Serunya Dunia Sahabat SGM Eksplor Di Jakarta

by - Minggu, Maret 05, 2017


[Dunia Anak] Serunya Dunia Sahabat SGM Eksplor Di Jakarta. Akhirnya Jakarta sukses menggelar acara Dunia Sahabat SGM Eksplor yang berlangsung di Mall Kota Kasablanka dari tanggal 24 hingga 26 Februari 2017. Dunia Sahabat SGM Eksplor sendiri telah berlangsung di beberapa kota, seperti Surabaya (30 Sep - 2 Okt), Yogyakarta (4 - 6 Nop), Medan (25-27 Nov 2016), dan Makassar (27-29 Jan 2017).

Ada apa saja di Dunia Sahabat SGM Eksplor?

Semua orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan sehat, percaya diri dan cerdas. Supaya tumbuh kembang anak semakin optimal, para orang tua perlu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan si Kecil dan mengasah keterampilan sosialnya dengan stimulasi yang tepat. SGM Eksplor sebagai produk susu pertumbuhan mendukung pemenuhan nutrisi anak Indonesia dengan menggelar kampanye "Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya". 

Kampanye ini dimulai sejak September 2016, yang bertujuan agar orang tua dapat berperan aktif untuk mendorong si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang memiliki rasa percaya diri. Sehingga anak mampu bersosialisasi dengan lingkungan yag ada disekitarnya. Dari kampanye ini ada program mall activation Dunia Sahabat SGM Eksplor, yang di gelar di Jakarta sebagai tempat terakhir dalam rangkaian roadshow SGM eksplor. 


Di Dunia Sahabat SGM Eksplor, anak-anak bisa mengasah keterampilan sosialya melalui permainan menarik di 4 Dunia. Yakni Dunia Safari, Dunia Berkebun, Dunia Samudra, dan Dunia Langit. Permainan yang ada di Dunia Sahabat SGM Eksplor, memiliki berbagai karakter dan tujuan yang dirancang berdasarkan faktor psikologis dan saraf motorik anak. Dalam acara yng berlangsung di Jakarta, hadir Mr. Joris Bernard, selaku SGM Director, Astrid Prasetyo selaku Senior Brand Manager SGM Eksplor, dan 2 pemateri Psikolog Anak dan keluarga Anna Surti Ariani, serta Dokter Spesialis Gizi klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK. Selain itu hadir juga brand ambassador SGM Zee Zee Shahab, dengan MC Naufan.

Nutrisi Optimal Untuk Anak

dr. Dian selaku dokter spesialis gizi klinik menyampaikan materi pertama di acara pembukaan Dunia Sahabat SGM Eksplor pada 24 Februari. dr. Dian menyampaikan materi tentang "nutrisi Optimal untuk tumbuh kembang optimal". Faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak ada 2, yakni Internal dan eksternal. Faktor internal anak dipengaruhi genetik dan hormon. Sedangkan faktor eksternalnya dipengaruhi Pra-natal (kehamilan: Nutrisi, Toksin, Infeksi, kelainan imun, Psikologi Ibu). Dan post-natal (pengetahuan ibu, nutrisi, lingkungan fisik, pengasuhan, sosial ekonomi, stimulasi, aktivitas fisik/olahraga).

Nutrisi menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak sejak kecil hingga dewasa. Tumbuh kembang anak bisa di pantau KMS (Kartu Menuju Sehat), yag berisi tinggi badan, berat badan, dan tentang ASI. Orang tua perlu sekali mengooptimalkan pemenuhan nutrisi yang tepat, agar tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal. Anak yang terlengkapi nutrisinya akan mejadi anak sehat dan mampu beraktivitas dengan baik, serta memiliki ketampilan sosial lebih baik dibanding anak yang nutrisinya tidak tercukupi.


Asuoan nutrisi seimbang bisa juga dari susu. Menurut IDAI, usia anak 1-3 tahun dapat diberikan asupan tambahan berupa susu sebagai sumber kalsium gizi. Konsumsi susu atau produk turunannya seperti keju atau yogurt dianjurkan sebanyak 2-3 sajian per hari. Saat anak makan juga perlu terjadwal, dari sarapan, makan siang dan malam. Serta makanan selingan dan nutrisi tambahan.

Jadikan Dunia Sahabatnya

Pembahasan selanjutnya disampaikan oleh Psikolog anak dan keluarga Anna Surti yang membahas tentang "cara mudah bantu anak untuk #jadikanduniasahabatnya". Di masa tumbuh kembang anak, orang tua harus memperhatikan keselaran lima hal penting, yakni aspek fisik, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, emosi, dan keterampilan sosial. Setiap orang tua pasti ingin anaknya mudah bergaul. Nah, penting untuk mengajarkan anak keterampilan sosial, seperti:
  • Berteman dan bekerjasama.
  • Peduli terhadap yang sakit atau kekurangan.
  • Sabar menunggu (mengantre).
  • Selesaikan atau damaikan pertengkaran.
  • Marah tanpa ganggu orang lain.
  • Ikut aturan.
Keterampilan sosial anak tentu saja berbeda setiap orangnya. Bahkan ada perbedaan keterampilan sosial anak yang dimiliki menurut usia. Anak 1 sampai 3 tahun masih sulit untuk berbagi dan merasa semua miliknya, anak di usia ini juga kadang takut dengan orang baru. Serta ada anak main bersebelahan, tapi tidak saling bicara. Cara membantu anak di usia ini bisa dengan ajari bicara dan ungkapkan pikiran, perbanyak bertemu dengan anak seusianya, ssensitif pada kebutuhan anak, jangan aksa bergaul, hingga harus tegas apabila anak memukul orang lain.

Sedangkan keterampilan sosial anak usia 4-6 tahun itu sudah paham apa dirasakan teman lain, jika marah tidak meledak-ledak, yang artinya sudah bisa mengoontrol emosi, dan sudah bisa bergiliran serta bekerja sama. Cara memabantu anak di usia ini adalah memberikan banyak kesempatan anak bermain dengan seusianya, beri petunjuk cara selesaikan pertengkaran, buat drama-dramaan di rumah untuk ajarkan etika dan cara bergaul. Selain itu, ajak teman bermain ke rumah atau anak main kerumah teman, dan tegas terhadap kekerasan dalam bermain.


Keterampilan sosial memiliki kaitan erat dengan pemenuhan nutrisi yang tepat dan lengkap. Karena, status nutrisi memiliki hubungan dengan perkembangan sosio-emosional dalam masa tumbuh kembang. Anak yang sehat merupakan landasan utama seorang anak bisa memiliki keterampilan sosial yang baik, dengan begitu akan membuat perkembangan psikologinya baik juga. Tubuh anak yang sehat, karena kecukupan nutrisi yang baik, akan membuat anak tersebut lebih tahan menghadapi stres, dan lebih mampu meregulasi emosinya, lebih leluasa mengeksplorasi lingkungan disekitarnya.

Dunia Sahabat SGM Eksplor

Melihat pentingnya keterampilan sosial pada anak, Astrid selaku Senior Brand Manajer mengungkapkan bahwa SGM Eksplor meluncurkan kampanyenya "lengkapi nutrisinya, jadikan dunia sahabatnya". Dengan begitu hadirlah Dunia Sahabat SGM Eksplor untuk mengasah keterampilan sosial anak di 4 dunia. Dengan adanya permainan di 4 dunia ini, anak-anak akan belajar sambil bermain tentang cara bergantian dan mengantri ketika menaiki flying fox mini, berkebun dan bertemu dengan sahabat-sahabat barunya. 

Berbekal pengalaman dari 60 tahun dalam mennyiapkan produk nutrisi bagi anak-anak Indonesia, SGM Eksplor selalu berkomitmen untuk memberikan produk inovatif untuk membantu mendukung pertumbuhan anak. Inisiatif lain dari kampanye SGM Eksplor, selain Arena Sahabat SGM Eksplor yang merupakan permainan anak usia 1-5 tahun, ada juga edukasi untuk para ibu, berupa mobil keliling yang telah mengunjungi 2.750 lokasi di Indonesia. Dan mengedukasi lebih dari 320 ribu ibu dan 72 ribu anak melalui sejumlah permainan interaktif. Ada juga edukasi di media sosial, media massa, dan toko.

Bersama Mombassador SGM, Bunda Dyah, Mba Lasya, dan Mas Akri
Dalam acara ini juga hadir Zee Zee Shahab yang merupakan selebritis dengan satu anak. Sebagai ibu dengan anak yang sedang aktif, dirinya selalu memperhatikan asupan nutrisinya. Selain itu, memberiakan makanan bergizi seimbang, dilengkapi minum air putih, dan aktivitas fisik yang cukup. Jika anak sehat, ia bisa bebas belajar dan mengeksplor hal baru di lingungan sekitarnya. 

Acara Dunia Sahabat SGM eksplor juga dihadiri dengan penampilan anak-anak TK, lomba mewarnai, pembagian doorprize, hingga penampilan yang ditunggu-tunggu, yakni POPZZLE dan Yovie Nuno. Acara yang berlangsung 3 hari ini juga dihadiri Mombassador SGm Eksplor yang membawa keluarganya untuk bermain bersama di Dunia Sahabat SGM Eksplor, dan berbagi keseruan bersama sahabat-sahabat baru. Ini dia video keseruannya.

You May Also Like

24 komentar

  1. kalo bagi yang belum nikah terus bawa ponakannya ke acara itu, boleh nggak mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acara ini sudah selesai mba. BIsa banget mba sebenernya kemarin ajak ponakannya. Ini ulasan acara kemarin.

      Hapus
  2. Ini enak ya, seru2an sekaligus makin belajar lagi tentang tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini acara seru banget, ada bisa belajar sambil bermain

      Hapus
  3. Wiiih, keren mbak vlog-nya. Pengen aja lihatnya ngumpul lagi dan seru2an sama anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba, iya ayo mba kumpul-kumpul lagi

      Hapus
  4. Jd mbk lis ni mombasador, keceeeehhhh,
    Btw sgm inovatif, selalu aja ada prigram yg kece dan oke punya, saluuttt, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya mba, aku mombassador batch 4.
      Bener ini programnya kece banget.

      Hapus
  5. seru juga ia acaranya, sayang gak tau infonya sejak jauh hari ....
    semoga ntar dapat kesempatan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti bisa ikut acara lainnya ya

      Hapus
  6. Seru merah2 ❤️❤️ Noted banget nih 1-3 tahun perilaku anak seperti masih meluap yaa mba emosinyaaaa... Tfs yaa mbaa^^

    BalasHapus
  7. kereeen maakkkk suka dehhh ulasannya

    BalasHapus
  8. Wah..dirimu jadi sgm mom ambasador juga ya mak? Aktif dan keren

    BalasHapus
  9. bagus mbak vlognya... keren.. terus berkarya ya.. konsisten..

    BalasHapus
  10. Suka suka Vlog nya ada aku hahahahaha
    Narsis bgt ya bunda yg satu itu yg pake jilbab merah pake bindi seperti org India hahahah, thanks ya saii liswanti

    BalasHapus
  11. Serunyaa ngumpul mom ambasador ;)
    SGM sudah terbukti bagus sih buat anak ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sudah terbukti bagus untuk tumbuh kembang anak

      Hapus
  12. Seru banget ya mbak acaranya...bikin betah. SGM mmng oke..

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.