Alfamart Berikan Donasi Konsumen Kepada YKAKI Di Acara #BeraniGundul

by - Minggu, Februari 19, 2017


[Reportase] Bertepatan dengan Hari Kanker Anak Internasional 2017 yang jatuh pada tanggal 15 Februari, banyak sekali acara di gelar, salah satunya #BeraniGundul yang diusung oleh YKAKI (Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia). Tahun ini YKAKI mengambil tema "metamorphosis" yang artinya tumbuh dan berkembang. 

Sebelum acara #BeraniGundul di mulai, diadakan konferensi pers di Central Park pada tanggal 18 Februari 2017. Dalam konferensi pers ini hadir ibu Ira dari YKAKI, Nurachman dari Alfamart, dan artis Ibukota yang diwakili Budi Doremi, Youtubers seperti Edho Zell dan Rio Ardhillah.

Donasi Konsumen Alfamart Untuk YKAKI #BeraniGundul


Acara #BeraniGundul sekaligus perayaan satu dasawarsa YKAKI dan sudah dilaksanakan ke 3 kalinya dengan tema berbeda setiap tahunnya. Tema metamorphosis dipilih, karena ingin menggambarkan YKAKI yang dapat berkembang dari seekor kepompong menjadi kupu-kupu. Berkat dukungan banyak pihak, YKAKI yang berawal punya satu rumah singgah. Kini, telah memiliki banyak rumah singgah, di Jakarta sendiri ada 2, dan tersebar di beberapa kota lainnya, seperti Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Menado, Pekanbaru, semarang dan yang terbaru di Malang.

Ibu Ira dari YKAKI dalam konferensi pers menceritakan awal mula mendirikan YKAKI di tahun 2006, yang bergerak untuk membantu anak-anak penderita kanker. Peringatan dasawarsa ini dilaksanakanlah beberapa rangkaian kegiatan, seperti peluncuran mascot YKAKI, yakni Kaka & Kiki. Selain itu, ada juga #aksi10ribu menggalang dana yang dinamakan jumpa Kaka Kiki. Ada juga kunjungan kepada anak-anak yang sedang dirawat di RSCM, RS Fatmawati, RSPAD Gatot Subroto, RSAB Harapan Kita dan RS Kanker Dharmais.


Dan #BeraniGundul menjadi rangkaian acara lainnya dari YKAKI. Dalam acara ini juga diadakan aksi galang dana untuk anak-anak penderita kanker. #BeraniGundul diisi dengan acara talkshow, lomba melukis, meet and great all cast "Nekad Traveller", penampilan anak-anak Rumah KITA/rumah singgah, serta penampilan artis Ibukota. Sebut saja duta YKAKI Indra Bekti dan Farhan. Ada juga Tompi, Sandi Sandhy Sandoro, Tinatoon, hingga Ashifa Latif. Hadir juga pasukan #BeraniGundul, mulai dari Budi Doremi, Kiki Rizky dan para Youtubers. Acara ini juga diselenggarakan oleh cabang-cabang YKAKI, dari Bandung, Surabaya hingga Semarang.

Menurut cerita Edho Zell dalam konferensi pers, dirinya bersama followernya memberikan donasi melalui kitabisa.com sebagai partner untuk anak-anak penderita kanker. Bahkan Rio Ardhillah menceritakan pernah membuat aksi 5000 peduli kanker. Dan Budi pun senang mengikuti acara seperti ini, karena merupakan panggilan untuknya. 

Dalam konferensi pers juga diserahkan donasi konsumen Alfamart sebesar 1.203.047.353 secara simbolis, yang akan digunakan untuk biaya operasional YKAKI dan rumah singgah di beberapa wilayah, seperti Makasar, Pekanbaru, Semarang dan Malang. Alfamart mengajak konsumennya berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan yang dijalankan bersama YKAKI. Donasi ini terumpul dari konsumen yang menyisihkan uang kembaliannya pada saat berbelanja. 

Penyerahan simbolis Donasi Konsumen Alfamart
"Keempat rumah singgah tersebut, telah dibangun dari hasil donasi konsumen. Tahun ini, kami kembali bekerja sama dengan YKAKI, menggalang dana untuk kebutuhan operasional rumah singgah yang ada, serta membangun kembali rumah singgah di wilayah lainnya". Ujar Nur Rachman selaku Corporate Communication GM SAT

Donasi ini diberikan, karena kita sudah tahu, bahwa tidak semua rumah sakit yang ada di daerah menyediaka fasilitas pengobatan kanker pada anak. Belum lagi biaya, akomodasi dan transportasi yang mahal, tentu sangat memberatkan. Maka, YKAKI hadir untuk membantu anak-anak penderita kanker yang ada diberbagai daerah di tanah air. Perlunya dukungan berbagai pihak untuk membantu anak-anak penderita kanker, terutama dari pemerintah.

Ira sendiri menyampaikan apresiasinya yang telah mendukung dan memmbantu YKAKI, seperti Alfamart, Central Park, dan lainnya. Acara yang di gelar sabtu kemarin juga diisi berbagai booth dan panggung hiburan. Aksi #BeraniGundul dimulai dari jam 4 sore hingga selesai. 

You May Also Like

26 komentar

  1. Semoga alfamart makin amanah. Salut sama programnya. ^_^

    BalasHapus
  2. Wah, rame kak acara #beranigundul - nya?

    Skrg aku udah mulai donasiin nih uang kembalian di Alfamart :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rame banget, banyak yang ikutan gundul tuh.

      Weeh mantep banget ya

      Hapus
  3. wah salut banget sama alfamart ya mba Lis.. seneng kalo blanja di tempat yang kepedulian sosialnya tinggi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget saya jadi sukaa kalau begini, donasinya disalurkan kepada yang tepat banget.

      Hapus
  4. wah beneran ya, perlu diapresiasi ,salut

    BalasHapus
  5. lega bacanya mbak, ternyata uang kembalian yang kita donasikan (biasanya rp 200-500) digunakan untuk hal yang bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mas, semua uang yang beberapaa ratus perak itu diberikan yayasan kanker anak

      Hapus
  6. Iya saya ingat waktu ke YKAKI tentang even berani gundul mencari Donasi untuk mereka.

    BalasHapus
  7. Prihatin y mba u.pnderita kanker hhmm mdh2an ada jlnny mrk u.sembuh,,, Alfamart memang dananya bnr2 buat peduli sosial

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba prihatin banget, apalagi melihat mereka yang masih kecil.

      Hapus
  8. Syukur Alhamdulillah ada nilai sosialnya.

    BalasHapus
  9. Masya Allah ya kepedulian dari banyak pihak untuk anak2 yang kena kanker. Bahkan sampai ikut merasakan kehilangan rambut. Moga adik2 yang terkena kanker itu segera disehatkan :)

    BalasHapus
  10. Wahh ternyata dihadiri youbers Edho Zell juga ya mbak lis acara berani gundulnya,, saya sering lihat channel Edho Zell yang menampilkan sisi edukasi cocok banget jadi tamu di hari kanker anak kanker Internasional. BTW acara berani gundulnya ada yang peserta yang memang sengaja digunduli rambutnya mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu sengaja digunduli, mas Petrus Andre juga digunduli tuh.

      Hapus
  11. Sekarang makin banyak ya donasi Alfamart ke orang yang membutuhkan. Salut! :)

    BalasHapus
  12. Saya pernah gundul juga, tapi pakai jilbab jd gak teralu masalah hehe
    Jd ini salah satu penyaluran donasi alfa ya mbk? TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, ini penyaluran donasi konsumen alfamart ke YKAKI

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.