Sehat Selama Masa Kehamilan, Bahagia Di Masa Depan

by - Minggu, Februari 26, 2017


[Dunia Anak] Sehat selama masa kehamilan, bahagia di masa depan. Tentu kita semua sudah tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan di 1000 hari pertama kehidupan, yang dimulai sejak awal kehamilan hingga anak usia 2 tahun. Mengapa penting? Karena di periode ini, anak tumbuh dan berkembang dengan pesat. Mulai dari otak, daya tahan tubuh, hingga sistem pencernaan. Maka, sejak bayi dalam kandungan, ibu harus mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, agar bayi mendapatkan nutrisi yang tepat selama masa pertumbuhannya. 

Masa kehamilan adalah masa yang paling penting untuk seorang ibu selalu menerapkan pola hidup sehat. Sehingga bayi dalam kandungan tumbuh dan berkembang dengan baik.  Dengan pola hidup sehat, berarti seorang ibu sedang mempersiapkan masa depan anaknya yang bahagia. Saat seorang ibu sedang menggandung, banyak sekali yang dilaluinya, seperti morning sickness, tubuh sering terassa letih, pusing, menjadi lebih sensitif, sehingga butuh sekali perhatian lebih. Maka dari itu, ibu yang sedang hamil harus nyaman, banyak istirahat, selalu bahagia, tanpa stress, supaya bayi dalam kandungan juga tumbuh dengan sehat dan tepenuhi nutrisinya.

Sehat selama masa kehamilan, bahagia di masa depan
Mau sedikit bercerita tentang masa kehamilan yang sudah saya lalui. Saya sudah mengalami 4 kali kehamilan, tapi untuk yang pertama dan kedua gagal di trimester pertama. Karena mengalami pendarahan hebat, yang mengakibatkan saya kehilangan calon bayi. Barulah di kehamilan ke 3 saya bisa melahirkan anak pertama dengan selamat. 

Saya ingat betul di masa kehamilan ini, perjuangannya cukup berat sampai harus keluar masuk rumah sakit dan rawat inap. Ini diakibatkan kondisi kandungan saya yang lemah, makanan susah masuk, demam tinggi, dan tubuh mulai lemas. Situasi kehamilan ketiga ini sempat membuat saya takut, tapi doa dari orang-orang sekitar membuat saya kuat dan bertahan. Tim dokter kandungan yang merawat saya juga mengawasi tumbuh kembang dan kondisi bayi, sehingga saya bisa melalui 17 minggu kehamilan dengan aman.

Menginjak usia 20 minggu kehamilan saya dikirim ke kampung halaman, karena suami akan melakukan pendidikan. Selama di kampung, saya benar-benar istirahat total, asupan makanan di perhatikan langsung oleh perawat yang tidak lain adalah saudara sendiri. Selama menjalani masa kehamilan ini banyak sekali hal menarik dari mitos yang beredar di masyarakat, yang terkadang membuat saya bingung, apakah ini benar harus dilakukan atau tidak?


Mitos menjadi sebuah kepercayaan yang beredar di masayarakat secara turun temurun. Selama hamil dan tinggal di kampung banyak sekali mitos yang saya dengar, mau percaya takut salah, tidak percaya pasti diomelin. Maka saya memilih untuk mencari tahu informasi kebenarnya dari internet. Tapi, sedikit terhambat mencari informasi, karena keterbatasan sinyal. Jadi, mau tidak mau saya harus nurut. Mitos seputar kehamilan yang saya alami cukup beragam, maklum di kampung masih banyak sekali yang percaya, seperti:
  1. Minum air kelapa ijo biar kulit anak putih dan rambutnya tebal hitam. Ini saya nurut aja, karena saya juga suka, tapi ga setiap hari, yang manjat pohonnya juga susah. 
  2. Jangan makan belut, nanti bayi di perut muter-muter. Yang satu ini saya lumayan gagal paham.
  3. Jangan makan cabe, nanti bayi ga ada rambutnya. Ini nyiksa banget, karena saya suka rujak, kalau belum makan pedes susah makan selama hamil.
  4. Banyak minum air kacang hijau, supaya rambut anak bagus. Ini ikuti aja, secara bubur kacang ijo itu enak.
  5. Jangan makan tutut, nanti pas ngelahirin malah tidur. Ini bikin saya ngeces, karena ngidam tutut, terpaksa di tahan ampe lahiran, untung anak ga ileran.
  6. Minum minyak sama telor ayam kampung, biar lahirinnya gampang. Duh aku ga doyan, jadi cuma iya-iya saja dan tidak dilakukan.
  7. Ada gempa, buruan mandi pake kain 7 balik. Duh, ini apa lagi saya ga paham.
  8. Ada gerhana bulan, cepat mandi di teras rumah, supaya bayinya bercahaya. Saya ga turutin, soalnya malem itu dingin banget.
  9. Kalau makan pake piring kecil, biar anak ga terlalu gede. Entahlah maksudanya ini seperti apa, saya kurang paham juga.
  10. Jangan jahit baju bisa bikin bibir sumbing. Ini yang juga bikin saya gagal paham.
Masih banyak sekali mitos yang saya dengar, dan itu cukup membuat bingung. Antara percaya dan tidak dengan berbagai mitos ini. Mitos yang saya dengar ini, bukan saja dari keluarga, tapi juga dari tetanggan dekat dan warga sekitar. Jadi, mitos apapun yang di dengar, saya anggap sebagai perhatian khusus. 

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan bersama Mayapada Hospital dalam Obsat ke 190


Berbagai mitos tersebut, sempat juga membuat saya tidak nyaman dan stres, yang akhirnya membuat ketakutan. Maklumlah itu adalah anak pertama yang sudah saya nantikan 2 tahun lamanya. Padahal ya, ibu yang sedang hamil itu tidak boleh stres, karena bisa berdampak buruk pada janin yang dikandungnya. Untungnya saya sering konsultasi dengan dokter kandungan, jadi rasa takut akibat berbagai mitos tersebut, sedikit demi sedikit bisa membuat saya tenang. Apalagi saya selalu menginginkan hamil ini selalu sehat, supaya anak bahagia di masa depan.

Seperti dalam diskusi kamis malam kemarin (23/01) bersama Obsat BeritaTagarID dan Mayapada Hospital di Beranda Kitchen, Jakarta. Acara ini mengambil topik tentang Hoax, Mitos, dan Fakta Seputar Kehamilan. Menghadirkan pembicara, seperti dr. Yuslan Edi Fidianto, Sp.OG dari Mayapada Hospital, Kinaryosih yang merupakan artis dan ibu dari anak berusia 8 tahun, Rahne Putri selaku influencer dan blogger. Ada juga Kartika Susanti dari @TurnBackHoax, serta moderator dari Beritatagar.id Kristin Amelina.

Diskusi ini sangat menarik, mengingat banyaknya mitos di kalangan masyarakat yang selalu membuat bingung. Karena mitos itu ada yang benar dan juga salah. Seperti halnya Kinaryosih yang saat ini sedang mengandung anak kedua dengan usia kandungan 7 bulan, ternyata juga mengalami banyak mitos. Artis cantik ini mengungkapkan kalau minum air kelapa hijau bisa membuat kulit anak menjadi bersih, rambutnya tebal dan kuat. Selain kelapa hijau, dia juga minum air kacang hijau. Tapi, bagi Kinaryosih kehamilan dan kedua ini cukup berbeda sekali. Kinaryosih juga percaya bahwa minum air kelapa bisa membuat bayi keduannya ini rambutnya tebal, karena prediksinya adalah perempuan. 

Sedangkan bagi Rahne, saat ada mitos yang didengarnya, dia akan tampung dulu dan mulai mencari informasi, supaya tidak membuat bingung.

Ilustrasi tentang mitos makanan (dokumen pribadi)
Berbagai mitos juga di bahas oleh dr. Yuslan. Bahwa air kelapa bisa kulit bersih dan rambut bagus itu tidak benar. Justru air kelapa bermanfaat untuk bayi dalam kandungan, karena mengandung elektrolit, magnesium, kalsium yang juga bermanfaat untuk ibu hamil. Tapi, jangan terlalu sering, cukup 2 atau 3 minggu sekali, karena kalau terlalu sering akan membuat lemas. 

Mitos kacang hijau juga sama bermanfaat untuk ibu hamil, bukan bisa membuat rambut bagus. Karena mengandung protein dan karbohidrat, kalsium, asam folat, serta vitamin B1 dan B2. Mitos lainnya yang sempat bingung adalah banyaknya yang beranggapan minum minyak kelapa akan mempermudah persalinan, faktanya minum minyak itu tidak akan masuk ke rongga bayi. Jadi, tidak ada hubungannya persalinan dan minyak kelapa. Biasanya minyak kelapa digunakan untuk mengolesi jalan lahir.

Ada lagi neh yang di bahas, yakni tentang MSG, yang ternyata dalam jumlah tertentu, MSG dibutuhkan untuk energi otak. Kalau kebanyakan barulah berbahaya, karena bisa menyebabkan kanker dan mengganggu saluran cerna, serta penyakit lainnya. Selain itu, ada juga mitos tentang ibu hamil yang tidak boleh makan daging kambing, karena bisa memicu bahaya kehamilan. Faktanya, daging kambing itu lebih aman dari daging sapi, dan ini sudah ada penelitiannya. Bahwa sebenarnya kandungan kolestrol dan lemak jenuh pada daging kambing itu rendah, serta kandungan gizinya juga tinggi. Daging kambing bisa bermanfaat untuk ibu hamil, terutama yang memiliki anemia. Karena kandungan zat besi dalam daging kambing bisa membantu mengatasi anemia dan memproduksi sel darah merah.

Selain mitos, dr. Yuslan juga memperigatkan bahwa ibu hamil diusahakan untuk tidak makan sate, karena melihat proses memasaknya di bakar pakai arang yang bisa merusak protein di dalam daging. Jadi sangat tidak baik untuk kesehatan janin. Lebih amannya daging dimasak dengan cara di steak yang tingkat kematangannya penuh dan sempurna. Daging juga harus disimpan dengan baik, karena kalau tidak bisa terserang virus salmonella yang berbahaya pada janin dan terancam lahir cacat permanen.

Dr. Yuslan juga meluruskan tentang mitos ibu hamil yang tidak boleh minum kopi. Faktanya neh, ibu hamil itu boleh minum kopi, yakni 300mg perhari, yang penting tidak punya maag, hipertensi dan lainnya. Kalau pengen lebih aman, ibu hamil bisa minum susu.

Obsat Ke 190 bersama Mayapada Hospital
Terus bagaimana cara sehat selama masa kehamilan dan bahagia di masa depan? Tentu saja dengan investasi kesehatan selama ibu sedang hamil. Mulai makan yang bernutrisi, istirahat cukup, konsumsi sayur buah dan susu, lengkapi kebutuhan mineral, vitamin, serta berikir positif setiap harinya. Kalau ada beragam mitos yang di dengar. usahakan untuk cerdas menerima informasi atau kalau perlu konsultasi langsung dengan dokter. Jangan sampai dibawa stres, sehingga membuat resah. Dengan konsultasi ke dokter, kita akan tahu asupan makanan apa saja yang bisa dikonsumsi dan tidak, supaya bayi selalu sehat selama dalam kandungan. Melakukan olah raga ringan juga diperbolehkan, supaya tubuh ibu hamil selalu segar dan bugar.  

Dalam acara diskusi ini, juga dibahas tentang berbagai hoax kesehatan, dan itu membuat keresahan di masyarakat. Dalam menyikapi ini, kita harus cerdas dan jangan mudah percaya dengan berita-berita hoax. Berita bohong itu mengarah ke fitnah, maka Kartika mengungkapkan ada senjata yang bisa memerangi hoax, yakni dengan 6P:
  1. Perhatikan hati, jadi ini jangan mudah percaya begitu saja.
  2. Potong rantai. Jadi kalau ada berita lewat media sosial dan aplikasi pesan jangan disebarkan lagi.
  3. Periksa sumber. Usahakan untuk mencari sumbernya, apakah itu benar atau tidak.
  4. Periksa redaksi, ini berkaitan dengan situs yang kredibel, apakah memiliki susunan redaksi atau tidak.
  5. Pake akal sehat, tentu ini paling penting dan aman, serta efektif.
  6. Peringatkan dan perhatikan orang terdekat. Banyak sekali berita hoax, yang terkadang dari orang terdekat, usahakan untuk memperingatkan, supaya tidak seperti itu.
Jangan sampai ya berita-berita hoax yang tersebar menyebabkan kebingungan dan perpecahan. Bijak dan cerdas dalam share informasi itu penting. Dengan cara mencari tahu kebenaran dari berita tersebut. Apalagi neh, kalau hoax itu berkaitan dengan kesehatan, akan berbahaya sekali. Ada ciri-ciri berita hoax yang perlu diketahui, salah satunya adalah selalu saja minta disebarkan, dengan susunan kata dimulai hurup kapital. Contoh neh dari berita hoax lewat aplikasi pesan, "sebarkan informasi ii kepada orang tersayang, kalau anda menyayanginya".


Diskusi ini pun berakhir dengan menyenangkan, informasi yang kita dapatkan sangat bermanfaat sekali. Terutama tentang mitos dan fakta seputar kehamilan yang selama ini membuat bingung. Dengan mengetahui faktanya, seorang ibu hamil bisa selalu tenang dan menikmati masa kehamilan dengan bahagia, sehingga bayi dan ibu selalu sehat. Anak yang dilahirkan pun bahagia di masa depan, tumbuh kembangnya baik, selalu sehat dan tidak mudah sakit. Sehat selama masa kehamilan, bahagia di masa depan untuk anak-anak generasi penerus bangsa yang cerdas, sehat dan kuat.


Sebelum saya tutup, seorang ibu yang sedang hamil, untuk kontrol dan konsultasi ke dokter kandungan, supaya terjaga kandungannya dan sehat selama masa kehamilan, bahagia di masa depan. Salah satunya bisa berkonsultasi ke dokter kandungan di Mayapada Healtcare Group yang merupakan salah satu kelompok rumah sakit di Indonesia, yang terdiri dari 2 rumah sakit berstandar Internasional yang terletak di Jakarta Selatan dan Tangerang yang sudah difasilitasi oleh peralatan mutakhir. Jadi, kalau ingin melakukan pemeriksaan, bisa di Mayapada Hospital Lebak Bulus atau Mayapada Hospital Tangerang yang sesuai dengan jarak tempuh dan tempat tinggal. Informasi lebih lanjut bisa cek di:
  • Twitter: @RSMayapada
  • Instagram: @MayapadaHospital
  • Facebook: Mayapada Hospital
  • Web: www.mayapadahospital.com 

You May Also Like

34 komentar

  1. Mitos mah kalau dilisting bisa penuhin bangunan monas, teh. :v
    Tapi ya ada yang bener juga sih ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener penuh-penuhin kalender wae yak

      Hapus
  2. Jadi nambah ilmu lagi ya Mbak tentang kehamilan..
    Buat persiapan kehamilan yang kedua nanti.

    BalasHapus
  3. yang enak-enak saja yang diikuti, biar batin tak tersiksa hehehe
    dulu waktu istri saya hamil, terus bilangnya Ngidam setiap hari, satu kali masih saya turuti lebih dari itu saya biarkan daripada saya cari hutangan ke tetangga karena waktu itu saya tidak bekerja (iiih kejam banget ya)

    BalasHapus
  4. aku malah agk tanay soal mitos2 ke ortu , kalau kebanyakan denger jadi bingung , aku sih lebih percaya dengan urusan medis. Waktu hamil anak peryama aku ikut suami di desa dan kebetulan bidan desanya temenku dulu lagi SMA, jadi banayk tanya deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah asyik ya kalau bidannya teman sendiri mba

      Hapus
  5. Bukankan belut itu licin, harapannya agar nanti bayi lebih mudah lahirannya, hehe...

    ~~mengambil sisi yang positif :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah aku juga kurang tahu, setahu aku klo biar licin itu pas tujuh bulanan pa. Iya benar sekali ambil sisi positif.

      Hapus
  6. Ya ampun beneran ada mitos kalo ada gerhana harus mandi di teras? ya malu lah ya mak kalo diliatin tetanggaaa x) Ternyata mitos-mitos itu bisa dikategorikan sebagai berita hoax ya mak.. Alhamdulillah ya ada talkshow yang menghadirkan ahlinya langsung, jadinya terjawab sudah mitos-mitos kehamilan selama ini yaaaa. Hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mba, itu di kampung saya, suka ngakak dengernya hehehe. Benar sekali, acara begini bermanfaat banget.

      Hapus
  7. mitosnya memang banyak bangeeet...aku karena waktu 2 kali hamil ngga di tanah air, jadinya bebas dari segala mitos itu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah itu asyik ya mba, bisa bebas dari segala mitos yang bikin bingung

      Hapus
  8. Mba ada tips ga buat menghadapi kelahiran? udah 8 bulan soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tips dari saya banyak jalan saja mba, dan jaga pola hidup sehat. Saya waktu hamil segitu banyak jalan.

      Hapus
  9. Memang kita harus banyak2 cari informasi soal kehamilan ya biar ga kena hoax

    BalasHapus
  10. Trims ia artikelnya sangat membantu bagi calon mamud .... ckckck

    BalasHapus
  11. Senengnyaaa dpet ilmu sekece ini, makasih loh mbk lis udah mau ngeshare ilmunya, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba semoga bermanfaat ya

      Hapus
  12. Bener banget teh. Malah mitos itu dari hamil sampai setelah melahirkan. Saya malah pernah disalahin katanya debay saya lehernya kelilit tali puser karna kalau njemur tali baju dililit2 ke gantungan baju.itu yg sampe sekarang gak ngerti juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk nah itu prnah saya denger juga, jangan lilit-lilit kain dan lainnya

      Hapus
  13. Mitosnya seringkali buat mamamh muda binggung. Hihiii. Teryata banyak ya mitosnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bikin mamah muda pucinnng pala berbeeeh

      Hapus
  14. Luengkap banget ulasannya mbak, jd pengen hamil lagi #eh

    BalasHapus
  15. Banyak mulut yang ngomong ini itu mungkin bisa juga bikin ibu hamil jadi stres, padahal mereka juga punya bidan atau dokter kandungan sebagai tempat konsultasi. Sampai 4 kali hamil, Masya Allah mba untuk kesabaran dan kekuatannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, alhamdulillah sekarang udah punya 2 kok.

      Hapus
  16. Waw, makasiiiyyy ilmu yg dishare ceuu

    BalasHapus
  17. Jadi inget masa-masa hamil... penting banget deh kalau kita bahagia selama hamil itu..pengalaman dengan kelima anak saya sih begitu.. :D

    BalasHapus
  18. Memang ya mba, sebagian orang belum bisa lepas dari mitos-mitos yang sudah beredar.. ya udah ya mba, dibawa santai aja dan pasrahkan pada Allah :)

    Tapi, yang bikin saya ketawa masak iya kalau makan belut bayinya jadi muter-muter di perut, hehe.. mungkin lagi olahraga yak..

    BalasHapus
  19. Tentunya sangat bahagia apabila sesuatu yang kita jalankan selalu dalam keadaan yang bahagia, terutama pada saat hamil, pasti apabila saat hamil bahagia yang akan kerasa deh capeknya.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.