya juga seperti itu. Dan semakin semangat untuk memulai hidup sehat, yang membuat tubuh menjadi kuat dan segar. Yuk ah konsumsi makanan sehat, untuk bisa memulai hidup sehat.

You May Also Like

26 komentar

  1. Makanan sehat insya Allah udah, mengurangi gula juga udah, yang paling susah itu olahraga, nyempetin waktunya itu loh mba. Olahraga yang saya bisa kerjakan ya yang ringan-ringan aja, lari mengejar anak misalnya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo pasti bisa kok mba olah raga sambil bermain sama anak. Saya sering lari sore sama anak.

      Hapus
  2. Kalau aku sudah membatasi banget minuman manis. Di rumah juga nggak membiasakan minum teh atau kopi di pagi hari. Termasuk buat suami juga. Trus nasi udah dicampur nasi merah soalnya kalau pure nasi merah mahal, haha. Yang masih belum bisa nih mengurangi goreng menggoreng aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantep kalau begitu sudah ga minu manis ya. Sebenarnya beras merah ga terlalu mahal, cuma beda 2 ribu sama beras putih.

      Hapus
  3. makin bertambah usia makin cepat terasa capek..makin cepat sakit ...saya pun merasa pola hidup kurang sehat..yang paling saya akui kurang itu adalah olahraga...kalau makanan memang jarang banget masak yg bersantan...yg gula juga..karena tidak suka yang manis....semoga bisa ubah gaya hidup saya ini..harus sehat harus setrong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, usia bertambah akan terasa cepat lelah. Ayo mba semangat berolah raga.

      Hapus
  4. Aku juga nih Teh, awal tahun ini aku mulai merubah pola makan dan hidupku. Pengen lebih sehat aja...semangaaat Teh

    BalasHapus
  5. Aku emang nggak doyan makan yang terlalu manis. Takut kena sakit gula mbak. Sukanya minum jus ..itupun nggak pake gula sama sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah asyik, juice memang enak tanpa gula ya mba

      Hapus
  6. saya juga udah mulai menghindari minuman manis mbak..ternyata ga sehat ya dikit2 minum teh manis, dan minuman kalengan yang lainnya. Kerasa bgt sih sejak biasain minum air putih berat badan ga langsung cepat naik juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, teh manis itu ga baik, mending air putih saja

      Hapus
  7. Iya mbak kalau gemuk jg mengundang penyakit ya, ngeri. Kudu ngurangin gula jg nih TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba, ngeri kalau udah banyak penyakit

      Hapus
  8. olahraga nih yg lagi males. kerasa bangt badan jd ga seger krn berhenti olahraga :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sehari aja aku ga olah raga sekarang badan pada sakit semua

      Hapus
  9. Konon memang sumber penyakit dari makanan dan pikiran. Harus betul2 jaga pola makan nih.. Apalagi seusia saya... Kemarin lost jalan2 kuliner sama temen2 pulang2 lungleng kolestrol tinggi hehe..

    BalasHapus
  10. Niat sih udah ada pengen ngejalani pola hidup sehat kya gitu, tapi susah banget nahan buat gak nyobain jajanan pedes :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ga ada niat susah mba, jadi memang harus dianiatkan dari awal.

      Hapus
  11. 70 iya sih riskan juga ya, mba. Kalau minuman kaleng, semenjak dinyatakan alergi MSG dan bahan pengawet, udah saya hindari banget. Olah raga memang mesti dirutinkan, walau cuma jalan kaki pagi dari ujung ke ujung perumahan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba 70 itu ga enak bnget. Ga apa mba, jalan kaki juga menyehatkan

      Hapus
  12. Menghindari makanan manis itu susah banget deh. 😂

    BalasHapus
  13. ngomongnya gampang tapi ngelakuinnya susah banget saya mba, olahraga aja cuman seminggu sekali itu juga kalo sempet, hehe
    makan buah-buahan juga jarang paling seminggu sekali kalau ada tukang rujak itu juga, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuuuh jangan ah, itu harus rutin tuh kalau makan buah sayur. Penting banget.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.